cover
Contact Name
Rigel Sampelolo
Contact Email
rigelsampelolo@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
rigel@ukitoraja.ac.id
Editorial Address
Jl. Jenderal Nusantara No.12, Makale, Tana Toraja
Location
Kab. tana toraja,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Mataaalo : Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia
ISSN : 26563681     EISSN : 28293401     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mataallo: Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia accept submission of scientific articles to be published in the form of research results, surveys and literature reviews in the field of educational development at Indonesia Language and Art Education and are not limited to: Learning and Teaching, Curriculum Development, Learning Environment, Teacher Education, Educational.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Mataallo Mayarakat Peneliti Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran" : 5 Documents clear
PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELURAHAN LION TONDOK IRING KECAMATAN MAKALE UTARA KABUPATEN TANA TORAJA Sunarti Paseru; Dina Gasong; Elisabet Mangera
Mataallo : Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Mataallo Mayarakat Peneliti Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47178/mataallo.v2i2.1869

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 tahun yang terdapat di kalangan Lion Tondok Iring. Manfaat dalam penelitian ini (1) Memberikan pengetahuan bagi orang tua tentang penyebab pada anak yang belum lancar berbicara. (2) Dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi penulis megenai perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun. (3) Untuk dijadikan bahan bacaan atau referensi bagi mahasiswa yang berkecimpung di bidang tata bahasa khususnya mengkaji tentang perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun.  Penelitian ini berjenis kualitatif. Data dikumpulkan dengan (1) teknik observasi, metode yang digunakan dalam penyediaan data dengan cara penelitian melakukan penyimak atau observasi penggunaan bahasa; (2) teknik rekam, yaitu yaitu tujuan peneliti menggunakan alat perekam untuk merekam kesimpulan tuturan dialog guru dan siswa saat melakukan interaksi belajar mengajar dan teknik bersifata kegiatan penyediaan data dengan teknik catat; (3) Teknik catat adalah teknik lanjutan yang dilakukan ketika melakukan metode simak dengan teknik lanjutan yaitu mencatat data yang dapat diperoleh dari informan pada kartu data.Hasil peneliti menunjukkan bahwa Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 tahun yang terdapat di kalangan Lion Tondok Iring yaitu Bahasa anak usia 3-4 tahun di Lion Tondok Iring dalam memproduksi kata belum sempurna, dan menghilangkan huruf h, j, k, l, m, n, r, s, t.
PENGGUNAAN REPRESENTATIF DALAM KITAB LUKAS (ANALISIS PRAGMATIK) Maya Aprisilia
Mataallo : Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Mataallo Mayarakat Peneliti Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47178/mataallo.v2i2.1932

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis dan fungsi representatif  dalam Kitab Lukas. Penelitian ini berjenis kualitatif. Data dikumpulkan dengan (1) teknik baca, yaitu kunci perolehan informasi atau pengetahuan yang bukan hanya berusaha memahami apa yang tersurat, tetapi juga apa yang tersirat; (2) teknik catat, yaitu  mencatat data yang dapat diperoleh dari informasi pada kartu data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis dan fungsi representatif dalam Kitab Lukas yaitu : (1) jenis asertif yang menunjukkan fungsi menyampaikan, (2) jenis rediktif yang menunjukkan fungsi meramalkan atau memprediksi, (3) jenis informatif yang menunjukkan fungsi menasehati, menekankan, menunjukkan, (4) jenis retraktif yang menunjukkan fungsi membenarkan, menyangkal dan menyanggah, (5) jenis disputatif yang menunjukkan fungsi keberatan dan mempertanyakan.
SATUAN PEMBENTUK KALIMAT MINOR DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE (SUATU KAJIAN SINTAKSIS) Langi Marempang; Yakub Tangdibiri’
Mataallo : Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Mataallo Mayarakat Peneliti Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47178/mataallo.v2i2.1935

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan satuan pembentuk kalimat minor yang terdapat dalam novel Hujan karya Tere Liye, (2) Mendeskripsikan kategori satuan pembentuk kalimat minor dalam novel Hujan karya Tere Liye. Penelitian ini berjenis kualitatif. Data dikumpulkan dengan (1) teknik baca, yaitu melihat serta memahami isi dari apa yang ditulis, (2) teknik catat, yaitu mencatat beberapa bentuk yang relevan bagi penelitianya dan penggunaan bahasa secara tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satuan pembentuk kalimat minor bahasa Indonesia dalam novel Hujan karya Tere Liye adalah kata dan frase. Ada beberapa kategori kata dan frase yang digunakan dalam novel hujan karya Tere Liye. Kategori kata itu meliputi: (1) Adjektiva, (2) Adverbial, (3) Verba, (4) Nomina sedangkan kategori frase meliputi: (1) Frase adjektiva, (2) Frase adverbial, (3) Frase verba, (4) Frase nomina, (5) Frase numerial.
PENGGUNAAN CAMPUR KODE DALAM PERCAKAPAN ANTARA ORANG MUDA KATHOLIK STASI PA’TONDOKAN KECAMATAN AWAN RANTEKARUA KABUPATEN TORAJA UTARA Elisabet Jila Kandaure Sugiarto; Herman Kandari; Yakub Tangdibiri’ Andriana
Mataallo : Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Mataallo Mayarakat Peneliti Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47178/mataallo.v2i2.1947

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Campur Kode antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Toraja dalam Percakapan Penggunaan Campur Kode dalam Percakapan antara Orang Muda Katholik Stasi Pa’tondokan Kecamatan Awan Rantekarua Kabupaten Toraja Utara. Manfaat penelitian ini (1) Dapat menambah pengetahuan penelitisendiri tentang campur kode; (2) Dapat memberikan pengetahuan bagi pembaca yang menggunakan campur kode; (3) Dapat memberikan informasi yang lebih rinci yang berkecimpung pada bidang bahasa. (4) Menjadi bahan acuan bagi peneliti selanjutnya. Peneliti ini berjenis kualitatif. Data dikumpul dengan (1) teknik observasi yaitu metode yang digunakan dalam penyediaan data dengan cara peneliti melakukan penyimakan atau observasi penggunaan bahasa; (2) teknik rekam yaitu terjadi jika bahasa yang diteliti adalah bahasa yang yang masih dituturkan oleh pemiliknya; (3) teknik catat yaitu teknik lanjutan yang dilakukan ketikan melakukan metode simak dengan teknik lanjutan yaitu mencatat data yang dapat diperoleh dari informan pada kartu data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Campur Kode dalam Percakapan antara Orang Muda Katholik Stasi Pa’tondokan Kecamatan Awan Rantekarua Kabupaten Toraja Utara menggunakan kata dako’, tae’, kala’tingmu, ondo’le, manda’na, kartu, salama’, melo ritu, pissan ri, sura’ madatu, melati ki’ dako’, mataku’ na’, masiri’ na’, la male na’, saba’ pira riki’ rampo e, tae’ ku aktif dako’.
PENGGUNAAN BAHASA KOLOKIAL DALAM PERCAKAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UKI TORAJA Amalia Pasongli; Rita Tanduk; Milka
Mataallo : Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Mataallo Mayarakat Peneliti Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47178/mataallo.v2i2.1950

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendreskripsikan Penggunaan Bahasa Kolokial yang terdapat dalam Percakapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UKI Toraja. Manfaat dalam penelitian ini yaitu (1) Menambah wawasan tentang teori sosiolinguistik khususnya membedakan variasi-variasi bahasa. Secara teori penelitian ini dapat memberikan acuan penelitian terhadap penggunaan variasi bahasa kolokial dalam percakapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UKI Toraja; (2) Dapat memberikan pengetahuan bagi penulis sendiri tentang penggunaan bahasa kolokial dalam Percakapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UKI Toraja; (3) Sebagai acuan peneliti untuk membedakan penggunaan variasi bahasa kolokial dalam percakapan mahasiswa Program Studi Pendidikan  Bahasa dan Sastra  Indonesia UKI Toraja; dan (4) Untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam  berkomunikasi dengan orang lain. Penelitian ini berjenis kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan (1) teknik observasi, yaitu pengamatan atau penginderaan langsung terhadap suatu kondisi, situasi dan proses atau perilaku; (2) teknik rekam, yaitu teknik merekam data saat berkomunikasi berlangsung di lapangan; dan (3) teknik catat, yaitu mencatat tuturan-tuturan tentang bahasa kolokial yang digunakan dalam perckapan mahasiswa Program Studi Pendidikan  Bahasa dan Sastra  Indonesia UKI Toraja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa kolokial dalam percakapan mahasiswa Program Studi Pendidikan  Bahasa dan Sastra  Indonesia UKI Toraja berupa istilah bahasa seperti kata kata gays, baper, bro, kuker, kak, cin, mager, nggak, woles, bss, ktrr, iyo toda’ jamber, teken, patnerku, pak, buk, sist, dek, dan say.

Page 1 of 1 | Total Record : 5