cover
Contact Name
Safitri Juanita
Contact Email
Safitri.juanita@budiluhur.ac.id
Phone
+6283898928000
Journal Mail Official
artinara@budiluhur.ac.id
Editorial Address
Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Artinara
ISSN : -     EISSN : 28082141     DOI : 10.36080
Artikel yang diterbitkan sesuai dengan Fokus dan Ruang Lingkup dari kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh para dosen dan mahasiswa dalam berbagai bidang ilmu (multidisiplin), meliputi beberapa topik berikut: 1. Pendidikan, 2. Sosial, 3. Pengembangan Sumber Daya Manusia, 4. Kesehatan, 5. Teknologi Tepat Guna 6. Pembangunan Manusia dan Daya Saing Bangsa, 7. Usaha Kecil Menengah dan Pengembangan Teknologi Berwawasan Lingkungan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Artinara Februari 2023" : 6 Documents clear
Pelatihan Produksi Konten Animasi Dasar Pada Instagram Sebagai Media Promosi Di Smk Letris Indonesia Tangerang Selatan Widyananda Putra, Ricky
Artinara Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Artinara Februari 2023
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/art.v2i01.59

Abstract

Promosi merupakan kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk menggambarkan beberapa informasi dan membujuk agar produk atau jasa yang ditawarkan dapat menarik perhatian konsumen dan dapat memperkenalkan mereka serta meningkatkan penjualan. Tujuan promosi adalah untuk mengubah perilaku konsumen dengan memberikan kesan yang baik terhadap produk yang ditawarkan. Pada saat ini dengan berkembangnya teknologi dalam kehidupan manusia, maka bentuk promosi bisa dilakukan dengan menggunakan sosial media. Salah satu sosial media yang sering digunakan dalam promosi ialah Instagram, pada media Instagram bentuk konten yang dihadirkan beragam mulai dari foto sampai dengan bentuk video. Konten video bisa diproduksi dengan menggunakan bentuk visual animasi, sebagai daya tarik kepada konsumen. Berdasarkan permasalahan diatas dan dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa/i SMK Letris Indonesia, dimana pihak sekolah menginginkan mengadakan pelatihan yang ditujukan dalam penggunaan sosial media sebagai penyampaian informasi khusunya dalam bentuk promosi. Hal ini merupakan sebagai bentuk peningkatan kemampuan peserta didik dalam memproduksi konten animasi sebagai media promosi dengan menggunakan media Instagram. Sehingga kedepannya para siswa/i dapat memaksimalkan penyampaian informasi kepada masyarakat dengan menggunakan media sosial Instagram.
Pelatihan Dan Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Pembuatan Desain Grafis Untuk Pemula di Lingkungan RT. 05 RW 10 Meruya Devit Setiono; Yulianawati; Wahyuningsih, Sri; Kurniawan, Denni; Khoiriyah, Khusnul
Artinara Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Artinara Februari 2023
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/art.v2i01.60

Abstract

Setiap anggota masyarakat memiliki peranan dalam masyarakat serta kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan dalam menyajikan informasi, promosi yang menarik, kreatif, unik dan informasi yang disampaikan mudah dipahami adalah suatu keterampilan yang dapat dijadikan modal untuk menyampaikan berita, informasi, media pembelajaran, serta promosi suatu produk. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan keterampilan design grafis dengan tools canva bagi masyarakat di lingkungan RT.05/RW.10 Meruya Utara. Kegiatan pelatihan canvaini dimulai dengan memberikan gambaran singkat, manfaat, cara menggunakan dan melakukan praktek secara langsung dengan pendampingan. Modul praktek juga diberikan kepada peserta sebagai penunjang proses pembelajaran. Dari evaluasi kegiatan pelatihan ini dapat kami simpulkan bahwa program pelatihan ketrampilan ini telah memberikan manfaat yang signifikan dan langsung dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai aktivitas. Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan positif dan tepat sasaran untuk memberikan pelatihan keterampilan bagi masyarakat, sehingga dapat menambah wawasan serta pengetahuan baru di bidang design grafis dalam pembelajaran kegiatan sehari-hari seperti pembuatan materi belajar, membuat flyer product, membuat sertifikat, membuat konten, kartu ucapan dan lain sebagainya.
Komunikasi Debat Bagi Pembangunan Karakter Generasi Muda Bengkulu Lisa, Lisa Adhrianti
Artinara Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Artinara Februari 2023
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/art.v2i01.61

Abstract

Metode debat merupakan salah satu bentuk dari komunikasi publik. Komunikasi Publik merupakan bentuk komunikasi yang dijalankan di depan umum. Saat ini debat merupakan kegiatan yang akrab dengan generasi muda yang diyakini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membentuk karakter positif bagi generasi muda. Setiap tahun berapa lomba atau pertandingan debat diadakan untuk membentuk karakter generasi muda Bengkulu. Namun beberapa kendala sering dihadapi sekolah dalam melakukan persiapan, di antaranya kurangnya motivasi dan kepercayaan menggunakan bahasa Indonesia melalui keterampilan berbicara; terbatasnya pengetahuan dan keterampilanya siswa dalam keterampilan berbicara; kurangnya termotivasi mengikuti lomba debat, karena minimnya informasi; debat belum diorganisir dengan baik; dan tidak ada pembimbing. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan cara berkomunikasi yang dapat digunakan untuk membangun karakter generasi muda melalui teknik debat. Metode pengabdian dilakukan dengan sistematika ceramah, tanya jawab dan simulasi debat. Pengabdian ini menghasilkan calon peserta debat yang memahami cara berkomunikasi dalam debat yang ditampilkan oleh perwakilan kelompok pro dan kontra. Metode pembelajaran debat dianggap berhasil menghidupkan interaktivitas dan memaksa peserta untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Peserta telah dianggap mampu memahami dan menerapkan aturan dan tata cara debat dengan memenuhi unsur dan struktur debat. Sedangkan kelemahannya adalah masih terdapat dominasi dari peserta yang menguasai dan percaya diri dengan peserta yang masih belum percaya diri dan menguasai materi debat kompetitif.
Mewujudkan Lingkungan Modern Dan Sehat di Era Pandemi Covid-19 Program Kampung Wi-Fi Artawitama, Sangga; Naufal, Muhammad Iqbal
Artinara Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Artinara Februari 2023
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/art.v2i01.62

Abstract

Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan program rutin sebagai bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia dengan mengacu kepada suatu kegiatan akademik yang melibatkan subjek yaitu masyarakat secara langsung untuk melakukan pemecahahan masalah yang ada di masyarakat. Salah satunya adalah Masyarakat Kampung Lontar, Jl. Kembang Permai Utama, RT.3/RW.6, Kembangan Selatan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang memiliki permasalahan dengan perekonomian mereka yang terganggu akibat Pandemi Covid-19. Akibat dari menyebarkan Virus Covid-19 adalah mengharuskan anak-anak bersekolah dari rumah dan mengandalkan kuota internet untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Selain hal tersebut, program ini tidak hanya tertuju pada anak-anak, melainkan seluruh kalangan masyarakat terutama orang tua agar dapat mengikuti teknologi dan dapat dengan mudah memperoleh informasi yang baik dan mampu mengawasi anak saat menggunakan teknologi. Berdasarkan hal tersebut tujuan pengimplementasian dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pembangunan sumber daya manusia secara modern dan dapat menjadikan masyarakat yang memiliki pemahaman tentang penggunaan internet dari Kampung Wi-fi. Adapun Metode yang digunakan untuk mengimplementasikan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah observasi, dokumentasi dan survey atau wawancara. Melalui program ini hasil yang didapatkan Mahasiswa Universitas Budi Luhur yaitu dapat membuat program kampung modern yang sehat untuk menciptakan lingkungan yang maju dan modern, dengan mewujudkan kampung wi-fi guna meningkatkan kualitas pendidikan melalui teknologi informasi selama pandemi Covid-19.
Pelatihan Animasi Dasar untuk Pengenalan kepada Siswa SD Lazuardi Cordova Jakarta Jatisidi, Artyasto; Alif Ramadhan, Nur; Lestari, Rini
Artinara Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Artinara Februari 2023
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/art.v2i01.63

Abstract

Fenomena merebaknya animasi local saat ini membuat banyak masyarakat, khususnya generasi Z yang ingin menjadi creator animasi. Sayangnya, tidak sedikit generasi belia saat ini belum mengetahui profesi sebagai animator. Oleh karena itu, tim melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa pelatihan animasi dasar yang bertujuan untuk membantu memperkenalkan animasi dasar bagi siswa SD khususnya dalam bidang content creator animasi serta melatih rasa percaya diri dan kreativitas siswa dalam mengembangkan diri sebagai animator. Pelatihan ini diselenggarakan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur yang diikuti 20 peserta dari siswa kelas 5 SD Lazuardi Cordova Jakarta. Metode pelatihan yaitu perkenalan, pengenalan animasi, prinsip animasi, praktik animasi, pengenalan program pembuatan animasi dan evaluasi. Semua kegiatan pelatihan dilaksanakan di SD Lazuardi Cordova. Hasil dari kegiatan menunjukkan adanya antusiasme para peserta pelatihan dan minat peserta untuk menjadi animator muda.
Akselerasi Transformasi Desa Digital Wedomartani Melalui Pendampingan Program Transaksi Non Tunai Ratna Dewi, Liza Dwi; Wicaksono, Bintarto; Jemie Aditya, Oxa; Junita, Difa
Artinara Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Artinara Februari 2023
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/art.v2i01.64

Abstract

Era digital memiliki dampak signifikan terhadap perubahan kehidupan. Masyarakat perlu edukasi dan pendampingan dalam perubahan ini, sehingga dapat mengambil manfaat positif teknologi digital. Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu desa yang terkategori “Menuju Desa Digital”. Untuk membantu transformasi masyarakat Kalurahan Wedomartani dari konvensional menuju digital, melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Membangun Desa, Universitas Budi Luhur menerjukan tim yang terdiri dari 3 mahasiswa, 2 dosen pendamping untuk melaksanakan Pendampingan Program Transaksi Non Tunai selama 5 bulan, yaitu September 2021 – Januari 2022. Pelaksanaan program ini berkolaborasi dengan PT Netzme Kreasi Indonesia, pemilik aplikasi Toko Netzme. Dalam menjalankan program ini, komunikasi memainkan peranan penting. Setiap anggota tim mempraktekkan keterampilan komunikasi interpersonal, komunikasi persuasi dan komunikasi kelompok secara intensif. Keterampilan interpersonal dipraktekkan saat melakukan pendekatan dengan pihak Kalurahan, ketua-ketua RT, pengurus Forum Komunikasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pengurus Karang Taruna setempat dan wawancara dari pintu ke pintu kepada pelaku UMKM. Keterampilan komunikasi persuasi dilakukan saat mengajak UMKM yang memenuhi kriteria untuk mencoba menggunakan transaksi non tunai, sosialisasi di berbagai forum. Sedangkan keterampilan komunikasi kelompok dan organisasi dipraktekkan pada saat berkoordinasi dalam tim, berkoordinasi dengan pihak PT Netzme Kreasi Indonesia, Forum Komunikasi UMKM, Kalurahan Wedomartani, dan Karang Taruna. Dengan berbagai kendala di lapangan, program pendampingan ini berhasil mengajak 25 pelaku UMKM yang berada di Kalurahan Wedomartani untuk menerapkan transaksi non tunai dalam menjalankan usahanya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6