cover
Contact Name
Mustakim Sagita
Contact Email
mustakim_sagita@sagita.or.id
Phone
+6281360046356
Journal Mail Official
sagita_academia@sagita.or.id
Editorial Address
Sagita Building, Second Floor, Padat Karya Street, No. 05 Pidie - Aceh 24183. Email: sagita_academia@sagita.or.id
Location
Kab. pidie,
Aceh
INDONESIA
Sagita Academia Journal
ISSN : 30258790     EISSN : 30312477     DOI : https://doi.org/10.61579/sagita
Sagita Academia Journal is an open-access, single blind reviewed journal and is rated according to international publication standards published by Yayasan Sagita Akademia Maju, Indonesia. Sagita Academia Journal is dedicated to developing studies of academics with multidisciplinary research backed by solid empirical evidence. It is hoped that it will provide a reference and guidance to improve and disseminate scientific knowledge and academic potential. Sagita Academia Journal is expected to have a positive impact on individuals and society
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2025): Sagita Academia Journal" : 5 Documents clear
Strategi Pelestarian Folklore Dalam Masyarakat di Gampong Mugo Rayeuk Kecamatan Panton Reu Kabupaten Aceh Barat Sukma Putri, Reihan Ayu; Saputra, Ferdi; Mirandi, Rifa; Sopar
Sagita Academia Journal Vol. 3 No. 3 (2025): Sagita Academia Journal
Publisher : Yayasan Sagita Akademia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61579/sagita.v3i3.494

Abstract

Folklore merupakan warisan budaya yang mencerminkan identitas masyarakat Gampong Meugo Rayeuk, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat. Tradisi lisan seperti hikayat, syair, dan pantun masih dilestarikan melalui kegiatan adat dan sosial. Namun, modernisasi menjadi tantangan besar dalam mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pelestarian folklore yang relevan dengan kondisi lokal. Strategi yang dilakukan meliputi pelibatan generasi muda, integrasi dalam pendidikan, serta pemanfaatan media digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, dan lembaga budaya sangat penting dalam menjaga keberlanjutan nilai-nilai tradisional.
Analisis Gramatik Dalam Buku Deutsch Für Klasse XI Dengan Thema Meine Familie Yemima, Queen; Hutagalung, Nurhabibah; Sihombing, Melica; Gultom, Theresia Marlina Yopita; Manullang, Rira Wahyu
Sagita Academia Journal Vol. 3 No. 3 (2025): Sagita Academia Journal
Publisher : Yayasan Sagita Akademia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61579/sagita.v3i3.514

Abstract

Di era globalisasi, bahasa Jerman semakin populer di berbagai negara, termasuk Indonesia, karena banyaknya peluang yang ditawarkan Jerman, seperti dalam pendidikan, pekerjaan, dan kesempatan tinggal. Pembelajaran bahasa Jerman mencakup empat keterampilan utama: mendengarkan (hören), berbicara (sprechen), membaca (lesen), dan menulis (schreiben), dengan dukungan pemahaman tata bahasa (Grammatik). Sertifikat bahasa Jerman yang diakui, seperti Goethe Zertifikat, ÖSD, Telc, ECL, dan DaF, menjadi acuan pengukuran kompetensi bahasa. Buku ajar merupakan sumber penting dalam pembelajaran bahasa Jerman, dengan materi tata bahasa yang harus sesuai standar internasional, seperti Profile Deutsch yang merujuk pada CEFR.Buku Deutsch für Klasse XI digunakan di Indonesia untuk pembelajaran bahasa Jerman di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian materi tata bahasa dalam buku ajar tersebut dengan standar Profile Deutsch level A1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar materi tata bahasa sudah sesuai dengan standar A1, meski ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki, seperti konjugasi kata kerja, kata depan, bentuk lampau dasar, serta kata sifat dan perbandingan yang belum tercakup. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut buku ajar tersebut.
Transformasi Sosial Budaya Masyarakat Lingkar Tambang Batu Bara di Gampong Paya Baro Kecamatan Meurebo Kabupaten Aceh Barat Nisa, Winda Khairum; Wahyuni, Resika; Arisky, Winda; Nur Sabitah; Sopar
Sagita Academia Journal Vol. 3 No. 3 (2025): Sagita Academia Journal
Publisher : Yayasan Sagita Akademia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61579/sagita.v3i3.523

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi sosial budaya yang terjadi pada masyarakat Gampong Paya Baro, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat akibat aktivitas pertambangan batu bara. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas tambang batu bara telah mengubah struktur ekonomi masyarakat dari sektor agraris menjadi industri dan jasa, meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan sebagian masyarakat. Namun, perubahan ini juga memberikan dampak negatif, seperti kerusakan lingkungan, hilangnya lahan pertanian, dan munculnya konflik sosial. Transformasi ini turut mengubah makna sosial melalui nilai-nilai yang membentuk identitas dan relasi sosial masyarakat, sebagaimana dijelaskan dalam teori transformasi sosial. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemberdayaan masyarakat yang efektif dan inklusif guna mengelola perubahan ini secara berkelanjutan serta menjaga keseimbangan antara pembangunan ekonomi dan pelestarian budaya lokal.
Peran Perempuan dalam Industri di Aceh Barat : Studi Kasus di Sektor Pertanian dan Industri Rumah Tangga di Gampong Pasie Aceh Baru & Mesjid tuha kec. Meurebo Kab. Aceh Barat Safitri, Mutiara; Mirandi, Rifa; Silvya, Thary; Farhan, M.; Yanti, Eva Julia; Handayani, Tri Quari
Sagita Academia Journal Vol. 3 No. 3 (2025): Sagita Academia Journal
Publisher : Yayasan Sagita Akademia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61579/sagita.v3i3.537

Abstract

This study aims to explore the role of women in the industrial sector in West Aceh, especially in agriculture and home industry and to determine the dual role of housewives on resilience in the family economy in Gampong Pasie Aceh Baru, Meurebo District. In this study, the author includes the formulation of the problem to be known, namely that with the research, it can solve problems such as how the dual role of women (housewives) in meeting and improving welfare in the household economy. The method used in this study is a qualitative approach with interview and observation techniques to collect information from women who are active in both sectors. The research findings indicate that women make a significant contribution to the local economy through agricultural activities and processing household products. They not only function as workers, but also play a role as decision makers at the family and community levels. However, there are several challenges, including limited access to training and resources, and social norms that hinder their role. And each activity carried out by these housewives has different incomes depending on their respective jobs. The results of this study are expected to provide insight into the development of policies that support women's empowerment in rural areas.
Supervisi Pendidikan Dalam Perspektif Islam: Integrasi Akhlak, Profesionalisme, dan Peningkatan Mutu Pembelajaran Nofiani, Julia; Saputri, Arliani; Zainuri, Ahmad; Zahra, Frika Fatimah
Sagita Academia Journal Vol. 3 No. 3 (2025): Sagita Academia Journal
Publisher : Yayasan Sagita Akademia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61579/sagita.v3i3.685

Abstract

Supervisi pendidikan memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme pendidik. Dalam konteks Islam, supervisi tidak hanya dipahami sebagai proses pengawasan teknis, tetapi juga sebagai bentuk tanggung jawab moral dan spiritual untuk menumbuhkan akhlak, amanah, dan ihsan dalam praktik pendidikan. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis konsep supervisi pendidikan dari perspektif Islam dengan menautkan nilai-nilai akhlak, profesionalisme, dan mutu pembelajaran. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif-analitis dan filosofis Islam, yang menelaah sumber-sumber primer seperti Al-Qur’an, Hadis, serta literatur pendidikan Islam dan modern. Hasil kajian menunjukkan bahwa supervisi dalam Islam berorientasi pada pembinaan yang bersifat humanis, partisipatif, dan berkeadaban, dengan tujuan utama memperbaiki proses belajar-mengajar secara menyeluruh. Supervisi yang dilandasi nilai-nilai akhlak dan profesionalisme Islami dapat menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, beretika, dan berorientasi pada peningkatan mutu pembelajaran secara holistik. Dengan demikian, supervisi Islami menjadi instrumen penting untuk mewujudkan pendidikan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga berkarakter spiritual dan berakhlakul karimah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5