cover
Contact Name
Hamdi Yusliani
Contact Email
jurnal.fathanah@unmuha.ac.id
Phone
+62812-6911-445
Journal Mail Official
jurnal.fathanah@unmuha.ac.id
Editorial Address
Jalan Muhammadiyah No 91 Bathoh Lueng Bata Banda Aceh 23245 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh Jalan Muhammadiyah No 91 Batoh Lueng Bata Banda Aceh 23245 Phone: +6285323642520 Email: istiqamahtul.masyithah@unmuha.ac.id Phone: +6212-6911-445 Email: hamdi.yusliani@unmuha.ac.id
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Al-Fathanah Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Core Subject : Religion, Education,
Al-Fathanah : Jurnal studi Islam dan Pendidikan Agama Islam is a journal published by Islamic Education of Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh. Focus on conceptual research on Islamic education studies in general which includes Philosophy of Islamic Education, Islamic teaching methods, the development of instruments in evaluation of Islamic Education, Islamic Education learning model development, Islamic Education Curriculum. In addition, It also covers various topics related to Islamic Studies.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1, April (2025): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam" : 7 Documents clear
PELAKSANAAN MATA PELAJARAN QUR'AN HADITS PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH: STUDI KASUS DI MIN 5 ACEH BESAR Rahmati, Shaumi
Al-Fathanah Vol 5, No 1, April (2025): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v5i1.2394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan mata pelajaran Qur'an Hadits di madrasah ibtidaiyah dengan fokus pada tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MIN 5 Aceh Besar pada setiap tingkatan kelas. Pertama, perencanaan pembelajaran di kelas 2 belum dilaksanakan dengan baik karena kurangnya pemahaman guru terhadap Kurikulum Merdeka, sementara di kelas 4 model perencanaan telah dilakukan dengan lebih baik. Kedua, pelaksanaan pembelajaran di kedua kelash mengacu pada RPP yang disusun pada awal semester, namun kualitas perencanaan berbeda secara signifikan tergantung pada pemahaman guru terhadap kurikulum. Ketiga, evaluasi pembelajaran telah dilakukan, namun tidak semuanya sesuai dengan ketentuan Kurikulum merdeka, sebagian besar disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang kurikulum tersebut
EFEKTIVITAS TEKNIK PENILAIAN DALAM MENGUKUR KETERCAPAIAN INDIKATOR PEMBELAJARAN PAI DI SD/MI Utomo, Styo Budi; Muzaki, Ahmad; Adam, Nabiilul Faruqi; Fhauzie, Nur Riyan; Huda, Miftahul
Al-Fathanah Vol 5, No 1, April (2025): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v5i1.2393

Abstract

Penilaian dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) memiliki peran penting dalam mengevaluasi pencapaian kompetensi peserta didik. Penelitian ini menganalisis teknik penilaian yang digunakan dalam kurikulum PAI di SD/MI, menentukan teknik yang tepat untuk mengukur ketercapaian indikator, serta merancang penilaian dalam dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil analisis menunjukkan bahwa teknik penilaian yang umum digunakan meliputi tes tertulis, observasi, penilaian diri, dan penilaian antarteman. Namun, implementasi teknik penilaian non-tes, seperti observasi dan penilaian diri, masih menghadapi kendala, terutama terkait pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkannya secara efektif. Dalam perancangan RPP, penting untuk mencantumkan tujuan penilaian, teknik dan instrumen yang digunakan, serta kriteria dan rubrik penilaian yang jelas. Peningkatan kompetensi guru dalam merancang dan menerapkan berbagai teknik penilaian, khususnya yang bersifat non-tes, sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran PAI yang holistik.
STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK KELAS X SMA PUTRA BANGSA Utomo, Styo Budi; Sulaksana, Muhammad Zidan; Khamdan, Umar; Riswandi, Dendi
Al-Fathanah Vol 5, No 1, April (2025): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v5i1.2392

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan unutk mengetahui strategi pembelajaran Guru Akidah Akhlak Kelas X SMA Putra Bangsa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan populasi dan sampel yaitu siswa Kelas X SMA Putra Bangsa. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran google form yang berisi tentang pernyataan-pernyataan agar jawaban lebih objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi yang tepat dan metode belajar serta menggunakan media belajar yang tepat sehingga murid dapat menerima materi belajar. Namun ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan menerima materi pembelajaran. Selain itu, guru juga menggunakan beberapa media dalam pembelajaran mata pelajaran tersebut seperti proyektor, video dan film.
PERAN PROGRAM QUALITY ASSURANCE (QA) AQIDAH YANG LURUS DALAM PENGUATAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN MUAMALAT SOLIDARITY BOARDING SCHOOL (MSBS) JANTHO, ACEH BESAR Nurhidayat, Eka; Sulastri, Ema; Yusliani, Hamdi; Muarrif, Muhammad Riza
Al-Fathanah Vol 5, No 1, April (2025): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v5i1.2429

Abstract

Pembentukan karakter santri merupakan tujuan utama pendidikan pesantren. Dalam era globalisasi yang penuh tantangan, penting bagi santri untuk memiliki karakter yang kuat dan berlandaskan nilai-nilai agama. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui program Quality Assurance (QA) yang berfokus pada penguatan Aqidah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman santri tentang QA Aqidah yang Lurus, program-program yang terdapat didalamnya terhadap penguatan karakter santri, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan QA tersebut di Pondok Pesantren Muamalat Solidarity Boarding School (MSBS) Jantho Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan kuesioner serta data dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman santri di Pondok Pesantren Muamalat Solidarity Boarding School (MSBS) Jantho Aceh Besar tentang QA Aqidah yang Lurus terlihat dari kemampuan santri dalam memahami konsep dasar pentingnya keimanan sebagai pondasi dalam membangun karakter Islami. 2) Program kegiatan QA Aqidah yang Lurus yang diterapkan berupa pembinaan keagamaan yang meliputi kajian kitab klasik, halaqah Aqidah, penghafalan Al-Qur’an, serta kegiatan praktik ibadah harian. Selain itu, pendekatan berbasis keteladanan dari para pengajar turut memperkuat internalisasi nilai aqidah dalam kehidupan santri. 3) Faktor pendukung yang ditemukan dalam pelaksanaan QA Aqidah yang Lurus adalah: dukungan pihak pengelola pesantren, ketersediaan tenaga pengajar yang kompeten, serta lingkungan pesantren yang kondusif. Sementara hambatan yang ditemui berupa tingkat pemahaman awal santri yang beragam, kurangnya sarana pendukung seperti literatur keagamaan yang memadai, serta keterbatasan waktu dalam pelaksanaan program karena padatnya jadwal kegiatan pesantren.
PENGARUH MEDIA SOSIAL DALAM KEGIATAN DAKWAH; STUDI KASUS PADA SMA 7 BANDA ACEH Farhan, Muhammad; Syafriansyah, Syafriansyah; Apandi, Hizqil; Yusliani, Hamdi
Al-Fathanah Vol 5, No 1, April (2025): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v5i1, April.2428

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh media sosial dalam aktivitas dakwah Islam, dengan fokus pada studi kasus di SMA 7 Banda Aceh. Dengan memanfaatkan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi efektivitas media sosial sebagai alat dakwah, preferensi konten dakwah oleh audiens, manfaat, tantangan, dan platform yang paling sering digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memungkinkan penyebaran pesan Islam secara luas tanpa batasan geografis dan waktu. Konten dakwah berupa ceramah, kajian Al-Qur'an, dan sejarah Islam menjadi yang paling diminati. Manfaat utama meliputi pengaruh positif pada audiens dan efisiensi penyebaran informasi, sementara tantangan terbesar adalah keterbatasan sumber daya dan kebutuhan menjaga keaslian informasi. Platform seperti WhatsApp, YouTube, dan TikTok menjadi pilihan utama dalam mengakses konten dakwah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media sosial sebagai sarana dakwah memerlukan pendekatan yang kreatif, etis, dan sesuai dengan nilai-nilai Islam untuk mengoptimalkan dampak positifnya. Kata Kunci:  Media Sosial, SMA 7 Banda Aceh, Berdakwah.
PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DAN KESEHATAN MENTAL Miskahuddin, Miskahuddin
Al-Fathanah Vol 5, No 1, April (2025): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v5i1, April.2523

Abstract

Pendidikan Islam merupakan hal penting dalam kehidupan seseorang yang dilakukan dengan usaha sadar dan terencana guna memberikan bimbingan, motivasi maupun pertolongan sehat, dan baik bagi kebutuhan mental dan jiwa seseorang dalam mengembangkan potensi diri terhadap kebutuhan jasmani dan rohaninya. Ketahanan mental dan kesehatan jiwa-raga setiap individu tentu merupakan hal utama bagi menata kehidupan yang baik dan masa depan yang penuh kemuliaan dan kebahagiaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang psikologi pendidikan islam dan kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kepustakaan yang bertujuan untuk mendapatkan teori-teori dan konsep-konsep sebagai bahan penguat terhadap temuan dalam penelitian ini. Sumber penelitian adalah buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek yang utama. Hasil penelitian adalah psikologi pendidikan Islam sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang mental dan pendidikan jiwa yang dapat mengarahkan perilaku maupun proses mental manusia ke arah kemajuan untuk berperan dan berpengaruh positif memberikan solusi dengan motivasi kuat bagi pembentukan karakter perilaku seseorang yang sehat dan mulia berdasarkan pendidikan yang berbasis Islam dengan nilai-nilai ajaran al-Qur'an dan Hadits, juga pendapat pakar atau ulama shalih. Dorongan berperilaku yang baik dan berkarakter mulia yang di arahkan oleh bimbingan pendidikan Islam dianggap penting untuk membentuk perilaku dan potensi diri yang mulia dan mandiri dalam upaya pencapaian kesehatan mental dan kebaikan perilaku seseorang dengan upaya penyempurnaannya dalam hidupnya sesuai dengan perilaku ajaran Islam
AL-QURAN DAN ILMU JIWA: PERSPEKTIF PSIKOTERAPI ISLAM DALAM KESEHATAN MENTAL KONTEMPORER fadhilah, Muhammad
Al-Fathanah Vol 5, No 1, April (2025): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v5i1, April.2513

Abstract

Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam tidak hanya berisi pedoman spiritual, tetapi juga mengandung konsep-konsep psikologis yang mendalam tentang jiwa manusia. Penelitian ini mengkaji hubungan antara Al-Quran dengan ilmu jiwa modern, khususnya dalam konteks psikoterapi Islam dan kesehatan mental. Melalui pendekatan studi literatur, makalah ini menganalisis bagaimana konsep-konsep psikologis dalam Al-Quran dapat diintegrasikan dengan pendekatan psikologi kontemporer untuk mengoptimalkan kesehatan mental. Hasil kajian menunjukkan bahwa Al-Quran telah membahas berbagai aspek psikologis manusia seperti an-nafs, ar-ruh, dan al-jism dengan pendekatan holistik yang menggabungkan dimensi spiritual, psikologis, dan sosial. Psikoterapi Islam yang berlandaskan Al-Quran terbukti efektif dalam mengatasi gangguan mental seperti kecemasan, depresi, dan stres melalui teknik-teknik seperti dzikir, shalat, dan membaca Al-Quran. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan model terapi yang mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dengan prinsip-prinsip psikologi modern untuk meningkatkan kesehatan mental masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 7