cover
Contact Name
Nurul Arifiyanti
Contact Email
nurularifiyanti@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpafip@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta, 55281, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
ISSN : 23026804     EISSN : 25794531     DOI : 10.21831
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak" : 15 Documents clear
Profil Kejujuran Anak Usia 5-6 Tahun di RA-At-Taufiq Kota Tasikmalaya Yasbiati Yasbiati; Edi Hendri Mulyana; Taopik Rahman; Qonita Qonita
Jurnal Pendidikan Anak Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v8i2.28591

Abstract

Banyak  kasus-kasus kenakalan bahkan kejahatan dikaitkan dengan isu degradasi karakter. Pemerintah mengupayakan hal tersebut dengan mulai berfokus pada pendidikan karakter. Pendidikan karakter sudah harus ditanamkan sejak dini sebagai modal dan pondasi awal terbentuknya sikap dan karakter individu. Salah satu indikator karakter yang menjadi modal dasar tersebut yaitu kejujuran. Anak usia dini dikenal sebagai manusia paling jujur karena kepolosannya. Hanya saja jujur bukan hanya mengatakan hal apa adanya, tapi juga terkait bagaimana anak mengetahui perilaku yang tepat dan tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  bagaimana  profil  kejujuran  anak  usia  5-6  Tahun  di  RA  A- Taufiq Kota Tasikmalaya. Penelitian deskrpitif kuantitiatif ini dilakukan melalui tes  kejujuran  pada  15  anak  saat  kegiatan  pembelajaran.  Dari  tes  kejujuran tersebut didapat bahwa anak usia 5-6 tahun di RA-AT Taufik sudah memiliki dasar kejujuran yang baik. Hanya saja, semakin anak tumbuh dan berinteraksi dengan lingkungannya semakin anak akan mendapatkan pengaruh pengaruh lain yang dapat menguatkan atau bahkan melemahkan karakternya.   Sehingga menamkan sikap jujur melalui upaya pendidikan karakter harus senantiasa dibangun dan dipertahankan oleh lingkungan sekitarnya untuk membentuk karakter yang kuat dari setiap individu sehingga kasus kenakalan dan kejahatan bisa berkurang.
Pengembangan Permainan Harta Karun Si Bola-Bola dalam Pembelajaran Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Rahma Putri Wina; Tomas Iriyanto; Eny Nur Aisyah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v8i2.29095

Abstract

Penelitian ini menghasilkan produk permainan harta karun si bola-bola yang aman, mudah dan menarik serta sebagai inovasi untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan permainan yang dapat membantu meningkatkan perkembangan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan  pengembangan  dari  Borg  and  Gall.  Model  ini  memiliki  10  langkah penelitian, namun karena keterbatasan peneliti, maka menggunakan 7 langkah, penelitian ini dilakukan di 5 TK dengan subjek 76 anak. Data kualitatif diperoleh dari wawancara dan data evaluasi dari para ahli, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari data permainan yaitu aspek keamanan, kemudahan, dan kemenarikan  digunakan  untuk  meningkatkan  perkembangan  sosial  emosional anak usia 5-6 tahun.
Kurikulum PAUD, Gamelan, dan Wayang Orang: Refleksi Kebermaknaan Jurusan PAUD bagi Masyarakat Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul Joko Pamungkas
Jurnal Pendidikan Anak Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v8i2.29158

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) ini terdapat tiga seri workshop yang diselenggarakan, yaitu workshop bedah kurikulum PAUD dan pembelajaran saintifik; workshop seni gamelan dan karawitan; dan workshop pementasan seni wayang orang. Subjek sasaran PPM adalah guru-guru PAUD, dan remaja karang taruna di Sokoliman, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Keterampilan guru dalam bermain gamelan masih kurang karena  belum ada pelatihan karawitan dan gamelan. Setelah dilakukan workshop gamelan dan karawitan, dapat dilihat bahwa Guru-guru PAUD di Gugus VI Karangmojo memiliki potensi untuk melestarikan karawitan. Pementasan wayang uwong bertujuan untuk memberikan kegiatan kepada karang taruna berbasis budaya, serta menjalin kerjasama antara karang taruna Sokoliman dengan Universitas Negeri Yogyakarta.
Dampak Menerapkan Media Pembelajaran Interaktif Calisbar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kadek Mira Brata Pramesti; Ketut Agustini; Gede Saindra Santyadiputra
Jurnal Pendidikan Anak Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v8i2.27668

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan media Pembelajaran Interaktif CALISBAR dengan siswa yang belajar menggunakan media LKA (Lembar Kerja Anak) pada tema Diri Sendiri di TK Kartika VII-3 Singaraja (2) mengetahui respon siswa setelah menggunakan media Pembelajaran Interaktif CALISBAR dengan tema Diri Sendiri. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian mencangkup seluruh siswa kelompok B di TK Kartika VII-3 Singaraja. Sampel yang digunakan yaitu kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B2 yang digunakan kelas kontrol, dengan jumlah 34 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan lembar posttest untuk mengukur prestasi belajar, dan metode angket untuk mengukur respon siswa. Data prestasi belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat prestasi belajar yang lebih tinggi dalam pengaruh penggunaan media Pembelajaran Interaktif CALISBAR. Hasil analisis uji-t memperoleh thitung = 7,964 dan ttabel = 2,352 untuk dk sebesar 32 dengan taraf signifikan 5%, karena thitung ttabel maka H0 ditolak (2) respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Interaktif CALISBAR didapat persentase hasil akhir respon siswa adalah 81,18% yang tergolong dalam kategori sangat positif.
Pengembangan Permainan Harta Karun si Bola-Bola dalam Pembelajaran Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Rahma Putri
Jurnal Pendidikan Anak Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v8i2.29165

Abstract

Penelitian ini menghasilkan produk permainan harta karun si bola-bola yang aman, mudah dan menarik serta sebagai inovasi untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan permainan yang dapat membantu meningkatkan perkembangan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Model ini memiliki 10 langkah penelitian, namun karena keterbatasan peneliti, maka menggunakan 7 langkah, penelitian ini dilakukan di 5 TK dengan subjek 76 anak. Data kualitatif diperoleh dari wawancara dan data evaluasi dari para ahli, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari data permainan yaitu aspek keamanan, kemudahan, dan kemenarikan digunakan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun.
Pembelajaran Menggambar dengan Accelerated Drawing Technique (ADT) untuk Anak Usia Dini Sevilia Sujarwo Indrias Putri; Trisakti Trisakti
Jurnal Pendidikan Anak Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v8i2.28779

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pembelajaran menggambar Accelerated  Drawing  Technique  (ADT)  di  sanggar  Creativ  Kids  Kediri. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa usia dini di sanggar Creativ Kids Kediri, sebanyak 36 siswa. Pembelajaran menggambar Accelerated Drawing Technique (ADT) adalah teknik  cepat menggambar  dengan  menggunakan  bidang  yang  ditarik  garis lurus atau lengkung sehingga menghasilkan gambar hewan yang diinginkan. Dari hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa sebagian besar siswa di sanggar ini dapat menggambar dengan Accelerated Drawing Technique (ADT).  Hal  itu  dapat  dilihat  dari  hasil  karya  yang  dibuat  oleh  siswa  di sanggar. Hasil karya siswa sanggar yang mendapat kriteria baik 53%, kriteria cukup 33%, kriteria kurang 14%. Pembelajaran menggambar Accelerated Drawing Technique (ADT) ini menanamkan karakter positif di antaranya kreatif, disiplin, tanggung jawab, dan menghargai karya. Selain itu karya yang dibuat memiliki keunikan tersendiri.  Karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat sebagai  referensi  di  dunia  pendidikan  baik  untuk  siswa  maupun  guru  di sanggar maupun sekolah.
Pembelajaran Menggambar Berbasis Cerita di Taman-kanak Prayitno Prayitno
Jurnal Pendidikan Anak Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v8i2.29156

Abstract

Cerita merupakan salah satu hal yang sangat disukai anak-anak, apalagi cerita yang disampaikan bertema yang disukai anak-anak. Ketika anak-anak menggambar dan mewarnai, cerita berfungsi sebagai media anak untuk mengungkapkan serta mengekspresikan hasil karya gambarnya. Tujuan penulisan artikel penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan bagiamana pembelajaran menggambar berbasis cerita di salah satu sekolah TK swasta di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif. Fokus kajian penelitian ini meliputi desain pembelajaran, proses pembelajaran dan hasil dari pembelajaran menggambar berbasis cerita. Desain pembelajaran yang dibuat supaya anak bisa mengenal karakteristik binatang khususnya binatang yang bisa terbang, hal ini diekspresikan melalui gambar dan imajinasi anak. Proses pembelajaran ini bisa dijadikan referensi serta dapat membantu guru dalam menyampaikan pelajaran, karena dengan media cerita pelajaran akan lebih mudah diserap oleh anak. Hasil dari pembelajaran ini dapat meningkatkan anak terutama level taman kanak-kanak dalam mengembangkan daya imajinasi dan menghasilkan karya gambar yang bervariatif sesuai dengan gaya gambar masing- masing anak.
STIMULASI PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PAUD BAGI PENDIDIK PAUD DI KECAMATAN BANGUNTAPAN BANTUL Rina Wulandari; Nur Hayati; Muthmainnah Muthmainnah; Arumi Savitri Fatimaningrum
Jurnal Pendidikan Anak Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v7i2.24462

Abstract

Kegiatan stimulasi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD yang bekerja sama dengan Himpaudi Kecamatan Banguntapan, Bantul bertujuan untuk memberikan tambahan wawasan tentang penilaian pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan institusional yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subyek penelitian sebanyak 84 pendidik PAUD di Kabupaten Bantul. Tindakan stimulasi diukur dengan menggunakan teknik tes, yaitu pretest  pada pra tindakan dan pottest setelah tindakan siklus 2. Analisis pretest menunjukkan bahwa terdapat 8 orang (14%) pada kategori tinggi, 41 orang (72%) pada kategori sedang, dan 8 orang (14%) pada kategori rendah. Analisis posttest menunjukkan bahwa terdapat 8 orang (14%) pada kategori tinggi, 45 orang (79%) pada kategori sedang, dan 4 orang (7%) pada kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pendidikan dalam menyusun perangkat pembelajaran meskipun hanya sebesar 7 % pada kategori sedang. Kata kunci: perangkat penilaian, kurikulum 2013 PAUD, perangkat pembelajaran.
Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Primagama Adinda Rohadati Aisy; Hafidzah Nur Adzani
Jurnal Pendidikan Anak Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v8i2.28813

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan tahap kemampuan menulis anak usia empat sampai lima tahun di TK Kreatif Primagama pada kelas A dengan menggunakan metode SAS pembelajaran dengan kartu di area read and mathematic corner. Metode SAS atau Struktur Analitik Sintesis yaitu suatu pendekatan cerita disertai dengan gambar atau simbol yang didalamnya memulai mengajar  menulis dengan menampilkan  cerita yang diambil dari dialog  guru dengan siswa Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara terhadap guru kelas. Subjek penelitian ini adalah delapan murid di TK Kreatif Primagama pada kelas A tahun ajaran 2019/2020. Selain delapan murid tersebut, subjek penelitian ini juga dilakukan pada guru kelas A di TK Kreatif Primagama. Data dikumpulkan dari lembar pengamatan, catatan  lapangan, dan wawancara. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata kemampuan menulis anak melalui kartu di area read and mathematic corner telah mencapai kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), yaitu 75% hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis pada anak melalui kartu di area read and mathematic corner.
Meningkatkan Kemampuan Bercerita Sederhana dengan Media Gambar Seri di Kelompok A3 TK Aba Mertosanan Banguntapan Bantul Parjilah Parjilah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v8i2.29096

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan ketrampilan bercerita sederhana melalui media gambar seri. Diharapkan denganmeningkatnya keterampilan bercerita melalui gambar seri, dapat menarik perhatian anak serta dapat mengembangkan bahasa anak. Bercerita sederhana suatu penyampaian pesan, informasi atau sebuah dongeng yang terdapat muatan-muatan mendidik, dalam penyampaian pesan/informasi ada beberapa faktor yang dapat menunjang keefektifan bercerita yaitu faktor kebahasaan dan non kebahasaan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 2 hari, pelaksanaan siklus I belum menunjukkan peningkatan yang diharapkan guru. Pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan bercerita melalui media gambar media pembelajaran yang menarik. Setelah di evaluasi berani bercerita dan terampil lancar bercerita melalui gambar seri pada siklus pertama. Keberanian bercerita dari kondisi awal 27% pada siklus I menjadi 53% dan pada siklus ke II menjadi 73%. Sedangkan pada kelancaran bercerita pada kondisi awal 33% pada siklus ke I menjadi 53% dan pada siklus ke II menjadi 78%. Dengan demikian ternyata penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keberanian dan keterampilan kelancaran bercerita sederhana di kelompok A3 TK ABA Mertosanan, Potorono, Banguntapan, Bantul.

Page 1 of 2 | Total Record : 15