cover
Contact Name
Nurul Arifiyanti
Contact Email
nurularifiyanti@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpafip@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta, 55281, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
ISSN : 23026804     EISSN : 25794531     DOI : 10.21831
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak" : 10 Documents clear
Peningkatan kemampuan membentuk bangunan melalui alat permainan balok stiker pada anak kelompok B4 di TK Negeri Pembina Bantul Tukirah Tukirah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v9i1.31346

Abstract

Alat permainan yang edukatif dan menarik diperlukan anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membentuk bangunan melalui alat permainan balok stiker pada anak kelompok B4 di TK Pembina Negeri Tembi Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun subjek penelitian adalah 17 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila 75 % anak sudah mencapai BSH (Berkembang Sesuai Harapan) ataupun BSB (Berkembang Sangat Baik). Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam membentuk bangunan dapat ditingkatkan melalui alat permainan balok stiker. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil pengamatan selama pembelajaran, yang dapat memenuhi target 76,47 %. Hasil penilaian kemampuan anak membentuk bangunan dengan balok stiker yang mencapai BSH mengalami peningkatan sebesar 5,88%. Sedangkan hasil penilaian kemampuan anak membentuk bangunan dengan balok stiker yang mencapai BSB mengalami peningkatan sebesar 35,29%.
Analisis kompetensi pendidik PAUD pada alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta Subandji Subandji; Mila Faila Shofa; Rosida Nur Syamsiyati
Jurnal Pendidikan Anak Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v9i1.30651

Abstract

Pendidik PAUD yang berkualitas harus memiliki kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kompetensi profesional alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta, 2) kompetensi pedagogik alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta, 3) kompetensi sosial alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta, dan 4) kompetensi kepribadian alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh alumni Program Studi PIAUD tahun akademik 2017/2018, yang telah bekerja di berbagai lembaga PAUD dengan segala bentuknya yang berjumlah 91 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh. Maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 91 alumni. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik alumni Program Studi PIAUD mencapai kategori tinggi dengan rata- rata 80,81%. Kompetensi kepribadian alumni Program Studi PIAUD mencapai kategori tinggi dengan rata-rata 82,95%. Kompetensi profesional alumni Program Studi PIAUD mencapai kategori cukup tinggi dengan rata-rata 78,71%. Kompetensi sosial alumni Program Studi PIAUD mencapai kategori tinggi dengan rata-rata 83,60%.
Hubungan pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget dengan kemampuan empati anak Ajeng Putri Pradevi
Jurnal Pendidikan Anak Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v9i1.31402

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget dengan kemampuan berempati anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang positif antara pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget dengan kemampuan berempati anak sebesar 0,4910,05. Dari 105 orang tua, terdapat 53 orang tua (50,50%) berada pada kategori pengawasan yang sangat tinggi, 45 orang tua (42,90%) berada pada kategori tinggi, sebanyak 6 orang tua (5,70%) pada kategori cukup, dan 1 orang tua (1,00%) berada pada kategori pengawasan yang rendah. Sedangkan kemampuan berempati anak mayoritas berada pada kategori tinggi yakni sebanyak 66 anak (62,90%), pada kategori sangat tinggi sebanyak 29 anak (27,60%), kategori cukup sebanyak 10 anak (9,50%), dan tidak terdapat anak yang memiliki tingkat kemampuan berempati yang rendah.
Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan montase pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Dinoyo 01 Mojokerto Yuvi Erfiana Taznidaturrohmah; Pramono Pramono; Suryadi Suryadi
Jurnal Pendidikan Anak Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v9i1.29805

Abstract

Kemampuan motorik halus penting distimulasi sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan morik halus melalui kegiatan montase pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita 01 Dinoyo Mojokerto. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dibantu dengan pengolahan data kuantitatif dengan tahapan-tahapanya yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75%. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan kegiatan montase yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Dharma Wanita 01 Dinoyo Mojokerto. Pada Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh anak adalah 74,1 dan meningkat pada Siklus II dengan skor rata-rata 87; dan (2) Pada tahap pra-tindakan skor rata-rata yang diperoleh anak adalah 53,1, kemudian dan mengalami peningkatan pada Siklus I dan II dengan skor rata-rata 74,5 dan 87,5.
Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo) Syifaul Adhimah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v9i1.31618

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran serta strategi orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini di Desa Karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan jenis penelitian studi kasus. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu berjumlah dua keluarga. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Orang tua merupakan kunci utama dalam menghilangkan rasa canggung pada anak. Orang tua memiliki peranan dalam lingkungan keluarga, dan tidak dapat diberikan di lembaga pendidikan. (2) Orang tua harus mencari sumber letak dimana anak merasa canggung. (3) Kembangkan terus kelebihan dan keistimewaan anak pada teman barunya agar anak tidak merasa canggung dalam bersosialisasi.
Akuntabilitas dan transparansi manajemen keuangan dalam mensejahterakan guru dan anak didik di TK Alfadlillah Maguwoharjo Yogyakarta Maria Ulfa
Jurnal Pendidikan Anak Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v9i1.29110

Abstract

Alasan penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap perubahan sekolah setelah menggunakan prinsip-prinsip manajemen pembiayaan, salah satunya yaitu akuntabilitas dan transparansi. Sebelum menerapkan dua prinsip ini, antara guru dan kepala sekolah tidak saling terbuka terkait manajemen pembiayaan, sehingga terdapat sejumlah uang yang disalahgunakan oleh kepala sekolah. Tetapi setelah pergantian kepala sekolah, kemudian dua prinsip ini diterapkan. Hal ini mendatangkan banyak perubahan dan manfaat tidak hanya kepada guru-guru sebagai pengajar, akan tetapi orang tua dan anak didik yang berada di dalamnya lebih interaktif dan komunikatif. Dengan adanya perubahan ini guru merasa lebih sejahtera. Tidak hanya guru, permainan anak-anak juga semakin bertambah banyak. Peneliti mengamati setiap fenomena yang terjadi di lapanan hingga memperoleh sebuah makna. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian di TK Alfadlillah Maguwoharjo Yogyakarta. Peneliti mengumpulkan data melalui tiga cara yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini ialah: dengan akuntabel dan transparansinya manajemen keuangan, membuat antar guru saling terbuka dan memahami kebutuhan sekolah, guru semakin memiliki ikatan keluarga, merasa lebih sejahtera, melalui uang tersebut dapat mendesain kelas, dan menambah permainan outdoor serta tidak ada kecemburuan sosial.
Hubungan kebiasaan orang tua mendongeng dengan buku dan kemampuan membaca permulaan pada anak usia kelompok B Vera Nur Choirina
Jurnal Pendidikan Anak Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v9i1.31354

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kebiasaan mendongeng dengan buku yang dilakukan oleh orang tua dengan kemampuan membaca permulaan pada anak usia kelompok B (5-6 tahun) di Taman Kanak-kanak yang berada di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 anak dan 60 orang tua. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment untuk menguji hipotesisnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kebiasaan orang tua dalam mendongeng dengan kemampuan membaca permulaan pada anak di Taman Kanak-kanak yang berada di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta.Hasil analisis data korelasi product moment, diperoleh nilai sebesar 0,663 dan rtabel 0,330. Dengan taraf signifikan 1%, dilihat dari arah hubungan dikatakan angka koefisien korelasinya bernilai r positif, maka korelasi antara kedua variabel bersifat searah.
Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa Banu Setyo Adi; sudaryanti sudaryanti; Muthmainah Muthmainah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v9i1.31375

Abstract

Permainan tradisional memiliki manfaat yang beragam untuk pengembangan anak usia dini, termasuk membentuk karakter anak usia dini. Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang cara memodifikasi permainan tradisional, kemudian menerapkannya dalam pembelajaran, serta mendiseminasikan kepada kolega guru lainnya. Metode kegiatan ini dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun hasil dari kegiatan yaitu berupa empat permainan tradisional modifikasi untuk anak usia Kelompok Bermain (2-4 tahun) meliputi Lingkaran binatang (mengembangkan dari permainan tradisional Jamuran), Tanaman keliling (mengembangkan dari permainan tradisional Cublak-cublak suweng), Sayuran (mengembangkan dari permainan tradisional Jamuran), dan Lompat rintangan (mengembangkan dari permainan tradisional lompat tali), serta tiga permainan tradisional modifikasi untuk anak usia 5-6 tahun meliputi: Menara menari (mengembangkan dari permainan tradisional Boi-boi an), Bermain sebut nama (mengembangkan dari permainan tradisional Cublak-cublak suweng), dan Jamuran jeneng kewan (mengembangkan dari permainan tradisional Jamuran). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa lebih dari 90% peserta pelatihan memahami pengembangan modifikasi permainan tradisional untuk mengembangkan karakter anak usia dini.
Meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita dengan media gambar pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Bantul Sarjiyani Sarjiyani
Jurnal Pendidikan Anak Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v9i1.31404

Abstract

Sebelum anak dapat berbicara dan berkomunikasi dengan baik, anak melakukan aktivitas menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita dengan media gambar pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Bantul. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis McTaggart. Subjek penelitian ini adalah 17 anak Kelompok B3 TK Negeri Pembina Bantul yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan instrumen penelitian berupa pedoman observasi. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu 75 %. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak dapat ditingkatkan melalui metode bercerita dengan media gambar. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang berada pada kriteria Kemampuan anak yang berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) semula 4 anak (23,5%) pada Siklus I menjadi 7 anak (41,2%) pada Siklus II, artinya mengalami peningkatan 17,7%. Kemampuan anak yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) semula hanya 1 anak (5,9 %) pada Siklus I menjadi 7 anak (41,2%) pada Siklus II, artinya mengalami peningkatan 35,3%.
Pelatihan penggunaan buku panduan pembuatan dan pelaksanaan pembelajaran di taman lalu lintas untuk guru taman kanak-kanak Eka Sapti Cahya Ningrum; Martha Christianti; Ika Budi Maryatun; Nur Cholimah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v9i1.31395

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam membuat dan melaksanakan pembelajaran di taman lalu lintas untuk taman kanak-kanak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemecahan masalah yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang: (1) rambu lalu lintas yang harus ada dalam taman lalu lintas, (2) etika berlalu lintas yang harus dikenalkan pada anak usia dini, (3) cara membuat taman lalu lintas di sekolah,(4) cara merancang pembelajaran di taman lalu lintas, (5) cara melaksanakan pembelajaran di taman lalu lintas dalam bentuk praktik microteaching dan pendampingan, dan (6) pembuatan video praktik pembelajaran di taman lalu lintas. Pelatihan penggunaan buku panduan pembuatan dan pelaksanaan pembelajaran di taman lalu lintas untuk taman kanak-kanak bagi guru TK di DIY ini mencapai target yang diharapkan yaitu kehadiran peserta melebihi target, yaitu dari target 25 peserta menjadi 35 peserta. Selain itu, para guru dapat menggunakan taman lalu lintas dalam pembelajaran di sekolah, mengenalkan rambu lalu lintas dan etika berlalu lintas pada anak melalui penjelasan dengan gambar dan praktik langsung dengan bermain peran, serta mengajak anak untuk belajar di taman lalu lintas dalam tema pembelajaran yang lain seperti pekerjaan dan lingkungan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10