cover
Contact Name
Bening Melati Ningrum
Contact Email
beningmn@gmail.com
Phone
+6281374835175
Journal Mail Official
ejournal@mandalabhakti.ac.id
Editorial Address
Jalan Singosari Utara III, Nusukan, Banjarsari, Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Mabha Jurnal
ISSN : 27468941     EISSN : 27765598     DOI : -
Mabha Journal aims to publish articles in the field of economics, tourism, and hotelier, including but not limited to research results, scientific studies and field cases. It has a purpose to provide a media for academics, researchers, experts and observers to communicate in the framework of scientific development in the field of economics, tourism, and hotelier.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2025): Mei 2025" : 6 Documents clear
DINAMIKA KOMUNIKASI FOOD AND BEVERAGE SERVICE DAN KITCHEN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN HOTEL GRAND DIAMOND YOGYAKARTA Aznam, Azis Fitri Profita; Nulul, Noer Ayufika; Anggraini, Fera Dhian
Mabha Jurnal Vol 6 No 1 (2025): Mei 2025
Publisher : Akparta Mandala Bhakti Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70018/mb.v6i1.94

Abstract

Food and Beverage Service dan Kitchen merupakan dua bagian dalam industri perhotelan yang saling berkaitan karena berpengaruh kuat terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami dinamika komunikasi yang terjadi antara Food and Beverage Service dan Kitchen di Hotel Grand Diamond Yogyakarta dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara dengan staf dari bagian Food and Beverage Service dan Kitchen yang berjumlah empat orang. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa dinamika komunikasi antara Food and Beverage Service dan Kitchen di Hotel Grand Diamond Yogyakarta dipengaruhi oleh dua faktor yaitu penggunaan teknologi komunikasi dan persepsi individu terhadap peran masing-masing bagian yang berpengaruh pada peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini berkontribusi untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai kompleksitas dinamika komunikasi interbagian dalam industri perhotelan, khususnya bagian Food and Beverage Service dan Kitchen yang merupakan dua bagian penting dalam operasional hotel. Implikasi praktis penelitian ini dapat digunakan oleh Hotel Grand Diamond Yogyakarta untuk mengidentifikasi perbaikan praktik komunikasi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan secara keseluruhan.
KUNCI KEBERSIHAN: PENGALAMAN TAMU DI AREA PUBLIK HOTEL ROS IN YOGYAKARTA Endaryanti, Dwi; Riawan, Ade; Anggraini, Fera Dhian
Mabha Jurnal Vol 6 No 1 (2025): Mei 2025
Publisher : Akparta Mandala Bhakti Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70018/mb.v6i1.95

Abstract

Kebersihan area publik merupakan salah satu kunci untuk menciptakan pengalaman tamu di Hotel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebersihan area publik di Hotel Ros In Yogyakarta dalam menciptakan pengalaman positif tamu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan pengalaman positif yang diperoleh tamu terhadap kebersihan area publik Hotel Ros In Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara mendalam kepada empat tamu yang menginap di Hotel Ros In dalam waktu tiga bulan terakhir yaitu Februari hingga Maret 2025. Penelitian ini juga melakukan observasi langsung selama tiga bulan di tiga area publik Hotel Ros In Yogyakarta yaitu lobi, restoran, dan meeting room. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi ditemukan bahwa kebersihan di tiga area publik Hotel Ros In Yogyakarta sangat berperan dalam membentuk pengalaman positif tamu. Empat tamu yang merasakan kebersihan optimal area publik Hotel Ros In Yogyakarta cenderung memberikan penilaian positif terhadap keseluruhan pengalaman menginapnya. Hasil observasi juga memperlihatkan adanya kebersihan yang terjaga dengan baik di tiga area publik Hotel Ros In Yogyakarta. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah manajemen hotel harus selalu menjaga kebersihan area publik hotel secara konsisten untuk menciptakan citra hotel melalui pengalaman positif tamu selama menginap.
STRATEGI PENYIMPANAN BAHAN BAKU UNTUK MENJAGA KUALITAS PRODUK PASTRY DI THE ALANA HOTEL & CONVENTION CENTER SOLO Ari Indriastuti, Wahyu; Sari, Tiara Puspita; Sulistijo, Surjo; Anandita, Arnes
Mabha Jurnal Vol 6 No 1 (2025): Mei 2025
Publisher : Akparta Mandala Bhakti Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70018/mb.v6i1.96

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi penyimpanan bahan baku pada Pastry Section di The Alana Hotel Solo. Peneliti ingin membandingkan prosedur dalam penyimpanan bahan baku dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di The Alana Hotel Solo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyimpanan bahan baku pastry belum memenuhi standar. Selain itu, bahan-bahan makanan belum semuanya diberi label. Apabila bahan makanan yang datang dalam jumlah banyak, tempat penyimpanan tidak sepenuhnya dapat menampung. Oleh karena itu, staf perlu mengusahakan tersedianya tempat penyimpanan untuk bisa menampung banyak bahan baku. Evaluasi dan sosialisasi perlu dilakukan untuk meningkatkan penerapan SOP menjadi lebih baik dari sebelumnya.
PARIWISATA RAMAH LINGKUNGAN: ANALISIS WILLINGNESS TO PAY PENGUNJUNG GEMBIRA LOKA ZOO UNTUK KONSERVASI RUANG TERBUKA HIJAU Putri Ratna Setyowati; Taufiq, Luqman; Edi Laksono, Gangsar; Fallo, Trisno
Mabha Jurnal Vol 6 No 1 (2025): Mei 2025
Publisher : Akparta Mandala Bhakti Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70018/mb.v6i1.97

Abstract

Pembangunan kota yang pesat sering kali tidak sejalan dengan pelestarian lingkungan, khususnya dalam penyediaan ruang terbuka hijau (RTH). Di tengah keterbatasan RTH tersebut, kawasan wisata ramah lingkungan seperti Gembira Loka Zoo (GLZ) di Kota Yogyakarta memainkan peran penting, bukan sekedar sebagai tempat rekreasi dan edukasi, tetapi juga sebagai bagian dari sistem ekologis kota. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai willingness to pay (WTP) dari GLZ sebagai pariwisata berkelanjutan yang mendukung upaya konservasi RTH Kota Yogyakarta serta mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap WTP pengunjung. Metode penelitian digunakan yaitu wawancara dan kuisioner kemudian pendekatan yang digunakan yaitu Contingent Valuation Method (CVM). Analisis data ini menggunakan instrumen analisis oleh program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kesediaan membayar WTP pengunjung GLZ untuk konservasi RTH di kawasan kebun binatang tersebut  yaitu Rp 13.352,00. Sedangkan faktor-faktor yang memengaruhi kesediaan membayar WTP pengunjung GLZ untuk konservasi RTH di kawasan kebun binatang tersebut dengan regresi logistik multinomial menunjukkan bahwa nilai signifikasi yaitu 0,000 dimana kurang dari 0,05, maka usia, tingkat pendidikan, dan tingkat penghasilan berhubungan  positif terhadap WTP.
UNDERSTANDING THE ROLE OF WORK EXPERIENCE IN MODERATING THE EFFECT OF EDUCATION ON THE PERFORMANCE OF EMPLOYEES OF THE BERINGIN RAYA HEALTH CENTER Parela, Epi; Mustakim, Senen
Mabha Jurnal Vol 6 No 1 (2025): Mei 2025
Publisher : Akparta Mandala Bhakti Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70018/mb.v6i1.98

Abstract

Tingkat pendidikan yang baik dapat menunjang keberhasilan organisasi karena dari setiap tingkat pendidikan yang dilalui oleh seseorang dapat memberikan pengetahuan dan kemampuan yang lebih baik. Sedangkan pengalaman kerja berkaitan dengan kemampuan dan kecakapan seorang pegawai dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya. Pengalaman kerja tidak hanya ditinjau dari keterampilan, keahlian dan kemampuan yang dimiliki saja, akan tetapi pengalaman kerja dapat dilihat dari pengalaman seseorang yang telah bekerja atau lamanya bekerja pada suatu instansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai serta peran pengalaman kerja memoderasi pengaruh tingkat pendidikan terhadap kinerja pegawai Puskesmas Beringin Raya Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), bersifat kuantitatif dimana penjelasannya bersifat objektif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini menggunakan 60 responden penelitian. Berdasarkan analisis data telah ditemukan hasil penelitian yaitu variabel pendidikan berpengaruh terhadap variabel kinerja pegawai, variabel pengalaman kerja berpengaruh terhadap variabel kinerja pegawai dan variabel pengalaman kerja memperkuat pengaruh pendidikan terhadap variabel kinerja pegawai. Variabel pendidikan memiliki pengaruh yang dominan terhadap kinerja pegawai sebesar 73,1%.
OPTIMALISASI PERAN GUEST RELATION OFFICER (GRO) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU HOTEL Rawindati, Yasopa; Wulandari, Septi; Septi Wulandari
Mabha Jurnal Vol 6 No 1 (2025): Mei 2025
Publisher : Akparta Mandala Bhakti Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70018/mb.v6i1.101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi peran dan kontribusi Guest Relation Officer (GRO) dalam meningkatkan kepuasan tamu di The Royal Surakarta Heritage. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu mendiskripsikan optimalisasi peran Guest Relation Officer (GRO) dalam meningkatkan kepuasan tamu di The Royal Surakarta Heritage. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan studi pustaka. Responden pada penelitian ini adalah Front Office Captain, Front Desk Agent, dan Guest Relation Officer Trainee. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Guest Relation Officer (GRO) adalah salah satu section penting dari operasional Front Office Department di The Royal Surakarta Heritage. Guest Relation Officer (GRO) memiliki kompetensi dalam menangani keluhan tamu dan permintaan khusus secara efisien, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pengalaman menginap bagi tamu biasa maupun tamu VIP/ VVIP. Lebih lanjut, Guest Relation Officer (GRO) mampu memperkuat loyalitas tamu dan citra positif hotel, maka dari itu penting adanya pelatihan berkelanjutan, pengembangan soft skills, serta penempatan strategis komunikasi yang efektif dalam mendukung kinerja optimal Guest Relation Officer (GRO).

Page 1 of 1 | Total Record : 6