cover
Contact Name
Sulistya Umie Ruhmana Sari
Contact Email
sulistyaumieruhmanasari@uin-malang.ac.id
Phone
+6285731158367
Journal Mail Official
galois@uin-malang.ac.id
Editorial Address
https://urj.uin-malang.ac.id/index.php/gjppm/about/editorialTeam
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 28288386     DOI : https://doi.org/10.18860/gjppm
Core Subject : Education,
Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika telah memiliki nomor register ISSN versi online (e 2828-8386). Jurnal Galois: Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dengan terbitan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Terbitan awal secara elektonik (online) untuk jurnal ini dimulai dari Volume 1, Nomor 1 bulan Januari Tahun 2022. Tujuan dari adanya jurnal ini adalah untuk publikasi dan penyebarluasan hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika memiliki Fokus dan Cakupan diantara: Strategi Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Matematika, Metode Pembelajaran Matematika, Media Pembelajaran Matematika, Etnomatematika, Berpikir Matematika, Psikologi Belajar Matematika, Evaluasi Pembelajaran Matematika, Instrumen Pembelajaran Matematika Penulis yang ingin mengirimkan naskah ke Redaksi Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika harus mengikuti pedoman penulisan. Jika naskah yang dikirim tidak sesuai dengan panduan, fokus & scope jurnal, maka akan langsung ditolak oleh editor. Naskah yang dikirim oleh penulis akan diproses secara keseluruhan memerlukan waktu 2 bulan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2022): Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika" : 5 Documents clear
APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI MTs MUHAMMADIYAH SRUMBUNG, KABUPATEN MAGELANG Lisnawati, Erna; Purwanto, Arie
Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2022): Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/gjppm.v1i2.2146

Abstract

Teknologi telah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mempermudah dalam melakukan segala hal yang dilakukan oleh manusia, seiring dengan peningkatan teknologi pada HandPhone canggih yang semakin diminati oleh masyarakat umum, penggunaan berbagai jenis media sosial berbasis web juga semakin berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran yang menggunakan aplikasi WhatsApp di MTs Muhammadiyah Srumbung. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di MTs Muhammadiyah Srumbung yang menggunakan aplikasi WhatsApp untuk melaksanakan pembelajaran, instrumen pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil dari penelitian ini diperoleh penggunaan aplikasi WhatsAp di MTs Muhammadiyah Srumbung masih mengalami kendala karena siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, sebagian besar siswa sudah bisa menggunakan aplikasi ini namun untuk hal lain bukan fokus untuk mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan secara daring.
Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Geometri ditinjau dari Persepsi Siswa Fauziyah, Fida Dinar; Sujarwo, Imam
Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2022): Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/gjppm.v1i2.2188

Abstract

Mathematical reasoning ability is a person's ability to think logically in drawing a conclusion from problem solving in the mathematics learning process. By thinking logically, students can have confidence that the mathematics they learn is reasonable so that it affects the mathematical information and knowledge that students receive. It will also lead to different perceptions of each student in participating in mathematics learning. To determine the ability of mathematical reasoning when viewed from the perception of students, it can be done by giving geometry questions. The purpose of this study was to describe the mathematical reasoning ability of students with positive and negative perceptions in working on geometry problems. This research uses a qualitative approach with exploratory descriptive research. This research was conducted at SMPN 2 Balongbendo with the research subjects of two students of class VIII E, with each of them being a student with positive perceptions and a student with negative perceptions. Data collection techniques used are tests and interviews, while to determine the validity of the data using time triangulation. The results of this study indicate that students with positive perceptions can achieve every indicator of mathematical reasoning ability. While students with negative perceptions have not been able to fulfill every indicator of mathematical reasoning ability.
EKSPLORASI POLA BARISAN ARITMETIKA DALAM TARIAN HADRAH Royyani, Atiqotur; Marhayati, Marhayati; Rofiki, Imam
Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2022): Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/gjppm.v1i2.2192

Abstract

English: This research aims to describe the concept of the arithmetic sequence pattern in the Hadrah dance performed by the Bangeran village community. This research is a qualitative research with an ethnographic approach with the research subjects are Hadrah art performers in Bangeran village and the object of research is Hadrah dance. The technique used to collect data in this study consisted of three ways, namely observation, interviews, and documentation. While, the data analysis technique used is the data analysis technique of Miles and Huberman which includes data reduction, data exposure, and drawing conclusions. Results of the study was showed that there was a mathematical concept contained in the Hadrah movement, namely the concept of an arithmetic sequence pattern. This concept is used to find how many dance terms a movement occurs in the nth repetition. The formula for finding the terms of a movement that occurs on the nth repetition is to determine movement one = 7n-6, movement two = 7n-5, movement three = 7n-4, movement four = 7n-3, movement five = 7n- 2, movement six = 7n-1, and movement seven = 7n. Indonesian: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pola barisan aritmetika pada tarian Hadrah yang dilakukan oleh masyarakat desa Bangeran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi dengan subjek penelitian merupakan pemain kesenian Hadrah di desa Bangeran dan objek penelitiannya adalah tarian Hadrah. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini terdiri atas tiga cara, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya konsep matematika yang terdapat dalam gerakan Hadrah, yaitu konsep pola barisan aritmetika. Konsep ini digunakan untuk mencari suku tarian ke berapa suatu gerakan terjadi pada pengulangan ke-n . Diperoleh rumus untuk mencari suku suatu gerakan yang terjadi pada pengulangan ke-n adalah untuk menentukan gerakan satu = 7n - 6 , gerakan dua = 7n - 5, gerakan tiga = 7n - 4, gerakan empat = 7n - 3, gerakan lima = 7n - 2, gerakan enam = 7n - 1, dan gerakan tujuh = 7n.
PENGEMBANGAN PLATFORM DIGITAL BERBASIS LINKTREE DENGAN GEOGEBRA “BARSAMA” PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs Fatchiyah, Fina; Utami, Mutiara Arlisyah Putri
Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2022): Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/gjppm.v1i2.2245

Abstract

The product developed in this research is a linktree-based digital platform with the geogebra "BARSAMA". This development research aims to determine the validity of the linktree-based digital platform with the “BARSAMA” geogebra. This digital platform is in the form of an application that contains several links that are used in 10 menus. Some of these menus will help in the learning process. This development research uses a 4D development model but only consists of three stages, namely Define (defining), Design (planning), Development (development). The subjects used are validator experts. Data collection techniques are interviews and questionnaires, and the data obtained are quantitative and qualitative. Quantitative data obtained from the validation value. Qualitative data obtained from the criticism and suggestions of the validator. The test results by experts stated that the linktree-based digital platform with the geogebra "BARSAMA" was very feasible with the percentage of material validation being 89.5%, media validation 98%, and learning model validation 87%.
APLIKASI METODE PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA) PADA ANALISIS PENGARUH SIKAP MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA UIN MALANG Badri, Fawaidul
Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2022): Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/gjppm.v1i2.2613

Abstract

Masa depan suatu bangsa tergantung pada seberapa baik kualitas pendidikan dan sumber daya manusia bangsa tersebut. Perguruan tinggi sebagai salah satu bagian penting dalam dunia pendidikan yang mengemban tanggung jawab dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sikap mahasiswa memilih melanjutkan studi pada Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya kesenjangan yang signifikan antara peminat PTN dan PTAI serta kurangnya minat mahasiswa terhadap Perguruan Tinggi Islam menjadi sangat menarik untuk dijadikan bahan kajian penelitian untuk mengetahui hal-hal yang menjadi ertimbangan mahasiswa dalam memilih Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang digunakan telah memenuhi uji asumsi validitas, reliabilitas, kecukupan dan kelayakan data sehingga dapat dilanjutkan pada analisis selanjutnya yaitu menggunakan analisis faktor menggunakan PCA. Semua variabel yang terdapat dalam penelitian ini memiliki nilai ekstraksi lebih dari 50%, sehingga dapat disimpulkan semua variabel yang digunakan dapat menjelaskan faktor-faktor tersebut. Pada bagian kolom “% of variance”, karena nilai eigenvalues yang ditentukan adalah 1, maka nilai yang akan diambil memiliki eigenvalues lebih besar dari 1, ada komponen 1, komponen 2, komponen 3, komponen 4, dan komponen 5. Jika menggunakan 5 komponen maka total faktor yang dapat menjelaskan varians adalah sebesar 20,011% + 19,692% + 15,935% + 14,632% + 10,745% = 81,015%. Kata Kunci: PTAI; PTN; PCA; Eigenvalues; Komponen

Page 1 of 1 | Total Record : 5