Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 6, No 1 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS"
:
12 Documents
clear
Pengaruh Persepsi Atas Sarana Prasarana Pembelajaran dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPS
Arie Irfan Nuri;
Sumaryoto Sumaryoto
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 1 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/herodotus.v6i1.12757
The purpose of this study was to find out 1). The influence of perceptions of learning infrastructure and parental attention together on social studies learning achievement of private junior high school students in Bekasi, 2). The effect of perceptions of learning infrastructure on social studies learning achievement of private junior high school students in Bekasi, 3). The effect of perceptions of parents' attention on social studies learning achievement of private junior high school students in Bekasi. The sample used was 60 students as the research sample using proportional random sampling technique with multiple linear regression test. Based on the results of the hypothesis and data analysis, it is concluded as follows: 1) There is a significant influence on the perception of learning infrastructure and parental attention together on the social studies learning achievement of private junior high school students in Bekasi. This is evidenced by the value of Sig = 0.009 <0.05 and Fcount = 5.067, 2). There is a significant influence on the perception of learning infrastructure on the social studies learning achievement of private junior high school students in Bekasi. This is evidenced by the value of Sig = 0.042 <0.05 and t = 2.080, 3). There is a significant effect of parental attention on social studies learning achievement of junior high school students in Bekasi. This is evidenced by the value of Sig = 0.024 <0.05 and tcount = 2.317.
Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar IPS Pada SMP Swasta di Kota Depok
Rekyan Swasti Nariswari;
Sumaryoto Sumaryoto;
Maman Achdiyat
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 1 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/herodotus.v6i1.10818
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metoda survey deskriptif dengan teknik regresi linear berganda, yaitu suatu metoda penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi berasal dari 3 kelas VIII dari 3 sekolah yaitu SMP Yapan Indonesia, SMP Arrahman, dan SMP Islam Al Istiqomah Depok sebanyak berjumlah 500. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan Media Pembelajaran dan Rasa Percaya diri secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000<0,05 dan Fhitung=24,329. Secara bersama-sama variabel media pembelajaran dan rasa percaya diri memberikan kontribusi sebesar 37,8% kepada prestasi belajar IPS. Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,000<0,05dan thitung=6,125. Kontribusi yang diberikan variabel media pembelajaran kepada prestasi belajar IPS sebesar 37,7%. Terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig0.001<0,05 dan thitung=6,360. Variabel Rasa Percaya diri belajar ini memberikan kontribusi kepada prestasi belajar IPS sebesar 38,7%.
Pengaruh Adversity Question dan Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi
Dony Krisna;
Sumaryoto Sumaryoto;
Yos Uly
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 1 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/herodotus.v6i1.11080
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengkaji dan menganalisis: (1) pengaruh rasa percaya diri dan adversity question secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kota Depok. (2) pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar ekonomi SMA Negeri di Kota Depok. (3) pengaruh adversity question terhadap prestasi belajar ekonomi SMA Negeri di Kota Depok. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan analisis regresi ganda. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMA Negeri di Kota Depok pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling proporsional. Analisis data diolah menggunakan SPSS 22. Instrumen yang dipergunakan dalam bentuk angket dan penilaian akhir semester. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara rasa percaya diri dan adversity question secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kota Depok. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan. (3) rasa percaya diri terhadap prestasi belajar ekonomi SMA Negeri di Kota Depok.
Pengaruh Persepsi Atas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru pada SMK Swasta di Kota Depok
Dian Irmasari
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 1 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/herodotus.v6i1.14384
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Persepsi atas profesionalisme guru terhadap kinerja guru SMK Swasta Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah survey analisis jalur (Path Analysis) dengan jumlah responden sebanyak 85 dari siswa kelas XI SMK Kesuma Bangsa, SMK Cakra Nusantara, dan SMK Citra Negara di Kota Depok tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh langsung yang signifikan persepsi atas kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMK Swasta Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,000<0,05 dan thitung= 4.684. Terdapat pengaruh langsung yang tidak signifikan persepsi atas profesionalisme guru terhadap kinerja guru SMK Swasta Kota Depok. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig.= 0,652>0,05 dan thitung= -.453. Terdapat pengaruh langsung yang signifikan persepsi atas kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap persepsi atas profesionalisme guru SMK Swasta Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 003<0,05 dan thitung= 3.058. Terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan persepsi atas kepemimpinan Kepala Sekolah melalui persepsi siswa atas profesionalisme guru terhadap kinerja guru SMA Swasta di Kota Depok. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung= 1.533
Pengaruh Sikap Dan Kreativitas Berpikir Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Sosial Pada SMA Negeri di Jakarta Utara
Siti Aisah
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 1 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/herodotus.v6i1.10829
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh sikap dan kreativitas berpikir secara bersama terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. 2) Pengaruh sikap terhadap prestasi belajar IPS siswa SMA Negeri Jakarta Utara. 3) Pengaruh kreativitas berpikir terhadap prestasi belajar IPS siswa SMA Negeri Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik regresi linier korelasional berganda dengan jumlah sampel 70 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap dan kreativitas berpikir bersama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 11,294. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap terhadap prestasi belajar IPS siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,006 < 0,05 dan thitung = 2,843. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas berpikir terhadap prestasi belajar IPS siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai sig. = 0,009 < 0,05 dan thitung = 2,694.
Prestasi Belajar IPS Dipengaruhi oleh Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa di Kota Tangerang Selatan
Edson Sahulatta;
Sumaryoto Sumaryoto;
Heru Suparman
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 1 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/herodotus.v6i1.11229
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar IPS. 2) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi belajar IPS. 3) Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar secara bersama-sama Terhadap Prestasi Belajar IPS. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif. Populasi adalah siswa kelas X SMK Swasta di Kota Tangerang Selatan dengan besar sampel sebanyak 60 siswa, dengan teknik sampling yaitu Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dan nilai akhir (PTS dan PAS). Analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS. 2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS. 3) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS.
Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi
Muhamad Bili Fatullah;
Sumaryoto Sumaryoto;
Rahayu Permana
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 1 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/herodotus.v6i1.14426
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar ekonomi survei pada SMA Negeri di kabupaten Tangerang, Sampel yang digunakan 84 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut: Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,000<0,05 dan Fhitung= 18,661, Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,006<0,05 dan thitung= 2,846, Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,000<0,05 dan thitung= 4,226
Persepsi atas Media Pembelajaran dan Motivasi Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Pada Siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor
Indra Sutisna;
Sumaryoto Sumaryoto;
Heru Sriyono
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 1 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/herodotus.v6i1.10834
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Atas Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis, 2) Motivasi terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis, 3) Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Motivasi secara bersama- sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis.Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta di Kabupaten Bogor sejumlah 515 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Motivasi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 10.422. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,012 < 0,05 dan thitung sebesar 2.582. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,029 < 0,05 dan thitung sebesar 2.224.
Persepsi Atas Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar
Nova Handayani
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 1 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/herodotus.v6i1.11612
Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 102 Cijantung, SMP Negeri 103 Cijantung dan SMP Negeri 179 Kalisari, yang berjumlah 1100 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang siswa yang dipilih secara random. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, tehnik sampling menggunakan multistage sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan statistic Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas metode pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai: Sig.= 0,000 < 0,05 dan FH = 28,175. Terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh persepsi atas metode pembelajaran belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai: Sig.= 0,000 < 0,05 dan tH =5,101. Terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai: Sig.= 0,000 < 0,05 dan tH = 5, 434.
Persepsi Media Pembelajaran dan Kemampuan Literasi Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar IPS pada Siswa SMP Negeri di Kota Jakarta Timur
Goessera Putri Rusdiana;
Sumaryoto Sumaryoto;
Syahid Syahid
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 1 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/herodotus.v6i1.10945
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan kemampuan literasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. 2) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. 3) Pengaruh persepsi atas kemampuan literasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian survei dengan teknik analisis regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, hasil penelitian ini adalah : 1) terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan kemampuan literasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur.