cover
Contact Name
Rizki Prakasa Hasibuan
Contact Email
uppmft@uis.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
uppmft@uis.ac.id
Editorial Address
Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) Fakultas Teknik Jl. Tengku Umar No.85 Pelita, Lubuk Baja Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau Email: uppmft@uis.ac.id
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Responsive Teknik Informatika
Published by Universitas Ibnu Sina
ISSN : -     EISSN : 26147602     DOI : https://doi.org/110.36352/jr
JR: Jurnal Responsive Teknik Informatika is a scientific journal aimed at providing a platform for researchers, academics, and professionals to publish their latest research and thoughts in the field of responsive informatics engineering. This journal was established with the goal of being one of the leading sources of knowledge in informatics engineering and serving as a platform for sharing the latest findings and innovations. is a scientific journal aimed at providing a platform for researchers, academics, and professionals to publish their latest research and thoughts in the field of responsive informatics engineering. This journal was established with the goal of being one of the leading sources of knowledge in informatics engineering and serving as a platform for sharing the latest findings and innovations. With a focus on academic excellence and innovation, JR: Jurnal Responsive Teknik Informatika accepts contributions in various forms, including original research articles, literature reviews, technical notes, and conference papers. The scope of topics covered by this journal includes, but is not limited to: Software engineering Information systems Artificial intelligence Data analytics Cybersecurity Human-computer interaction Web and mobile development Internet of Things (IoT) Cloud computing And other related topics in informatics engineering JR: Jurnal Responsive Teknik Informatika is managed by an experienced editorial team committed to maintaining standards of excellence in published research. Each article undergoes a rigorous peer review process to ensure quality, originality, and relevance to the field of study. As a journal open to contributions from researchers worldwide, JR: Jurnal Responsive Teknik Informatika invites academics and professionals to actively participate in contributing new thoughts, findings, and ideas that can advance knowledge in the field of informatics engineering.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 01 (2019): JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika" : 6 Documents clear
Implementasi Metode Elimination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerimaan Beasiswa Berprestasi Suryadi, Agus; Febrianti, Eka Lia
Jurnal Responsive Teknik Informatika Vol. 3 No. 01 (2019): JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jr.v3i01.241

Abstract

Calon penerima beasiswa dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh SMP N 36 Bungus Teluk Kabung. Metode ELECTRE merupakan salah satu metode digunakan untuk menentukan peringkat dan menentukan alternatif terbaik, dan merupakan salah satu metode yang efektif untuk Multi Attibute Decision Making dengan fitur kualitatif dan kuantitatif. Metode ELECTRE digunakan pada kondisi dimana alternatif yang kurang sesuai dengan kriteria dieliminasi, dan alternatif yang sesuai dapat dihasilkan. Dengan kata lain, metode ini digunakan untuk kasus-kasus dengan banyak alternatif namun hanya sedikit kriteria yang dilibatkan. Berdasarkan hasil analisis yang telah didapatkan pemanfaatan metode ELECTRE dalam menentukan calon penerima beasiswa dapat meningkatkan nilai fairness dalam program penerimaan beasiswa berprestasi.
Cloud Server Real Time Communication Video Conference Berbasis Bigblubutton Basar, Abdul Rohmad; Ropianto, Muhammad; Suwito, Endri
Jurnal Responsive Teknik Informatika Vol. 3 No. 01 (2019): JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jr.v3i01.242

Abstract

Untuk mendukung layanan video conference (vicon) suatu aplikasi multimedia yang bersifat duplex serta real time, sebagai pendukung pelayanan pendidikan yang mengintergrasikan dengan e-learning. Penelitian mengambil objek di Kampus STT Ibnu Sina Batam dengan menggunakan metode Network Development Life Cycle. Metode ini untuk membangun server real time communication dan mengintegrasikan bigbluebutton menjadi layanan video conference. Hasil akhir penelitian memberikan rancangan alternatif layanan video conference yang dapat diakses melalui web browser yang terintegrasi dengan Learning Management Service (Chamilo). Berdasarkan pengamatan menggunakan wireshark, untuk memperoleh kualitas audio-video yang baik, diperlukan koneksi internet yang stabil saat melakukan vicon.
Sistem Pengelolaan Data Pengadaan dan Transaksi Penjualan Pisang Sunpride Cabang Batam Menggunakan PHP dan MYSQL Setyabudhi, Albertus Laurensius; Setyawan, Didin; Alfiana, Dewi Yashofa
Jurnal Responsive Teknik Informatika Vol. 3 No. 01 (2019): JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jr.v3i01.243

Abstract

PT. Sewu Segar Nusantara berfokus pada distribusi dan pemasaran buah lokal yang bekerjasama dengan Nusantara Tropical Farm (NTF) untuk menghasilkan beberapa buah lokal yang ditanam di daerah Lampung di atas lahan seluas 3500Ha antara. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem penglolaan data pengadaan dan transaksi penjualan Pisang Sunpride menggunakan PHP dan MySQL. Sasaran penelitian ini yaitu admin yang bertugas untuk mengelola seluruh aktifitas transaksi pengadaan dan penjualan. Objek penelitian ini dilakukan di tempat usaha ibu Kaeksi Katriyani yang mana menjadi distributor cabang Batam selama 3 (tiga) bulan. Objek aktifitas yang dilakukan berupa wawancara dengan ibu Kaeksi mengenai kendala-kendala yang terjadi dan survei langsung ke lokasi untuk mengumpulkan data. Sampling yang telah berjalan yaitu pada admin yang melakukan semua aktifitas pengelolaan data pengadaan dan transaksi penjualan. Kesimpulan pada aplikasi ini adalah agar dapat memudahkan admin dalam mengolah data pengadaan dan transaksi penjualan sehingga dapat dikerjakan dengan cepat dan mengurangi kesalahan pada data. Saran untuk aplikasi ini diharapkan bisa menambahkan pelaporan piutang pelanggan. Rekomendasi pada aplikasi ini yaitu lebih baik jika menggunakannya pada browser Mozilla Firefox.
PENERAPAN METODE FORDWARD CHAINING DALAM DIAGNOSA KERUSAKAN SEPEDA MOTOR HONDA ( Studi Kasus : Capella Service Center ) Saro, David
Jurnal Responsive Teknik Informatika Vol. 3 No. 01 (2019): JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jr.v3i01.244

Abstract

Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang banyak digunakan masyarakat pada saat ini. Jumlah sepeda motor tumbuh sangat pesat dikarenakan kebutuhan masyarakat terhadap alat transportasi yang murah dan terjangkau. Oleh sebab itu banyak masyarakat yang memilih sepeda motor sebagai kendaraan pribadinya untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini menjelaskan bagaimana mendiagnosa kerusakan sepeda motor pada Capella Servive Center berdasarkan analisa sistem pakar dengan menggunakan metode Forward chaining. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi pada Capella Service Center. Hasil pembahasan ini untuk mendapatkan solusi yang dibutuhkan pelanggan atas kerusakan sepeda motor Honda mereka.
Implementasi Sistem Informasi Pengolahan Data Obat Pada Apotek Mega Utama Dengan Bahasa Pemrograman Java Jarti, Nanda; Hutabri, Ellbert
Jurnal Responsive Teknik Informatika Vol. 3 No. 01 (2019): JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jr.v3i01.245

Abstract

Sistem informasi pengolahan data obat ini nantinya dapat mengelola dan mengolah data obat pada apotek Mega Utama, baik dari segi pendataan barang persediaan, pencatatan data transaksi, dan proses yang lainnya yang berhubungan dengan aktivitas pada apotek yang bersangkutan. Berdasarkan masalah ini perlu dilakukan pengembangan sistem informasi pengolahan data obat pada Apotik Mega Utama yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan untuk membantu pihak manajemen dalam mengambil keputusan. Sistem pengolahan data obat pada Apotek Mega Utama dirancang menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC).Perancangan program menggunakan bahasa pemrograman Java dengan Database MySQL.Sistem yang dirancang mempermudah user dalam melakukan penginputan data obat, pengolahan, dan penghitungan stok obat, Penelitian yang dilakukan tidak lepas dari kekurangan dan kelemaha, oleh sebab itu masih perlu pengembangan sistem agar kinerja sistem menjadi lebih baik, diantaranya : Sistem informasi pengolahan data obat pada Apotek Mega Utama hendaknya dikembangkan dengan dibuatkan laporan keuangan pada Apotek Mega Utama.Sistem yang dikembangkan kedepannya diharapkan berbasis web, sehingga setiap transaksi yang terjadi pada Apotek Mega Utama dapat dikontrol setiap saat.
Penerapan Model Sistem Pakar Dalam Diagnosa Gangguan Jaringan Local Area Network (LAN) (Studi Kasus : STT Ibnu Sina Batam) Fernandes, Atman Lucky
Jurnal Responsive Teknik Informatika Vol. 3 No. 01 (2019): JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jr.v3i01.246

Abstract

Inteligensi buatan adalah salah satu bidang dalam komputer sains dikhususkan untuk pembuatan perangkat lunak dan perangkat keras yang bisa berfungsi sebagai sesuatu yang bisa dipikirkan seperti manusia. Salah satu bagian dari kecerdasan buatan adalah sistem pakar, Sistem pakar pada umumnya merupakan sistem yang mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli khusunya dalam bidang Networking. Networking merupakan salah satu kebutuhan utama yang ada di STT Ibnu Sina Batam, permasalahan utama yang sering terjadi di STT Ibnu Sina adalah tidak adanya sebuah alat yang mampu mengidentifikasi gangguan-gangguan Networking Khusunya dalam Local Area Network (LAN) sehingga sulit dalam mengidentifikasi gangguan yang terjadi. Berdasarkan permasalah yang ada dirasa perlu dirancangan sebuah model penerapan Sistem Pakar dengan menggunakan Metode Forward Chaining sehingga permasalah yang ada di STT Ibnu Sina Batam diharapkan dapat diatasi dengan mudah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6