cover
Contact Name
Magfiroh
Contact Email
dokicti@gmail.com
Phone
+6285288852893
Journal Mail Official
dokicti@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Surya Alam 8 Blok A No. 15 Jl. Masjid Jami, Talang Jambe, Kec. Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30961
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 30325889     DOI : https://doi.org/10.61994/bersama
Focus - Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat is a scientific journal published by CV. Doki Course and Training. Published articles are scientific disciplines adopted in various community service activities and other applied research. Scope - Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat accepts article manuscripts in the field of applied research and results of community-based quantitative and qualitative scientific research into community service formats covering the scientific fields of Education, Social, Psychology, Management, Economics, Accounting, Engineering, Religion, Language, Engineering.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024): Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat" : 5 Documents clear
Digitalisasi Desain Teknik: Sosialisasi dan Pelatihan Autodesk Inventor di SMK Satria Nusantara (SN) Imam Akbar; Dewi Rawani; Akbar Teguh Prakoso; Tolu Tamalika; Ahmad Malik Abdul Aziz; Yules Pramona Zulkarnain
Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2024): Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : CV. Doki Course and Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61994/bersama.v2i1.606

Abstract

Penggunaan teknologi CAD (Computer-Aided Design) dalam pendidikan kejuruan menjadi sangat penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi dunia industri yang semakin maju. Autodesk Inventor, salah satu software CAD yang populer, memberikan kemampuan bagi siswa untuk merancang, memvisualisasikan, dan mensimulasikan produk mekanik dalam bentuk 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan Autodesk Inventordi SMK Satria Nusantara dan mengukur dampaknya terhadap pemahaman dan keterampilan siswa dalam desain teknik. Metode penelitian yang digunakan meliputi beberapa tahap: persiapan dan perencanaan, pelaksanaan sosialisasi, evaluasi dan penilaian, serta tindak lanjut dan konsultasi. Tahap persiapan melibatkan identifikasi kebutuhan, penyusunan materi pelatihan, dan koordinasi dengan pihak sekolah. Pelaksanaan sosialisasi mencakup pembukaan, penyampaian materi, dan latihan praktik. Evaluasi dilakukan melalui tugas, kuis, dan penilaian hasil kerja siswa, serta umpan balik dari siswa dan guru. Tindak lanjut berupa dukungan teknis, penyediaan sumber daya tambahan, dan kolaborasi dengan industri. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan siswa setelah mengikuti sosialisasi. Sebelum sosialisasi, sebagian besar siswa memiliki pemahaman dan keterampilan yang rendah dalam menggunakan Autodesk Inventor. Setelah sosialisasi, terjadi peningkatan pemahaman siswa dalam kategori "Sangat Baik" dan "Baik" sebesar 50%. Keterampilan praktik siswa juga meningkat, dengan 55% siswa berada dalam kategori "Baik" dan "Sangat Baik". Umpan balik dari siswa dan guru sangat positif, menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi ini relevan dan bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi siswa. Sehingga sosialisasi penggunaan Autodesk Inventor di SMK Satria Nusantara efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam desain teknik. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut mencakup peningkatan fasilitas teknologi di sekolah, integrasi pembelajaran CAD dalam kurikulum, dan kolaborasi lebih lanjut dengan industri untuk memperkuat kompetensi siswa dalam menghadapi tantangan di dunia kerja.
Pelatihan Penganggaran Kas pada Pelaku UMKM Katering di Jalan Alauddin Kota Makassar Ilma Wulansari Hasdiansa; Siti Hasbiah
Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2024): Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : CV. Doki Course and Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61994/bersama.v2i1.607

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah pelaku UMKM Katering yang belum mampu Menyusun anggaran usaha. Kemampuan Menyusun anggaran sangat bermanfaat untuk mengatasi ketidakstabilan keuangan dengan memantau pengeluaran dan pemasukan setiap periode. Penyusunan anggaran juga bermaksud untuk membuat sasaran usaha agar jelas, sehingga terhindar dari ketidakstabilan usaha dari pihak luar.metode yang digunakan adalah survei, wawancara, sosialisasi, edukasi, pelatihan dan evaluasi. Pelatihan berupa pemberian teori dan praktik pembuatan laporan anggaran. Setelah dilakukanya pelatihan penyusunan anggaran tingkat pemahaman pelaku usaha terhadap pengetahun menyusun anggaran meningkat yang dapat dilihat dari hasil pre test dan post test peningkatan tersebut meningkat pada anggaran penjualan, anggaran produksi, anggaran bahan baku, dan anggaran kas, dengan tingkat pemahaman rata rata 40% sebelum dilakukan kegiatan pengabdian dan meningkat hingga 90% setelah dilakukan pengabdian. Dengan adanya pelatihan ini usaha Katering di Jl. Alauddin dapat berkembang.
Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Wathan Mengkuru Sakra Barat Lombok Timur Sayuti, Lalu; Zulfani Sesmiarni; Silfia Hanani
Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2024): Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : CV. Doki Course and Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61994/bersama.v2i1.628

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan gambaran pelaksanaan asesmen madrasah, asesmen kompetensi minimal dan survei karakter, penyusunan RPP yang efektif, efisien dan berorientasi pada pembelajaran siswa, serta penerimaan siswa zonasi baru di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Wathan Mengkuru Sakra Barat, Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode workshop denganĀ  memberikan evaluasi ke lokasi pengabdian dan membandingkan menggunakan literatur (kepustakaan) baik berupa buku, catatan pedoman maupun lainnya yang disajikan secara deskriptif. Hasil yang diperoleh penerapan kurikulum merdeka belum dilaksanakan secara penuh dalam kegiatan pembelajaran di kelas, karena guru masih dalam proses pembelajaran di karenakan kurikulum ini adalah kurikulum baru.
Pengenalan pembuatan pupuk organik dari sampah bekas rumah tangga di kelurahan Sako Palembang Faizah Suryani; Devie Oktarini; Madagaskar; Rita Maria Veranika; M. Ali; Hermanto MZ
Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2024): Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : CV. Doki Course and Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61994/bersama.v2i1.667

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan program pengenalan pupuk organik dengan menggunakan bahan sampah rumah tangga di Kelurahan Sako, Palembang. Permasalahan utama yang dihadapi oleh masyarakat di kelurahan ini adalah tingginya volume sampah rumah tangga dan rendahnya kesadaran akan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Melalui program ini, diharapkan dapat mengurangi volume sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir dan meningkatkan kesuburan tanah melalui penggunaan pupuk organik. Metode pengabdian yang digunakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Tahap perencanaan dimulai dengan studi literatur dan analisis situasi untuk memahami kondisi lingkungan dan pola pengelolaan sampah di Kelurahan Sako. Pelatihan dan praktik pembuatan pupuk organik diberikan kepada masyarakat melalui sesi teori, demonstrasi, dan praktik langsung. Pendampingan dan monitoring dilakukan untuk memastikan masyarakat dapat mengolah sampah organik dengan benar dan efektif. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan pembuatan pupuk organik. Volume sampah yang diolah menjadi pupuk organik meningkat, dan kualitas pupuk yang dihasilkan memenuhi standar yang diharapkan. Program ini berhasil memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Kesimpulannya, program pengenalan pupuk organik di Kelurahan Sako, Palembang, efektif dalam mengatasi permasalahan sampah rumah tangga dan memberikan manfaat lingkungan serta ekonomi. Rekomendasi untuk selanjutnya adalah mengembangkan model program ini di daerah lain dengan kondisi serupa untuk meningkatkan dampak positif yang lebih luas
Pengenalan Rumus Fungsi Ms.Excel dalam Membuat Laporan Keuangan pada Siswa SMA Islam Az Zahra Palembang Padriyansyah; Riza Syahputera; Dimas Pratama Putra; Said Agiel Husein Al Munawan; Eiffel Oryza Satyva
Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2024): Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : CV. Doki Course and Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61994/bersama.v2i1.682

Abstract

Microsoft excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai akuntansi pada Microsoft excel berdasarkan rumus dan fungsi yang ada pada aplikasi tersebut. Lokasi tempat pengabdian ini akan dilakukan pada laboratorium komputer di SMA Islam Az-Zahra Palembang. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, diskusi dan evaluasi. Adapun peserta dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru, staf dan siswa sebanyak 30 orang. Hasil dari pengabdian yang dicapai yaitu : a) Peserta mengikuti pelatihan dengan baik dan semangat. b) Dengan adanya materi dan pelatihan komputer pada program Microsoft Office Excel, maka dapat diketahui bahwa peserta masih membutuhkan pengetahuan yang lebih banyak mengenai penggunaan Microsoft Office Excel dalam penyusunan laporan keuangan melalui metode praktik dan tanya jawab. c) Adanya feedback dari peserta dengan adanya respon dan tanya jawab serta permintaan untuk mengisi kembali dengan materi yang lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 5