cover
Contact Name
Rayyanah Putri Elsafir
Contact Email
penerbitmandalika@gmail.com
Phone
+6281907475797
Journal Mail Official
penerbitmandalika@gmail.com
Editorial Address
Jalan Candi Pawon No.7 Cakranegara, Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 83118
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa
ISSN : -     EISSN : 30258324     DOI : 10.59613
Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa is an international journal founded by Mandalika Institute. Mandalika is an open access, double peer-reviewed electronic journal that aims to offer an international scholarly platform for national and cross-border education research in government regulations. Published material includes large academic papers that critically discuss various aspects. This journal determines the specific topics that will be discussed in each issue which can be analyzed from various education perspectives as mentioned. However, it does not limit itself to discussing Indonesian education. Mandalika accepts submissions from all over the world. All submitted articles must not be published elsewhere, be original and not be considered for another publication (To check for Plagiarism, the Mandalika Editorial Board will screen for plagiarism using the Turnitin application program). If indications of plagiarism are found (above 25%), the editorial board will automatically immediately reject the manuscript.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2024): Mandalika Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa" : 8 Documents clear
KORELASI PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI ETIKA PERGAULAN DALAM ISLAM PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PENERAPAN ADAB BERGAUL KEPADA TEMAN SEBAYA Pratama, Muhammad Surya; Risnawati, Risnawati; Rizqa, Miftahir
Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa Vol 2 No 2 (2024): Mandalika Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa
Publisher : Mandalika Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/jipb.v2i2.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan pemahaman siswa terhadap materi Etika Sosial dalam Islam pada mata kuliah Akidah Akhlak dengan penerapan etika sosial pada teman sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 364 siswa. Teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, digunakan dalam penelitian ini karena materi Etika Sosial dalam Islam hanya tersedia di kelas XII. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi serial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi serial sebesar 0,417 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% dan 1%, yaitu 0,266<0,417>0,345. Dengan demikian, Ha diterima, artinya terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman materi Etika Sosial Islam siswa terhadap penerapan etika sosial pada teman sebaya dengan derajat korelasi sedang, dan sumbangan pemahaman materi Etika Sosial Islam siswa terhadap penerapan etika sosial pada teman sebaya sebesar 17,39%, sedangkan sisanya 82,61% merupakan korelasi variabel lain.
Konsep Implementasi Merdeka Belajar pada Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Retnowati, Endang; Risnawati, Risnawati; Rizqa, Miftahir
Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa Vol 2 No 2 (2024): Mandalika Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa
Publisher : Mandalika Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/jipb.v2i2.39

Abstract

Tulisan ini bermaksud untuk mengetahui dampak gagasan merdeka belajar dan saran-sarannya dalam penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tulisan ini menggunakan metodologi subjektif dan fokus penulisan pada strategi. Berdasarkan konsekuensi pembahasannya, penilaian meliputi estimasi dan evaluasi. Dalam kaitannya dengan pembelajaran, penilaian mempunyai kedudukan yang penting dan utama, karena berkaitan dengan langkah-langkah pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mengetahui kecukupan dan kecakapan kerangka pembelajaran. Penilaian meliputi program pembelajaran, pengalaman belajar, dan hasil belajar. Secara umum, standar penilaian meliputi kemajuan, menyeluruh, adil, objektif, menyenangkan, dan masuk akal. Secara khusus, standar tersebut meliputi kejelasan, rasionalitas, metode pengajaran, dan tanggung jawab. Berdasarkan audit penulisan yang telah dilakukan, strategi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dikenal dengan strategi "merdeka belajar". Strategi ini meliputi 4 hal: Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang dibuat oleh masing-masing sekolah; Ujian Nasional (UN) berubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dan ikhtisar pribadi; kesempatan guru untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan fleksibilitas dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Dalah Deka Learning bertujuan untuk mencetak mahasiswa yang kreatif, inovatif dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat, dunia kerja, serta evaluasi yang komprehensif. Dalam hal ini, demikian yang diasumsikan oleh peneliti: kemajuan evaluasi bergantung pada tujuan penciptaan manusia, yaitu menjadi khalifah di muka bumi. Oleh karena itu, guru PAI harus mampu menilai kemajuan mahasiswa yang meliputi aspek Mental (aqliyah), Penuh Perasaan (qolbiyah), dan Psikomotor (amāliyah).
Evaluasi Dan Pengembangan Ranah Afektif Dalam Pendidikan Agama Islam Riansyah, Riansyah; Risnawati, Risnawati; Rizqa, Miftahir
Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa Vol 2 No 2 (2024): Mandalika Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa
Publisher : Mandalika Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/jipb.v2i2.40

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk membahas dan mengkaji bagaimana mengetahui evaluasi Dan Pengembangan Ranah Afektif Dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan penelitian kepustakaan (Library research), yakni dengan membaca, menelaah dan mengkaji buku-buku dan sumber tulisan yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas. Adapun hasil pembahasan yaitu evaluasi pada hakikatnya adalah penyediaan informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Tujuan evaluasi adalah untuk menentukan kualitas daripada sesuatu, terutama yang berkenaan dengan nilai dan arti. Evaluasi meliputi semua aspek pembelajaran, baik kemampuan intelektual (kognitif), kemampuan rasa dan sikap/perilaku (afektif) serta kemampuan keterampilan (psikomotor). Dalam konteks pembelajaran PAI, maka pengembangan evaluasi belajar diarahkan pada pengembangan moral Islam (akhlaq) dalam kerangka pengembangan fitrah penciptaan manusia. Dalam hal ini pembelajaran PAI harus menempatkan ajaran Islam sebagai suatu obyek kajian yang melihat Islam sebagai sebuah sistem nilai dan sistem moral yang tidak hanya diketahui dan dipahami, tapi juga dirasakan serta dijadikan sebuah aksi dalam kehidupan anak didik.
IMPLEMENTASI KURIKULUM ISMUBA DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (BI’AH ARABIYAH) DI LEMBAGA PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH Jannah, Raudhatul; Hendra, Faisal
Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa Vol 2 No 2 (2024): Mandalika Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa
Publisher : Mandalika Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/jipb.v2i2.115

Abstract

Dalam mempelajari bahasa Arab, ada 4 aspek utama yang menjadi kemahiran penting yaitu mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Untuk mengembangkan 4 kemahiran tersebut diperlukan adanya sebuah lingkungan yang bisa mendorong keinginan siswa untuk mempelajari bahasa asing dan mempermudah mereka untuk terbiasa berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Jika lingkungan bahasanya tidak memberikan dampak atau tidak mendorong kegiatan tersebut maka otomatis pemerolehan bahasa juga akan lebih sulit. Maka dari itu diperlukan sebuah lingkungan bahasa atau biasa disebut bi'ah lughawiyah dalam bahasa Arab yang menjadi sarana penunjang pemerolehan bahasa dan juga pembelajaran bahasa asing terutama bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang implementasi kurikulum ISMUBA dalam menciptakan lingkungan pembelajaran bahasa Arab (bi’ah ‘arabiyah) di lembaga pendidikan Muhammadiyah. Dengan berlandaskan teori yang dikemukakan oleh Krashen tentang pemerolehan bahasa dan pembelajaran bahasa, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwasannya peran ISMUBA sebagai satuan kurikulum yang digunakan oleh Muhammadiyah rupanya memberikan manfaat lebih dalam pemerolehan bahasa dan juga pembelajaran bahasa Arab bagi para siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab. Peran ISMUBA dalam membuat kurikulum berbasis Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab memberikan lingkungan bahasa yang lebih dominan dibandingkan pada lembaga pendidikan umum yang tidak menerapkan dan memiliki pelajaran bahasa Arab didalamnya.
ANALISIS KONSEP PENGEMBANGAN MUTU DAN PENGENDALIAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM Burhanudin, Burhanudin; Ibrahim, H. Muchlis
Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa Vol 2 No 2 (2024): Mandalika Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa
Publisher : Mandalika Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/jipb.v2i2.116

Abstract

Pendidikan Islam memegang peran penting dalam membentuk generasi yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia. Namun, tantangan seperti kurangnya infrastruktur, kualitas guru yang belum merata, dan kurikulum yang kurang adaptif masih menjadi masalah dalam penyelenggaraan pendidikan Islam. Konsep pengembangan mutu dan pengendalian mutu menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi pendidikan secara sistematis, diharapkan pendidikan Islam dapat menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. Pendidikan yang bermutu dalam modernisasi pendidikan Islam sangat penting dalam era kini untuk memastikan bahwa pendidikan Islam tetap relevan dan berkaitan dengan kebutuhan dan tantangan zaman.
MANAJEMEN PELAKSANAAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SMPT DARUR ROJA SELOKAJANG BLITAR Islamy, Mohammad Fadil Akbar; Hana, Elya Nur
Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa Vol 2 No 2 (2024): Mandalika Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa
Publisher : Mandalika Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/jipb.v2i2.158

Abstract

Sering kali Lembaga Pendidikan menjadi sorotan para akademisi. Hal ini menunjukkan bahwa Lembaga Pendidikan sangat menarik diperbincangkan agar progres pengembangan Lembaga Pendidikan berjalan secara dinamis seiring derasnya perkembangan IPTEK di era ini. Namun realitanya semua itu sering kali menjadi wacana belaka. Dapat dikatakan kendala itu muncul dari faktor manajemen pelaksanaan itu sendiri. Mungkin karena kurang maksimal atau kurang totalitas dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk membahas manajemen pelaksanaan mata pelajaran Bahasa Arab SMPT Darur Roja Selokajang Blitar agar Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan praktik manajemen yang efektif dalam proses pengajaran dan pembelajaran Bahasa Arab di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Dengan demikian, artikel ini memberikan wawasan tentang praktik manajemen yang efektif dalam pelaksanaan mata pelajaran Bahasa Arab di SMP Darur Roja Selokajang, Blitar, dan menekankan pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di sekolah tersebut.
ANALISIS HAMBATAN BELAJAR SISWA PADA MATERI VOLUME LIMAS SEGIEMPAT KELAS VIII SMP KATOLIK NOELBAKI Harum, Elvadus Yovinam; Leton, Samuel Igo
Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa Vol 2 No 2 (2024): Mandalika Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa
Publisher : Mandalika Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/jipb.v2i2.165

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih dalam kehidupan manusia dan memberikan pengaruh yang sangat besar dan signifikan terhadap pola kehidupan. Matematika sebagai salah satu sarana berfikir ilmiah sangat diperlukan untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir logis, sistematis, dan kritis dalam diri peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hambatan belajar yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP Katolik Noelbaki pada materi volume limas. Dalam penelitian ini metode yang digunakan oleh peneliti adalah  metode deskritif kualitatif. Hasil dari penelitian menunujukan bahwa yang menjadi hambatan belajar mereka adalah waktu yang sangat singkat, minat siswa, kecanduan game dan kurangnya semangat belajar.
Fenomena FOMO (Fear of Missing Out) pada Masyarakat Perkotaan di Indonesia Nurhasanah, Anis
Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa Vol 2 No 2 (2024): Mandalika Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa
Publisher : Mandalika Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/jipb.v2i2.199

Abstract

The Fear of Missing Out (FoMO) phenomenon has become a significant issue in Indonesia's urban society, especially with the increasing internet penetration and social media use. FoMO is defined as fear or anxiety about missing an important moment, information, or experience. This study aims to analyze the causative factors, impacts, and mitigation strategies of FoMO in urban communities in Indonesia. The method used is a literature study, which involves analyzing data from various journals, articles, and academic publications during the 2018-2023 period. The results showed that intensive social media use, social pressure in urban environments, and low self-control were the main factors that triggered FoMO. The impact of FoMO includes increased stress, decreased productivity, disruption of social relationships, and consumptive behavior. However, strategies such as increasing digital literacy, managing social media usage time, and practicing mindfulness have proven effective in reducing the negative impact of FoMO.

Page 1 of 1 | Total Record : 8