cover
Contact Name
Mohammad Syafi'i Budi Santoso
Contact Email
jurnal.tijarotana.stiesba@gmail.com
Phone
+6281216997878
Journal Mail Official
jurnal.tijarotana.stiesba@gmail.com
Editorial Address
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Babussalam, Lantai I, LPPM Dsn. Kalibening Rt/Rw : 05/02 DesaTanggalrejo, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang Telp. (0321) 489 0099 - 081216997878 web: https://www.stiesbabussalam.ac.id/ Link Scholer : https://scholar.google.com/citations?hl=id&view_op=list_works&authuser=5&gmla=AL3_zij3sWWgwfStcEXqfdiTkwuFaM-WSAXqJZE7Z1Ti4-apwJL9-Eg4QMrd_jNzkbEineqma0-dSs5nkurvb-qHLgbdsLxMt6_m&user=wbDSI_MAAAAJ Link Jurnal : https://ejournal.stiesbabussalam.ac.id/index.php/tijarotana/index e-mail: stiesbabussalam19@gmail.com
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah
ISSN : 27213897     EISSN : 27462420     DOI : -
Core Subject : Religion, Economy,
Tentang jurnal ini, Penerbit : LPPM STIES BABUSSALAM TIJAROTANA : Jurnal berbahasa Indonesia ini diterbitkan sejak 01 Maret oleh LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Babussalam, Kalibening Mojoagung Jombang. Penyunting menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan di media lain. Naskah diketik di atas kertas A4 sepanjang Tidak lebih dari 30 halaman, dengan format seperti tercantum pada halaman belakang ( petunjuk bagi calon penulis). Naskah yang masuk dievaluasi dan disunting oleh Penyunting Ahli (Mitra Bestari).Nomor ISSN : 2721-3897 (Cetak - Cetak) ,Nomor SK ISSN : 0005.27213897/JI.3.1/SK.ISSN/2020.03 Nomor ISSN : 2746-2420 (Online - Elektronik), Nomor SK ISSN : 0005.27462420/K.4/SK.ISSN/2020.10. Jurnal publish by LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Babussalam i Published 1 year 2 times (Maret and September) Alamat Penyunting dan Tata Usaha: Dsn. Kalibening Rt/Rw : 05/02 DesaTanggalrejo, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang Telp. (0321) 489 0099 - 081216997878 web: https://www.stiesbabussalam.ac.id/ Link Scholer : https://scholar.google.com/citations?hl=id&view_op=list_works&authuser=5&gmla=AL3_zij3sWWgwfStcEXqfdiTkwuFaM-WSAXqJZE7Z1Ti4-apwJL9-Eg4QMrd_jNzkbEineqma0-dSs5nkurvb-qHLgbdsLxMt6_m&user=wbDSI_MAAAAJ Link Jurnal : https://ejournal.stiesbabussalam.ac.id/index.php/tijarotana/index e-mail: stiesbabussalam19@gmail.com
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 02 (2021): Tijatorana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 7 Documents clear
STUDI KOMPARATIF HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN PASAL 8 HURUF H TERHADAP HOME INDUSTRI OLAHAN BEKICOT: (Studi Kasus Jalan Raya Jengkol - Wates Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri) habibi, rakhmaan; Nasiruddin, Mohammad; Hakiki, Mohammad Habib
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 02 (2021): Tijatorana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i02.26

Abstract

Minat konsumen terhadap olahan bekicot sangat tinggi, sehingga menuntut pelaku usaha home industri kreatif dalam mengolah bekicot. Mayoritas konsumen belum mengetahui secara gamblang bagaimana kehalalan dan keharaman bekicot menurut ulama, yang secara dzahir bekicot adalah hewan yang menjijikkan dan pengolahannya tidak sesuai dengan syari’at Islam. Penulis merumuskan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana analisis home industri olahan bekicot di sekitar jalan raya Jengkol - Wates Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Menurut Hukum Islam dan Pasal 8 UU Perlindungan Konsumen. 2. Bagaimana komparasi Hukum Islam dan Pasal 8 Huruf H Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Home Industri Olahan Bekicot di sekitar Jalan Raya Jengkol-Wates Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Peneliti menggunakan pendekatan sosiolegal dengan jenis penelitian yuridis empiris. Sumber data yang digunakan oleh penulis ada dua, yaitu sumber data primer dimana penulis melakukan wawancara langsung kepada pelaku usaha maupun, konsumen olahan bekicot dan sumber data sekunder, yaitu bersumber dari dokumen-dokumen, atau buku yang sesuai dengan permasalahan. Lokasi penelitian yaitu di tiga home industri (lumintu, bu luluk, dan wednesday) yang terletak di Jalan Raya Jengkol-Wates kecamatan Plosoklaten kabupaten Kediri. Dengan menggunakan analisa data secara deduktif dan deskriptif. Hasil penelitian terkait analisis home industri olahan bekicot di menurut Hukum Islam yaitu olahan bekicot tidak boleh untuk dikonsumsi/dimakan, karena jatuh hukum haram memakannya. Sedangkan Pasal 8 UU Perlindungan Konsumen home industri lumintu, bu luluk dan wednesday telah melakukan perbuatan yang dilarang oleh pelaku usaha, yaitu tidak mengikuti ketentuan berproduksi secara halal, sebagaimana pernyataan “halal” yang dicantumkan dalam label. Komparasi Hukum Islam dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen pasal 8 huruf H terhadap home industri olahan bekicot di Kediri, dari segi perbedaan terdapat pada sumber hukum Islam dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen, hukum jual beli olahan bekicot, norma yang dilanggar, pelaku usaha
IMPLEMENTASI MARKETING MIX SYARIAH DI ERA INDUSTRI 4.0 PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH Shiddiq, Jafar; Wahid, Abdul; Asofik, Muhammad Rif'an
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 02 (2021): Tijatorana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i02.27

Abstract

Era industri 4.0 konsumen lebih menyesuaikan diri dengan opini sosial. Faktanya, keputusan pembelian yang paling personal pada dasarnya adalah keputusan sosial. Konsumen berkomunikasi satu sama lain dan berkaitan tentang produk dari masing-masing perusahaan. Berdasarkan sudut pandang komunikasi pemasaran, konsumen tidak lagi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Marketing Mix Syariah di Era industri 4.0 dan strategi Marketer di Era Market digital Perspektif Hukum Ekonomi Syariah.Untuk menjawab kedua permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan bersifat penelitian pustaka (library research) yaitu penelitian yang menggunakan buku-buku sebagai sumbernya. Dengan menekankan penelusuran dan penelaahan bahan-bahan pustaka dan literatur yang sesuai dengan marketing mix syariah di era industri 4.0 dan strategi marketer di era market digital perspektif hukum ekonomi syariah. Baik menurut buku-buku tentang marketing syariah dan hukum ekonomi syariah serta literatur-literatur penunjang sebagai pelengkap dan pembanding. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa di era industri 4.0 implementasi marketing mix syariah dan strategi marketer di era market digital harus sesuai dengan nilai-nilai Islam yang memiliki sumber hukum Al-Qur’an, sunnah, ijma’ dan qiyas. Empat komponen sumber hukum tersebut harus dapat di jadikan rujukan oleh para marketer dalam kegiatan pemasaran di era digital dan strategi yang diterapkan pada marketing mix syariah harus berdasarkan praktik yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi marketing mix syariah di era industri 4.0 harus dapat memenangkan persaingan dengan para competitors dengan menerapkan strategi marketing mix syariah yang relevan dengan tantangan zaman Dan sesuai dengan hukum ekonomi syariah.
SISTEM PEMBAYARAN PEMASOKAN BARANG PADA PRODUK SANDAL DAN SEPATU DITINJAU DARI HUKUM ISLAM: (Studi Kasus Toko Sandal dan Sepatu di Jalan Irian Jaya Desa Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang) Nur Husen, Mohamad; Syahni, Ahmad; Mukhlisoh
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 02 (2021): Tijatorana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i02.28

Abstract

Ketersediaan barang dagang yang lengkap memegang peranan penting dari beberapa rangkaian kegiatan jual beli suatu toko sandal dan sepatu, terlebih untuk kebutuhan dan keinginan yang banyak diminati oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembayaran pemasokan barang pada produk sandal dan sepatu di toko sandal dan sepatu Jalan Irian Jaya Desa Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap sistem pembayaran pemasokan barang pada produk sandal dan sepatu Jalan Irian Jaya Desa Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Untuk menjawab kedua permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan bersifat kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang mana data langsung diambil dari sumber. Dalam penelitian kualitatif, peneliti dihadapkan langsung pada responden yakni pelaku usaha dan sales di toko di jalan Irian Jaya Desa Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa toko yang telah diteliti menerapkan dua sistem pembayaran yakni tunai dan angsuran. Sistem pembayaran ini perlu mempertimbangkan adanya kondisi pasar yang seringkali mengalami naik turun. Toko ini telah menerapkan ketentuan Hukum Islam yang telah disepakati oleh Jumhur Ulama yakni harus memiliki sifat antarodhin atau saling rela antara kedua belah pihak saat melakukan transaksi, juga harus jujur dan toleran dalam berinteraksi, tidak berlebihan dalam mengambil laba serta mencatat utang dan mempersaksikannya supaya tidak ada kekeliruan di kemudian hari. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa tinjauan hukum Islam terhadap sistem pembayaran pemasokan barang pada produk sandal dan sepatu di toko jalan Irian Jaya Desa Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, yaitu: jual beli akan sah bila seluruh rukun dari jual beli tersebut dapat terpenuhi, karena ini sudah merupakan hukum Islam. Tidak diperbolehkan bila terdapat salah satu atau seluruh dari rukun jual beli yang tidak terpenuhi, karena dalam hal ini melanggar ketetapan hukum Islam.
PENERAPAN HAK ATAS INFORMASI YANG BENAR PADA TRANSAKSI JUAL BELI DI TOKO DAN KONVEKSI SERAGAM SEKOLAH ANIES JOMBANG Di TINJAU DARI HUKUM ISLAM DAN UUPK NOMOR 8 TAHUN 1999 Ahfadz, Umar; Budi Santoso, Muhammad Syafi'i; Choirunnisa
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 02 (2021): Tijatorana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i02.29

Abstract

Pemberian informasi yang benar dan jujur terhadap barang yang diperjual belikan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dari pelaku usaha untuk melindungi hak-hak konsumen. Ada berbagai macam hak dan kewajiban dalam Undang-undang Perlindungan Konsumen, salah satunya Hak untuk mendapatkan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa yang diperjual belikan, hak tersebut tertuang dalam Undang-undang Perlindungan Konsumen pada Pasal 4 Point (c). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pemberian informasi kepada konsumen mengenai apa-apa yang diperdagangkan di toko dan konveksi seragam sekolah anise jombang dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap penerapan pemberian infromasi yang benar kepada konsumen. Untuk menjawab kedua permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan bersifat kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang mendata langsung diambil dari sumber. Dalam penelitian kualitatif, peneliti dihadapkan langsung pada responden yakni pelaku usaha di toko dan konveksi seragam sekolah anise jombang. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa toko yang telah diteliti belum menerapkan pelayanan pemberian infromasi yang benar kepada konsumen, dengan amasih banyak konsumen yang complain atas barang yang diperjual belikan, atau keterlambatan pengiriman barang pesanan yang tidak diinformasikan terlebih dulu oleh pelaku usaha. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa toko ini tidak menerapkan pemberian infromasi tentang keterlambatan pengiriman barang kepada konsumen UUPK. Para ulama mensyaratkan apapun yang diperjual belikan baik itu pesanan ataupun tidak, seharusnya di infromasikan entah itu kesalahan keterlambatan pengiriman, atau cacat produk.
TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP MODEL PROMOSI UMROH SISTEM MEMBER CARD DALAM TRANSAKSI JUAL BELI di TOKO BUSANA MUSLIM RABBANI JOMBANG Hidayati, Nur Laily; Nasirin, Muhammad Khoirun; Aulia, Nur
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 02 (2021): Tijatorana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i02.30

Abstract

Pemasaran merupakan “suatu seni menjual produk”, sehingga proses pemasaran yang dimulai dari perancangan produk sampai dengan setelah produk tersebut terjual. Berbeda dengan penjualan yang berkutat pada terjadinya transaksi penjualan barang atau jasa. Promosi merupakan strategi yang digunakan bagi perusahaan untuk menarik dan mepertahankan konsomennya. Toko Rabbani merupakan perusahaan garment yang bergerak dalam bidang retail busana muslim dengan tagline “Profesor Kerudung Indonesia”. Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1. bagaimana model promosi umroh sistem member card dalam transaksi jual beli di Toko Busana Muslim Rabbani Jombang? 2. bagaimana tinjauan hukum islam terhadap model promosi umroh sistem member card dalam transaksi jual beli di Toko Busana Muslim Rabbani Jombang? , maka tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui model promosi umroh sistem member card dalam transaksi jual beli di Toko Busana Muslim Rabbani Jombang dan untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap model promosi umroh sistem member card dalam transaksi jual beli di Toko Busana Muslim Rabbani Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dengan metode wawancara dan dokumnetasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pemasaran yang dilakukan oleh Toko Busana Muslim Rabbani secara besar menggunakan strategi promosi yang meliputi dari periklanan (Adversiting), promosi penjualan (Sales Promotion), penjualan pribadi (personal selling), dan publisitas (publicity). Dari analisis model promosi yang dilakukan Toko Busana Muslim Rabbani dalam menarik konsumen, dengan menciptakan inovasi terbaru. Sehingga Toko Busana Muslim Rabbani menjadi leader.
ASPEK KESUCIAN DALAM PENGOLAHAN MAKANAN OLEH PEDAGANG SEKITAR PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG Dimyati; Budi Santoso, Muhammad Syafi'i
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 02 (2021): Tijatorana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i02.31

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan pemahaman thaharah pedagang makanan sekitar Pesantren Tebuireng Jombang dan implikasinya terhadap pengolahan makanan yang mereka lakukan. Persoalan ini penting dikaji karena adanya pengaruh negatif makanan yang tidak suci dan bersih bagi seseorang, baik dari sisi fisik maupun mental. Dengan pendekatan normatif-fenomenologis, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat tiga karakter pedagang makanan: Pertama, Pedagang makanan yang tahu dan paham teori thaharah serta mempraktekkannya dalam pengolahan makanan. Kedua, Pedagang makanan yang tahu dan paham tentang teori thaharah /kebersihan namun berat dalam pelaksanaannya. Ketiga, Pedagang makanan yang yang belum tahu/paham tentang teori thaharah dan hanya melaksanakan sesuai dengan kebiasaan. Dari sini dapat diketahui bahwa pengolahan makanan oleh pedagang kebanyakan kurang memenuhi standar kesucian. Sedangkan pola pengolahan makanan yang kurang sesuai dengan standar kesucian dan kebersihan ini umumnya tampak pada proses pembuatan makanan, pencucian wadah makanan dan tata cara penyajiannya.
ANALISIS YURIDIS PENYELESAIAN SENGKETA PERBANKAN SYARIAH PASCA PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NOMOR : 93/PUU-X/2012 Umam, Syafiul; Nasiruddin, Muhammad; Ulul Albab
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 02 (2021): Tijatorana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i02.32

Abstract

The problem of banking dispute resolution arises after the birth of Law Number 8 of 2008 concerning Sharia Banking, precisely in Article 55 paragraph (2) which in explaining gives the choice to the banking dispute parties to resolve the problem of Islamic banking disputes based on the contents of the contract that has been done, namely through deliberations, banking mediation, the Arbitration Board, and the General Judiciary. Juridically reduce Law Number 3 of 2006 concerning Religious Courts which gives the authority of the Religious Courts in resolving Islamic economic disputes that gives rise to the dualism of the Court's authority, namely the Religious Courts and General Courts. In the Constitutional Court Decision Number 93 / PUU-X / 2012 states that Article 55 Paragraph (2) of the Sharia Banking Law, causes legal uncertainty that is contrary to Article 28D Paragraph (1) of the 1945 Constitution concerning legal certainty. The research method is library research, namely research that studies and examines theories, and ideas, with a normative approach that aims to provide a systematic exposition of the rule of law governing a particular legal field, analyzing between legal relationships with or with others and explain the difficult parts to understand from a certain law. This study analyzes the settlement of Sharia Banking disputes Post Constitutional Court Ruling Number: 93 / PUU-X / 2012 and the legal implications of the decision of the Constitutional Court Number: 93 / PUU-X / 2012 on Sharia Banking dispute settlement.

Page 1 of 1 | Total Record : 7