cover
Contact Name
Asmaul Husna
Contact Email
asmaulhusna319@gmail.com
Phone
+6282241985296
Journal Mail Official
asmaulhusna319@gmail.com
Editorial Address
Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Darussalam
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
ISSN : 27467775     EISSN : 27467775     DOI : -
urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (JIMPE) offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (JIMPE) provides informative variety of papers geared toward theory and practice in the following area: Issues and ideas, as well as contemporary research findings in the field of economic education Innovation in the field of pedagogy, curriculum, hardware, teaching materials, and methods & models in economic learning evaluation of Economic teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. Reports on events that influence economic education in all levels of education age (from early childhood to adulthood) and three main lines of education, namely formal, nonformal, and informal.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2024): Vol 6, No 1 (2024): Juni 2024" : 6 Documents clear
Pendekatan Situational Crisis Communication Theory (SCCT) Dalam Penanganan Covid-19: Turki dan Indonesia Handayani, Rahmilia; Azis, Darlis
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2024): Vol 6, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i1.31770

Abstract

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak hanya memberikan peringatan tentang dampak risiko pandemi COVID-19, tetapi juga menekankan banyaknya informasi yang beredar di dunia maya, yang tidak dapat diverifikasi benar atau salahnya, WHO menyebut istilah tersebut sebagai 'infodemik', atau gabungan dari dua kata yaitu informasi dan pandemi. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa, di media sosial, informasi palsu lebih banyak dibagikan daripada informasi berbasis bukti. Ada beberapa penelitian sebelumnya yang menganalisis peredaran informasi palsu berbasis bukti selama keadaan darurat kesehatan. Namun masih ada yang buruk atau kurangnya sudut pandang oleh tanggapan publik terhadap reputasi lembaga pemerintah (Fungsi Hubungan Masyarakat). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penggunaan informasi yang bertanggung jawab sangat dipengaruhi oleh motivasi pengguna dalam mengarahkannya pada manfaat sosial-psikologis. Untuk menganalisis hal tersebut, peneliti berupaya melihat sejauh mana penggunaan media sosial berkontribusi terhadap penyebaran informasi dan/atau misinformasi di tengah masyarakat terkait pandemi Covid-19, dengan menggunakan metode kualitatif dengan studi komparatif menggunakan pendekatan Albert Bandura tentang Teori Kognitif Sosial (SCT) dan Teori Komunikasi Krisis Situasional (SCCT) dari beberapa sumber sekunder (Buku, Jurnal Media Sosial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi palsu paling banyak disebarkan oleh pengguna pada awal krisis akibat kepanikan (moral panic) yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, oleh karena itu diperlukan Pemerintah sebagai penyedia informasi yang berwenang untuk menyampaikan pesan-pesan utama. Temuan ini menunjukkan bahwa kehadiran Pemerintah untuk memberikan informasi yang benar dan akurat akan memperkuat reputasinya di mata publik.Keywords: Komunikasi Krisis, Infodemi, Teori SCT SCCT, Media Sosial, Humas dan Respon Pemerintah
Kedisiplinan Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Darul Imarah Aceh Besar Syaputra, Hairi; Mustofa, Achmad; Husna, Asmaul
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2024): Vol 6, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i1.30996

Abstract

ABSTRAKKedisiplinan siswa merupakan aspek kritis dalam mencapai lingkungan pembelajaran yang efektifdi sekolah. Adanya kedsiplinan dapat membuat siswa menjadi lebih bertanggung jawab atasdirinya, dan lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinansiswa kelas IX di SMP Negeri 2 Darul Imarah Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposivesampling, dengan menetapkan 8 orang informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru IPS, guruIPA, guru BK, komite sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalahobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah datamodel interaktif (Miles And Huberman) yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa kelas IX di SMPNegeri 2 Darul Imarah Aceh Besar masih tergolong rendah, terlihat dari tiga indikator tertibmentaati peraturan sekolah ini tergolong masih rendah, tertib mentaati peraturan kelas tergolongrendah, dan tertib dalam melaksanakan tugas sudah lebih meningkat kedisiplinannya darisebelumnya. Kesimpulan dalam penelitian ini : (1) secara keseluruhan kedisiplinan siswa kelas IXdi SMP Negeri 2 Darul Imarah Aceh Besar masih tergolong rendah, (2) terdapat beberapa faktoryang menyebabkan kedisiplinan siswa tergolong rendah, seperti lokasi sekolah, lingkungan siswa,ekonomi, dan juga keluarga. (3) solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kedisiplinan siswakelas IX di SMP Negeri 2 Darul Imarah Aceh Besar adalah dapat melibatkan beberapa langkahstrategis dan penguatan program kedisiplinan di sekolah. Keywords: Kedisiplinan Siswa, Kelas IX, SMP Negeri 2 Darul Imarah Aceh Besar.
PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA SMA NEGERI 1 INGIN JAYA ACEH BESAR Qamarina, Nurshadiqah; Zakaria, Zakaria; Irsyadillah, Irsyadillah; Amusi, Amrusi
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2024): Vol 6, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i1.30995

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa dalam melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasXI SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, yaitu meliputi kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS2 dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sensus sampling,sedangkan teknik dalam pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan (library research)dan penelitian lapangan (field research) yang terdiri dari observasi, angket (kuesioner), dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan uji t.Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh hasil Y = 28,854 + 0,482 X. Selanjutnya hasil uji t hipotesisditerima, dibuktikan dari nilai thitung= 2,054 ttabel= 2.0017. Koefisien korelasi diperoleh nilai rsebesar 0,260, artinya telah terjadi hubungan antara variabel X dan Y. Koefisien determinasi (RSquare) sebesar 0,068 atau sama dengan 6,8% mengandung arti bahwa variabel kondisi sosialekonomi orang tua dan variabel motivasi belajar siswa dinyatakan berpengaruh sebesar 6,8%,sedangkan sisanya yaitu 93,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan dari penelitian inimenunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswakelas XI IPS pada SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Kata Kunci: Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar
PRODUK PUSAKA INDATU KULINER DI LAMPOH SAKA PIDIE Zuhra, Inayatun; Jaya, Alfi Syahril Fuadi; A. Razak, A. Razak
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2024): Vol 6, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i1.30994

Abstract

ABSTRAK Bisnis berkembang dengan sangat pesat di abad 21, semua pihak dapat secara bebas memasuki setiappasar yang dikehendaki tanpa adanya batasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segalabentuk implementasi konsep bauran pemasaran oleh usaha Pusaka Indatu Kuliner serta mengetahuibagaimana strategi yang diterapkan oleh usaha Pusaka Indatu Kuliner dapat dirasakan oleh pelanggan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunkan metode kualitatif, dimanapenulis mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisisdata menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yangdilakukan, diperoleh hasil bahwa strategi bauran pemasaran yang digunakan usaha Pusaka IndatuKuliner dapat menarik minat pelanggan. Adapun pengimplementasian strategi pemasaran yangdilakukan maka dapat dilihat bahwa usaha Pusaka Indatu Kuliner: (1) Memiliki produk yangmenawarkan berbagai makanan khas Aceh dan pelanggan menggemari apam dan putu. (2) Hargasetiap produk yang ditawarkan dipertimbangkan berdasarkan biaya bahan baku, biaya operasional,dan target konsumen dan pelanggan mengungkapkan bahwa harga yang ditawarkan sangat terjangkau.(3) Tempat atau lokasinya cukup strategis hal ini dibuktikan dengan pelanggan yang dapat melihatlokasi usaha Pusaka Indatu Kuliner dari jalan. (4) Kurang melakukan promosi namun dapat menarikpeminat pelanggan melalui lokasi yang strategis, banner, dan promosi mouth to mouth. (5) Memiliki 5karyawan dan pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh karyawan tersebut. (6)Pelanggan dapat memesan produk dari jam 9:00 -17:00 dan dapat dipesan online namun pelanggantidak dapat melihat proses yang dilakukan oleh karyawan. (7) Memiliki penataan yang baik dankebersihan yang terjaga serta pelanggan juga merasa nyaman berada di usaha Pusaka Indatu Kuliner Keywords: Strategi, Pemasaran, Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA QORI STORE KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR Humaira, Humaira; Amrusi, Amrusi; Irsyadillah, Irsyadillah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2024): Vol 6, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i1.30993

Abstract

ABSTRAK Penelitian berjudul Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Pada QoriStore Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategipemasaran yang diterapkan oleh Qori Store Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar dalammeningkatkan omzet penjualan dan kendala apa saja yang dihadapi oleh Qori Store Kecamatan InginJaya Kabupaten Aceh Besar dalam proses pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pemasarandalam meningkatkan omzet penjualan pada Qori Store Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar.Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitianlapangan (field research). Penelitian lapangan dibagi menjadi dua yaitu observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (datadisplay) dan menarik kesimpulan (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategipemasaran yang diterapkan oleh Qori Store Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar dalammeningkatkan omzet penjualan adalah menggunakan strategi pemasaran Marketing Mix 7P yangmeliputi : Product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), process (proses),people (orang) dan physical evidence (bukti fisik). Dengan menerapkan strategi marketing Mix 7Ptersebut Qori Store mampu bertahan dan berkembang hingga sekarang. Memiliki produk yangbervariasi, harga yang terjangkau, tempat yang strategis, promosi yang menarik, proses yang cepat,memberikan pelayanan yang sangat baik dan bukti fisik toko yang nyaman, luas, rapi dan bersih.Kesimpulannya adalah bahwa Qori Store menerapkan strategi pemasaran Marketing Mix 7P.Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Omzet Penjualan
Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Kurir Priority Cargo and Package (PCP) di Banda Aceh Putri, Geubrina Putri; Ruaida, Ruaida; Anggraini, Irma
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2024): Vol 6, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i1.30992

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan jasa kurir Priority Cargo and Package (PCP) di Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan angket kepada 44 pelanggan PCP. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert untuk mengukur kualitas pelayanan berdasarkan dimensi keandalan, wujud fisik, ketanggapan, jaminan, dan empati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan jasa kurir PCP di Banda Aceh secara keseluruhan dinilai sangat baik dengan rata-rata skor 87,98. Dari kelima dimensi kualitas pelayanan, dimensi keandalan memperoleh rata-rata skor ertinggi, yaitu 90,25, sementara dimensi wujud fisik memperoleh rata-rata skor terendah, yaitu 86,6, meskipun masih dalam kategori sangat baik. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar PCP terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanannya, terutama pada aspek wujud fisik, untuk memenuhi kepuasan dan loyalitas pelanggan di Banda Aceh.Keywords: Kualitas Pelayanan, Jasa Kurir, PCP

Page 1 of 1 | Total Record : 6