cover
Contact Name
M. Rizky Mahaputra
Contact Email
greenation.info@gmail.com
Phone
+6281210467572
Journal Mail Official
greenation.info@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapten. A. Hasan, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361, Indonesia
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi
Published by Greenation Publisher
ISSN : 29857147     EISSN : 29857155     DOI : https://doi.org/10.38035/jgia
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi (JGIA) merupakan peer-reviewed jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Akuntansi meliputi hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas), serta hasil kajian dalam bidang akuntansi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024): (JGIA) Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi (Februari - April 2024)" : 5 Documents clear
Pengaruh Kompetensi Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Dosen (Studi Pada Dosen Stie Pembangunan Tanjungpinang) Irawati, Linda; Komar Priatna, Deden; Ridwan, S
Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2024): (JGIA) Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi (Februari - April 2024)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jgia.v2i1.90

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji peran perguruan tinggi dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, yang esensial bagi pembangunan nasional. Kualitas pendidikan tinggi sangat dipengaruhi oleh kompetensi dan profesionalisme dosen, yang dapat dilihat dari kinerjanya. Studi ini menganalisis pengaruh kompetensi dan profesionalisme terhadap kinerja dosen di STIE Pembangunan Tanjungpinang, baik secara bersama-sama (simultan) maupun secara terpisah (parsial). Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif dan eksplanatif dengan sampel yang diambil secara purposive sampling, yaitu dosen dengan NIDN sebanyak 44 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan profesionalisme dosen di STIE Pembangunan Tanjungpinang mendapat tanggapan positif. Kinerja dosen juga dinilai baik. Secara simultan, kompetensi dan profesionalisme berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen, namun secara parsial kompetensi memiliki pengaruh lebih dominan. Kontribusi kompetensi terhadap kinerja dosen sebesar 23,8% yang mencakup pengaruh langsung (9,5%) dan pengaruh tidak langsung melalui profesionalisme (14,3%). Sementara itu, profesionalisme menyumbang 42,7% terhadap kinerja dosen, dengan pengaruh langsung sebesar 28,4% dan tidak langsung sebesar 14,3%. Mutu dosen terbukti menjadi faktor utama yang mempengaruhi kualitas pendidikan tinggi, termasuk kinerja mahasiswa. Oleh karena itu, pengembangan kompetensi dan profesionalisme dosen merupakan prioritas penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi.
Pengaruh Kepemimpinan dan Pemberdayaan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT Citra Teknik Medika Kota Bandung) Kurniasih, Sarah; Ridwan, S; Komar Priatna, Deden
Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2024): (JGIA) Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi (Februari - April 2024)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jgia.v2i1.91

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Kepemimpinan, (2) Pemberdayaan, (3) Kinerja, dan (4) Pengaruh Kepemimpinan dan Pemberdayaan terhadap Kinerja Karyawan PT Citra Teknik Medika Kota Bandung baik secara simultan maupun simultan. atau sebagian.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei deskriptif dan survei eksplanatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah karyawan PT Citra Teknik Medika, Bandung, dengan jumlah sampel 33 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausalitas, dan cakrawala waktu dalam penelitian ini adalah cross-sectional.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Kepemimpinan menurut Karyawan PT Citra Teknik Medika Kota Bandung ternyata sebagian besar Karyawan memberikan respon cukup baik, Pemberdayaan pada Karyawan PT Citra Teknik Medika Kota Bandung secara umum dapat dikatakan belum baik, Kinerja Karyawan PT Citra Teknik Medika Kota Bandung saat ini sudah dinilai baik. Kepemimpinan dan Pemberdayaan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja Karyawan PT Citra Teknik Medika Kota Bandung. Namun secara parsial kepemimpinan dominan berpengaruh terhadap kinerja daripada pemberdayaan.Karena Pemberdayaan lebih dominan dalam mempengaruhi kinerja, maka menjadi prioritas pertama dalam peningkatan kinerja. maka karyawan PT Citra Teknik Medika Kota Bandung diimbau untuk tetap konsisten dalam mengikuti pemberdayaan yang tengah diadakan, sehingga mampu bekerja lebih profesional.
Pengaruh Kepemimpinan Situasi, Kepribadian, dan Pemberdayaan Karyawan Terhadap Kepuasan Kerja pada Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kepulauan Riau Lestari, Septiana; Komar Priatna, Deden; Widiya Avianti
Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2024): (JGIA) Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi (Februari - April 2024)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jgia.v2i1.92

Abstract

Penelitian ini mengkaji kinerja pegawai di Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Provinsi Kepulauan Riau, dengan fokus pada kepemimpinan, kepribadian, dan pemberdayaan. Beberapa pegawai mengalami kesulitan berkomunikasi dengan pimpinan, merasa canggung dan takut menyampaikan ide. Temuan awal menunjukkan bahwa beban kerja yang tinggi berdampak negatif pada pengendalian emosi dan kepribadian pegawai, sehingga menyebabkan kurangnya fleksibilitas. Kekakuan ini memperpanjang kesalahpahaman terkait tugas dan berpotensi menimbulkan keterlambatan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh simultan dan parsial dari kepemimpinan situasional, kepribadian, dan pemberdayaan pegawai terhadap kepuasan kerja di badan tersebut. Dengan pendekatan kuantitatif, data dari seluruh responden dianalisis menggunakan SEM-PLS, dan hasilnya disajikan dalam tabel untuk memudahkan analisis.Hasil menunjukkan bahwa kepemimpinan situasional memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, dengan koefisien jalur 3,370 > T-tabel = 1,982 dan nilai p sebesar 0,001 < 0,05. Kepribadian juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, dengan koefisien jalur 7,350 > T-tabel = 1,982 dan nilai p sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu, pemberdayaan pegawai menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, dengan koefisien jalur 2,559 > T-tabel = 1,982 dan nilai p sebesar 0,011 < 0,05. Temuan ini menyarankan bahwa peningkatan kepemimpinan situasional, kepribadian, dan pemberdayaan dapat meningkatkan kepuasan kerja di kalangan pegawai di badan tersebut.
Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan di Supermarket Al-Good Kota Tanjungpinang Yanti, Yanti; Avianti, Widiya; Komar Priatna, Deden
Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2024): (JGIA) Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi (Februari - April 2024)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jgia.v2i1.93

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Motivasi Kerja (2) Kompensasi; (3) Kinerja Karyawan; dan (4) Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan di Al-Baik Supermarket, Kota Tanjungpinang baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah karyawan Supermarket Al-Baik Kota Tanjungpinang dengan sampel sebanyak 44 orang. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa motivasi kerja di Al-Baik Supermarket Kota Tanjungpinang bagus, kompensasi di Supermarket Al-Baik, Kota Tanjungpinang juga bagus, kinerja pegawai di Supermarket Al-Baik, Kota Tanjungpinang saat ini sudah dinilai baik, namun perlu diperhatikan kemampuan mereka untuk melakukan penjualan sesuai dengan target yang ditetapkan. Motivasi Kerja (X1) dan Kompensasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y) secara simultan dan parsial. Namun, kompensasi dominan parsial mempengaruhi kinerja karyawan Supermarket Al-Baik Kota Tanjungpinang. Berdasarkan hal tersebut penelitian, pengaruh total seluruh variabel bebas yaitu Motivasi Kerja (X1) dan Kompensasi (X2) terhadap Kinerja Karyawan sebesar 0,850 atau 85% dan faktor lainnya yang tidak diteliti dan turut berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan sebesar 0,15 atau 15%.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Institusi terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti Bandung) Millah Irsyaddin, M.; Mulyana, Agus; Suryaman, Suryaman
Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2024): (JGIA) Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi (Februari - April 2024)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jgia.v2i1.94

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kualitas Pelayanan Mahasiswa Magister Manajemen S2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Winaya Mukti; (2) Citra Institusional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Winaya Mukti; (3) Kepuasan Pelanggan Mahasiswa Magister Manajemen S2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Winaya Mukti; dan (4) besarnya pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Institusional terhadap Kepuasan Pelanggan Mahasiswa Magister Manajemen S2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Winaya Mukti, baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan uji analisis Jalur (Path Analysis). Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh 46 responden. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan termasuk dalam kategori sangat baik, Citra Institusi termasuk dalam kategori sangat baik, dan Kepuasan Pelanggan termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan termasuk dalam kategori sangat baik, Citra Institusi termasuk dalam kategori sangat baik, dan Kepuasan Pelanggan termasuk dalam kategori sangat baik. bersifat parsial, karena Citra Institusional berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Karena Citra Institusional lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, maka citra institusional perlu ditingkatkan lebih lanjut untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5