cover
Contact Name
Ermin
Contact Email
erminhasan20@gmail.com
Phone
+6281244933492
Journal Mail Official
erminhasan20@gmail.com
Editorial Address
Jln. Kampus STKIP Kelurahan Sasa Jambula
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
JBES Journal of Biology Education and Science
ISSN : 2808019X     EISSN : 2808019X     DOI : -
JBES adalahterbitan berkala ilmiah (ISSN: 2808-019X) yang menyajikan publikasikan artikel-artikel ilmiah yang meliputi tema Pendidikan Biologi dan Sain Biologi. Jurnal ini terbit 3 kali dalam setahun, yakni pada bulan Januari, Juli, dan November. Fokus dari jurnal ini adalah untuk menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam bidang Pendidikan Biologi dan Sains Biologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): JBES: Journal of Biology Education and Science" : 5 Documents clear
Pengaruh Pemanfatan Limbah Sagu (Metroxylon Sagu Rott) Dan Feses Sapi Untuk Dijadikan Pupuk Organik Padat Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassicajuncea L) Di Kelurahan Sasa Green House Biologi (STKIP) Kie Raha Ternate Dwi Martina Efendi; Safrudin Abidin
JBES: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains Vol 1 No 1 (2021): JBES: Journal of Biology Education and Science
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan limbah sagu (Metroxilon sagu root) dan feses sapi untuk di jadikan pupuk organik padat terhadap pertumbuhan tanaman sawi (Brassica juncea l).penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April-Mei 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari 4 perlakuan dengan 4 kali ulangan (A1= sebagai perlakuan kontrol tanah, A2= perlakuan tanah dan limbah sagu dengan konsentrasi 1:1 A3= perlakuan tanah dan feses sapi dengan konsentrasi 1:1 A4= perlakuan tanah, limbah sagu dan feses sapi dengan konsentrasi 1:1 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian pupuk organik padat berpengaruh terhadap laju pertumbuhan tanaman sawi (Brassica Juncea l) dimana hasil uji Anava pada tinggi tanaman perlakuan feses sapi pengukuran menunjukan nilai signifikan 0,00< 0,05 atau p< 0,05 dan pada perlakuan tinggi tanaman tinggi tanaman limbah sagu dan feses sapi pengukuran menunjukan nilai signifikan 0,34< 0,05 atau p< 0,05 dan terdapat perbedaan lebar daun pada perlakuan feses Sapi diaman hasil uji anava menunjukan nilai yang signifikan 0,00 < 0,05 atau p <0,05 terhadap laju pertumbuhan tanaman sawi caysim (Brassica juncea l)
Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 13 Kota Ternate Ratna Abubakar; Muhammad Iksan B Aly
JBES: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains Vol 1 No 1 (2021): JBES: Journal of Biology Education and Science
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan mengikuti prosedur Borg and Gall. Research dan Development (R&D) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk-produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran. Tujuan pembelajaran ini adalah menghasilkan produk yang berupa media video audio visual dan menguji keefektifan produk tersebut. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat membantu mengkonkritkan konsep atau gagasan dan membangkitkan motivasi serta rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Bagi siswa, media dapat menjadi jembatan untuk berpikir kritis dan berbuat. Video pembelajaran membuat pelajaran lebih menarik karena dilengkapi audio visual maka materi tidak hanya disampaikan melalui kata-kata. Dengan menggunakan video pada pendekatan pembelajaran kontekstual, pembelajaran diharapkan lebih bermakna dan menumbuhkan minat belajar pada peserta didik.Berdasarkan pengembangan video pembelajaran yang telah dilakukan penilaian oleh tiga orang ahli yaitu media, materi dan bahasa maka dapat disimpulkan bahwa media yang telah dibuat hasil akhir menunjukan bahwa media pembelajaran telah valid ini didasari pada hasil penilaian tiga ahli menunjukan bahwa nilai presentasi sebesar 11,38%.
Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Tumbuhan Mangrove Di Sofifi Kota Tidore Kepulauan Maluku Utara Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Wulandari Buchari; Muhammad Hidayat
JBES: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains Vol 1 No 1 (2021): JBES: Journal of Biology Education and Science
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengikuti prosedur Borg dan Gall yang menghasilkan produk berupa media video pembelajaran audio visual tumbuhan mangrove yang akan di uji validitas oleh ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi untuk menguji tingkat kelayakan media vido pembelajaran menggunakan lembar penilaian yang telah disediakan. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan video pembelajaran dalam tabulasi kelayakan media diperoleh 0,85% dengan kategori sangat layak. Peneliti melakukan penelitian lanjutan terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media video pembelajaran tumbuhan mangrove. Hasil belajar peserta didik diperoleh menggunakan metode tes menggunakan pretest dan posttest pada kelas VII-a sebagai kelas kontrol dan VII-b sebagai kelas media di Sekolah SMP Negeri 11 Kota Ternate. Berdasarkan hasil belajar peserta didik yang diperoleh dilakukan uji prasyarat yakni uji normalitas, uji homogenitas dan uji anova.Hasil tes uji prasyarat yakni uji normalitas pretest dan posttest menunjukkan data berdistribusi normal dengan nilai signifikan lebih dari 0,05 (sig>0,005). Pada uji homogenitas pretest dan posttest juga menununjukkan populasi perlakuan memiliki varians yang sama atau homogen, dengan hasil signifikan lebih dari 0,005 (sig>0,005). Uji akhir menggunakan uji anova pada pre tets dan posttest. Hasil uji anova pre test dengan nilai 0,769>0,05 atau sig>0,05, maka kondisi kemampuan awal dalam keadaan sama. Selanjutnya pada hasil uji anova post test dengan nilai signifikan 0,004>0,05 (sig<0,05), maka hal ini menunjukkan kemampuan akhir peserta didik kels VII SMP Negeri 11 Kota Ternate berpengaruh terhadap hasil belajar menggunakan media pembelajaran.
Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Komponen-komponen Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Kota Ternate Sintia Umagapi; Jena Andres
JBES: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains Vol 1 No 1 (2021): JBES: Journal of Biology Education and Science
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik didasari oleh minimnya media dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan peserta didik sulit dalam memahami materi. Tujuan penelitian yaitu mengembangankan video pembelajaran yang berbasis kontekstual pada materi komponen-komponen lingkungan untuk mengetahui hasil belajar siswa di SMA Negeri 6 Kot Ternate. Jenis penelitian ini yaitu penellitian pengembangan dengan menggunakan metode Researc and Development (R&D). Dengan mengikuti prosedur pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba penelitian ini yaitu 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, dan 1 orang ahli bahasa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa dokumentasi dan tes. Setelah dilakukan uji coba oleh ketiga ahli, media video pembelajaran kemudian di aplikasikan ke peserta didik. Hasil penelitan yang didapat kemudian dilakukan uji prasyarat yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas, dan uji anava. Hasil yang diperoleh yaitu pada uji coba Normalitas pada kelas Media pada tahap Postest dengan nilai signifikan 931 % dan pada post test 212 % sedangkan pada kelas kontrol uji normalitas pada pretest 123 % dan post test 208 %. Kemudian dari masing-masing hasil yang telah di peroleh dari uji Normalitas dari kelas media dan kelas kontrol maka hasil dari prestest dan postest di uji ke Homogenitas dimana nilai dari signifikan dari pretest yaitu 0,57 % dan postest 429 %. Kemudian di lanjutkan dengan uji Anava dimana pretest dengan hasil signifikan 107 % dan postest dengan nilai signifikan 005 %. Sehingga hasil belajar siswa yang di peroleh dengan soal postest dengan nilai rata 1522,750 % dan nilai rata-rata dari postest 470.000 %. Dari hasil yang di peroleh kita bisa simpulkan respon peserta didik terhadap video pembelajaran berbasis kontekstual sangat berpengaruh terhadap hasil berlajar siswa terutama di SMA Negeri 6 Kota Ternate.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Biologi SMP Negeri 3 Kota Ternate Kelas VII Karina Sapsuha; Ermin Ermin
JBES: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains Vol 1 No 1 (2021): JBES: Journal of Biology Education and Science
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasl belajarpeserta didik pada materi Pencemaran Lingkungan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kota Ternate tahun ajaran 2020/2021. Sumber data adalah Pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes , dokumentasi, dan analisis data mengguakan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi didalam proses belajar mengajar. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII yang berjumlah 22 orang yang dibagi menjadi beberap kelompok pada setiap siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan penilaian tes soal untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 3 Kota Ternate dengan nilai rata-rata klaskal pada siklus I 71,81 dan nilai rata-rata klasikal pada siklus II 79,31. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning adanya pengaruh sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik .

Page 1 of 1 | Total Record : 5