cover
Contact Name
Laurensius Sandrio
Contact Email
cocgaku2@gmail.com
Phone
+6282332180797
Journal Mail Official
cocgaku2@gmail.com
Editorial Address
Kampung Lancang, Gang Waembeleng, Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo - Kabupaten Manggarai Barat, 86754
Location
Kab. manggarai barat,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
ISSN : -     EISSN : 29878837     DOI : 10.63604
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa (JPTM) merupakan jurnal ilmiah yang menerapkan proses blinded-peer-review dalam penanganan manuskrip dan bertujuan untuk menjadi media ilmiah bagi para peneliti interdisipliner. Jurnal ini menerbitkan artikel hasil penelitian yang berasal dari berbagai displin ilmu, seperti: Pariwisata, Ekonomi, Teknologi informasi, dan Humaniora. JPTM diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. ISSN Online 2987-8837
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa" : 9 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PROMOSI ONLINE MELALUI APLIKASI GRAB-FOOD PADA UMKM KULINER DI KOTA LABUAN BAJO Luda, Odilia; Siagian, Reynaldo Angga
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dari strategi promosi online melalui aplikasi Grab-Food pada UMKM di kota Labuan Bajo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dari 40 orang sampel yang merupakan para pelaku UMKM kuliner di kota Labuan Bajo yang terdaftar di grab. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus EPIC Model dengan empat dimensi yaitu Empathy, Persuasion, Impact dan Communikation. Hasil analisis dari masing-masing dimensi adalah Empathy = 4.241, Persuation = 4.458, Impact = 4.683, dan Communication = 3.833. Dari empat dimensi yang telah di teliti, jika di masukan kedalam rentang skala efektivitas maka keempat hasil analisis dari dimensi tersebut berada direntang skala “sangat efektif”. Nilai EPIC rate yang merupakan nilai rata-rata dari keempat dimensi berada di angka 4.303. Nilai ini berada dalam rentang skala “sangat efektif” hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi promosi atau penjualan online untuk usha kuliner menggunakan aplikasi Grab-Food ini sangat efektif digunakan.
PENGARUH JOB SATISFACTION, ORGANIZATIONAL COMMITMENT DAN ORGANIZATIONAL JUSTICE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR PADA PT. AEROFOOD INDONESIA UNIT DENPASAR Paramesti, Desak Made Dian Nisa; Yudistira, Cokorda Gede Putra; Sukayasa, I Nyoman
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tiga kriteria yang diidentifikasi oleh para akademisi sebagai penjelasan potensial rendahnya Perilaku Kewarganegaraan Organisasi: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Keadilan Organisasi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami keterkaitan antara kepuasan kerja, komitmen organisasi, dan keadilan organisasional yang berkaitan dengan kecenderungan pekerja PT untuk terlibat dalam kewarganegaraan organisasi. Pabrik Aerofood di Denpasar di Indonesia. Pemodelan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Untuk mengumpulkan informasi, 83 peserta dikirimkan kuesioner. Metode yang digunakan adalah uji-t, uji-F, koefisien determinasi, dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi multivariat menunjukkan bahwa tingkat kepuasan kerja pekerja PT mempunyai pengaruh positif yang besar terhadap tingkat perilaku kewargaan organisasional mereka. Pabrik Aerofood di Denpasar di Indonesia. Perilaku kewargaan organisasional pekerja PT dipengaruhi secara signifikan ke arah positif oleh tingkat komitmen organisasionalnya. Pabrik Aerofood di Denpasar di Indonesia. Perilaku kewargaan organisasional karyawan PT dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh keadilan organisasional sampai batas tertentu. Pabrik Aerofood di Denpasar di Indonesia. Organizational Citizenship Behavior pada pekerja PT dipengaruhi secara signifikan oleh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Keadilan Organisasi sekaligus. Pabrik Aerofood di Denpasar di Indonesia. Perusahaan-perusahaan di sektor operasional, dimana penundaan yang singkat sekalipun dalam satu prosedur dapat menimbulkan efek domino pada output, mungkin akan mendapatkan manfaat yang besar dari perilaku kewargaan organisasi yang baik.
Exit Survey Kepuasan Wisatawan Terhadap Destinasi Wisata Goa Batu Cermin Edmind, Alfonsius Nove; Darman, Florentinus; Ciptosari, Fitri
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor penting sebagai sumber pendapatan daerah. Goa Batu Cermin merupakan salah satu objek dan daya tarik wisata (ODTW) di Labuan Bajo yang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat. Guna menunjang pariwisata di Labuan Bajo pemerintah pusat melakukan penataan Goa Batu Cermin pada 2020 hingga 2021. Guna menjaga kondisi pasar (permintaan dan penawaran) dan tingkat kunjungan wisatawan, maka pengelola destinasi Goa Batu Cermin perlu menentukan kebijakan yang tepat dalam manajemen pemasarannya. Peningkatan dan penurunan jumlah pengunjung pada suatu destinasi wisata sangat erat hubungannya dengan kepuasan wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan wisatawan yang berkunjung di destinasi wisata Goa Batu Cermin. Selain itu, penelitian ini juga digunakan untuk mengukur keberhasilan dari pembangunan fasilitas di Goa Batu Cermin. Peneilitian ini menggunakan metode exit survey, dengan memberikan kuesioner kepada wisatawan mancanegara, wisatawan nusantara, dan wisatawan lokal yang berkunjung di Goa Batu Cermin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung terhadap fasilitas dan layanan di Goa Batu Cermin berada diantara 73% (Puas) hingga 86% (Sangat Puas). Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh pengelola destinasi wisata Goa Batu Cermin dalam meningkatkan pengelolaan fasilitas dan layanan, serta dapat digunakan dalam menentukan kebijakan pemasaran yang tepat kedepannya.
ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENUNJANG KINERJA PENDIDIK SMK NEGERI 1 LABUAN BAJO Dian Purnama, Vincencia Natalia; Duman, Marianus
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana gaya kepemimpinan seorang kepala sekolah dapat mempengaruhi kinerja seorang pendidik. Pendidik dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan benar apabila pemimpin sekolah merupakan sosok yang mereka sukai. Dalam menyelesaikan penelitian ini penulis menggunakan metode kualititafif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Data diolah dengan menggunakan teknik trianggulasi. Dalam kesehariannya kepala sekolah SMK Negeri 1 Labuan Bajo menerapkan gaya kepemipianan partisipatif. Selalu memberikan kesempatan bagi para pendidik untuk menyuarakan saran atau pendapatnya. Gaya kepemipinananya tersebut didukung dengan keprofesionalitasnya dalam menajalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kepala sekolah. Sehingga pada akhirnya memberikan pengaruh terhadap kinerja para pendidik di sekolah, di mana para pendidik selalu memenuhi tugas dan tanggung jawab mereka baik untuk mengajar maupun mendidik siswa-siswi di sekolah.
Kajian Evaluatif Penerapan Etika Bisnis UMKM di Labuan Bajo Peong, Hersanius Kurnia; Sandrio, Laurensius; Ine Dae, Yohana Etheldreda; Umul, Dewi Sartika
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik etika bisnis beberapa jenis UMKM di Labuan Bajo, sebuah destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia. Sektor pariwisata telah menjadi salah satu inti bisnis utama di banyak daerah yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, pelestarian budaya, dan pengalaman wisata yang unik. Namun, tantangan utama yang dihadapi UMKM adalah implementasi bisnis yang beretika untuk mendukung keberlanjutan destinasi pariwisata. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma positivisme. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan observasi terhadap beberapa jenis UMKM yang berbeda di Labuan Bajo. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah penelitian kualitatif seperti identifikasi, kategorisasi, kodifikasi, reduksi, pemetaan pola, dan sintesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar UMKM telah berupaya menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis dalam aktivitas bisnis. Hal ini menjadi dasar dalam menjaga kepercayaan konsumen, meningkatkan kualitas produk dan layanan, serta memastikan keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang. Namun, terdapat kendala dalam penggunaan teknologi informasi dan perhatian terhadap aspek lingkungan dan sosial. Penelitian diharapkan memberikan masukan berharga bagi UMKM, pemerintah, dan stakeholder terkait dalam upaya menjaga keberlanjutan pariwisata prioritas di Labuan Bajo. Dengan meningkatkan praktik etika bisnis, UMKM dapat berperan lebih aktif dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, melestarikan budaya lokal, dan memberikan pengalaman wisata yang unik bagi para wisatawan.
Standarisasi Z-Score sebagai Pendekatan Alternatif dalam Evaluasi Prestasi Akademik Mahasiswa: Studi Kasus di Politeknik eLBajo Commodus Pio Pratama, I Wayan
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi prestasi akademik mahasiswa di Politeknik eLBajo Commodus dengan menggunakan metode standarisasi Z-Score. Analisis awal dari data IPK menunjukkan variasi yang signifikan antara program studi, yang menimbulkan kebutuhan akan metode evaluasi yang lebih adil. Metode standarisasi Z-Score diaplikasikan untuk mengidentifikasi 10 mahasiswa terbaik dari berbagai program studi. Hasil standarisasi memperlihatkan daftar mahasiswa yang lebih beragam dalam representasi program studi dibandingkan daftar berdasarkan IPK mentah. Studi ini merekomendasikan penerapan metode Z-Score sebagai kriteria evaluasi prestasi akademik untuk tujuan seperti seleksi beasiswa, penghargaan akademik, dan analisis internal guna meningkatkan kualitas pendidikan.
Implementation Of Asean Homestay Standard Criteria On Homestay Management In Loha Tourism Village, West Manggarai Regency Ine Dae, yohana Etheldreda; Martina, Claudia Dwi; Berybe, Gregorius Antariksa; Umul, Dewi Sartika; Mbu, Agustina Ratna
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The availability of homestays as tourist accommodation developed in Loha Tourism Village, West Manggarai Regency, is one of the potential attractions. However, in order to assure the quality of tourists services, homestays must be managed in compliance with generally accepted standards, such as the Asean Homestay Standard. Therefore, this study aims to analyze the suitability between the content of the standards in the Asean Homestay Standard and its application in the management of homestays in the tourist village of Loha. The method used in this research is qualitative with an exploratory approach. The results show that the total assessment score for the application of Asean Homestay Standards in accordance with the factual conditions of homestay management in Loha Tourism Village is 34 points with a presentation of 37%. This means that homestays in Loha Tourism Village are in the fair category. The highest score is obtained from the assessment of the activity criteria by 9%, and the lowest score is obtained from the assessment of the security and safety criteria by 2%. Thus, it is necessary to improve the quality of the human resources of the community and homestay managers to be able to maximize the tourism potential of the Loha tourism village.
Peningkatan Kapasitas Receptionist Dalam Penggunaan Visual Hotel Program di Sudamala Resort Komodo Dari, Maria Frederika; Hanny Wadhi , Yohanes Paulus; Berybe, Gregorius Antariksa; Ukar, Yosef Kurniawan
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berkembangnya pariwisata di Labuan Bajo ditandai dengan banyak hotel-hotel baru yang didirikan, baik hotel bintang (*****) maupun tidak berbintang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kapasitas receptionist dalam penggunaan Visual Hotel Program di Sudamala Resort Komodo untuk meningkatkan kinerja kerja staf. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penulis mendeskripsikan data-data hasil penelitian dengan menguraikan dalam bentuk kalimat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sudamala Resort Komodo perlu melakukan peningkatan kapasitas receptionist dalam penggunaan VHP di Sudamala Resort Komodo pada proses check in dan check out khususnya pada pemahaman pemostingan dengan artikel sales dan payment. Dengan adanya peningkatan kapasitas receptionist dalam penggunaan VHP ini dapat meingkatkan kinerja kerja staf.
Korelasi Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Kasus : Survei Kepuasan & Handling Complaint Survey Pada Senja Eatery Restaurant, Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat Ukar, Yosef Kurniawan; Ine Dae, Yohana Etheldreda; Kencana, Diesy; Sakura, Katarina Noviming; Taka, Linda Marlince
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian ini adalah studi kasus di Restoran Senja Eatery Kota Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang bertujuan untuk melihat korelasi antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan yang datang ke Restoran Senja Eatery. Fokus dari kajian ini adalah pengukuran tingkat pelayanan dan penanganan keluhan yang diberikan pihak restoran kepada pelanggan yang berorientasi pada tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan yang datang ke restoran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan pertanyaan ringan dengan para pengunjung untuk mendapatkan informasi tentang pengalaman mereka. Data diolah dengan metode kuantitatif deskriptif, yang mana hasil pengolahan data menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kualitas layanan dan loyalitas pelanggan pada Senja Eatery Restaurant, Labuan Bajo dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Selain itu angka koefisien korelasi variabel kualitas layanan dan loyalitas pelanggan diperoleh sebesar 0,798**, yang berarti korelasi antara kepuasan terhadap loyalitas pelanggan adalah sangat kuat, sehingga eksistensi Restoran Senja Eatery tetap mendapat tempat dalam industri pariwisata, khususnya industri kuliner di Kota Labuan Bajo.

Page 1 of 1 | Total Record : 9