cover
Contact Name
Andi Ulfah Khuzaimah
Contact Email
jpftonline@gmail.com
Phone
+6285397596856
Journal Mail Official
jpftonline@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Fisika-FKIP, Universitas Tadulako Jl. Soekarno-Hatta Km.9, Palu-Indonesia 94119
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 23383240     EISSN : 25805924     DOI : https://doi.org/10.22487/jpft.v12i3.3706
The Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online is a peer-reviewed journal published three times a year (April, August, and December) by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tadulako. The journal serves as a communication platform for researchers, academics, and practitioners to discuss and explore empirically relevant issues in physics education. Scope JPFT: Jurnal Pendidikan Fisika covers a wide range of topics, including: Enhancement of physics teaching techniques Development of physics evaluation instruments Creation of physics teaching media Development of physics teaching models that consider local wisdom and are enriched with religious and cultural principles Theoretical and current contributions in applied physics
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2 (2023): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)" : 9 Documents clear
Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Materi Kalor Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sojol: Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Materi Kalor Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sojol Rusdin, Ismaya; Werdhiana, I Komang
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 11 No. 2 (2023): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jpft.v11i2.1715

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model problem based learning dengan media audio visual terhadap pemahaman konsep materi kalor siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sojol. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan the ekivalen pretest-posttest design. Sampel dipilih secara purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA A sebagai kelas eksperimen dan XI MIA B sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata skor pre-test kelas eksperimen sebesar 17,28 dan kelas kontrol sebesar16,50 sedangkan Nilai rata-rata skor post-test kelas eksperimen sebesar 33,67 dan kelas kontrol sebesar 24,53. Analisis data dilakukan dengan tekhnik statistic uji-t dua pihak. Hasil analisis diperoleh nilai thitung = 7,42. Nilai ttabel = t(0,025)(35) = 2,03 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2) = 18 + 19 - 2 = 35. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan Ho sehingga H1 diterima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model problem based learning dengan media audio visual terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sojol.
Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis dengan Teknik Certainty Of Response Index (Cri) di SMAN 2 Pasangkayu Marisa
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 11 No. 2 (2023): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jpft.v11i2.1743

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep dan tingkat pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Pasangkayu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan responden sebanyak 5 orang. Instrumen yang digunakan ialah 11 nomor pilihan ganda disertai CRI untuk mengetahui tingkat keyakinan subjek penelitian dalam menjawab soal. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh persentase kategori tidak paham konsep 41%, Paham Konsep 14%, dan miskonsepsi 43%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis masih tergolong rendah. Kebanyakan siswa beranggapan bahwa besarnya tekanan hidrostatis dipengaruhi oleh bentuk wadah dan besarnya gaya Archimedes dipengaruhi oleh massa benda yang tercelup serta belum mengetahui penyebab benda bisa terapung dan malayang dalam zat cair pula belum memahami cara kerja piston berdasarkan hukum Pascal.
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dondo Syahbudin, Aryani; Darmadi, I Wayan
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 11 No. 2 (2023): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jpft.v11i2.1809

Abstract

The study applauded for examining the impact of the model learning problem based learning by using performance asesment on the physics of a 1 dondo state high school student. The average percentage of learning based learning problems is 79.03% whose learning ability increases and the average percentage following conventional models is 62.15% whose learning ability increases. Hypothetical testing data analysis using uji-u. Statistical test results have concluded that there is an impact on learning students using the model learning problem based learning using performance asesment on the current x - school and energy class of first year high school students.
HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE Maryam, Maryam; Pasaribu, Marungkil
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 11 No. 2 (2023): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jpft.v11i2.2380

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi elastisitas dan hukum hooke. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam peneltian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 9 Palu yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu yang sesuai dengan kebetuhan penelitian. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan berpikir kritis dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil analisis hubungan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah menunjukan bahwa nilai korelasi yang diperoleh sebesar r = 0,532 berada pada kategori sedang dengan kontribusi kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 36,8%. Hubungan antara indikator kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah pada indikator ke-1 diperoleh korelasi sebesar 0,496 dengan koefisien determinasi sebesar 24,63%, indikator ke-2 diperoleh korelasi sebesar 0,622 dengan koefisien determinasi sebesar 38,66%, indikator ke-3 diperoleh korelasi sebesar 0,397 dengan koefisien determinasi sebesar 15,76% dan indikator ke-4 diperoleh korelasi sebesar 0,139 dengan koefisien determinasi sebesar 1,94%.Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan positif antara kemampun berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 1 Parigi Tengah afika; Heruddin, Heruddin
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 11 No. 2 (2023): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jpft.v11i2.2391

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis fenomena terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 59 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 29 orang. Instrumen keterampilan berpikir kritis berupa tes pilihan ganda yang divalidasi melalui validitas ahli. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa Tes Pilihan Ganda, dan Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS Statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,02 < 0,005 maka menerima hipotesis dan menolak , artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis fenomena terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Tinjauan Kualitatif Masalah Pembelajaran Fisika Selama Masa Pandemi COVID-19 Disty, Adisty Anggraeni Putri B.Gobel; Haeruddin, Haeruddin
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 11 No. 2 (2023): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jpft.v11i2.2401

Abstract

This research aims to determine the problems of learning physics during the pandemic of COVID-19 at SMA Negeri Tolitoli. The design of the research is descriptive qualitative research with 27 subjects consisting of principals/vice principals, physics teachers and students at SMA Negeri Tolitoli. The techniques of data analysis in this reseacrh included three activities, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results show that there were various problems in learning physics at SMA Negeri Tolitoli, namely: (1) unstable internet connection and insufficient internet quota; (2) low IT mastery; (3) lack of mobile phones, as not everyone has it. The solution to minimize the problems faced is by doing offline learnig in stages or gathering students at an assembly point and then inviting the teacher to come to teach, using applications that don’t require a lot of internets, doing home visits/visiting student’s homes, making explanation videos so students can easily understand the material, contacting students who collected the assignments late and making it easier for students if students find it difficult about the assignments given. With this research, teachers are expected to find solutions easily when they encounter the same problem.
A Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika Materi Usaha dan Daya Pada Siswa Kelas VIII Kepulauan Salabangka: Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika Materi Usaha dan Daya Pada Siswa Kelas VIII Kepulauan Salabangka suhud, suhud; Gustina, Gustina
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 11 No. 2 (2023): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jpft.v11i2.2415

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika materi usaha dan daya pada siswa kelas VIII Kepulauan Salabangka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal fisika materi usaha dan daya pada siswa kelas VIII Kepulauan Salabangka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian digunakan yaitu observasi, tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kesulitan pemecahan soal, berupa kesulitan dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada. Kesulitan pemikiran suatu rencana berupa kesulitan dalam menentukan persamaan yang digunakan dalam menentukan langkah penyelesaian soal. Kesulitan pelaksanaan suatu rencana berupa kesulitan mengaplikasikan rumus serta memasukkan data kedalam rumus. Kesulitan pengecekan kembali berupa siswa tidak melakukan pengecekan kembali dengan teliti sitap langkah pemecahan yang dilakukannya, mengecek kebenaran dari hasil pekerjaanya serta mengecek tahap-tahap penyelesaiannya apakah sudah baik dan benar atau belum.
Analisis Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Multirepresentasi Pada Materi Gerak Lurus: Analysis Of Students' Concept Understanding Based On Multirepresentation Of Straight-Motion Material Era Fazira; Haeruddin, Haeruddin
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 11 No. 2 (2023): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jpft.v11i2.2540

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa berdasarkan multirepresentasi pada materi gerak lurus di kelas X SMA Negeri 1 Balaesang Tanjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Balaesang Tanjung berjumlah 24 orang. Responden yang terlibat untuk mempereloh data yang diinginkan sebanyak 6 orang berdasarkan 2 kategori tinggi, 2 kategori sedang, dan 2 kategori rendah. Instrumen yang digunakan yaitu 10 nomor soal esai materi gerak lurus berbentuk multirepresentasi untuk menganalisis pemahaman konsep responden, kemudian di wawancara untuk mengonfirmasi hasil tes yang telah diberikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep siswa berdasarkan multirepresentasi pada materi gerak lurus tergolong dalam kategori rendah. Siswa tidak memahami cara menggambarkan grafik berdasarkan informasi dari soal, siswa tidak dapat menentukan rumus yang tepat dalam menyelesaikan soal, siswa masih salah dalam memahami pengertian jarak dan perpindahan, tidak dapat menentukan jenis gerak yang ada pada soal, dan tidak dapat membaca grafik kecepatan terhadap waktu dengan benar.
Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Getaran dan Gelombang di SMP Negeri 14 Pontianak Kalsum, Umi; Djudin, Tomo; Oktavianty, Erwina
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 11 No. 2 (2023): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jpft.v11i2.2778

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 14 Pontianak dan menguji perbedaan kemampuan pada setiap aspek literasi sains. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes berbentuk essay yang terdiri dari 15 soal berbasis literasi sains. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di SMP Negeri 14 Pontianak dengan jumlah 174 orang. Literasi sains yang diukur meliputi aspek konten sain, proses sains, dan konteks sains. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik pada materi getaran dan gelombang sebesar 33,70% untuk aspek konten sains, 44,60% untuk aspek proses sains, dan 42,00% pada aspek konteks sains. Berdasarkan uji Kruskall-Wallis diperoleh hasil analisis bahwa terdapat perbedaan kemampuan peserta didik pada setiap aspek literasi sains. Bagi peneliti lain diharapkan dapat menerapkan pembelajaran sains yang menitikberatkan pada aspek konten sains.

Page 1 of 1 | Total Record : 9