JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
The Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online is a peer-reviewed journal published three times a year (April, August, and December) by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tadulako. The journal serves as a communication platform for researchers, academics, and practitioners to discuss and explore empirically relevant issues in physics education. Scope JPFT: Jurnal Pendidikan Fisika covers a wide range of topics, including: Enhancement of physics teaching techniques Development of physics evaluation instruments Creation of physics teaching media Development of physics teaching models that consider local wisdom and are enriched with religious and cultural principles Theoretical and current contributions in applied physics
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 12 No. 1 (2024): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)"
:
10 Documents
clear
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Berbantuan Physics Education Technology Interactive Simulation Pada Materi Fluida Statis
Febrilia, Serina;
Nurjannah, Nurjannah;
Haeruddin, Haeruddin;
N. Laratu, Wahyuni
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 12 No. 1 (2024): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22487/jpft.v12i1.3402
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada materi fluida statis dengan menerapkan model pembelajaran berbasis pengalaman dengan bantuan Physics Education Technology (PhET). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen dan menggunakan model nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik non random sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 33 orang dan XI IPA 4 yang berjumlah 32 orang. Siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran berbasis pengalaman berbantuan simulasi interaktif PhET, sedangkan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Skor rata-rata pretest pada kelas ekseprimen 48,13 dan kelas kontrol 44,0. Skor rata-rata posttest pada kelas eksperimen 80,19 dan kelas kontrol 73,65 dari skor ideal 100. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai = 3,04 =1,99. Hal ini menunjukkan bahwa ditolak dan diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara kelas yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran berbasis pengalaman dengan bantuan media PhET interactive simulation dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Uji dampak (effect size) diperoleh sebesar 0,70 masuk dalam kategori sedang. Hasil uji N-gain diperoleh nilai rerata peningkatan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen senilai 61,80% kategori sedang dan kelas kontrol senilai 52,94% kategori sedang.
Efektivitas Modul Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP Kelas VIII
Haswani, Haswani;
Napitupulu, Nurasyah Dewi
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 12 No. 1 (2024): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22487/jpft.v12i1.3415
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemahaman konsep pesawat sederhana siswa menggunakan modul fisika dalam pembelajaran pesawat sederhana. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan the pre – post test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Bungku Pesisir Satu Atap. Teknik sampling yang digunakan sampling total dengan sampel penelitian kelas VIII A (n=21) sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B (n=21) sebagai kelas kontrol, modul pembelajaran menggunakan Modul PJJ pada Masa Covid. Hasil analisis data menunjukkan persentase pemahaman konsep pesawat sederhana pada pre-test adalah 37,62 untuk kelas eksperimen, dan sebesar 42,86 untuk kelas kontrol. Pada posttest diperoleh persentase pemahaman konsep pesawat sederhana pada kelas eksperimen 77.38 dan kelas kontrol 73.10. Berdasarkan analisis N-Gain diperoleh sig. = 0,000 0,05 menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep siswa menggunakan Modul Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 untuk jenjang SMP Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII pada materi pesawat sederhana. Efektivitas modul pembelajaran terhadap pemahaman konsep pesawat sederhana siswa ditunjukkan dengan nilai N-Gain sebesar 60% pada kelas eksperimen dengan kategori sedang dan Effect Size berdasarkan Cohen diperoleh nilai 0,37 dengan kategori sedang. Efektivitas modul diperkuat dengan skor respon siswa terhadap modul pembelajaran sebesar 91.29%. dengan kategori sangat baik.
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banawa Selatan
Ulfian, Ulfian;
Syamsu, Syamsu;
Mansyur, Jusman
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 12 No. 1 (2024): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22487/jpft.v12i1.3460
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banawa Selatan. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan equivalen pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banawa Selatan pada tahun ajaran 2021-2022. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 21 orang. Instrumen tes kemampuan literasi sains yang di gunakan dalam bentuk pilihan ganda. Sebelum di gunakan telah divalidasi melalui validator ahli. Hasil tes kemampuan literasi sains siswa diperoleh skor rata-rata pada posttest yaitu 11,29 untuk kelas eksperimen setelah diberi perlakuan dan 9,81 pada kelas kontrol menerapkan model direct instruction. Hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh, bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banawa Selatan. Berdasarkan hasil analisis uji mann whitney U diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) yaitu 0,002. Hal ini berarti nilai α (0,002) < 0,05. Hal ini berarti nilai α berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banawa Selatan.
Deskripsi Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa SMA Negeri 1 Banawa Tengah
Zaitun, Zaitun;
Muslimin, Muslimin
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 12 No. 1 (2024): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22487/jpft.v12i1.3470
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran fisika untuk siswa SMA Negeri 1 Banawa Tengah. Metode yang digunakan adalah survei dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA sebanyak 205 orang. Karena keterbatasan penelitian, diambil sampel 35 siswa dari kelas X MIPA 1 melalui purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket yang disebar kepada siswa jurusan MIPA dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga indikator yang diukur, faktor kontekstual memiliki persentase rata-rata tertinggi yaitu 56,55% (kategori efektif), diikuti oleh faktor internal dengan rata-rata 51,41% (efektif), dan faktor eksternal dengan rata-rata 46,2% (efektif). Secara keseluruhan, efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran fisika mencapai nilai 51,38%, yang dikategorikan sebagai efektif. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring dapat diterapkan secara efektif meski di tengah pandemi.
Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Simulasi PhET Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke
Rafika, Rafika;
Pasaribu, Marungkil
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 12 No. 1 (2024): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22487/jpft.v12i1.3477
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbantuan simulasi PhET, mengetahui validitas terhadap modul pembelajaran berbantuan simulasi PhET, mengetahui respon guru dan siswa terhadap modul pembelajaran berbantuan simulasi PhET. Materi yang digunakan dalam modul pembelajaran yaitu elastisitas dan hukum Hooke. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Model ini memiliki 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh validator ahli materi dan validator ahli media, kemudian modul diberikan kepada guru mata pelajaran dan 25 siswa untuk mengetahui respon terhadap modul yang telah dikembangkan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket/koesioner dengan skala Likert 1-5. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. Hasil validasi ahli materi mendapatkan rata-rata skor penilaian sebesar 4,03 dengan kategori “Baik”, validasi ahli media mendapatkan rata-rata skor penilaian sebesar 4,18 dengan kategori “Baik”, rata-rata skor penilaian respon guru mata pelajaran sebesar 4,55 dengan kategori “Sangat Setuju” dan hasil penilaian respon siswa didapatkan rata-rata skor penilaian sebesar 4,47 dengan kategori “Sangat Setuju”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbantuan simulasi PhET pada materi elastisitas dan hukum Hooke yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar siswa.
Analisis Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember Terkait Bahaya Radiasi Laptop Terhadap Kesehatan
Zannah, Hilda;
Zannah, Hildatul;
Sudarti, Sudarti
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 12 No. 1 (2024): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22487/jpft.v12i1.3479
Radiasi adalah proses dimana energi merambat dari sumber ke lingkungan tanpa perantaraan. Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan oleh mahasiswa dalam pembelajaran dan juga merupakan sumber radiasi. Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember mempelajari mata kuliah fisika radiasi di semester enam, yang mencakup pengetahuan tentang radiasi. Penting bagi mahasiswa untuk memahami bahaya radiasi laptop terhadap kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman mahasiswa Pendidikan Fisika tentang bahaya radiasi laptop. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui tes berupa 10 soal pilihan ganda yang dilakukan melalui google form, dan ditujukan kepada 70 mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap bahaya radiasi laptop tergolong baik, dengan presentase 57%, yang berarti nilai rata-rata total adalah 57. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember memiliki pemahaman yang cukup tentang bahaya radiasi laptop, namun perlu peningkatan pemahaman lebih lanjut.
Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Alat-Alat Optik Terhadap Kemampuan Berpiikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Sigi
Jumria, Jumria;
Syamsuriwal, Syamsuriwal;
Wahyono, Unggul;
Paramita, Ielda
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 12 No. 1 (2024): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22487/jpft.v12i1.3500
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi alat-alat optik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Sigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan meggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sigi yang terdiri dari 85 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 (n=29) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 (n=29) sebagai kelas kontrol. Instrumen kemampuan berpikir kritis berupa tes essay yang telah divalidasi. Hasil tes kemampuan berpikir kritis setelah diberikan perlakuan menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen 81,72 dan kelas kontrol 62,59. Untuk menguji hipotesis digunakan uji T (Independent Sample T-test) diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 yang membuktikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajarn direct instruction. Berdasarkan hasil uji N-Gain Score menunjukkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 68,75% kategori cukup efektif dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 35,49% kategori tidak efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi alat-alat optik terhadap kemmpuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Sigi. Kata Kunci : Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Perbandingan Kapabilitas Respons Chatgpt Dan Gemini Terhadap Pertanyaan Konseptual Tentang Optik
Azizah, Mita Aulia;
Mansyur, Jusman
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 12 No. 1 (2024): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22487/jpft.v12i1.3510
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan respons ChatGPT dan Gemini dengan pertanyaan konseptual tentang optik. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus komparatif. Subjek penelitian ini adalah ChatGPT dan Gemini, yang juga bertindak sebagai responden. Instrumen yang digunakan adalah 25 pertanyaan esai tentang optik. Penilaian didasarkan pada empat kriteria utama: Kejelasan Konseptual, Akurasi Konseptual, Pemahaman Konseptual, dan Konsistensi dalam Penjelasan. Hasilnya menunjukkan bahwa ChatGPT mengungguli Gemini dalam semua kriteria yang dinilai. ChatGPT memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memberikan jawaban yang jelas, akurat, dan konsisten atas pertanyaan konseptual tentang optik dibandingkan dengan Gemini. Di sisi lain, Gemini cenderung memberikan jawaban yang kurang akurat dan kurang mendalam, dengan variasi konsistensi penjelasannya.
Analisis Kualitas Madu Berdasarkan Parameter Massa Jenis, Indeks Bias Dan Tegangan Permukaan Sebagai Alternatif Pembelajaran
Taro, Jesika Gabreila;
Muslimin, Muslimin;
Haeruddin, Haeruddin;
Darmadi, I Wayan
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 12 No. 1 (2024): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22487/jpft.v12i1.3524
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas madu berdasarkan parameter massa jenis, indeks bias dan tegangan permukaan sebagai alternative pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian experiment research (Penelitian eksperimen). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Sampel penelitian ini adalah madu flora yang berasal dari peternakan madu flora di Kota Palu dengan jenis madu multiflora dan madu monoflora. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kualitas madu yang paling tinggi sampai yang paling rendah berdasarkan parameter massa jenis, indeks bias dan tegangan permukaan secara beturut – turut adalah madu multiflora dengan massa jenis sebesar 1,23 × 103 kg/????3 , indeks bias sebear 1,26 dan tegangan permukaan sebesar 9,12 × 10-5 ????/???? kemudian madu monoflora dengan massa jenis sebesar 1,13 × 103 kg/????3 , indeks bias sebear 1,16 dan tegangan permukaan sebesar 7,23 × 10-5 ????/????. Nilai SNI yang terdaftar di BPOM untuk massa jenis madu adalah 1331,25 kg/m3 dan indeks bias sebesar 1,475 – 1,504. Hal ini menunjukkan bahwa hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa madu yang diteliti belum sesuai dengan SNI yang dikeluarkan oleh BPOM.
Analisis Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Di SMA Katolik St. Andreas Palu
Adisti, Maria Firmina;
Werdhiana, I Komang;
Zaky, Muhammad;
Jarnawi, Muhammad
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol. 12 No. 1 (2024): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Publisher : Universitas Tadulako
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.22487/jpft.v12i1.3532
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter peserta didik pada pembelajaran fisika di SMA Katolik St.Andreas Palu. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas IX IPA sebanyak 19 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan lembar observasi. Data yang diperoleh dari responden dianalisis dengan menggunakan analisis persentase. Berdasarkan hasil angket untuk aspek nilai karakter jujur 68% dengan klasifikasi tinggi, untuk aspek nilai karakter disiplin 90% dengan klasifikasi tinggi, aspek nilai karakter percaya diri 76% dengan klasifikasi tinggi, dan aspek nilai karakter tanggung jawab 89% dengan klasifikasi tinggi. Sedangkan hasil observasi untuk nilai karakter jujur 77% dengan klasifikasi tinggi, untuk nilai karakter disiplin 84% dengan klasifikasi tinggi, untuk nilai karakter percaya diri 82% dengan klasifikasi tinggi dan untuk nilai karakter tanggung jawab 82% dengan klasifikasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai karakter peserta didik pada pembelajaran fisika di SMA Katolik St. Andreas Palu berkategori tinggi.