cover
Contact Name
Much Arsyad Fardani
Contact Email
jpi@umk.ac.id
Phone
+6285290760182
Journal Mail Official
jpi@umk.ac.id
Editorial Address
Jl. Lingkar Utara Gondangmanis, Bae, Kudus
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Prasasti Ilmu
ISSN : -     EISSN : 27763951     DOI : https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3
Core Subject : Education,
Jurnal Prasasti Ilmu merupakan terbitan Laboratorium Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus yang menampung artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dari para mahasiswa, guru, dosen, dan peneliti dari seluruh Indonesia. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal prasasti ilmu adalah bidang pendidikan dasar, pendidikan karakter, pendidikan inklusi, bahasa, sastra, dan budaya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu" : 5 Documents clear
PENERAPAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SD 1 RENDENG Avianida, Vika Elvira; Kuryanto, Syafruddin
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v4i1.12224

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar perbedaan rata-rata hasil belajar PPKn siswa kelas V SD 1 Rendeng sebelum dan setelah diterapkanya permainan ular tangga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen daengan bentuk one group pretest-posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji paired sample T-Test untuk mengukur perbedaan rata-rata hasil belajar PPKn siswa kelas V SD 1 Rendeng sebelum dan sesudah penggunaan media ular tangga. Dari hasil analisis didapatkan data rata-rata pretest hasil belajar siswa sebesar 60,5, sedangkan rata-rata posttest hasil belajar siswa sebesar 80,5. Hasil uji paired sample T-Test menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,000 yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan data tersebut menunjukkan adanya perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah penggunaan media ular tangga.
ANALISIS KESANTUNAN BERBICARA PADA PERILAKU SISWA DI SD 1 JOJO KABUPATEN KUDUS Handayani, Kharisma Arum; Kironoratri, Lintang; Febrianingrum, Linda
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v4i1.9710

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis kesantunan bicara pada perilaku siswa di SD 1 JOJO dan menjelaskan upaya guru dalam menanamkan kesantunan bicara pada siswa kelas IV. Metode penelitian ini menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang jumlahnya 9 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD 1 JOJO pada bulan Desember 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitia yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi dalam bentuk gambar. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti menemukan kesantunan bicara pada siswa kelas IV terdapat dua jenis yaitu kesantunan bicara siswa ke guru dan kesantunan bicara siswa ke siwa. Upaya guru untuk menanamkan kesantunan bicara pada siswa kelas IV dengan dua cara yaitu nasihat dan pembiasaan yang baik.
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM CERITA SYAIKH JANGKUNG LANDOH KARYA AMIRUL ULUM SARI, DIAN ANTIKA; Pratiwi, Ika Ari
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v4i1.11706

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter peduli sosial yang terkandung dalam cerita Syaikh Jangkung karya Amirul Ulum pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif kemudian disajikan dalam bentuk naratif. Objek penelitian adalah buku cerita Syaikh Jangkung Landoh: Jejak Nasionalis dan Religius karya Amirul Ulum. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pencatatan melalui kartu data serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas reduksi data, penyajian  data,  dan  kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima nilai kepedulian sosial dalam cerita Syaikh Jangkung karya Amirul Ulum, diantaranya (1) saling berbagi, (2) saling menghormati, (3) bekerja sama, (4) toleransi, dan (5) aksi sosial. Kelima nilai karakter peduli sosial tersebut dapat dilihat melalui perilaku tokoh yang terdapat dalam cerita. Nilai karakter peduli sosial tersebut menunjukan bahwa cerita tersebut selain dapat digunakan media memperkenalkan kisah sosial budaya lokal kepada generasi muda, juga sekaligus menjadi perantara menumbuhkan karakter peduli sosial pada diri anak.
ALIH KODE DAN CAMPUR KODE SEBAGAI UPAYA PEMERTAHANAN BAHASA JAWA DI SEKOLAH DASAR Nafi'ah, Ulfatun; Fardani, Much Arsyad; Santoso, Denni Agung
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v4i1.12132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk alih kode dan campur kode sebagai upaya pemertahanan bahasa Jawa yang dilakukan oleh SD Negeri Kropak 02. Metode naratif kualitatif menjadi metode yang digunakan dalam penelitian ini dimana penelitian ini berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Jadi, dapat dikatakan bahwa penelitian kualitatif memiliki sifat mendasar, natural, dan alami. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi merupakan teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan 12 percakapan yang terdiri dari 7 percakapan alih kode dan 5 percakapan campur kode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pemertahanan bahasa Jawa oleh SD Negeri Kropak 02 dilakukan melalui alih kode dan campur kode.
PERILAKU KERJA KERAS SISWA BERPRESTASI DALAM PEMBELAJARAN DI SD 1 MIJEN hidayah, ana rahmatul
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v4i1.12186

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk perilaku kerja keras siswa untuk meraih  prestasi SD 1 mijen. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yakni metode studi kasus. Pemilihan metode studi kasus sebagai metode penelitian ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk memahami secara mendalam fakta-fakta yang terkait dengan kasus tersebut, menganalisis relevansi teori yang terkait, serta mengeksplorasi pelajaran yang dapat diaplikasikan dalam konteks pendidikan Indonesia. Lokasi penelitian yaitu SD 1 Mijen. Peneliti mengambil subjek penelitian siswa berprestasi dan wali kelas yang sekaligus berperan sebagai guru pendamping. Teknik pemilihan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yitu pemetaan pola. Hasil Penelitian menunjukkan perilaku kerja keras siswa berprestasi di SDN 1 Mijen dipengaruhi oleh sikap optimis, kebiasaan menyelesaikan tugas dengan efisien, dan minat tinggi terhadap pembelajaran. Sikap positif dan lingkungan sekolah yang mendukung berperan penting dalam membentuk perilaku kerja keras siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5