cover
Contact Name
Much Arsyad Fardani
Contact Email
jpi@umk.ac.id
Phone
+6285290760182
Journal Mail Official
jpi@umk.ac.id
Editorial Address
Jl. Lingkar Utara Gondangmanis, Bae, Kudus
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Prasasti Ilmu
ISSN : -     EISSN : 27763951     DOI : https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3
Core Subject : Education,
Jurnal Prasasti Ilmu merupakan terbitan Laboratorium Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus yang menampung artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dari para mahasiswa, guru, dosen, dan peneliti dari seluruh Indonesia. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal prasasti ilmu adalah bidang pendidikan dasar, pendidikan karakter, pendidikan inklusi, bahasa, sastra, dan budaya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu" : 5 Documents clear
PENERAPAN MODEL TGT BERBANTU PANJADUT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR Widyastutik, Devi Risma; Ardianti, Sekar Dwi; Purwaningrum, Jayanti Putri
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 4, No 2 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v4i2.12270

Abstract

Aktivitas belajar siswa sangat berpengaruh pada kemampuan berfikir kritis siswa ketika di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas 3 SDN Sridadi, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. Penerapan model Teams Game Tournament berbantuan media PANJADUT diharapkan menjadi solusi permasalahan yang terjadi pada siswa kelas 3 SD Sridadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Taggart yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Sridadi, Kabupaten Rembang dengan jumlah siswa 24 terdiri dari 9 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obervasi, teknik tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 3 SD Sridadi setelah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media PANJADUT. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus 1 sebesar 71% dan siklus 2 sebesar 84%.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI TARI KREASI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS TINGGI SDN 1 JEPANGPAKIS Arini, Nimas; Fajrie, Nur; A, Etik Dwi
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 4, No 2 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v4i2.12226

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dan perkembangan Seni Tari Kreasi dengan pola-pola unsur seni tari dalam pendidikan karakter percaya diri pada siswa kelas V SD 1 Jepangpakis. Pembelajaran pada hakekatnya merupakan proses interaksi antara siswa dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku kearah lebih baik.Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru seni tari dan siswa kelas tinggi di SDN 1 Jepangpakis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan telah diintegrasikan secara efektif dalam pembelajaran seni tari kreasi di sekolah tersebut. Guru seni tari menggunakan nilai-nilai karakter Percaya diri dalam setiap kegiatan pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa siswa menunjukkan perubahan positif dalam pengembangan karakter mereka melalui pembelajaran seni tari. Mereka belajar untuk menunjukan perilaku atau tindakan seperti mampu menjadi diri sendiri dalam bertindak, tidak mudah putus asa dan optimis ketika  melakuan suatu tarian, tidak canggung dan cenderung lebih tenang dalam menampilkan tiap gerakan tari, berani menjadi diri sendiri ketika tampil, berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan ketika mengikuti kegiatan kesenian tari. Dalam kesimpulannya, pembelajaran seni tari kreasi di SDN 1 Jepangpakis berhasil mengimplementasikan pendidikan karakter percaya diri dengan baik. Guru seni tari berperan sebagai fasilitator yang efektif dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter percaya diri dalam pembelajaran, sementara siswa menunjukkan perkembangan positif dalam mengembangkan karakter percaya diri melalui praktik seni tari kreasi. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya pendidikan karakter percaya diri melalui seni tari di tingkat pendidikan dasar
POTRET KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 Islamiyah, Islamiyah; Masfuah, Siti; Kironoratri, Lintang
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 4, No 2 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v4i2.12231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potret kesulitan membaca permulaan dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Undaan Kidul 3. Dalam membaca permulaan siswa kelas 1 pada awal masuk sekolah dasar terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca diantaranya siswa belum mengenal huruf abjad, belum bisa membedakan huruf  konsonan yang hampir sama, belum bisa merangkai suku kata dan belum lancar dalam membaca kata demi kata, tidak memahami kata yang dibacanya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Undaan Kidul 3 yang berjumlah 10 orang.  Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga kategori utama kesulitan yang secara signifikan menghambat kemampuan membaca awal siswa, yaitu kesulitan pada pelafalan kata, ketidakjelasan bacaan, dan kesulitan membedakan beberapa jenis huruf, baik konsonan maupun vokal.. Sementara upaya yang telah dilakukan guru adalah dengan mengenalkan bentuk huruf vokal dan konsonan terlebih dahulu, serta memulai berlatih membaca dari kata yang paling sederhana sampai rumit. Selain itu, guru juga menggunakan alat bantu media berupa kartu huruf dan huruf warna warni untuk menarik minat belajar siswa.
PENGARUH KECERDASAAN EMOSIONAL ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI 1 SOCO KUDUS Mawarsih, Siti Endang; Ismaya, Erik Aditia; Purwaningrum, Jayanti Putri
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 4, No 2 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v4i2.12267

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Soco Kudus. Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif ex-postfacto. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Soco Kudus. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 1 Soco Kudus yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Teknik pengumpulan data dalan penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 lebih kecil dari 0,05 yang artinya hasil uji t yang dilakukan peneliti signifikan. Dari taraf signifikan 0,05 dengan asumsi, jika thitung ttabel maka hipotesis awal diterima, sedangkan jika thitung ttabel maka hipotesis awal ditolak. Dari hasil uji t dengan menggunakan bantuan SPSS Statistics 26 menyatakan bahwa variabel X (kecerdasan emosional) dan variabel Y (hasil belajar) signifikan dan hipotesis awal diterima. Hal ini dibuktikan dengan thitung (3,033) ttabel (2,048) dengan signifikan 0,05 yang artinya hipotesis awal diterima dan signifikan.
ENKULTURASI NILAI BUDAYA ANYAMAN BAMBU BESEK UNTUK ANAK DI DESA JEPANG Sari, Anggun Kharisma; Fajrie, Nur; Masfuah, Siti
Jurnal Prasasti Ilmu Vol 4, No 2 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jpi.v4i2.12268

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses enkulturasi nilai budaya anyaman bambu besek terhadap anak-anak di Desa Jepang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan diskriptif kualitatif yang dilandasi teori Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai budaya yang terkandung dalam budaya besek masyarakat Desa Jepang meliputi, nilai peduli lingkungan, nilai disiplin, dan nilai tanggung jawab. Sementara proses enkulturasi melalui kegiatan interaksi, observasi, hingga imitasi. Proses enkulturasi yang terjadi dipengaruhi beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses enkulturasi yang berlangsung sebagai nilai budaya pada masyarakat Desa Jepang adalah faktor internal, faktor ekternal, dan faktor permintaan pasar atas barang hasil produksi. Inovasi fungsi dilakukan dengan mengalihkan fungsi besek yang awalnya sebagai pembungkus nasi jadi tempat saouvenir dll yang sebelumnya dibuat dari plastik. Selain itu besek dengan dekorasi ini juga dimanfaatkan sebagai wadah cinderamata dalam pernikahan atau acara lainnya di Kudus.

Page 1 of 1 | Total Record : 5