cover
Contact Name
Syamsinar
Contact Email
syamsinar@stainmajene.ac.id
Phone
+6289602357211
Journal Mail Official
ejournal@stainmajene.ac.id
Editorial Address
Jl. BLK Kelurahan Totoli Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Indonesia
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Malaqbiq : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
ISSN : -     EISSN : 29631750     DOI : https://doi.org/10.46870/jam.v1i1
Malaqbiq merupakan jurnal ABDIMAS yang dikelola dengan proses peer review, dipublikasikan oleh Rumah Jurnal STAIN Majene. Jurnal ini fokus pada penerbitan artikel tentang hasil pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini memuat publikasi dalam bidang ilmu pendidikan, agama, komunikasi, sosial, hukum, ekonomi, sains, seni, budaya dan humaniora.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2025): Malaqbiq : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat" : 5 Documents clear
BERAMU: Mathematics Recovery Learning Siswa SMP di Kabupaten Tana Tidung Darmayasa, Jero B.; Simamora, Rustam E.; Pratiwi, Enditiyas; Nanna, A. Wilda Indra; Barumbun, Mardyanto; Suciati, Sucitai; Noviantari, Ika
MALAQBIQ Vol. 4 No. 1 (2025): Malaqbiq : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46870/jam.v4i1.507

Abstract

Hasil Wawancara dan Diskusi dengan Kepala Seksi Kurikulum, Bidang Pendidikan Dasar DInas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung sejak tanggal 23 Pebruari 2021 s.d 03 Maret 2021 memperoleh gambaran adanya 4 langkah nyata yang sedang dilaksanakan dan disiapkan untuk Pemulihan Pembelajaran (Recovery Learning) siswa SD dan SMP. Dari 4 (empat) program terssebut, salah satunya adalah Assesmen Diagnostik. Untuk melakukan Assesmen Diagnostik, Disdik KTT memerlukan instrument, salah satunya adalah Instrumen Numerasi Dasar untuk Siswa SMP. Memperhatikan hal itu, maka berdasarkan hasil diskusi pada hari Rabu, 3 Maret 2021, diputuskan untuk melaksanakan kolaborasi yang kita sepakati diberi nama BERAMU: Math Recovery Learning Siswa SMP KTT. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan Pendidikan bagi siswa SMP dan meningkatkan peran Civitas akademi FKIP UBT dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Muaranya adalah meminimalisir dampak Covid-19 pasca pandemic, baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Oleh karena itu, melalui PKM ini, telah disusun paket soal Asesmen Diagnostik Matematika untuk siswa SMP yang telah diserahkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung dan Kepala SMP N 3 Tana Tidung.
Pembinaan TPQ di Dusun Lalawang Desa Tadui Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju Yusriah; Masyhadiah; Rivai Makduani; Nurzamsinar
MALAQBIQ Vol. 4 No. 1 (2025): Malaqbiq : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46870/jam.v4i1.1439

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKm) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama di Dusun Lalawang, Desa Tadui, Kecamatan Mamuju melalui pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ). Program ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi tenaga pengajar, minimnya fasilitas pendukung, serta kurangnya pemahaman anak-anak terhadap nilai-nilai Islam. Metode yang digunakan adalah kombinasi pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) dan Participatory Action Research (PAR) untuk memberdayakan masyarakat secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kompetensi tenaga pengajar, pengadaan fasilitas belajar seperti rekal Al-Qur'an, serta metode pembelajaran inovatif yang meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an anak-anak hingga 70%. Selain itu, keterlibatan masyarakat dalam mendukung keberlanjutan TPQ juga mengalami peningkatan. Namun, tantangan dalam bentuk keterbatasan waktu dan akses terhadap fasilitas teknologi masih menjadi kendala. Program ini direkomendasikan untuk terus dikembangkan dengan pendampingan berkelanjutan dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran agama..
Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini di TPA Mesjid Nurul Huda Desa Barumbung Kecamatan Matakali Zulkiflih; Rahmat; Z., Husnah; Fakhruddin
MALAQBIQ Vol. 4 No. 1 (2025): Malaqbiq : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desa Barumbung memiliki mayoritas penduduk beragama Islam dengan pendidikan agama sebagai prioritas utama. Namun, pembelajaran bahasa Arab di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Mesjid Nurul Huda masih minim karena keterbatasan tenaga pengajar dan metode pembelajaran yang menarik. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dasar bahasa Arab anak usia dini melalui metode pembelajaran interaktif serta meningkatkan kompetensi guru dalam mengajarkan bahasa Arab. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Partisipatif (PAR), yang melibatkan observasi, diskusi, pendampingan pembelajaran. Hasilnya, 85% anak mampu mengenali kosakata dasar, 75% dapat melafalkan 15 kata Arab dengan benar, dan 70% memahami frasa sederhana dalam komunikasi sehari-hari. Guru mengalami peningkatan dalam mengembangkan metode pembelajaran kreatif, sementara orang tua lebih sadar akan pentingnya mendukung anak belajar bahasa Arab di rumah. Temuan ini sejalan dengan teori perkembangan anak yang menekankan pentingnya pembelajaran berbasis bermain dan dukungan lingkungan dalam pemerolehan bahasa. Kesimpulannya, adalah pendampingan bahasa Arab berbasis partisipatif meningkatkan keterampilan anak dan kompetensi guru, serta memperkuat peran orang tua dalam pendidikan agama anak. Model ini dapat diterapkan di TPA lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab secara berkelanjutan.
Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa Makuang Kabupaten Mamasa dalam Meminimalisir Terjadinya Kekerasan Seksual Pratiwi, Andi Dewi; Fadhil, Fadhlan; Ichsan, Muh Arfhani; Mausili, Dwi Rianisa; Danar Hafidz Adi Wardhana; Rezki Rahmawati; Achmad Fauzi Kusmin; Rezky Ramadhan; Andi Muhammad Ikbal Salam; Usri
MALAQBIQ Vol. 4 No. 1 (2025): Malaqbiq : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46870/jam.v4i1.1514

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Pemerintah Desa Makuang, Kabupaten Mamasa, dalam upaya meminimalisir terjadinya kekerasan seksual melalui metode ceramah dan tanya jawab. Kekerasan seksual masih menjadi persoalan serius di berbagai daerah, termasuk di wilayah pedesaan, di mana pemahaman tentang pencegahan dan penanganannya sering kali terbatas. Melalui kegiatan ini, diharapkan aparat desa dan masyarakat dapat memperoleh pengetahuan yang komprehensif mengenai bentuk-bentuk kekerasan seksual, faktor penyebab, dampak, serta langkah-langkah pencegahan dan penanganan yang efektif. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi interaktif dengan melibatkan perangkat desa, tokoh masyarakat, serta perwakilan warga untuk memastikan penyebaran informasi yang merata. Metode ceramah digunakan untuk memberikan pemahaman mendasar, sedangkan sesi tanya jawab memungkinkan peserta untuk mengklarifikasi hal-hal yang belum dipahami serta berbagi pengalaman terkait isu kekerasan seksual di lingkungan tersebut. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan kesadaran peserta mengenai pentingnya peran aktif pemerintah desa dalam menangani kasus kekerasan seksual, mulai dari aspek preventif hingga responsif. Selain itu, peserta juga memahami prosedur pelaporan dan pendampingan korban yang sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku. Kegiatan ini turut menghasilkan rekomendasi bagi pemerintah desa untuk membuat regulasi atau program khusus yang mendukung upaya pencegahan kekerasan seksual, seperti sosialisasi berkala, pembentukan tim respons cepat, dan kerja sama dengan lembaga terkait. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini tidak hanya memberikan dampak langsung berupa peningkatan pengetahuan tetapi juga mendorong tindakan nyata dari pemerintah desa dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman dan responsif terhadap isu kekerasan seksual.
Sekolah Kebangsaan sebagai Proyek Kemanusiaan MBKM: Penguatan Literasi Digital dan Demokrasi Mahasiswa melalui Program Tular Nalar di Majene Fachruddin, Achmad Taqlidul Chair; Hildawati; R, Warqiah; Nasrah; R, Rahmi; Firdaus, Misqul; Muh. Dai Sifatullah; Putri, Silfania Anastasia; El Fikri, Andi Royyan; Adinda Dwi Azharyah
MALAQBIQ Vol. 4 No. 1 (2025): Malaqbiq : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46870/jam.v4i1.1528

Abstract

ABSTRAK Sekolah Kebangsaan merupakan program pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan kesadaran demokrasi mahasiswa melalui keterlibatan aktif dalam isu-isu kebangsaan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Program Studi Tadris Bahasa Inggris STAIN Majene sebagai bagian dari mata kuliah Digital Literacy yang diprogram oleh mahasiswa semester 3 angkatan 2022. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Majene terkait tahapan pemilihan umum dan dinamika hoaks menjelang pemilu. Untuk mengevaluasi pemahaman peserta, panitia mengadakan kuis interaktif. Peserta dibagi menjadi 10 kelompok untuk mengikuti diskusi dan microteaching yang dipandu oleh fasilitator. Kegiatan ini diikuti oleh 127 peserta, terdiri dari 42 mahasiswa Tadris Bahasa Inggris, 35 Pendidikan Agama Islam, 23 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan 27 Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. Setiap kelompok menunjukkan partisipasi aktif dalam memahami isu hoaks dan peran mereka sebagai pemilih cerdas. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai pertanyaan dan jawaban kritis yang diajukan oleh mahasiswa. Diskusi kelompok mendorong pemikiran kritis, sedangkan sesi microteaching memperkuat kemampuan menyampaikan kembali materi. Kegiatan ini memperlihatkan keterkaitan antara teori literasi digital dan praktik pemberdayaan mahasiswa melalui pendekatan partisipatif dan kolaboratif. Temuan kegiatan menunjukkan bahwa pelibatan mahasiswa lintas prodi dapat memperkuat pemahaman kolektif tentang literasi informasi dan membangun kesadaran kebangsaan. Kegiatan ini menjadi bukti bahwa pendidikan berbasis proyek mampu menciptakan ruang belajar yang bermakna dan relevan dengan konteks sosial. Kata kunci: Sekolah Kebangsaan, Literasi Digital, Hoaks.

Page 1 of 1 | Total Record : 5