cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)" : 15 Documents clear
PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 3 WONOKROMO KECAMATAN ALIAN TAHUN AJARAN 2014/2015 Wicaksono, Afif
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.788 KB)

Abstract

ABSTRAK Afif Wicaksono. X7210003. ?PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 3 WONOKROMO KECAMATAN ALIAN TAHUN AJARAN 2014/2015? Skripsi. Kebumen: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2015.Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran Matematika; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat; (3) Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan penerapan pembelajaran coopertive learning tipe STAD pada pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 3 Wonokromo Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2014/ 2015.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Wonokromo yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi..Hasil penelitian: (1) Langkah-langkah yang benar dalam Penerapan cooperative learning tipe STAD yaitu: (a) Penyampaian tujuan; (b) Pembagian kelompok; (c) Presentasi dari guru (d)  Kegiatan belajar dalam tim;(e) Kuis (f) Penghargaan tim. (2) Penerapan cooperative learning STAD dapat meningkatkan hasil belajar ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa  pada siklus I 33,33%,, siklus II menjadi 75,24%, dan siklus III 95,25%. (3) Kelebihan dan kelemahan penerapan pembelajaran coopertive learning tipe STAD yaitu kelebihan; (a) siswa berlatih bekerja sama, (b) siswa aktif membantu dan memotivasi anatar teman, (c) meningkatkan kemampuan komunikasi dan hubungan sosial siswa, (d) berlatih berpendapat, dan (e) dapat melatih mandiri, kreativitas, dan tanggung jawab siswa. Kelemahan yaitu (a) membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan siswa dengan teman-teman dan lingkungan belajarnya, (b) siswa pandai mendominasi kegiatan belajar dalam kelompok, dan (c) membutuhkan kemampuan guru yang terampil.  Kata Kunci:, Pembelajaran Matematika, cooperative learning STAD         ABSTRACTAfif Wicaksono. X7210003. APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TO IMPROVE MATHEMATIC LEARNING ABOUT FRACTIONAL FOR STUDENTS GRADE V SDN 1 BOJONGSARI PERIOD 2014/2015. Thesis. Kebumen: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, July 2015.The purpose of this research are (1) to describe steps implementation of Cooperative Learning Tipe STAD (2) analyze the increasing of addition and subtraction of integers (3) To know the strengths and weaknesses of the application of learning coopertive STAD learning on mathematics learning about addition and subtraction of integers in class IV SDN 3 Wonokromo Alian Kebumen District of School Year 2014/2015.This research is collaborative class action that be held on 3 cycles, which each cycles contain of planning, implementation, and reflection. Subjects of this research are students grade IV SDN 3 Wonokromo that contain 35 Students. The technique of data collection use test, observation, and documentation.Results of this research is show that (1) steps implementation right of Cooperative Learning Tipe STAD , with step : (a) Submission of destination; (b) The division of the group; (c) Presentation of the teacher (d) learning activities within the team; (e) Quiz (f) Award team. (2) Application of STAD cooperative learning can improve learning outcomes demonstrated by mastery learning students in the first cycle to 33.33%,, cycle II to 75.24%, and the third cycle of 95.25%. (3) the strengths and weaknesses of the application of learning coopertive STAD learning is excess; (a) students practice working together, (b) the active help and motivate students anatar friend, (c) improve communication skills and social relationships of students, (d) practice argue, and (e) to train independently, creativity, and student responsibility , A weakness that (a) take a long time to adjust the student with friends and learning environment, (b) dominate clever student learning activities in a group, and (c) requires the ability of a skilled teacher. Keywords : Mathematic Learnin,  Cooperative Learning STAD  
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG TENTANG OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 4 BUMIREJO CAHYA KUSUMA, ROBBI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.014 KB)

Abstract

ABSTRACT Robbi Cahya Kusuma. APPLICATION TYPE OF COOPERATIVE LEARNING IN THE IMPROVEMENT OF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION NUMERACY SKILLS CALCULATE FRACTIONS OF OPERATIONS IN CLASS IV SDN 4 BUMIREJO. Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta.              The purpose of this study were (1) describe the application of cooperative learning Team Assisted Individualization can improve numeracy skills fractions in grade IV SDN 4 Bumirejo, (2) finding problems and solutions implementation of cooperative learning Team Assisted Individualization can improve numeracy skills on fractions fourth grade students of SDN 4 Bumirejo.This research is a class act. The research was conducted in three cycles. Each cycle consists of two meetings that include planning, action, observation, and reflection. The subjects were students of class IV SDN 4 Bumirejo totaling 30 students. Source of data derived from fourth grade teacher, peers as an observer, as well as fourth grade students. The technique of collecting data through observation, testing, and interviews. The validity of the data using triangulation of methods and sources. Data analysis using quantitative descriptive analysis techniques and qualitative descriptive analysis. Qualitative data analysis involves three activities, namely the flow of data reduction, data presentation and conclusion.              The results showed that (1) the application of cooperative learning Step Team Assisted Individualization can improve numeracy skills fractions, namely: a) the teacher gives LKS and media for students to learn individually along with the instructions, b) the teacher gives a quiz to students individually to get initial score, c) teachers form a heterogeneous group comprised of 4-5 students, d) student learning outcomes discussed and corrected rolling, e) the teacher explains the material presented; f) the teacher gives the evaluation to individual students, g) teachers and group rank awards to the best group, h) the teacher gives emphasis and conclusion materials .; (2) Obstacles encountered in the application of the cooperative model of Team Assisted Individualization namely: a) dependence at low academic students are more proficient students, b) the fray when discussion groups, c) students are not confident during the presentation, and, d) allocation limited time while teaching classical. Solutions to overcome these obstacles, namely a) teachers to motivate students to be independent, b) teachers guide students during the discussion, c) teachers to motivate students to want to argue, and d) the allocation of time efficiently.               The conclusions of this research is the application of cooperative learning Team Assisted Individualization can improve numeracy skills fractional Class IV student elementary school. Keywords: cooperative learning Team Assisted Individualization, mathematics, fractionsABSTRAK Robbi Cahya Kusuma. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG TENTANG OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 4 BUMIREJO. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization yang dapat meningkatkan keterampilan berhitung pecahan pada siswa kelas IV SDN 4 Bumirejo, (2) menemukan kendala dan solusi penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization yang dapat meningkatkan keterampilan berhitung pecahan pada siswa kelas IV SDN 4 Bumirejo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 4 Bumirejo yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru kelas IV, teman sejawat sebagai observer, serta siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan wawancara. Validitas data dengan menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif meliputi tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization yang dapat meningkatkan keterampilan berhitung pecahan yaitu: a) guru memberikan LKS dan media kepada siswa untuk dipelajari secara individu beserta petunjuknya, b) guru memberikan kuis kepada siswa secara individu untuk mendapatkan skor awal, c) guru membentuk kelompok heterogen terdiri dari 4-5 siswa, d) hasil belajar siswa didiskusikan dan dikoreksi secara rolling, e) guru menjelaskan materi yang dipresentasikan; f) guru memberikan evaluasi kepada siswa secara individual, g) guru memberi peringkat kelompok dan penghargaan kepada kelompok terbaik, h) guru memberikan penekanan dan kesimpulan materi.;  (2) Kendala yang ditemui pada penerapan langkah model kooperatif tipe Team Assisted Individualization yaitu: a) ketergantungan siswa berakademik rendah pada siswa yang lebih pandai, b) keributan saat diskusi kelompok, c) siswa tidak percaya diri saat presentasi, serta, d) alokasi waktu saat pengajaran klasikal terbatas. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu a) guru memotivasi siswa untuk mandiri, b) guru membimbing siswa saat diskusi, c) guru memotivasi siswa agar mau berpendapat, serta d) pengalokasian waktu secara efisien.Simpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization yang dapat meningkatkan keterampilan berhitung pecahan siswa Kelas IV SD. Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization, pembelajaran matematika, bilangan pecahan
THE APPLICATION OF SCRAMBLE METHOD USING MULTIMEDIA FOR IMPROVING SCIENCE LEARNING FOR THE FIFTH GRADE STUDENT OF SDN PASIR WETAN IN THE ACADEMIC YEAR OF 2014/2015 Rosiana, Helmina
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.836 KB)

Abstract

Abstract:  The Application of Scramble Method Using Multimedia for Improving Science Learning for The Fifth Grade Student of SDN Pasir Wetan in The Academic Year of 2014/2015. The aims of this research to describe the steps of application of scramble method using multimedia, to  improving science learning about the process of soil formation and to describe the problems and solution of using of scramble method using multimedia. This classroom action research was conducted in three cycles, consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The result of the research show that application of scramble method using multimedia can improve science learning. The percentage of completeness was 73,68% in the first cycle, 86,84% in the second cycle, and 94.74% in the third cycle. The conclusion of this research is the application of scramble method using multimedia can improve science learning for the fifth grade of SDN Pasir Wetan in the academy year of 2014/2015. Keyword: Scramble Method, Multimedia, Science Learning Abstrak: Penggunaan Metode Scramble dengan Multimedia dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V SDN Pasir Wetan Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode scramble dengan multimedia, meningkatkan pembelajaran IPA tentang pembentukan tanah serta mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan metode scramble dengan multimedia. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam tiga  siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode scramble dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPA. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebanyak 73,68%, siklus II %,86,84 dan siklus III 94,74%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan metode scramble dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Pasir Wetan tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Metode Scramble, Multimedia, Pembelajaran IPA
PENGGUNAAN MODEL MIND MAP DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KALIBEJI TAHUN AJARAN 2014/2015 Isnaeni J, Neni Masithoh
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.905 KB)

Abstract

Abstract: The Use Of Mind Map Model Using Graphic Media In Improving Narratives Writing Skills For The Fifth Grade Students Of SDN 2 Kalibeji In Academic Year 2014/2015. The objectives of this research are: (1) to describe the steps of using a mind map model using graphic media, (2) to improve narrative writing skills. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted in three cycles. Each cycle consisted of two meetings. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The subject were the fifth grade students of SDN 2 Kalibeji totaling 37 students. The resutl of this research is the use mind map model using graphic media can improve narrative writing skills for the fifth grade students of SDN 2 Kalibeji in academic year 2014/2015. Key word: mind map, grapich, writting skill Abstrack: Penggunaan Model Mind Map Dengan Media Grafis Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kalibeji Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini yaitu: mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model mind map dengan media grafis, meningkatkan keterampilan menulis narasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Kalibeji yang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan mode mind map dengan media grafis yang dilaksanakan sesuai langkah yang tepat dapat meningatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V SDN 2 Kalibeji tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci : mind map, grafis, narasi
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBACA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 PEJAGOAN Islamiyah, Fatikhatul
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.105 KB)

Abstract

Abstract: Implementation of Integrated Learning Webbed Model Image Media In Competence Enhancement Reading II Grade SDN 2 Pejagoan.The purpose of this study was to describe the steps implementing an integrated learning model of webbed with proper image media in improving students reading competence, improving reading competence by integrated learning webbed model and finding problems and solutions in the implementation of an integrated learning model of webbed with images media in an increase in reading competence II grade SDN 2 Pejagoan.This research is a classroom action research. The research was conducted in two cycles consisting of four stages: planning, action, observation, and reflection.Subjects were II grade SD totaling 16 students.The results showed that the implementation of an integrated learning model of webbed with images media can improve reading competence II grade  SDN 2 Pejagoan. Keywords: Reading Competence, Webbed Model, Image Media  Abstrak: Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu Model Webbed Dengan Media Gambar Dalam Peningkatan Kompetensi Membaca Siswa Kelas II SD Negeri 2 Pejagoan .Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran terpadu model webbed dengan media gambar yang tepat dalam peningkatan kompetensi membaca siswa, meningkatkan kompetensi membaca siswa melalui pembelajaran terpadu model webbed dengan media gambar dan menemukan kendala dan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu model webbed dengan media gambar dalam peningkatan kompetensi membaca siswa kelas II SD Negeri 2 Pejagoan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran terpadu model webbed dengan media gambar dapat meningkatan kompetensi membaca siswa kelas II SD Negeri 2 Pejagoan. Kata kunci: Kompetensi Membaca, Model Webbed, Media Gambar. 
PENGGUNAAN MODEL CONCEPT SENTENCES DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PURWOGONDO TAHUN AJARAN 2014/2015 Putranto, Alvian
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.554 KB)

Abstract

PENGGUNAAN MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PURWOGONDO TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh: Alvian Putranto1, Wahyudi2, M. Chamdani3 PGSD FKIP Universitas Negeri Sebelas Maret, Jl. Kepodang 67A Panjer Kebumen e-mail: alvian.putranto09@gmail.com 1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS 2,3 Dosen PGSD FKIP UNS Abstract: The Application of Concept Sentence Model using Multimedia in Improving Essay Writing Skills for The Fourth Grade Students of SDN 1 Purwogondo in The Academic Year of 2014/2015. The objectives of this research to improve essay writing skill students of the fourth grade students of SDN 1 Purwogondo . This classroom action research was conducted in three cycles, consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The subject of the research was 35 students of the fourth grade students of SDN 1 Purwogondo. The results of the research show that the application of concept sentence model with multimedia can improve the essay writing skill. The percentage of completeness was 72,86% in the first cycle, 82,85% in the second cycle, and 91,43% in the third cycle. The conclusion of this research is the application of concept sentence model with multimedia can improve the essay writing skills at the fourth grade students of SDN 1 Purwogondo in the academic year of 2014/2015. Keyword: Concept Sentence, Multimedia, Writting Skills Abstrak: Penggunaan Model Concept Sentence dengan Multimedia dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan pada Siswa Kelas IV SDN 1 Purwogondo Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Purwogondo yang berjumlah jumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model concept sentence dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebanyak 72,86%, siklus II 82,85%, dan siklus III 91,43%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model concept sentence dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Concept sentence, Multimedia, Keterampilan Menulis PENDAHULUAN Pendidikan tidak lepas dari bahasa, baik untuk penyampaian atau untuk dipelajari. Bahasa menurut Sugono (2009:1) merupakan bagian dari kehiduan masyarakat penuturnya. Bagi masyarakat Indonesia, bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Pembelajaran bahasa sudah dimulai sejak sekolah dasar. Sejak inilah siswa telah dibekali dengan keterampilan berbahasa yang menjadi satu kesatuan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Kete-rampilan berbahasa yang diterima anak SD meliputi empat aspek yaitu keterampilan menyimak, keterampil-an berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Hal tersebut sesuai pendapat Tarigan (2008:2) yang menyatakan bahwa keterampilan berbahasa dalam kuri-kulum di sekolah biasanya mencakup empat segi, yaitu a) keterampilan menyimak, b) keterampilan berbicara, c) keterampilan membaca, d) kete-rampilan menulis. Keterampilan me-nulis merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran. Rusyana (dalam Susanto, 2013: 247), berpendapat bahwa menulis merupa-kan kemampuan menggunakan pola-pola bahasa dalam penyampaiannya secara tertulis untuk mengungkapkan suatu gagasan/pesan Menulis merupa-kan salah satu materi pembelajaran yang diberikan pada tingkat Sekolah Dasar. Kegiatan menulis salah satunya adalah menulis karangan. Berdasarkan pengamatan dan wawan-cara yang dilakukan peneliti, kegiatan menulis bagi anak SD khususnya di SDN 1 Purwogondo pada siswa kelas IV tahun ajaran 2014/2015 masih mengalami kesulitan dalam menulis karangan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai siswa dari 35 siswa belum semuanya mencapai nilai sesuai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70. Terdapat 14 siswa yang mencapai nilai mencapai kriteria ketuntasan minimal atau sekitar 40%. Berdasarkan data tersebut dapat digali permasalahan yang menyebabkan rendahnya nilai me-nulis siswa kelas IV SDN 1 Purwo-gondo. Permasalahan yang ter-jadi dipengaruhi oleh metode guru dalam mengajar yaitu sering meng-gunakan metode ceramah dalam pembelajaran bahasa Indonesia sehingga pembe-lajaran berpusat pada guru, model pembelajaran yang kurang sesuai, dan tidak adanya penggunaan media secara maksimal yang dapat memu-dahkan dan merangsang siswa untuk mengarang. Guru harus dapat mengajar-kan keterampilan menulis khususnya menulis dengan efisien, efektif, dan menarik yaitu dengan penggunaan model pembelajaran maupun peng-gunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan anak, sehingga dapat merangsang pertum-buhan berpikirnya dan menimbulkan suasana yang lebih menyenangkan dan kegiatan pembelajarannya terpusat pada siswa. Berdasarkan paparan di atas diperlukan adanya model pembelajaran yang inovatif untuk mendukung proses pem-belajaran. Model tersebut salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran dan media pem-belajaran yang dapat digunakan yaitu model concept sentence dengan multimedia. Shoimin (2014: 37) menga-takan bahwa "Model Concept Sen-tence adalah model pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan kartu-kartu yang berisi beberapa kata kunci kepada siswa. Kemudian, kata kunci tersebut disusun menjadi beberapa kalimat dan dikembangkan menjadi paragraf-paragraf.. Langkah-langkah model pem-belajaran Concept Sentence menurut Suprijono (2013: 132) yaitu: a) guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, b) guru menyajikan materi secukupnya, c) guru mem-bentuk kelompok yang anggotanya ±4 orang secara heterogen, d) guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan, e) tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan mini-mal 4 kata kunci setiap kalimat, f) hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleno yang dipandu oleh guru, g) kesimpulan. Uno dan Muhamad (2012: 95), menyatakan bahwa langkah-langkah model pembelajaran Concept Sen-tence adalah sebagai berikut: a) guru menyampaikan tujuan, b) guru menyajikan materi secukupnya, c) guru membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen, d) menyajikan kata "KUNCI" sesuai materi TPK yang disajikan, e) tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan mi-nimal 4 kata kunci setiap kalimat, f) hasil diskusi kelompok, didiskusikan lagi secara pleno dipandu oleh guru, g) kesimpulan. Media pembelajaran di-perlukan supaya kegiatan pembelajar-an lebih menarik dan menjadikan siswa mudah dalam menerima informasi dari guru. Menurut Briggs (dalam Susilana & Riyana, 2007:5) multimedia adalah Alat untuk mem berikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar. Penggunaan model concept sentence dengan multimedia dalam pembelajaran diharapkan dapat mem-bantu daya imajinasi siswa dalam penuangan ide dan gagasannya pada sebuah karangan. Berdasarkan kondisi yang diuraikan di atas maka peneliti merasa perlu mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul "Peng-gunaan Model Concept Sentence dengan Multimedia dalam Pening-katan Keterampilan Menulis Karang-an pada Siswa Kelas IV SDN 1 Purwogondo Tahun Ajaran 2014-/2015". Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu: apakah penggunaan model concept sentence dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014-/2015? Tujuan penelitian ini yaitu: untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan menggunakan mo-del concept sentence dengan multi-media pada siswa kelas IV SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014 /2015. METODE PENELITIAN Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Purwogondo Keca-matan Kebumen Kabupaten Kebu-men. Waktu penelitian dilaksa-nakan pada semester II tahun ajaran 2014-/2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Purwogondo yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa lembar soal evaluasi, sedangkan ins-trumen non tes terdiri dari lembar observasi dan pedoman wawancara. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas dalam menentukan tindakan. Pelaksana tindakan ialah guru kelas IV. Observer dalam penelitian ini yaitu peneliti dan dua orang teman sejawat. Data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa data kua-litatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif berupa nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia tentang menulis karangan. Data kualitatif berupa informasi mengenai pelaksanaan pembelajaran menggunakan model concept sen-tence dengan multimedia yang di-laksanakan oleh guru dan siswa. Uji validitas data meng-gunakan teknik triangulasi berupa triangulasi sumber dan tri
THE APPLICATION OF TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) MODEL WITH AUDIO VISUAL MEDIA IN IMPROVING SOCIAL STUDIES OF THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SDN 4 KUTOSARI IN ACADEMIC YEAR 2014/2015 Ayusari, Desy Dwi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.986 KB)

Abstract

Abstract: The Application of Teams Game Tournament (TGT) Model with Audio Visual Media in Improving Social Studies of The Fifth Grade Students of SDN 4 Kutosari In Academic Year 2014/2015. The objectives of the research are: to improve social studies. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) that was conducted in three cycles. This research use four steps, there are planning, actuating, observation, and reflection. Subject of the research are fifth grade students of SDN 4 Kutosari in academic year of 2014/2015, totalling 40 students. Validity of data uses triangulation technique in the form of triangulation of data sources and data collecting technique. The sources of data in this research were students, fifth grade teacher, document, and peers. Techniques of collecting data are test and non test. The results show that the application of Teams Game Tournament (TGT) model with audio visual media can improve social studies with KKM ? 70 in the first cycle was 33,75%, 57,5% in the second cycle and 85% in the third cycle. Keywords: Teams Game Tournament (TGT), audio visual, social studies Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Disertai Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri 4  Kutosari. Tujuan penelitian yaitu: untuk meningkatan pembelajaran IPS siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dilaksanakan dalam tiga siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2014/2015, berjumlah 40 siswa. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru kelas V, dokumen, dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) disertai media audio visual dapat meningkatkan pembelajaran IPS dengan KKM ? 70 pada siklus I sebesar 33,75%, siklus II 57,5%, dan siklus III 85%. Kata kunci: Teams Game Tournament (TGT), audio visual, pembelajaran IPS 
PENGGUNAAN MEDIA LCD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI TANJUNGSARI TAHUN AJARAN 2012/2013 Handoko, Tri
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tri Handoko. PENGGUNAAN MEDIA LCD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI TANJUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2012. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh informasi tentang: 1) Cara menggunakan media LCD dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Tanjungsari kecamatan Kutowinangun kabupaten Kebumen tahun ajaran 2012/2013, 2) Peningkatan Pembelajaran dengan menggunakan media LCD dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Tanjungsari kecamatan Kutowinangun kabupaten Kebumen tahun ajaran 2012/2013, 3) Kendala dan Solusi penggunaan media LCD dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Tanjungsari kecamatan Kutowinangun kabupaten Kebumen tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus. Sumber penelitian ini berasal dari peneliti, observer dan siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar.Hasil penelitian ini yaitu penggunaan media LCD dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Tanjungsari kecamatan Kutowinangun kabupaten Kebumen tahun ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan  belajar dan hasil belajar siswa dari  prasiklus ke siklus I, siklus I ke siklus II dan siklus II ke siklus III, terbukti pada siklus I dari 29 siswa ada 19 siswa yang tuntas mencapai nilai KKM (70) dan 10 siswa belum tuntas (dibawah KKM (70), siklus II ada 25 siswa sudah tuntas mencapai nilai KKM (70) dan 4 siswa belum tuntas, pada siklus III 27 siswa sudah tuntas mencapai nilai KKM(70) dan ada 2 siswa yang belum tuntas mencapai nilai KKM. Langkah penggunaan media LCD yaitu: a) Instal LCD, b) Pengaturan Kelas, c) Pemilihan Program, d) Penggunaan Program, e) Penyampaian Materi, f) Pengelolaan Pembelajaran, g)  Penggunaan Metode, h) Pembahasan, i) Kegiatan Evaluasi, dan ij Motivasi.Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media LCD dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Tanjungsari kecamatan Kutowinangun kabupaten Kebumen tahun ajaran 2012/2013. Terbukti dengan meningkatnya konsentrasi siswa, keaktifan dan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siklus I sampai siklus III. Saran dalam penggunaan Media LCD yaitu agar lebih sering dipraktikkan dengan persiapan yang baik, memanfaatkan segala kompetensi baik siswa maupun guru. Kata kunci: Media LCD, pembelajaran IPS  ABSTRACT Tri Handoko. MEDIA USE IN ENHANCING THE LEARNING IPS LCD Class V SD STATE OF LESSONS Tanjungsari 2012/2013. Thesis, Surakarta: the Faculty of Education University of Sebelas Maret Surakarta. October 2012. The research objective is to obtain information about: 1) How to use instructional media IPS LCD in the fifth grade elementary school districts Tanjungsari Kutowinangun Kebumen district academic year 2012/2013, 2) Increased learning using learning media IPS LCD in the fifth grade elementary school districts Tanjungsari Kutowinangun Kebumen district academic year 2012/2013, 3) Obstacles and Solutions of media use IPS LCD in teaching fifth grade elementary school districts Tanjungsari Kutowinangun Kebumen district academic year 2012/2013. This study includes classroom action research. The experiment was conducted during three cycles. Source of this study comes from researchers, observers and students. Data collection tool used is observation and achievement test.Results of this research is the use of media in teaching IPS LCD fifth grade elementary school districts Tanjungsari Kutowinangun Kebumen district academic year 2012/2013 can improve learning and student learning outcomes of prasiklus to the first cycle, the first cycle to the second cycle and cycle II to cycle III, proven in the first cycle of 29 students there are 19 students who completed reaching the KKM (70) and 10 students have not completed (under KKM (70), the second cycle there are 25 students have completed reaching the KKM (70) and four students have not been completed, the cycle III 27 students have completed reaching the KKM (70) and there are two students who have not completed reaching the KKM. Step the use of media in teaching IPS LCD, namely: a) Install the LCD, b) Setting Class, c) Selection Program, d) Use of the Program, e) Submission of materials, f) Management of Learning, g) Use of methods, h) Discussion, i) Evaluation Activities and Motivation ij.The conclusions of this study is the use of media in teaching IPS LCD fifth grade elementary school districts Tanjungsari Kutowinangun Kebumen district academic year 2012/2013. Evidenced by the growing concentration of students, the activity and rising average value of first cycle study results until the third cycle. Advice in the use of Media LCD namely that more often practiced with good preparation, utilizing all the competencies both students and teachers. Keywords: Media LCD, IPS learning 
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALENG TAHUN 2014 Setiyowati, Sekar Aris
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.6 KB)

Abstract

Abstract:  The purpose of this study is: (1) to describe the using of Team Assisted Individualization Cooperative Learning models in improvement the Math learning about Geometric shapes; (2) to describe that  the using of Team Assisted Individualization Cooperative Learning models can improving the math learning result about geometric shapes. This research is classroom action research (CAR) . The result show that 1) the using of Team Assisted Individualization Cooperative Learning models can be successful , 2) the using of Team Assisted Individualization Cooperative Learning models can improving the match learning from pre test to cycle 1 until cycle 3.  Key words: Team Assisted Individualization, mathematic studies,the five grade
PENGGUNAAN METODE DISCOVERY DENGAN MEDIA REALIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 1 KEDUNGWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015 kuswati, wiji
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.689 KB)

Abstract

Abstract: The Use of  Discovery Method with Realia Media in Improvement of Science Learning At the Fourth Grade Student of SDN 1 Kedungwinangunin academic year of 2014/2015 . The purpose were describe the improvement of science learning by the use of discovery  method with realia media at the fourth grade student of SDN 1 Kedungwinangun in academic year of 2014/2015. The results show that the use of discovery method with realia media can improve  science learning at the fourth grade students.  The completeness results of studying the pretest was 14,29% of all students, become 39,29% in cycle I, 66,07% in cycle II, and 87,50% in cycle III.  Keywords: discovery method, realia media, sciences learning

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue