cover
Contact Name
Dinar Yuni Awalia Anilam Cahyani
Contact Email
jarsistikesrsbk@gmail.com
Phone
085156896840
Journal Mail Official
jarsistikesrsbk@gmail.com
Editorial Address
Jl. Panjaitan No. 3B, Bangsal, Kec. Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur, 64102, Indonesia
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
JARSI
ISSN : -     EISSN : 28294939     DOI : -
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia (JARSI) diinisiasi oleh Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STIKES RS Baptis Kediri. Sebagai jurnal ilmiah, JARSI memiliki fokus di bidang administrasi dan manajemen pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dan masyarakat. Artikel atau naskah ilmiah yang dimuat dalam JARSI mencakup ranah manajemen pelayanan kesehatan, manajemen mutu, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, keselamatan pasien dan lain-lain, baik berupa penelitian, studi kasus maupun review literatur.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia" : 6 Documents clear
LITERATURE REVIEW ANALISIS KESEHATAN GIZI BALITA DI INDONESIA Rossa, Dwis Gracia; Abimetan, Ferensia Olviana; Kurnia, Erlin
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia
Publisher : STIKES RS Baptis Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan kesehatan tentang gizi balita di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode content analysis dengan melakukan penelusuran 5 ulasan dari literature review secara terintegrasi di berbagai sumber jurnal kesehatan di Indonesia. Hasil literature review menguraikan bahwa kebijakan kesehatan gizi sangat penting bagi balita dan harus diperhatikan untuk para ibu balita, keluarga dan masyarakat yang lainnya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam gizi balita yang harus diketahui dan banyak yang belum mengetahui hal-hal tersebut seperti Asupan karbohidrat gizi balita yang kurang, tidak adanya asupan lemak yang sesuai dengan gizi balita, status pekerjaan orang tua juga sangat mempengaruhi gizi balita, pengetahuan ibu mengenai gizi juga sangat berperan penting dalam pemenuhan gizi balita dan yang terakhir pemberian ASI eksklusif juga merupakan hal terpenting dalam pertumbuhan gizi balita. Kesimpulannya adalah Pemahaman atau pengetahuan ibu tentang status gizi balita sangat berpengaruh besar karena jika ibu dari balita sendiri tidak mengetahui status gizi anaknya maka ibu balita juga tidak mengetahui bagaimana cara untuk meningkatkan gizi dari balita tersebut. Faktor pekerjaan seorang ibu juga berpengaruh terhadap status gizi balita karena disaat ibu balita bekerja maka balita tidak terlalu mendapatkan ASI eksklusif dari si ibu balita, berbeda dengan ibu balita yang tidak bekerja mereka bisa fokus untuk memberikan ASI eksklusif untuk balita. Selanjutnya ada faktor pendapatan keluarga disini juga menjadi faktor yang penting dalam pemenuhan gizi balita karena semakin besar pendapatan keluarga yang di dapat semakin besar pula kesempatan balita untuk mendapatkan pemenuhan gizi balita, namun sebaliknya jika pendapatan keluarga semakin kecil maka untuk pemenuhan gizi balita juga akan terganggu dan tidak bisa untuk dipenuhi secara baik.
LITERATUR REVIEW ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN BPJS DI RUMAH SAKIT Kurniajati, Sandy; Utami, Imelda Lintang; Pujawan, Yesaya Willi
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia
Publisher : STIKES RS Baptis Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mutu pelayanan BPJS di rumah sakit dapat di ukur berdasarkan kepuasan pasien dalam memperoleh layanan kesehatan karena kepuasan pasien terhadap layanan BPJS di rumah sakit masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kepuasan pasien terhadap pelayanan BPJS di rumah sakit. Metode penelitian dengan menggunakan Literatur Review dan populasi Jurnal sebanyak 10 jurnal dengan kata kunci Kepuasan Pelayanan BPJS dan Rumah Sakit. Analsis dengan menggunakan PICO dan hasil penelitian didapatkan bahwa 8 jurnal pasien tidak puas terhadap layanan BPJS di rumah sakit. Kepuasan pasien yang kurang akan berdampak pada mutu pelayanan rumah sakit.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH PROTOKOL KESEHATAN UNTUKMENGATASI PANDEMI COVID-19 Wahyuningsih, Aries; Sakti, Jordan Bima Putra; Natalia, Debora Adinda
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia
Publisher : STIKES RS Baptis Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

World Health Organization (WHO)menyatakan bahwa wabah coronavirus (Covid-19) sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat secara global.Indonesia merupakan salah satu Negara di Asean dengan kasus konfirmasi terjangkit Covid 19 yang tertinggi. Upaya pemerintah indonesia dalam mengendalikan pandemic covid -19 adalah mengeluarkan Kebijakan strategis diantaranya adalah protokol kesehatan dan pembatasan sosial berskala besar dalam bentuk pembatasan aktivitas diluar rumah. Tujuan Penulisan untuk mendeksripsikan secara umum terkait implementasi kebijakan protokol kesehatan untuk menangani pandemi Covid-19.Metode penulisan yang digunakan dalam artikel ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif.Hasil kajian mendapatkan bahwa keberhasilan implementasi kebijakan perlu melibatkan komponen pengambil kebijakan dan peran serta masyarakat dimulai dengan menyusun langkah langkah strategis dengan metode berpikir sistem. Kesimpulan perlunya pemahaman tentang Dasar hukum dan implementasi kebijakan dalam kesatuan pandangan atau persepsi, yang sama.
LITERATUR REVIEW ANALISIS PEMANFAATAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI INDONESIA Yusiana, Maria Anita; Nareswara, Destiar Devina Putri; Sriwedari, Yusita
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia
Publisher : STIKES RS Baptis Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan di Indonesia saat ini telah melewati kesenjangan sosial dengan adanya program Jaminan Kesehatan Nasional. Jaminan Kesehatan Nasional ini membayar fasilitas kesehatan secara prospektif sehingga hal ini dapat mengubah sistem kesehatan di Indonesia. JKN yang efektif dan efisien dapat melindungi masyarakat Indonesia dari biaya kesehatan yang tinggi. Tinjauan ini dapat dilakukan dari berbagai sudut pandang masyarakat pengguna JKN dalam peningkatan derajat kesehatan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui pemanfaatan JKN di Indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan literatur review, Populasi jurnal sebanyak 11 jurnal dan 1 buku Analisis Kebijakan Pelayanan Kesehatan dengan kata kunci Pemanfaatan JKN dan Masyarakat. Dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa pengguna JKN terbanyak berjenis kelamin perempuan (65%), berada pada usia 41-50 tahun (47%), tamat PT (30%), bekerja sebagai Petani dan Mahasiswa (25%) dan juga bahwa peserta JKN memiliki pengetahuan cukup tentang pemanfaatan JKN di Indonesia. Peserta yang memiliki sikap baik terhadap pemanfaatan JKN cenderung untuk sering memanfaatkan pelayanan kesehatan. Demikian pula dengan peserta yang tahu tentang persepsi terhadap JKN cenderung untuk sering memanfaatkan pelayanan kesehatan dan peserta yang menilai baik terhadap JKN cenderung sering memanfaatkan pelayanan kesehatan. kepuasaan masyarakat di Indonesia mengetahui pemanfaatan JKN berdampak pada pelayanan kesehatan khususnya bagi pengguna JKN.
ANALISIS KEBIJAKAN PENANGANAN COVID-19 DI INDONESIA: LITERATUR REVIEW Fitria, Indraningrum; Saragih, Devi Julianti
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia
Publisher : STIKES RS Baptis Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan tentang penanganan Covid-19 di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode content analysis dengan melakukan penelusuran literature review secara terintegrasi dari berbagai sumber jurnal dari tahun 2020 dan 2021. Hasil literature review menguraikan berbagai kebijakan yang telah dibuat dan ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk menangani virus Covid-19. Covid-19 adalah virus mematikan yang sudah menyerang berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Virus ini menjadi perhatian Pemerintah Indonesia untuk membuat berbagai kebijakan agar setiap pemerintah maupun masyarakat terbebas dari Covid-19. Banyak kebijakan yang telah dibuat guna menangani penyebaran virus ini. Dua dampak kebijakan yang timbul yaitu dampak positif dan dampak negatif. Untuk dampak positif tentunya adalah mengurangi jumlah jiwa yang terjangkit Covid-19 sedangkan untuk dampak negatifnya adalah kemerosotan ekonomi masyarakat. Hal ini mendorong pemerintah untuk membuat kebijakan “new normal” yang berarti setiap kegiatan boleh dilakukan dengan tetap menaati protokol kesehatan (prokes).
PROSES PERUMUSAN KEBIJAKAN KESEHATAN: PERUMUSAN MASALAH, FORMULASI, IMPLEMENTASI, MONITORING, DAN EVALUASI: LITERATURE REVIEW Sibarani, Elisabeth Fransiska; Purnama, Nathasya Putri; Manesanulu, Reonal Steven
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia
Publisher : STIKES RS Baptis Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis proses perumusan kebijakan kesehatan. Metode yang digunakan adalah literature review dari berbagai sumber, baik dalam bentuk jurnal maupun e-book dari tahun 2011 sampai 2021, tingkat nasional maupun internasional. Kebijakan kesehatan adalah suatu rangkaian konsep, asas, ketentuan pokok, dan keputusan yang diambil oleh seseorang atau sekelompok pelaku politik yang menjadi pedoman dan dasar pelaksanaan kegiatan untuk mencapai keadaan seimbang yang dinamis antara fisik, mental, sosial, maupun spiritual yang diindikasikan tidak adanya keluhan ataupun tidak terdapat tanda-tanda penyakit atau kelainan agar masyarakat dapat hidup produktif baik secara sosial maupun ekonomi.Para ahli membagi proses kebijakan dalam beberapa tahap agar mudah mengkaji kebijakan yang dibuat. Kebijakan kesehatan yaitu tujuan dan sasaran, sebagai instrumen, proses, dan gaya dari suatu keputusan oleh pengambil keputusan,termasuk implementasi, serta penilaian (Lee, Buse,& Fustukian, 2002). Tujuan dari kebijakan kesehatan adalah untuk menyediakan pola pencegahan, pelayanan yang terfokus pada pemeliharaan kesehatan, pengobatan penyakit, dan perlindungan terhadap kaum rentan (Gormley, 1999). Kebijakan kesehatan mencakup antara lain, kebijakan pembiayaan, kebijakan rumah sakit, kebijakan jaminan kesehatan, kebijakan ibu dan anak, dan kebijakan desentralisasi kesehatan. Namun dapat disimpulkan secara umum tahapan-tahapan proses pembuatan kebijakan kesehatan antara lain adalah perumusan masalah, formulasi kebijakan, implementasi kebijakan, monitoring kebijakan, dan evaluasi kebijakan. Dalam pembuatan kebijakan kesehatan, disarankan melakukan pembuatan kebijakan sesuai dengan proses yang ada, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 6