cover
Contact Name
Dinar Yuni Awalia Anilam Cahyani
Contact Email
jarsistikesrsbk@gmail.com
Phone
085156896840
Journal Mail Official
jarsistikesrsbk@gmail.com
Editorial Address
Jl. Panjaitan No. 3B, Bangsal, Kec. Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur, 64102, Indonesia
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
JARSI
ISSN : -     EISSN : 28294939     DOI : -
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia (JARSI) diinisiasi oleh Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STIKES RS Baptis Kediri. Sebagai jurnal ilmiah, JARSI memiliki fokus di bidang administrasi dan manajemen pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dan masyarakat. Artikel atau naskah ilmiah yang dimuat dalam JARSI mencakup ranah manajemen pelayanan kesehatan, manajemen mutu, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, keselamatan pasien dan lain-lain, baik berupa penelitian, studi kasus maupun review literatur.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia" : 5 Documents clear
LITERATURE REVIEW: PENGELOLAAN LIMBAH CAIR DALAM PENCEGAHAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI RUMAH SAKIT Kurniajati, Sandy; Purnama, Nathasya Putri; Yulianto, Wahyu
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia
Publisher : STIKES RS Baptis Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumah sakit selain sebagai fasilitas pelayann kesehatan juga sebagai media penularan penyakit bagi pasien, karyawan, pengunjung, dan masyarakat sekitar rumah sakit. Aktivitas yang banyak di rumah sakit berpotensi meningkatkan pencemaran lingkungan karena setiap aktivitas menghasilkan limbah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengelolaan limbah cair dalam pencegahan pencemaran lingkungan di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (literature review). Populasi sebanyak 5 (lima) jurnal dan jurnal yang dipublikasi dibatasi 10 (sepuluh) tahun terakhir. Analisis yang digunakan dengan PICO. Hasil penelitian ini adalah limbah cair yang dihasilkan oleh rumah sakit meliputi air limbah yang berasal dari kantin dan dapur gizi, air limbah yang berasal dari ruang rawat inap, air limbah yang berasal dari ruang operasi/bedah sentral, air limbah yang berasal dari ruang isolasi, air limbah yang berasal dari ruang rawat jalan/poliklinik, air limbah yang berasal dari ruang farmasi, air limbah yang berasal dari ruang kebidanan, dan air limbah yang berasal dari laboratorium. Semua air limbah tersebut dialirkan menuju IPAL, kecuali air limbah yang berasal dari dapur gizi, laundry, dan laboratorium, karena harus dilakukan treatment khusus sebelum menuju IPA. 3 jurnal pengolahan limbah cair di rumah sakit di Solok selatan, Jember, Sumatera Barat telah memenuhi standar yang ditetapkan, dan 2 jurnal dari pengolahan limbah di rumah sakit Bangkalan, dan Lampung belum memenuhi standar yang ditetapkan. Disimpulkan pengolahan limbah cair di rumah sakit masih ada yang tidak memenuhi baku mutu limbah cair rumah sakit, sehingga pengawasan dan monitoring oleh pemerintah perlu ditingkatkan.
LITERATURE REVIEW : HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERSONAL HYGIENE PENJAMAH MAKANAN DI INSTALASI GIZI Yusiana, Maria Anita; Abimetan, Ferensia Olviana; Kurniajati, Sandy
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia
Publisher : STIKES RS Baptis Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Personal higiene adalah upaya mencapai kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi seseorang atau individu untuk mewujudkan higiene pada makanan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap personal higiene petugas penjamah makanan dan mengetahui tingkat higiene pada Instalasi Gizi di setiap rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode Literature Review dengan menggunakan 5 jurnal dan responden petugas penjamah makanan di Instalasi Gizi pada masing-masing jurnal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa 50% petugas penjamah makanan memiliki pengetahuan yang baik dan 50% masih memiliki pengetahuan yang kurang tentang higiene makanan, serta sikap petugas penjamah makanan 60% memiliki sikap negatif dan 40% memiliki sikap positif. Sikap negatif ditimbulkan karena mencicipi makanan menggunakan tangan secara langsung(tanpa alat) dan kesehatan diri yang kurang karena tidak mendapatkan cuti ketika sakit batuk, flu dan diare. Sikap positif tenaga penjamah selalu mencuci tangan menggunakan sabun ketika keluar dari kamar kecil atau wc dan memakai celemek untuk melindungi diri dari kotoran. Disimpulkan Bahwa Masih di temukan sebagai petugas instalasi gizi rumah sakit memiliki pengetahuan dan sikap yang kurang dalam personal hygine dalam menjamah makanan. Petugas penjamah makanan seharus nya memperhatikan kebersihan dan kesehatan diri agar higiene makanan dapat terlaksana dengan baik.
PENGGUNAAN SISTEM RUJUKAN ONLINE BAGI PESERTA BPJS KESEHATAN DI WILAYAH KOTA KEDIRI Kurnia, Erlin
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia
Publisher : STIKES RS Baptis Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. Peserta BPJS harus mendapatkan rujukan terlebih dahulu jika ingin mendapatkan pelayanan di rumah sakit yang dituju. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan penggunaan sistem rujukan online bagi peserta BPJS Kesehatan di wilayah kota Kediri. Desain penelitian yang digunakan adalah Deskriptif. Populasi penelitian ini adalah peserta BPJS Kesehatan di wilayah kota Kediri sebanyak 160 orang. Variabel penelitian adalah sistem rujukan online BPJS Kesehatan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar masyarakat kota Kediri tidak menggunakan sistem rujukan online karena tidak dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut yaitu sebanyak 106 responden (66,25%). Responden yang menggunakan sistem rujukan online sudah merasa puas (79,63%) dan paham (85,19%) dengan sistem rujukan online BPJS Kesehatan.
ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN KLAIM BPJS DI RUMAH SAKIT Kurnia, Erlin; Utami, Imelda Lintang; Sabatina, Sindy
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia
Publisher : STIKES RS Baptis Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan klaim BPJS dalam penyerahan berkas klaim pasien rawat inap yang mengalami keterlambatan yang jauh dari tanggal yang sudah ditetapkan sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi rumah sakit. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penyebab keterlambatan klaim rawat inap di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan literature review terhadap 5 jurnal. Jumlah populasi penelitian 5 jurnal dengan google scholar dengan reputasi jurnal sinta 2-5. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa penyebab keterlambatan klaim BPJS adalah dari faktor man, method, material, machine. Kurangnya SDM klaim BPJS yang membuat sebagian petugas menjalankan tugas ganda, serta tidak adanya SOP tentang kelengkapan berkas, sehingga berkas klaim menjadi tidak lengkap dan fasilitas yang kurang mendukung seperti SIM RS dan komputer sehingga penyerahan berkas mengalami keterlambatan. Pelaksanaan klaim BPJS yang terlambat menimbulkan kerugian bagi rumah sakit.
IDENTIFIKASI ALUR PENANGANAN KOMPLAIN PASIEN DI RSUD SIMPANG LIMA GUMUL KEDIRI Wahyuningsih, Aries; Utami, Imelda Lintang
Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia
Publisher : STIKES RS Baptis Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penilaian dan penanganan keluhan pasien memiliki peran penting dalam menjamin dan meningkatkan mutu layanan serta kepuasan pasien di rumah sakit. Penilaian keluhan penting dilakukan untuk menentukan prioritas penanganan komplain pasien serta menentukan prioritas masalah yang ditangani terlebih dahulu. Fenomena yang terjadi penilaian ini seringkali bersifat subjektif dan dapat berbeda antara individu yang berbeda di rumah sakit yang sama. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi alur penanganan komplain pasien di RSUD Simpang Lima Gumul Kediri. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian didapatkan bahwa alur penanganan komplain telah dilakukan sesuai prosedur yang berlaku. Keberhasilan dalam pelaksanaan penanganan keluhan perlu adalah perlunya peran pemangku kebijakan dalam pengambil keputusan serta manajemen pelayanan pasien dalam menilai dan menyusun langkah-langkah menangani keluhan. Kesimpulan perlunya pemahaman tentang penilaian keluhan dan implementasi penilaian keluhan dalam kesatuan pandangan yang sama.

Page 1 of 1 | Total Record : 5