cover
Contact Name
indah mayang purnama
Contact Email
himpunan.jim@gmail.com
Phone
(021) 7818718
Journal Mail Official
himpunan.jim@gmail.com
Editorial Address
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Jakarta, 12530, Indonesia. | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, Daerah Khusus Jakarta, 13760, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN : 27982750     EISSN : 27975711     DOI : -
Core Subject : Education,
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika received articles on studies (but not limited) of: 1. Quantitative, Qualitative Research, and Meta-analysis on Mathematics Education; 2. Methods and Model on Learning of Mathematics; 3. Applied Mathematics on Economics and Sciences; 4. Developing of Media, Technology and Learning Design; 5. Etnomathematics.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika" : 10 Documents clear
Pembelajaran berbasis proyek pada pelajaran Matematika Sekolah Dasar Awab, Zet Al; Kosim, Nanang; Putri, Melati Nurzakiah
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui (1) definisi Project Based Learning; (2) karakteristik Project Based Learning; (3) langkah-langkah Project Based Learning; (4) kelebihan dan kekurangan Project Based Learning. Atas dasar permasalahan tersebut maka penulis mengambil judul penulisan. Penulisan ini ditujukan pada siswa tingkat sekolah dasar, dimana karakteristik siswa sekolah dasar pada umumnya sangat aktif dan senang bermain, sehingga guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar. Terlebih lagi dalam pelajaran Matematika dimana biasanya dalam benak siswa hanya fokus berhitung dan menghafal rumus-rumus. Dari hasil kajian pustaka ini diketahui bahwa model Project Based Learning dapat menjadi solusi pembelajaran siswa sehingga proses pembelajaran menjadi lebih aktif, kreatif, dan inovatif, serta siswa bisa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika Siswondo, Rinto; Agustina, Lasia
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pemilihan suatu strategi pembelajaran dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi, sumber belajar, kebutuhan, dan karakteristik siswa yang dihadapi. Strategi yang digunakan oleh guru sangat berpengaruh kepada hasil belajar siswa, contohnya pada mata pelajaran matematika, guru mata pelajaran matematika menggunakan strategi pembelajaran ekspositori yang mana menyampaikan materi pelajaran secara verbal, artinya bertutur secara lisan merupakan alat utama dalam melakukan strategi ini dengan maksud agar peserta didik dapat menguasai materi pembelajaran secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kepustakaan, data diperoleh dari berbagai sumber referensi tertulis, baik dari jurnal maupun artikel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami strategi pembelajaran ekspositori, dengan memahami strategi pembelajaran ekspositori diharapkan pendidik dapat menerapkan keunggulan dan menghindari kelemahan yang ada. 
Penerapan role playing pada pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Imanizar, Lulu; Manalu, Sopia; Napitupulu, Nadia Lisbeth
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui (1) Definisi role playing (2) Tujuan model pembelajaran role playing (3) Peran dan cara menerapkan model role playing pada siswa sekolah dasar (4) Kelebihan dan kekurangan model role playing. Model role playing cukup baik dalam melatih dan meningkatkan kreatifitas serta pemahaman materi atau konsep matematika pada peserta didik. Terutama pada siswa tingkat sekolah dasar, yang pada usia tersebut mereka masih memerlukan pemahaman karena belum dapat berfikir secara abstrak. Maka dengan metode yang menekankan pemahaman konsep akan memudahkan siswa dalam mempelajari matematika. Pada setiap pembelajaran diusahakan lebih ditekankan pada pemahaman konsep agar siswa  memiliki bekal dasar yang baik untuk mencapai kemampuan dasar yang lain seperti penalaran, komunikasi, koneksi dan pemecahan masalah.
Pengembangan alat peraga "BACALA" (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) untuk pembelajaran Matematika tingkat Sekolah Dasar Sari, Anggraini Puspita; Jamaludin, Jamaludin; Hakim, Arif Rahman
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan alat peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin). Penelitian pengembangan ini bertempat di SDIT Nadwatul Ummah yang berlokasi di Jalan Waru Jaya Raya RT. 02 RW. 22 Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya,Depok, Jawa Barat. Penelitian jenis research and development ini menggunakan model ADDIE melalui tahapan Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) berhasil dikembangkan dengan baik. Kemudian, berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa yang dilakukan di tempat penelitian, belajar matematika menggunakan alat peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) lebih membangkitkan minat siswa dalam belajar. Simpulannya adalah alat peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) ini dapat memfasilitasi guru dan orangtua untuk kegiatan belajar matematika siswa, baik di sekolah ataupun di rumah.
Pemanfaatan statistika deskriptif sederhana untuk menganalisis respons siswa terhadap pembelajaran jarak jauh darurat covid 19 Annisa, Annisa; Triwardana, Galuh; Agustien, Iin; Amelia, Puspita Ayu; Putri, Shinta Millenia; Anjani, Tita; Nusantari, Diah Oga
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pendapat siswa terhadap proses pembelajaran online dimasa pandemi Covid-19 yang telah diselenggarakan selama beberapa waktu terakhir. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta dan Sekitarnya. Sejumlah pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran   jarak jauh dibuatkan dengan menggunakan google form dan disebarkan melalui beberapa media social. Dari 100 siswa perrtama yang merespon, hasil pengumpulan pendapat secara Statistika disederhanakan dan disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemudahan mengakses internet belum menjamin bahwa siswa mampu menangkap/menyerap semua materi dari guru. Ketika diminta untuk menyatakan dalam bentuk persentase 11% siswa menyatakan tidak mengerti materi yang diajarkan secara daring, 35% siswa menyatakan mengerti materi sekitar 26%- 50%, 44% menyatakan mengerti materi  sekitar 51%-75%, dan 10% menyatakan bisa menangkap materi mendekati 100%  (antara 76%-100%). Melalui penelitian ini siswa mengharapakan agar dalam pembelajaran secara daring ini guru dapat menyiapkan video sebagai penjelasan materi sebelum memberikan tugas-tugas dan latihan.
Pengembangan alat peraga "COTIK" (Corong Statistik) untuk pembelajaran materi statistik di kelas IV tingkat Sekolah Dasar Zulaekhoh, Dewi; Tifany, Cindy; Destari, Innayah Tri; Kurniasih, Yuni
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi matematika statistika yang berbentuk corong. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SDN 02 Pabuaran Depok. Dan penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model ADDIE seperti berikut : Analisis yaitu menganalisa kebutuhan, Perancangan yaitu meyusun story bord, Pengembangan yaitu mengumpulkan materi dan mengembangkan produk serta revisi prosuk, Implementasi yaitu pengujian di SD kelas 4, dan tahap akhirnya Evaluasi yaitu melakukan angket untuk menguji kelayakan. Hasil dari penelitian ini dengan wawancara ke guru dan siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran Cotik dapat memberi daya tarik siswa untuk belajar sehingga membantu guru untuk menciptakan pembelajaran inovasi dan menyenangkan.
Komunikasi matematis dalam pembelajaran Matematika SMP Fitriani, Dina; Latifah, Nunu Airina
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji lebih lanjut tentang komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Komunikasi matematis adalah salah satu kemampuan dasar yang dimiliki oleh siswa. Komunikasi matematis sangat penting digunakan saat pembelajaran matematika. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dapat menggunakan indikator, model, dan pendekatan yang sesuai dengan pembelajaran matematika di kelas. Kemampuan komunikasi matematis memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis dapat membuat siswa mudah berkomunikasi kepada orang lain dan memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika.
Metakompetensi dalam Matematika Sekolah Menengah Kejuruan Ghifari, Muiz; Purnama, Indah Mayang
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 34 Tahun 2018 bahwa tujuan dari standar kompetensi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) : (1) menguasai ilmu pengetahuan teknologi dan seni serta memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan pembangunan; dan (2) berkontribusi dalam pengembangan industri Indonesia yang kompetitif menghadapi pasar global. Hal ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja untuk mengembangkan IPTEK, untuk keperluan penelitian dan untuk mendukung kemajuan industri. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan kerangka teoritis tentang metakompetensi, kemudian mengukur metakompetensi dalam matematika dan Pengembangan metakompetensi pada matematika di Sekolah Menengah Kejuruan. Hasil Kajian mendapati bahwa, metakompetensi merupakan sebagai kemampuan universal untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan mengaktualisasikan diri. Terdapat empat pengukuran dalam metakompetensi, (1) grounded theory, (2) kuesionar, dan (3) wawancara. Metakompetensi dapat dikembangkan menjadi strategi dan teknik pengajaran dalam bidang matematika.
Analisis kompetensi pedagogical content knowledge mahasiswa calon guru Matematika Irawan, Yosie; Purnamasari, Inah; Asfifah, Refi Meilina; Karami, Yasid; Alfiah, Siti
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Pedagogical Content Knowledge mahasiswa calon guru matematika di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Subjek penelitian dalam penelitian ini dipilih dari mahasiswa program studi pendidikan matematika non reguler semester 7. Setelah pengelompokkan sesuai kategori dipilih tiga orang subjek penelitian. Subjek penelitian dengan kategori IPK≥3,5 dan memiliki pengalaman mengajar memiliki kemampuan Content Knowledge yang cukup baik. Sementara subjek penelitian dengan kategori IPK≥3,5 namun belum memiliki pengalaman mengajar memiliki kemampuan Content Knowledge yang baik. Subjek penelitian dengan kategori IPK<3,5 dan memiliki pengalaman mengajar memiliki kemampuan Content Knowledge yang sangat baik. kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) ketiga subjek penelitian pada komponen mengajar mampu memahami Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), strategi pembelajaran, media pembelajaran serta mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengajaran. Ketiga subjek penelitian memiliki pemahaman yang baik mengenai perbedaan karakteristik siswa, bagaimana menggali potensi yang dimiliki siswa serta memberikan alternatif solusi apabila ada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran.
Analisis hambatan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran Matematika SMK Yusuf, Fahmi; Prasetyo, Septian; Amnah, Amnah
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan penggunaan TIK dalam pembelajaran matematika di SMK Nusantara 2 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengambilan data melalui pengamatan dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mendeskripsikan secara kualitatif hasil dari kegiatan observasi dan hasil dari kegiatan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ketersediaan TIK di SMK Nusantara 2 Jakarta sudah memadai dan dalam kondisi baik, (2) Kategori literasi TIK siswa dan guru matematika di SMK Nusantara 2 Jakarta tergolong baik, dan (3) Hambatan penggunaan TIK dalam pembelajaran Matematika adalah alokasi penggunaan TIK dalam pembelajaran Matematika rendah, serta persepsi guru Matematika tentang integrasi TIK dalam pembelajaran Matematika masil belum tepat atau salah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa literasi TIK yang baik pada siswa dan guru tidak dimanfaatkan dengan baik dalam pembelajaran Matematika.

Page 1 of 1 | Total Record : 10