cover
Contact Name
Totok Yulianto
Contact Email
reaktipjurnal@unhasy.ac.id
Phone
+6282145294455
Journal Mail Official
reaktipjurnal@unhasy.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang Jl. Irian Jaya No.55, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : 2798592X     DOI : https://doi.org/10.33752/reaktip
Core Subject : Engineering,
The focus of articles that can be published is related to the REAKTIP. These are the details: Structural Engineering Construction Management Transportation Engineering Geotechnical Engineering Water Resources Engineering Mathematics and Information Technology
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 01 (2025): Edisi Januari 2025" : 13 Documents clear
Analisis Penentuan Standar Dimensi dan Harga Perkiraan Sendiri Saluran Precast di Jalan Empu Nala Kota Mojokerto
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 5 No 01 (2025): Edisi Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/reaktip.v5i01.4696

Abstract

Beton precast merupakan elemenhatau komponen beton tanpa atau dengan cetakan tulangan sebelum dirakit menjadi sebuah bangunan. Perkembangan teknologi beton precast di konstruksi jembatan ini berkembang cukup pesat di dunia, termasukhdi Indonesiahdalam satuhdekade terakhir. Karena konstruksi precast pada jembatan memberikan banyak keuntungan dibandingkan konstruksi konvensional. Keuntungan dari ini sistem precast adalah konstruksi yang dilakukan tidak terpengaruh oleh cuaca, tenaga manusia yang efisien, kualitas yang baik dan dipertahankan, produksi massal, mempersingkat durasi kerja, menghemat jumlah sumber daya material. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis dan tipe ukuran saluran precast untuk saluran yang digunakan pada proyek jalan raya di Jalan Empu Nala Kota Mojokerto serta besar Harga Perkiraan Sendiri dari masing-masing tipe saluran precast. Metode yang digunakan adalah analisis struktur dan penentuan harga perkiraan sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis saluran precast yang digunakan pada proyek jalan raya di Jalan Empu Nala Kota Mojokerto adalah u- ditch beserta cover dengan ukuran 600 x 800 x 1200. Berdasarkan data yang telah didapatkan diperoleh bahwa HPS saluran precast jenis u-ditch dan cover dengan ukuran 600 x 800 x 1200 adalah Rp 1.026.791 per unit sudah termasuk profit 10%.
A STUDI REHABILITASI DAN PEMELIHARAAN JALAN DAMPAK PERALIHAN ARUS LALU LINTAS RUAS JALAN KABUH-TAPEN
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 5 No 01 (2025): Edisi Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/reaktip.v5i01.8675

Abstract

Kerusakan-yang terjadi pada ruas-jalan-Kabuh---Tapen wilayah jombang dampak dari peralihan arus lalu lintas dikarenakan adanya pembangunan jembatan penghubung antara jombang dan lamongan sehingga akses jalan tersebut jadi terhambat. Hal tersebut membutuhkan alternatif lain untuk mengurangi kemacetan dengan mengalihkan arus lalu lintas. Kerusakan terjadi akibat beban kendaraan yang melewati ruas jalan Kabuh – tapen melebihi kapasitas jalan Maka dari itu harus di lakukan rehabilitasi dan pemeliharaan secara memadahi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kondisi kerusakan yang terjadi dengan menggunakan metode Road Condition Index (RCI), serta menentukan anggaran biaya yang diperlukan untuk rehabilitasi dan pemeliharaan jalan. Hasil penelitian ini didapat persentase nilai kerusakan terhadap permukaan jalan berpenutup aspal didapat nilai 35%, dan Prosentase Batasan terhadap luas lapis perkerasan  yang mengalami Rusak Berat  dengan syarat harus lebih dari 15%. Dengan besaran nilai RCI 3.6 pada STA 7+800 s/d 8+200 dan STA 8+900 s/d 9+234 mengalami rusak ringan (RR), sedangkan pada STA 8+200 s/d 8+900 mengalami rusak berat. Program penanganan pada ruas jalan tersebut dengan melakukan Rekontruksi / Peningkatan struktur jalan secara menyeluruh. Rencana anggaran biaya untuk rehabilitasi dan pemeliharaan jalan tersebut membutuhkan biaya sebesar Rp. 709.974.000.00.
EVALUASI PENJADWALAN PEKERJAAN TERHADAP BIAYA DENGAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG MTS YPI AL HIDAYAH SUMOBITO JOMBANG
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 5 No 01 (2025): Edisi Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/reaktip.v5i01.8759

Abstract

Proyek ini merupakan suatu aktivitas yang dikerjakan dalam periode waktu yang telah ditentukan dengan penggunaan sumber daya yang terbatas, serta bertujuan untuk mencapai standar kualitas yang telah ditentukan. Secara umum, pelaksanaan proyek konstruksi memiliki jadwal waktu yang harus diikuti, oleh karena itu proyek harus diselesaikan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Namun, keterlambatan dalam pelaksanaan proyek serta peningkatan biaya sering kali terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi optimalisasi waktu dan biaya dalam pelaksanaan proyek. Metode crashing program digunakan sebagai pendekatan analisis untuk menghitung percepatan waktu pelaksanaan serta perubahan biaya proyek melalui alternatif penambahan jam kerja. Hasil penelitian pada proyek pembangunan gedung MTs YPI Al Hidayah menunjukkan bahwa alternatif yang paling efisien dalam aspek waktu dan biaya diperoleh berdasarkan hasil estimasi sebesar 2,32% dari total biaya proyek normal, yaitu dari Rp. 320.000.000,00 menjadi Rp. 312.574.592,57. Alternatif 1, yaitu dengan menambahkan 1 jam kerja lembur, terbukti lebih efisien dalam penghematan biaya dengan selisih sebesar Rp. 7.425.407,43. Selain itu, durasi penyelesaian proyek diperkirakan menjadi 76 hari, yang berarti 8 hari lebih cepat dibandingkan durasi normal proyek selama 84 hari.
Evaluasi, Kinerja, Progress, Met EVALUASI KINERJA MENGGUNAKAN EARNED VALUE METHOD
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 5 No 01 (2025): Edisi Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/reaktip.v5i01.9872

Abstract

Pentingnya evaluasi progres proyek secara berkala tidak dapat diabaikan, karena hal ini memastikan pelaksanaan proyek tetap sesuai rencana yaitu mencapai target biaya serta waktu yang telah direncanakan. Penelitian dengan metode Nilai Hasil (Earned Value Method) menggunakan data / variabel BCWP, BCWS, dan ACWP untuk menganalisis varian dan performa. Tinjauan pada akhir minggu ke-19 di dapatkan hasil dari Schedule Varians nol (0) dan Schedule Performance Index 1.00 bahwa proyek tidak ada keterlambatan dan menunjukkan kinerja waktu yang baik, Namun, dihasilkan Cost Varians -14.513.078 dan Cost Performance Index 0.990, yang menunjukkan pengeluaran melebihi rencana, menghasilkan over budget sebesar Rp.14.513.078. Meskipun pekerjaan berhasil diselesaikan tepat waktu. aspek biaya memerlukan perhatian lebih. Tinjauan kinerja secara keseluruhan, mendapatkan hasil korelasi indeks kinerja waktu sebesar 0.787 dan indeks kinerja biaya sebesar 0.772 mengindikasikan bahwa perlu adanya strategi perbaikan untuk mengatasi keterlambatan waktu dan kerugian biaya yang muncul di setiap minggunya.
ANALISIS OPTIMASI WAKTU DAN BIAYA PADA PROYEK REHABILITASI SARANA DAN PRASARANA GEDUNG SEKOLAH DENGAN METODE TIME COST TRADE OFF
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 5 No 01 (2025): Edisi Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/reaktip.v5i01.9875

Abstract

Completion of delays in the implementation of field control requires alternative analysis to get the results of accelerated time that has an impact on minimum costs. This study uses the Time Cost Trade Off (TCTO) method which aims to determine the optimization of time and cost in the rehabilitation project of facilities and infrastructure for the Mojoduwur 1 Jombang Elementary School building. This method is applied by evaluating various acceleration alternatives, one of which is through the addition of time and labor on critical path activities. The results of the analysis show that the most optimal acceleration alternative is the application of 3-shift working time which is able to accelerate the project duration for 51 days or 69 days of acceleration from 120 days of normal duration. The total cost savings reached Rp25,915,887 or Rp545,155,547 from the normal cost of Rp571,071,434, thus obtaining a time efficiency of 42.5% and a cost efficiency of 4.54%. The TCTO approach with the implementation of shift work can improve the time and cost efficiency of this project.
ALUR INSPEKSI QUALITY CONTROL DALAM FABRIKASI BAJA
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 5 No 01 (2025): Edisi Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/reaktip.v5i01.9878

Abstract

Proses fabrikasi baja merupakan tahapan penting dalam industri konstruksi sehingga memerlukan pengawasan dalam proses produksi untuk menghasilkan kualitas produk yang baik. Setiap tahap, mulai dari penerimaan material hingga pengiriman produk akhir, harus melalui serangkaian inspeksi untuk memastikan kesesuaian terhadap standar teknis dan spesifikasi proyek. Tujuan penelitian ini adalah memahami dan menerapkan proses inspeksi dalam proyek konstruksi, serta mengidentifikasi langkah-langkah penting dalam diagram alir inspeksi yang digunakan untuk memastikan kualitas produk dan kepatuhan terhadap standar yang ditetapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan dan observasi yang dilakukan di PT. Pamitra Jaya Konstruksi selama tiga bulan, dari 2 September hingga 25 November 2024. Prosedur inspeksi mencakup pemeriksaan material awal, pemotongan (pre-cut), perakitan, pengelasan, pengujian non-destruktif (NDT), penyelesaian akhir, hingga perlakuan permukaan seperti pengecatan atau galvanisasi. Laporan inspeksi disusun di setiap tahapan untuk mendokumentasikan hasil pemeriksaan dan menjamin proses pelaksanaan dan kualitas material. Hasil inspeksi menunjukkan bahwa penerapan diagram alir inspeksi efektif dalam meningkatkan akuntabilitas dan efisiensi operasional.
Analisis Penentuan Standar Dimensi dan Harga Perkiraan Sendiri Saluran Precast di Jalan Empu Nala Kota Mojokerto Mufidah, Nurul; Titin; Meriana; Rahma
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 5 No 01 (2025): Edisi Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/reaktip.v5i01.4696

Abstract

Beton precast merupakan elemenhatau komponen beton tanpa atau dengan cetakan tulangan sebelum dirakit menjadi sebuah bangunan. Perkembangan teknologi beton precast di konstruksi jembatan ini berkembang cukup pesat di dunia, termasukhdi Indonesiahdalam satuhdekade terakhir. Karena konstruksi precast pada jembatan memberikan banyak keuntungan dibandingkan konstruksi konvensional. Keuntungan dari ini sistem precast adalah konstruksi yang dilakukan tidak terpengaruh oleh cuaca, tenaga manusia yang efisien, kualitas yang baik dan dipertahankan, produksi massal, mempersingkat durasi kerja, menghemat jumlah sumber daya material. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis dan tipe ukuran saluran precast untuk saluran yang digunakan pada proyek jalan raya di Jalan Empu Nala Kota Mojokerto serta besar Harga Perkiraan Sendiri dari masing-masing tipe saluran precast. Metode yang digunakan adalah analisis struktur dan penentuan harga perkiraan sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis saluran precast yang digunakan pada proyek jalan raya di Jalan Empu Nala Kota Mojokerto adalah u- ditch beserta cover dengan ukuran 600 x 800 x 1200. Berdasarkan data yang telah didapatkan diperoleh bahwa HPS saluran precast jenis u-ditch dan cover dengan ukuran 600 x 800 x 1200 adalah Rp 1.026.791 per unit sudah termasuk profit 10%.
A STUDI REHABILITASI DAN PEMELIHARAAN JALAN DAMPAK PERALIHAN ARUS LALU LINTAS RUAS JALAN KABUH-TAPEN sapta, sapta aditya anggara; Totok; Rahma; Titin; Meriana
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 5 No 01 (2025): Edisi Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/reaktip.v5i01.8675

Abstract

Kerusakan-yang terjadi pada ruas-jalan-Kabuh---Tapen wilayah jombang dampak dari peralihan arus lalu lintas dikarenakan adanya pembangunan jembatan penghubung antara jombang dan lamongan sehingga akses jalan tersebut jadi terhambat. Hal tersebut membutuhkan alternatif lain untuk mengurangi kemacetan dengan mengalihkan arus lalu lintas. Kerusakan terjadi akibat beban kendaraan yang melewati ruas jalan Kabuh – tapen melebihi kapasitas jalan Maka dari itu harus di lakukan rehabilitasi dan pemeliharaan secara memadahi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kondisi kerusakan yang terjadi dengan menggunakan metode Road Condition Index (RCI), serta menentukan anggaran biaya yang diperlukan untuk rehabilitasi dan pemeliharaan jalan. Hasil penelitian ini didapat persentase nilai kerusakan terhadap permukaan jalan berpenutup aspal didapat nilai 35%, dan Prosentase Batasan terhadap luas lapis perkerasan  yang mengalami Rusak Berat  dengan syarat harus lebih dari 15%. Dengan besaran nilai RCI 3.6 pada STA 7+800 s/d 8+200 dan STA 8+900 s/d 9+234 mengalami rusak ringan (RR), sedangkan pada STA 8+200 s/d 8+900 mengalami rusak berat. Program penanganan pada ruas jalan tersebut dengan melakukan Rekontruksi / Peningkatan struktur jalan secara menyeluruh. Rencana anggaran biaya untuk rehabilitasi dan pemeliharaan jalan tersebut membutuhkan biaya sebesar Rp. 709.974.000.00.
EVALUASI PENJADWALAN PEKERJAAN TERHADAP BIAYA DENGAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG MTS YPI AL HIDAYAH SUMOBITO JOMBANG Maulana, Irfan Robby; Totok; Meriana; Titin
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 5 No 01 (2025): Edisi Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/reaktip.v5i01.8759

Abstract

Proyek ini merupakan suatu aktivitas yang dikerjakan dalam periode waktu yang telah ditentukan dengan penggunaan sumber daya yang terbatas, serta bertujuan untuk mencapai standar kualitas yang telah ditentukan. Secara umum, pelaksanaan proyek konstruksi memiliki jadwal waktu yang harus diikuti, oleh karena itu proyek harus diselesaikan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Namun, keterlambatan dalam pelaksanaan proyek serta peningkatan biaya sering kali terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi optimalisasi waktu dan biaya dalam pelaksanaan proyek. Metode crashing program digunakan sebagai pendekatan analisis untuk menghitung percepatan waktu pelaksanaan serta perubahan biaya proyek melalui alternatif penambahan jam kerja. Hasil penelitian pada proyek pembangunan gedung MTs YPI Al Hidayah menunjukkan bahwa alternatif yang paling efisien dalam aspek waktu dan biaya diperoleh berdasarkan hasil estimasi sebesar 2,32% dari total biaya proyek normal, yaitu dari Rp. 320.000.000,00 menjadi Rp. 312.574.592,57. Alternatif 1, yaitu dengan menambahkan 1 jam kerja lembur, terbukti lebih efisien dalam penghematan biaya dengan selisih sebesar Rp. 7.425.407,43. Selain itu, durasi penyelesaian proyek diperkirakan menjadi 76 hari, yang berarti 8 hari lebih cepat dibandingkan durasi normal proyek selama 84 hari.
Evaluasi, Kinerja, Progress, Met EVALUASI KINERJA MENGGUNAKAN EARNED VALUE METHOD adhi, adhi prasetyo; Totok; Meriana; Titin
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 5 No 01 (2025): Edisi Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/reaktip.v5i01.9872

Abstract

Pentingnya evaluasi progres proyek secara berkala tidak dapat diabaikan, karena hal ini memastikan pelaksanaan proyek tetap sesuai rencana yaitu mencapai target biaya serta waktu yang telah direncanakan. Penelitian dengan metode Nilai Hasil (Earned Value Method) menggunakan data / variabel BCWP, BCWS, dan ACWP untuk menganalisis varian dan performa. Tinjauan pada akhir minggu ke-19 di dapatkan hasil dari Schedule Varians nol (0) dan Schedule Performance Index 1.00 bahwa proyek tidak ada keterlambatan dan menunjukkan kinerja waktu yang baik, Namun, dihasilkan Cost Varians -14.513.078 dan Cost Performance Index 0.990, yang menunjukkan pengeluaran melebihi rencana, menghasilkan over budget sebesar Rp.14.513.078. Meskipun pekerjaan berhasil diselesaikan tepat waktu. aspek biaya memerlukan perhatian lebih. Tinjauan kinerja secara keseluruhan, mendapatkan hasil korelasi indeks kinerja waktu sebesar 0.787 dan indeks kinerja biaya sebesar 0.772 mengindikasikan bahwa perlu adanya strategi perbaikan untuk mengatasi keterlambatan waktu dan kerugian biaya yang muncul di setiap minggunya.

Page 1 of 2 | Total Record : 13