cover
Contact Name
Putri Jannah
Contact Email
persepsi.jurnalpsikologi@uin-suska.ac.id
Phone
+6281297130626
Journal Mail Official
persepsi.jurnalpsikologi@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
ISSN : -     EISSN : 29861470     DOI : -
Core Subject : Social,
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi adalah jurnal akademik dengan akses terbuka yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sebanyak 3 (tiga) kali dalam satu tahun yaitu pada setiap bulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian mahasiswa dalam bidang psikologi. Adapun kajian yang dapat diterima adalah yang berkaitan dengan psikologi islam dan agama, psikologi umum, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, psikologi klinis, psikologi sosial dan psikologi industri dan organisasi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi" : 5 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA TAWAKAL DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA ORANG TUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PEKANBARU Elmaria, Dina; Raudatussalamah, Raudatussalamah
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi Vol. 2 No. 1 (2023): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
Publisher : Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mencapai kebahagiaan dan kepuasan hidup adalah hal yang didambakan oleh setiap orang, termasuk orang tua anak berkebutuhan khusus. Namun, pada kenyataannya orang tua anak berkebutuhan khusus memiliki berbagai tantangan dalam merawat dan membesarkan anak berkebutuhan khusus. Hal ini berkaitan dengan subjective well-being orang tua anak berkebutuhan khusus. Tawakal merupakan faktor yang dapat mempengaruhi subjective well-being. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tawakal dengan subjective well-being orang tua anak berkebutuhan khusus. Melalui teknik Purposive Sampling, diperoleh subjek penelitian sebanyak 102 orang tua anak berkebutuhan khusus di Pekanbaru. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala adaptasi dan modifikasi skala Positive Affect and Negative Affect Schedule (Watson, Clark, dan Tellegen, 1988), Satisfaction with Life Scale (Diener, Emmons, Larsen dan Griffin, 1985), dan skala tawakal kepada Allah (Sartika dan Kurniawan, 2015). Berdasarkan uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan koefisien korelasi sebesar r= 0,509 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p=<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tawakal dengan dengan subjective well-being pada orang tua anak berkebutuhan khusus di Pekanbaru.
PERAN KUALITAS PERSAHABATAN DAN KERENDAHAN HATI DENGAN PEMAAFAN PADA REMAJA Munalisa, Syahrin; Agung, Ivan Muhammad
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi Vol. 2 No. 1 (2023): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
Publisher : Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemaafan merupakan hal yang penting dalam relasi interpersonal remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan kualitas persahabatan dan kerendahan hati dengan pemaafan pada remaja yang berstatus sebagai mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 352 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala kualitas persahabatan, skala kerendahan hati dan skala pemaafan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasi Spearman. Hasil analisis menunjukkan hubungan yang signifikan antara kualitas persahabatan dan kerendahan hati dengan pemaafan pada mahasiswa. Hal ini berarti semakin tinggi kualitas persahabatan dan kerendahan hati maka semakin tinggi pemaafan pada mahasiswa.
HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN KEBERSYUKURAN DENGAN SELF COMPASSION PADA MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID 19 Alzuhra, Novi; Ikhwanisifa, Ikhwanisifa
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi Vol. 2 No. 1 (2023): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
Publisher : Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Self-compassion penting dimiliki mahasiswa di masa pandemi Covid-19 agar dapat membantu mahasiswa saat mengalami permasalahan dimasa pandemi Covid-19. Mahasiswa dapat meningkatkan self-compassion ketika mahasiswa memiliki dukungan sosial dari orang lain dan kebersyukuran dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dan kebersyukuran dengan self-compassion pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 270 mahasiswa (perempuan 224 dan laki-laki 46) di Fakultas Psikologi UIN SUSKA Riau dengan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala dukungan sosial (Sarafino, 1998), skala kebersyukuran (McCullough, Emmons & Tsang, 2002) dan skala self-compassion (Neff, 2003). Data di analisis dengan menggunakan teknik regresi linear berganda dan memperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 (p ≤ 0,01) dengan nilai F= 86,595 dan nilai R square = 39,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang berarti terdapat hubungan antara dukungan sosial dan kebersyukuran dengan self-compassion pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Artinya semakin tinggi dukungan sosial dan kebersyukuran mahasiswa maka semakin tinggi self-compassion nya.
HUBUNGAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL DENGAN SOCIAL WELL BEING PADA MAHASISWA DI ERA DIGITAL Jofani, Dhea; Raudatussalamah, Raudatussalamah
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi Vol. 2 No. 1 (2023): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
Publisher : Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Era digital merupakan masa dimana hampir setiap orang termasuk mahasiswa menggunakan sistem digital di sebagian besar aspek kehidupannya. Dampak negatif dari era digital yaitu individu lebih memilih untuk tidak bersosialisasi dan berinterkasi dengan orang lain dikarenakan sudah nyaman dengan kehidupan dunia maya, sehingga hal tersebut dapat membuat social well being individu tersebut terganggu. Hal ini dapat diatasi dengan meningkatkan modal psikologis atau psychological capital individu tersebut. Semakin tinggi psychological capitalnya maka akan semakin tinggi pula social well being individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Psychological Capital dengan Social Well being memiliki hubungan yang signifikan pada mahasiswa UIN SUSKA Riau diera digital. Subjek pada penelitian ini berjumlah 393 mahasiswa UIN SUSKA Riau yang ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala psychological capital oleh Luthans (2007) dan skala social well being oleh Keyes (1998). Hasil analisis data menggunakan analisis regresi sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) dengan nilai f sebesar 34,155. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yang berarti terdapat hubungan psychological capital dengan social well being pada mahasiswa UIN SUSKA Riau di era digital.
REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENJALANI KULIAH DARING Evi Nursalisa; Indah Damayanti; Reni Susanti
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi Vol. 2 No. 1 (2023): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
Publisher : Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka ke daring menyebabkan mahasiswa mengalami stres akademik. Salah satu hal yang bisa menanggulangi stres akademik adalah dengan memiliki regulasi diri dalam belajar. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan sampel sebanyak 251 orang mahasiswa Fakultas Psikologi yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala regulasi diri dalam belajar berdasarkan teori Zimmermaan (2011) dan Skala Stres Akademik berdasarkan teori Gadzella (2012). Hipotesis pada penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara regulasi diri dalam belajar dan stres akademik pada mahasiswa yang menjalani kuliah daring. Berdasarkan analisis data dengan teknik Pearson Product Moment correlation diperoleh koefisien korelasi sebesar r = - 0,12 dengan taraf signifkansi 0,029 (p<0,05). Artinya hipotesis diterima, hal ini menunjukan bahwa semakin baik kemampuan individu dalam membuat perencanaan, mencari informasi ketika ada hal yang tidak di pahami, mampu untuk mengulang dan mencatat kembali materi pembelajaran serta mampu menciptakan lingkungan yang nyaman selama pembelajaran maka tekanan yang dialami pada mahasiswa yang berasal dari tugas atau fasilitas yang tidak mendukung akan rendah. Oleh karena itu, untuk menurunkan stres akademik pada mahasiswa yang menjalani pembelajaran daring, mahasiswa perlu menerapkan regulasi diri dalam belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5