cover
Contact Name
Putri Jannah
Contact Email
persepsi.jurnalpsikologi@uin-suska.ac.id
Phone
+6281297130626
Journal Mail Official
persepsi.jurnalpsikologi@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
ISSN : -     EISSN : 29861470     DOI : -
Core Subject : Social,
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi adalah jurnal akademik dengan akses terbuka yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sebanyak 3 (tiga) kali dalam satu tahun yaitu pada setiap bulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian mahasiswa dalam bidang psikologi. Adapun kajian yang dapat diterima adalah yang berkaitan dengan psikologi islam dan agama, psikologi umum, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, psikologi klinis, psikologi sosial dan psikologi industri dan organisasi.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2025): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi" : 8 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA SELF-CONTROL DAN SELF-ESTEEM DENGAN ACADEMIC DISHONESTY PADA SISWA SMA Nanda Riski Aklima; Hadi, Cipto; Mukhlis, Mukhlis; Herwanto, Jhon
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi Vol. 4 No. 1 (2025): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
Publisher : Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dunia pendidikan dewasa ini banyak diwarnai oleh ketidakjujuran, kebohongan, dan manipulasi yang disebut dengan academic dishonesty. Academic dishonesty dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya self-control dan self-esteem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara self-control dan self-esteem dengan academic dishonesty di salah satu SMA Kecamatan Tambang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI sebanyak 271 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu probabilitas sampel dengan jenis cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala academic dishonesty, self-control dan self-esteem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-control dan self-esteem dengan academic dishonesty di salah satu SMA Kecamatan Tambang. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Artinya semakin tinggi self-control dan self-esteem yang dimiliki siswa maka semakin rendah tingkat academic dishonesty pada siswa di salah satu SMA Kecamatan Tambang. Kemudian hubungan antara academic dishonesty secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 47,2% dan sisanya sebesar 52,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Academic Dishonesty, Self-Control, Self-Esteem
PEMAAFAN PADA REMAJA: BAGAIMANA PERAN RELIGIUSITAS DAN EGO DALAM PEMAAFAN? Agung, Ivan; Fajar, Nurul Fadlah
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi Vol. 4 No. 1 (2025): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
Publisher : Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pemafaan merupakan salah satu aspek penting dalam membangun hubungan interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran religiusitas dan ego terrhadap pemaafan pada remaja. Subjek penelitian berjumlah 305 remaja (141 pria dan 164 wanita). Pengukuran yang digunakan pada penelitian ini dengan tiga alat ukur, yaitu skala religiusitas, ego dan pemaafan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religuisitas dan ego memiliki kontribusi signifikan pada pemaafan. Religiusitas berhubungan positif dengan pemaafan.Hal ini berarti semakin individu memiliki religiusitas, semakin tinggi pemaafan indvidu, sementara ego berhubungan negatif dengan pemaafan, artinya indvidu yang memiliki ego rendah, akan cenderung lebih mudah memaafkan daripada individu yang memiliki ego tinggi. Hasil penelitian dan implikasi akan dibahas dalam artikel ini.
Motivasi Berprestasi pada Atlet Panahan di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Riau Pratama, Yogi; Aryani, Linda
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi Vol. 4 No. 1 (2025): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
Publisher : Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan memaparkan bagaimana gambaran motivasi berprestasi pada atlet panahan di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Riau. Penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian merupakan seluruh atlet panahan di PPLP Riau sebanyak delapan informan, dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan metode wawancara, yang didukung dengan observasi dan dokumentasi terkait. Data penelitian diuji keabsahan datanya dengan metode triangulasi sumber data, lalu dianalisis dengan metode analisis tematik untuk mengelompokkan data dalam berbagai tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada atlet panahan di PPLP Riau memiliki motivasi untuk berprestasi. Hal tersebut tergambar melalui berbagai perilaku para atlet yang menggambarkan seluruh aspek motivasi berprestasi, seperti memanfaatkan fasilitas dan waktu untuk mengembangkan kemampuan memanah, belajar dan bertanya untuk memperkaya pengetahuan tentang panahan, serta disiplin dalam latihan. Faktor lain yang berkaitan dengan motivasi berprestasi juga diterapkan dan didapatkan oleh para atlet, seperti regulasi emosi, resiliensi, manajemen waktu, dan dukungan sosial. Faktor tersebut juga digunakan dalam meningkatkan kemampuan teknik dan psikis para atlet untuk meraih prestasi tertinggi yang ingin dicapai. Kata Kunci: Atlet, Atlet Panahan, Motivasi Berprestasi, PPLP Riau, Prestasi ABSTRACT This research has a goal to describe the achievement motivation in archery athletes at Center of Education and Student Training Riau. The research has been conducted with qualitative research, case study method, which focuses on achievement motivation in archery athletes at Center of Education and Student Training Riau. The informants are eight archery athletes who have been choosen with purposive sampling. Data have been collected through interviews, supported by observations and documents. Data’s validity have been tested with triangulation of data sources method, and then has been analyzed with coding and grouping them into some themes. The results showed that archery athletes at PPLP Riau have the motivation to achieve. This is shown through the various behaviors of athletes who describe all aspects of achievement motivation, such as utilizing facilities and time to develop archery skills, learning and asking questions to enrich knowledge about archery, and discipline in training. Other factors related to achievement motivation are also applied and obtained by athletes, such as emotion regulation, resilience, time management, and social support. These factors are also used in improving the technical and psychological abilities of athletes to achieve the highest achievements they want to achieve. Keywords: Achievement Motivation, Athlete, Archery Athletes, PPLP Riau, Achievement
KECEMASAN SOSIAL DAN PROBLEMATIC INTERNET USE PADA REMAJA Ulfa, Fara; Winda, Yuliani
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi Vol. 4 No. 1 (2025): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
Publisher : Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Excessive use of social media can make it harder for teenagers to manage their daily activities. This behavior is commonly referred to as problematic internet use. One factor that can contribute to an increase in problematic internet use is social anxiety. When teenagers feel anxious about interacting with their surroundings in real life, they tend to spend more time online, especially on social media, where they feel more comfortable. This study is a quantitative research aiming to examine the relationship between social anxiety and problematic internet use among teenage social media users in Pekanbaru, Indonesia. The study involved 102 teenagers aged 15-18 years as participants. The measurement tools used were the Generalized Problematic Internet Use Scale 2 (GPIUS-2) and the Anxiety Scale for Adolescents (SAS-A). The results showed that the research hypothesis was accepted, with a correlation coefficient of 0.763 and a significance value of 0.000. This means that the higher the level of social anxiety, the higher the level of problematic internet use among adolescent social media users in Pekanbaru. This study highlights the important role of parents and educators in helping teenagers manage social anxiety so that it does not lead to excessive and problematic internet use.
KECEMASAN MAHASISWA YANG MENJALANI PERKULIAHAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19: PERAN KONTROL DIRI Anggia Kargenti Eva Nurul; Sevira, Azizah Putri
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi Vol. 4 No. 1 (2025): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
Publisher : Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kontrol diri memiliki peran terhadap kecemasan mahasiswa yang menjalani kuliah dalam jaringan. Sampel penelitian adalah 450 mahasiswa yang berasal dari salah satu PT Negeri di Kota Pekanbaru yang ditentukan dengan teknik proportionate stratified sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kecemasan dan skala kontrol diri. Berdasarkan analisis regresi, ditemukan nilai R= -0,465, F=123,616, p=0,000 dengan nilai B = 60,971 (p<0,05) artinya kontrol diri memiliki peran terhadap kecemasan mahasiswa. Kontrol diri yang dimiliki mahasiswa dapat membantunya dalam mengendalikan pola pikir, perasaan dan perilaku sehingga akan dapat berkontribusi dalam mengontrol kecemasan yang dirasakan. Dengan demikian, bagi mahasiswa yang mengalami kecemasan, disarankan untuk dapat meningkatkan kontrol dirinya dengan cara tetap berusaha untuk semangat dalam mencari solusi terbaik ketika mengalami hambatan dalam menjalani perkuliahan daring.
Parent Attachment dengan Kompetensi Sosial pada Remaja Mardiana, Fita Indah Yustika Sari; Yulianti, Alma; Mukhlis, Mukhlis; Lestari, Yuliana Intan
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi Vol. 4 No. 1 (2025): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
Publisher : Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adolescents have mature social competence that will lead to behavior that is acceptable to society. This challenge is experienced by early adolescents and one of the influences is parent attachment in adolescents. This study aims to identify the positive relationship between parent attachment and adolescent social competence. This type of research is quantitative research. The subjects of this study were students of SMPN 40 Pekanbaru. A total of 240 students were targeted in this study. Research data were obtained using the Social Skill Scale with a reliability of 0.855 and the Inventory of Parent and Peer Attachment-Revised (IPPA-R) Scale with a reliability of 0.898. The R Square result is 0.60, stating that the parent attachment variable simultaneously contributes to social competence by 60%, while the remaining 40% is not studied. The results of Pearson's correlation analysis show that there is a positive relationship between parent attachment and social competence in adolescents, with a correlation coefficient of r=0.246. This means that the level of parent attachment is positively related to the level of social competence in adolescents. Thus the higher the level of parent attachment that adolescents have, the higher their social competence, conversely the lower the level of parent attachment that adolescents have, the lower their social competence. The implication of this study is that to improve social welfare and appropriate behavior accepted by society, adolescents have mature social competence by improving parent-attachment relationships.
GAMBARAN FEAR OF MISSING OUT PADA GENERASI Z DI KOTA PEKANBARU Sari , Indah Permata; Putri Miftahul Jannah; Salmiyati, Salmiyati
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi Vol. 4 No. 1 (2025): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
Publisher : Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan media sosial akhir-akhir ini semakin pesat terutama bagi generasi muda terkhusus generasi Z. Konten-konten yang ditampilkan di media sosial sangat mungkin menumbuhkan trend terbaru yang kemudian memunculkan fenomena Fear of Missing Out (FoMO) pada pengguna media sosial. FoMO merupakan kecemasan yang dirasakan oleh individu ketika ia tidak sedang mengikuti apa-apa yang terjadi di media sosial. Hal ini tentu memiliki dampak tersendiri pada kondisi psikologi individu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran FoMO dengan pendekatan kuantitatif. Adapun alat ukur yang digunakan adalah Fear of Missing Out Scale versi Indonesia (Kaloeti, dkk, 2021). Total partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah 538 orang dengan rentang usia 18-25 tahun. Hasil perhitungan statistic menunjukkan bahwa generasi Z di Kota Pekanbaru memiliki Tingkat FoMO yang rendah, sementara 24% lainnya mengalami FoMO Tingkat tinggi.
THE RELATIONSHIP BETWEEN SELF-EFFICACY AND ACADEMIC RESILIENCE IN FIRST-YEAR STUDENTS UIN SUSKA RIAU Khoirunnas, Muhammad; Raudatussalamah, Raudatussalamah
Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi Vol. 4 No. 1 (2025): Persepsi: Jurnal Riset Mahasiswa Psikologi
Publisher : Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mahasiswa tahun pertama akan menghadapi masalah dalam studinya yang akan menghadapi masa transisi di masa awal perkuliahan. Resiliensi akademik diperlukan bagi mahasiswa tahun pertama agar memiliki kemampuan adaptasi terhadap situasi yang berat dalam perkuliahannya maupun pribadinya. Selain itu, diperlukan juga efikasi diri dalam diri mahasiswa tahun pertama agar dirinya mampu mengatasi dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tahun pertama UIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 370 mahasiswa tahun pertama, yang di peroleh melalui teknik Insidental. Pengumpulan data menggunakan skala efikasi dan skala resiliensi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan antara Efikasi Diri dengan Resiliensi Akademik pada mahasiswa tahun pertama UIN Suska Riau. Kemudian hubungan Efikasi Diri dengan Resiliensi Akademik merupakan hubungan positif dan dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima yaitu terdapat hubungan antara Efikasi Diri dengan Resiliensi Akademik pada mahasiswa tahun pertama UIN Suska Riau.

Page 1 of 1 | Total Record : 8