cover
Contact Name
Nunu Nugraha
Contact Email
nunu.nugraha@uniku.ac.cid
Phone
+62818850513
Journal Mail Official
sains@uniku.ac.id
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No. 36A, Cijoho, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Scientific Exploration: Journal Of Indonesian Academic Research
Published by Universitas Kuningan
ISSN : -     EISSN : 3031075X     DOI : https://doi.org/10.25134/jiar.v2i2.31
Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research (JIAR) adalah publikasi akses terbuka dan melalui proses peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan. Jurnal ini merupakan wadah diseminasi hasil penelitian dari berbagai kalangan, termasuk dosen dan mahasiswa, dalam beragam disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan utama Jurnal JIAR adalah menerbitkan dan menyebarkan tulisan-tulisan dalam beragam disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Sejak tahun 2023, JIAR secara rutin diterbitkan pada bulan April dan Oktober, sebagai upaya konsisten dalam memberikan kontribusi terhadap pengembangan pengetahuan ilmiah untuk para akademisi, peneliti, dan praktisi. JIAR focuses on high-quality scientific research in various disciplines. The journal welcomes original contributions that are exploratory and innovative in the field of sciences, including but not limited to: Natural Sciences: Physics, Chemistry, Biology, etc. Technology: Informatics, Information Systems, and Information Technology. Environment and Forestry: Environmental Science, Forestry Management, Conservation Biology, etc. Social Sciences: Economics, Psychology, Sociology, etc. Humanities: Literature, History, Philosophy, etc. Education: Educational Theory, Innovative Learning, Curriculum, etc. Economics: Microeconomics, Macroeconomics, Development Economics, Management, etc. Business: Business Management, Marketing, Entrepreneurship, etc. Accounting: Financial Accounting, Management Accounting, Audit, etc. Interdisciplinary: Research exploring connections between different disciplines. The journal is committed to supporting research rooted in robust scientific methods and making a positive impact in the context of Indonesia. We also welcome articles addressing global issues with relevance to the international development of scientific knowledge.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2024): Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research" : 5 Documents clear
Keanekaragaman Burung pada Wisata Alam Hutan Sekunder Ampah Nangka Kabupaten Kuningan Adi Tiar; Nurdin
Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research Vol. 2 No. 2 (2024): Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/jiar.v2i2.31

Abstract

Keberadaan berbagai jenis burung di kawasan wisata akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Kawasan Wisata Ampah Nangka merupakan salah satu tempat yang memiliki daya tarik wisata dengan salah satu potensinya adalah burung.  Pnelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis burung di Kawasan Wisata Ampah Nangka, Kabupaten Kuningan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode daftar jenis MacKinnon.  Penelitian telah mencatat sebanyak 24 jenis burung.  Indeks Keaneragamannya sebesar 2,84, tergolong sedang dengan jenis yang mendominasi adalah kutilang (Pycnonotus aurigaster).  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan burung dapat menjadi salah satu destinasi wisata di Ampah Nangka, terutama wisata pendidikan.
Strategi Pengembangan Penangkaran Rusa Totol (Axis axis) Sebagai Daya Tarik Wisata Edukasi di Kabupaten Majalengka Meilawati; Nina Herlina
Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research Vol. 2 No. 2 (2024): Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/jiar.v2i2.34

Abstract

Penangkaran Rusa merupakan salah satu kawasan wisata di Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK). Penangkaran rusa merupakan wisata yang didominasi oleh wisatawan yang berkunjung dan pandemi Covid 19 menyebabkan penangkaran dihentikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang ada pada penangkaran rusa dan strategi pengembangan pengembangan pengelolaan rusa sebagai wisata edukasi di Majalengka. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2022 di Penangkaran Rusa, Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Blok Sawala dengan menggunakan analisis SWOT pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor internal yang meliputi 5 aspek kekuatan dan 5 aspek kelemahan dan faktor eksternal meliputi 3 aspek peluang dan 3 aspek ancaman sehingga diketahui strategi penangkaran rusa yang memanfaatkan kekuatan dengan memperhatikan peluang yaitu meningkatkan kerja sama dengan instansi terkait, peningkatan sarana wisata yang informatif.
Rancang Bangun Game Adventure of Music Menggunakan Algoritma LCM Untuk Pengacakan Soal Restu Aji Alamsyah; Yati Nurhayati; Nida Amalia Asikin
Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research Vol. 2 No. 2 (2024): Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/jiar.v2i2.35

Abstract

SDN 2 Citenjo adalah salah satu sekolah yang melestarikan budaya alat musik tradisional , salah satunya yaitu dengan mempelajari alat music tradisional melalui mata pelajaran seni budaya metode yang digunakan yaitu menggunakan media gambar dan buku paket , namun guru sulit menyampaikan materi pembelajaran selain karena kurang tersedianya fasilitas alat musik yang ada di sekolah dasar , siswa cenderung jenuh dan kurang memahami serta kurang tertarik karena media pembelajaranya hanya berupa gambar dan buku paket. Salah satu solusi agar siswa tertarik dengan pebelajaran alat musik tradisional adalah dengan menggunakan metode game based learning. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game edukasi bernama "Adventure of Music" yang bertujuan mengenalkan alat musik dan lagu tradisional. Selain itu, penelitian ini juga mengimplementasikan Metode Linear Congruential (LCM) untuk mengacak not pada game tersebut. Metode pengembangan yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC), sedangkan metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil pengujian di SDN 2 Citenjo, dapat disimpulkan bahwa game "Adventure of Music" diterima dengan baik oleh peserta didik dengan persentase penerimaan sebesar 85%. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat menjadi media alternatif yang efektif dalam mengenalkan alat musik tradisional kepada siswa. Selain itu, implementasi Metode Linear Congruential untuk pengacakan soal not dalam game terbukti berhasil. Soal not muncul secara acak setelah player menyelesaikan materi, memastikan bahwa pembelajaran menjadi lebih menarik dan menantang. Dengan demikian, penggunaan LCM memungkinkan pengacakan soal secara optimal dalam game edukasi ini
Metode Pendidikan Lingkungan Hidup Bagi Siswa Sekolah Dasar Gieta Aldona; Iing Nasihin
Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research Vol. 2 No. 2 (2024): Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/jiar.v2i2.36

Abstract

Pendidikan adalah hal yang paling penting. Kemajuan suatu bangsa dan negara sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan. Pendidikan lingkungan perlu dilakukan agar pemahaman, apresiasi, dan tindakan terhadap lingkungan menjadi bagian dari sikap dan kebiasaan hidup masyarakat, baik secara individu maupun kolektif. Segmen masyarakat yang dipandang sebagai target strategis untuk pendidikan lingkungan adalah anak-anak usia dini. Pendidikan lingkungan diperlukan untuk mempersiapkan anak-anak sejak dini dengan pengetahuan dan keterampilan untuk memahami masalah lingkungan, memotivasi mereka untuk bertindak, dan membekali mereka dengan kemampuan untuk menyelesaikan atau mencegah masalah lingkungan tertentu. Kurangnya pendidikan lingkungan terkait pemanfaatan sumber daya alam yang tetap menjaga keberlanjutannya merupakan akar penyebab banyak masalah degradasi lingkungan. Siswa harus dilibatkan dalam pelestarian lingkungan sekolah, sehingga diperlukan upaya untuk memperdalam pemahaman siswa mengenai pelestarian lingkungan yang dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu verbal dan praktis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas metode pembelajaran pendidikan lingkungan bagi siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain One Group Pretest-Posttest dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis dengan uji t berpasangan (paired t-test) dan uji t tidak berpasangan (unpaired t-test). Dari hasil penelitian pada pengujian posttest metode verbal dan pretest metode praktis, diperoleh nilai t sebesar 0,108 dengan tingkat signifikansi (α) 0,05 dan nilai t tabel sebesar 2,392. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa t hitung < t tabel. Jadi, kesimpulan hipotesis adalah tidak ada perbedaan signifikan antara metode verbal dan metode praktis untuk pembelajaran pendidikan lingkungan di kelas IV dan V, sehingga kedua metode tersebut efektif digunakan dalam pembelajaran pendidikan lingkungan.
Rancang Bangun Aplikasi Pengecekan Keaslian Produk Beras 3N Berbasis QR-Code Menggunakan Algoritma Base64 Fadlurrohman, Fa’iq; Sherly Gina Supratman
Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research Vol. 2 No. 2 (2024): Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/jiar.v2i2.37

Abstract

Praktik pemalsuan beras, seperti pengoplosan dan penggunaan beras berkualitas rendah yang dikemas ulang dengan merek terkenal, telah menjadi masalah serius yang merugikan baik dari segi finansial maupun reputasi. Beras 3N, sebuah merek unggulan dari Desa Sindangagung juga menghadapi tantangan serupa. Berdasarkan wawancara dengan pemilik pabrik Beras 3N, Bapak Onong Sartono, terungkap bahwa pemalsuan produk telah menyebabkan penurunan kepercayaan konsumen dan kerugian finansial. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengusulkan pengembangan sistem pengecekan keaslian produk Beras 3N menggunakan teknologi QR-Code yang dipadukan dengan algoritma Base64. QR-Code, yang mampu menyimpan informasi dalam format dua dimensi, akan digunakan untuk memberikan informasi cepat dan akurat mengenai keaslian produk kepada konsumen. Algoritma Base64 disisipkan untuk proses encoding dan decoding sebagai keamanan data. Admin mengelola data produk, di mana kode produk akan diencode dengan menggunakan algoritma Base64. Sedangkan konsumen melakukan scan QR-Code, kemudian sistem melakukan decode dan menampilkan informasi keaslian produk. Penelitian ini mencakup metode pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara, serta menggunakan metode pengembangan sistem Rapid Application Development (RAD). Berdasarkan hasil pengujian User Acceptance Testing (UAT) sebesar 85,5%, aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna sebagai alat untuk pengecekan keaslian produk Beras 3N.

Page 1 of 1 | Total Record : 5