cover
Contact Name
Ninda Beny Asfuri
Contact Email
jurnaljmsg@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaljmsg@gmail.com
Editorial Address
Jl. Walanda Maramis No.31, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57135
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
ISSN : -     EISSN : 23563451     DOI : https://doi.org/10.36728/jmsg
Core Subject : Education,
Jurnal ini secara khusus memfokuskan pada permasalahan utama dalam pengembangan ilmu-ilmu Pendidikan sebagai berikut: 1. Metode Pembelajaran 2. Model Pembelajaran 3. Media Pembelajaran 4. Perkembangan belajar peserta didik anak usia SD
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2023): JURNAL MITRA SWARA GANESHA" : 9 Documents clear
HUBUNGAN SELF EFFICACY KARIR DENGAN KEMATANGAN KARIR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN BOYOLALI
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 10 No 2 (2023): JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Publisher : Progran Studi PGSD FKIP UTP SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mencari hubungan Self Efficacy karir dengan kematangan karir dalam pengambilan keputusan karir. Penelitian dilakukan pada 589 siswa SMK di kabupaten Boyolali yang dilakukan dengan metode random sampling. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur Self Efficacy karir menggunakan skala Career Decision Making Self Efficacy, sedangkan kematangan karir menggunakan Career Maturity Inventory. Analisis data menggunakan Korelasi Product Moment dengan Koefisien Korelasi rxy = 0,868 dengan p=0,000 p (<0,005) dengan nilai reliabilitas Self Efficacy menunjukkan Cronbach Alpha 0,884. Reliabilitas kematangan karir menunjukkan Cronbach Alpha 0,796. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy karir dengan kematangan karir dengan nilai = 0,417 dengan nilai signifikansi atau p = 0,001 (<0,05). Sehingga tujuan dari penelitian ini telah tercapai dengan adanya hasil tersebut diatas.
KEMAMPUAN MOTORIK SISWA PUTRI KELAS IV SDN GUNUNG PATI TAHUN 2023
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 10 No 2 (2023): JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Publisher : Progran Studi PGSD FKIP UTP SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik siswa putri kelas IV SD Negeri Gunung Pati tahun 2023. Metode yang digunakan penelitian kuantitatif jenis survei. Sample dalam penelitian ini adalah siswa putri kelas IV sebanyak 53 siswa dengan metode teknik total sampling. Instrumen tes yang digunakan berupa tes motor ability untuk yang meliputi tes lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok (koordinasi) dan tes lari cepat 30 meter (kecepatan). Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dalam menentukan kategori hasil tes yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian tingkat gerak dasar motorik pada siswa putri kelas IV SD Negeri Gunung Pati tahun 2023 memiliki gerak dasar motorik pada tes lempar tangkap bola (koordinasi) rata-rata masuk dalam kategori “kurang sekali” berjumlah 28 siswa (51%), dan tes lari cepat 30 meter rata-rata masuk dalam kategori “kurang” sebesar 23 siswa (45%).
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI PURO 1 TAHUN AJARAN 2022/2023
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 10 No 2 (2023): JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Publisher : Progran Studi PGSD FKIP UTP SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model CTL materi bagian-bagian tumbuhan pada siswa kelas VI SD Negeri Puro 1 tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). PTK merupakan sebuah tindakan yang dilakukan di dalam kelas menggunakan penelitian kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV SD Negeri Puro 1. Dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas IV semester II SD Negeri Puro 1. Kegiatan penelitian direncanakan sebanyak 2 siklus. Berdasarkan kajian yang dilakukan yaitu setelah menggunakan metode CTL mengalami kenaikan hasil belajar materi bagian-bagian tumbuhan, dari rata- rata kelas 64 pada kondisi awal, naik menjadi 72 pada Siklus I, kemudian pada Siklus II naik menjadi 82 (indikator kinerja 75 sudah tercapai).
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MENGERJAKAN TUGAS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V PADA MASA PEMULIHAN PEMBELAJARAN PASCA MEREDANYA PANDEMI COVID-19 MELALUI PENERAPAN REWARD DI SD NEGERI MENURAN 02 KECAMATAN BAKI TAHUN PELAJARAN 2022/2023 ; Beny Asfuri, Ninda
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 10 No 2 (2023): JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Publisher : Progran Studi PGSD FKIP UTP SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi mengerjakan tugas dan keaktifan siswa kelas V pada masa pemulihan pembelajaran pasca meredanya pandemi COVID-19 di SD Negeri Menuran 02 Kecamatan Baki tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas dengan subjek penelitiannya siswa kelas V SD Negeri Menuran 02 yang terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa rata-rata kelas pada motivasi mengerjakan tugas dan keaktifan siswa saat pra siklus adalah 51,74 % dengan kategori cukup, meningkat pada siklus I menjadi 67,92 % dengan kategori tinggi, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 80,69 % dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan reward dapat meningkatkan motivasi mengerjakan tugas dan keaktifan siswa kelas V pada masa pemulihan pembelajaran pasca meredanya pandemi COVID-19 di SD Negeri Menuran 02 Kecamatan Baki tahun pelajaran 2022/2023.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA MURID TRANSISI PAUD-SD
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 10 No 2 (2023): JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Publisher : Progran Studi PGSD FKIP UTP SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran literasi dengan media flashcard pada murid kelas 1. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mengkaji dan menganalisis perencanaan pembelajaran literasi dengan menggunakan media flashcard. Subjek penelitian ini adalah guru dan murid kelas 1 SD Negeri Pabelan 03. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan perencanaan pembelajaran meliputi pemilihan metode pembelajaran, penyiapan media, penyiapan materi atau bahan ajar, penyiapan LKPD, dan rencana evaluasi pembelajaran. 1) Metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran literasi kelas awal atau di masa transisi PAUD-SD adalah permainan flashcard. 2) Media pembelajaran yang digunakan adalah flashcard yang berisi huruf abjad dan contoh kata-kata yang diawali dengan huruf tersebut dengan penggalan suku kata yang diberi warna berbeda. 3) Materi yang dipelajari adalah pengenalan huruf dan suku kata untuk memudahkan murid meningkatkan kemampuan membaca. 4) Guru mempersiapkan lembar kerja sebagai bentuk latihan murid dalam mengenal huruf dan suku kata. Lembar kerja yang dipersiapkan guru adalah menghubungkan penggalan suku kata dengan gambarnya. 5) Evaluasi akan dilaksanakan dengan mengajak murid satu persatu membaca kata yang disertai gambar untuk lebih memudahkan mereka mengidentifikasi nama benda tersebut.
PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN LITERASI DI MASA TRANSISI PAUD-SD
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 10 No 2 (2023): JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Publisher : Progran Studi PGSD FKIP UTP SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran literasi di masa transisi PAUD-SD. Ini adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran literasi di masa transisi PAUD-SD. Data berupa pernyataan dari responden yaitu guru kelas 1 terkait dengan perannya dalam pembelajaran literasi. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Triangulasi dilakukan dengan triangulasi metode, dimana peneliti menggunakan metode berbeda dalam menggali informasi terkait peran guru dalam pembelajaran literasi di kelas awal yakni kelas transisi PAUD-SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dalam perencanaan pembelajaran literasi adalah merancang modul ajar, menentukan media pembelajaran, metode pembelajaran, materi ajar, lembar kerja siswa, dan rencana evaluasi yang dituangkan dalam modul ajar. 2) Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran ini adalah mengkreasikan model, media, dan strategi pembelajaran, memantau dan membimbing siswa yang belajar dengan melibatkan kemampuan psikomotorik, audio dan visual mereka. 3) peran guru dalam evaluasi pembelajaran adalah dengan melaksanakan evaluasi (evaluator) yaitu melaksanakan penilaian proses dan unjuk kerja.
PERENCANAAN ASESMEN FORMATIF PEMBELAJARAN NUMERASI PADA TRANSISI PAUD-SD DI SEKOLAH DASAR
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 10 No 2 (2023): JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Publisher : Progran Studi PGSD FKIP UTP SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan asesmen formatif pembelajaran numerasi pada transisi PAUD SD. Ini adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan perencanaan asesmen formatif pembelajaran numerasi pada transisi PAUD SD. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Tahapan analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Analisis kebutuhan murid diketahui dengan identifikasi kompetensi dan karakteristik murid dengan asesmen formatif sehingga memungkinkan guru mendesain atau merencanakan pembelajaran diferensiasi sesuai dengan kebutuhan atau kemampuan siswa (TaRL). 2) Bentuk asesmen yang diterapkan di sekolah yang diteliti menggunakan adaptasi Pratham dengan dua bentuk asesmen numerasi sederhana, yaitu pengenalan bilangan dan operasi bilangan. Asesmen awal, tingkat 1 terdiri atas mengenal bilangan dan operasi 1 digit. Mengenal bilangan dilakukan dengan menunjuk dan menyebutkan bilangan 1 sampai dengan 10 dan operasi penjumlahan bilangan di bawah 10. Pada tingkat 2, siswa menunjuk dan menyebutkan bilangan dua angka, terdiri dari puluhan dan satuan, dan operasi penjumlahan 2 digit. Tingkat 3, siswa menunjuk dan menyebutkan bilangan tiga angka, yang terdiri dari ratusan, puluhan dan satuan dan operasi perkalian bilangan 2 digit dengan 1 digit. 3) Guru yang diteliti memetakan jadwal, lokasi dan waktu pelaksanaan asesmen. Jadwal yang direncanakan yaitu 16 Mei 2023 berlokasi di ruang kelas 1 pukul 07.30-08.30. 4) Instrumen asesmen pembelajaran numerasi meliputi tujuan asesmen, materi atau bahan ajar, lembar soal, dan lembar asesmen.
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA GARIS BILANGAN KARAKTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA Nurwidyarini, Risma; Musthofa, Arif
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 10 No 2 (2023): JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Publisher : Progran Studi PGSD FKIP UTP SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media alat peraga garis bilangan karakter terhadap motivasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method. Penelitian ini dirancang agar diperoleh berbagai informasi tingkat motivasi peserta didik saat penelitian berlangsung setelah hasil refleksi menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar matematika peserta didik rendah. Data diperoleh dari seluruh peserta didik kelas II, kepala sekolah dan rekan sejawat di SD Negeri Sidorejo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan angket terbimbing terhadap peserta didik, observasi, wawancara terhadap kepala sekolah dan rekan sejawat. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif variabel dengan mengelompokkan ke dalam kriteria interval motivasi dengan skala Likert, analisis perbandingan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan capaian tertinggi siklus 1 terjadi pada kriteria rendah sebesar 59%, sedangkan pada siklus 2 terjadi pada kriteria tinggi sebesar 53%, hasil wawancara terhadap kepala sekolah dan rekan sejawat yang sejalan dengan capaian persentase kriteria pada tiap siklus mengatakan bahwa penggunaan media alat peraga garis bilangan karakter efektif untuk peningkatan motivasi belajar matematika karena antusias belajar peserta didik dapat bangkit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media alat peraga garis bilangan karakter efektif digunakan untuk peningkatan motivasi belajar matematika, serta memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran di kelas.
PENGUATAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA MASA TRANSISI PAUD SD MELALUI KEGIATAN PRAMUKA Septi Imani, Wildani; Fitriyani, Mia; Nurjiyanti, Idah; Giyanti; Rastuti Nur Rohmawati, Erry
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 10 No 2 (2023): JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Publisher : Progran Studi PGSD FKIP UTP SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan karakter kemandirian pada masa transisi PAUD SD melalui kegiatan pramuka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk secara sistematis dan logis menggambarkan penguatan karakter kemandirian melalui kegiatan pramuka pada masa transisi PAUD SD. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, studi dokumen, dan focused group discussion. Kemudian data dianalisis dengan tahapan data reduction, data display, conclusion drawing dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pramuka yang dilaksanakan adalah apel atau upacara pembukaan, baris-berbaris, materi kepramukaan, dan penutup. Metode penyampaian materi kepramukaan yang dilakukan oleh pembina adalah pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu: learning by doing, system kelompok beregu, kegiatan di alam terbuka, dan tanda kecakapan pramuka dan kiasan dasar. Karakter mandiri yang berkembang atau diperkuat melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka antara lain percaya diri, bertanggung jawab, mampu bekerja sendiri dan mampu mengambil keputusan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9