cover
Contact Name
Ninda Beny Asfuri
Contact Email
jurnaljmsg@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaljmsg@gmail.com
Editorial Address
Jl. Walanda Maramis No.31, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57135
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
ISSN : -     EISSN : 23563451     DOI : https://doi.org/10.36728/jmsg
Core Subject : Education,
Jurnal ini secara khusus memfokuskan pada permasalahan utama dalam pengembangan ilmu-ilmu Pendidikan sebagai berikut: 1. Metode Pembelajaran 2. Model Pembelajaran 3. Media Pembelajaran 4. Perkembangan belajar peserta didik anak usia SD
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2022): JURNAL MITRA SWARA GANESHA" : 4 Documents clear
HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SAYANGAN NO 244 SURAKARTA
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 9 No 1 (2022): JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Publisher : Progran Studi PGSD FKIP UTP SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui hubungan bimbinganorang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri SayanganNo244 Kota Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiankuantitatif dengan teknik studi korelasional. Teknik pengumpulan data padapenelitian ini yaitu wawancara, angket (kuesioner), tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada uji liniearitas menunjukkan bahwa databimbingan orang tua dan hasil belajar memiliki nilai signifikansi sebesar 0,676. Ini berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikansi antara bimbingan orangtuadengan hasil belajar matematika. (2) Hasil uji hipotesis sebesar 0,625, yangmenunjukkan hasil koefisien korelasi sebesar 0,625 termasuk dalam tingkat hubungan kuat. Ini menunjukkan bahwa 63% hasil belajar matematika dipengaruhi oleh bimbingan orang tua. yang memiliki hubungan positif dan memiliki tingkat hubungan yang kuat. Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Hasil Belajar, Matematika
PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI 1 BULUKERTO WONOGIRI
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 9 No 1 (2022): JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Publisher : Progran Studi PGSD FKIP UTP SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh Gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Bulukerto Wonogiri, dan (2) seberapa besar pengaruh Gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Bulukerto Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang ditentukan menggunakan sampel jenuh.Variabel independen dalam penelitian ini yaitu gaya belajar siswa, sedangkan variabel dependennya yaitu hasil belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk data gaya belajar, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi untuk data hasili belajar siswa. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Setelah data normal dan linier kemudian dilanjutkan dengan analisis akhir. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji T. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05, maka H ditolak, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa, (2) hasil R sebesar 0,379 yang artinya terjadi hubungan yang positif dan kuat antara gaya belajar dan hasil belajar siswa IPS kelas IV, (3) koefisien determinasi (R20 ) sebesar 0,144 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen sebesar 14,4%. Hal ini menunjukkan bahwa 14,4% hasil belajar IPS siswa kelas IV dipengaruhi oleh gaya belajar siswa, sedangkan 85,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Kata kunci : Gaya belajar, Hasil belajar IPS
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS V SDN TUNGGULSARI II TAHUN PELAJARAN 2020/2021
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 9 No 1 (2022): JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Publisher : Progran Studi PGSD FKIP UTP SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa tentang peredaran darah manusia dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa kelas V SDN Tunggulsari II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester I SDN Tunggulsari II Tahun Pelajaran 2020/2021 sejumlah 24 siswa terdiri dari 14 laki-laki dan 10 siswi perempuan. Skripsi ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan non tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah secara kuantitatif untuk data tes dan kualitatif untuk data non tes. Alat pengambilan data non tes berupa observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisa hasil pengamatan, pemberian tindakan pada Siklus I dan Siklus II didapatkan hasil penelitian, yaitu : 1) Terdapat peningkatan proses pembelajaran siswa tentang peredaran darah manusia melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa Kelas V Semester I SDN Tunggulsari IITahun Pelajaran 2020/2021 menjadi lebih efektif dan meningkat serta berjalan lancar sesuai dengan RPP yang telah disusun. Peningkatan proses pembelajaran ditandai dengan bertambahnya jumlah siswa aktif, antusias, dan peran serta dalam proses pembelajaran dari kategori cukup baik menjadi kategori sangat baik. 2) Terdapat peningkatan nilai hasil belajar memahami organ peredaran darah manusia melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa Kelas V Semester I SDN Tunggulsari II Tahun Pelajaran 2020/2021. Pada kondisi awal siswa masih memerlukan bimbingan, menjadi kategori cukup pada Siklus I dan menjadi kategori baik pada akhir Siklus II. 3) Terdapat peningkatan nilai hasil belajar keterampilan menyajikan karya tentang organ peredaran darah melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa Kelas V Semester I SDN Tunggulsari IITahun Pelajaran 2020/2021. Pada kondisi awal dalam kategori siswa kurang terampil, menjadi kategori cukup terampil pada Siklus I dan menjadi kategori terampil pada akhir Siklus II. Kata Kunci : Hasil belajar, organ peredaran darah, Two Stay Two Stray
UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN 1 MUNGGUNG, KARANGDOWO, KLATEN, TAHUN PELAJARAN 2021/2022
JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 9 No 1 (2022): JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Publisher : Progran Studi PGSD FKIP UTP SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRA Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat kesulitan membaca permulaan siswa kelas I SDN 1 Munggung 2021/2022, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, (2) Untuk mengetahui upaya apa yang diberikan guru untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas I SDN 1 Munggung 2021/2022, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 1 Munggung : (a) Terdapat 2 siswa yang belum bisa membaca (2) Ada 1 siswa yang belum bisa huruf A-Z. (c) Siswa masih bingung membedakan huruf b dan d, n dan m, serta masih bingung huruf diftong dan konsonan. (2) Faktor yang mempengaruhi siswa kelas I SDN 1 Munggung tidak bisa membaca yaitu : (a) Faktor kecerdasan, (b) Faktor Usia, (c) Faktor lingkungan. (3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas I SDN 1 Munggung yaitu : (a) Upaya yang selalu dilakukan guru didalam kelas yaitu guru selalu memberi motivasi kepada siswa agar siswa mau membaca, bertanya kepada siswa apakah ada keluh kesah dalam membaca, dan siswa yang belum bisa membaca biasanya habis sekolah ditahan dikelas untuk dites mandiri seperti dites membaca dan didekte. (b) Upaya yang selalu dilakukan guru diluar kelas yaitu setiap hari selasa dan kamis siswa yang belum bisa membaca mengirim video membaca lewat wa, membeli buku cerita atau buku baca untuk pedoman siswa belajar membaca, dan selau menyediakan waktu untuk membaca. Kata kunci : Membaca permulaan, belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 4