cover
Contact Name
Zulkhairi
Contact Email
zulkhairi@uinsuna.ac.id
Phone
+6281362439099
Journal Mail Official
pase@uinsuna.ac.id
Editorial Address
Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultanah Nahrasiyah Lhokseumawe, Jl. Medan-Banda Aceh Km. 275 No. 1 Alue Awe, Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Kode Pos: 24352
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Pase: Journal of Contemporary Islamic Educational
ISSN : -     EISSN : 29873126     DOI : https://doi.org/10.47766/pase.v3i1
Pase: Journal of Contemporary Islamic Educational berfokus pada kajian isu-isu pendidikan Islam kontemporer di berbagai lembaga pendidikan Islam. Jurnal ini mendorong penelitian dan diskusi akademik terkait pendidikan Islam dalam berbagai disiplin ilmu dan lembaga pendidikan, dengan perhatian khusus pada pengembangan keilmuan baik dalam ranah formal maupun nonformal. Ruang lingkup kajian jurnal ini mencakup, namun tidak terbatas pada: Studi pendidikan Islam di madrasah, pesantren, dan perguruan tinggi Islam, Inovasi pembelajaran, kurikulum, dan evaluasi dalam pendidikan Islam, Manajemen dan kepemimpinan pendidikan Islam, Pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan Islam, Pendidikan karakter, moral, dan spiritual berbasis nilai-nilai Islam, Pendidikan Islam di masyarakat (pendidikan nonformal, majelis taklim, dayah, dan lembaga komunitas), Perbandingan pendidikan Islam dengan sistem pendidikan lainnya., Isu-isu kontemporer seperti moderasi beragama, pendidikan multikultural, gender, dan tantangan global dalam pendidikan Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Pase: Journal of Contemporary Islamic Education" : 6 Documents clear
Manajemen Dayah dalam Mewujudkan Kualitas Lulusan Di Dayah Raudhatul MaʻArif Cot Trueng Andria, Ferdian
Pase: Journal of Contemporary Islamic Education Vol. 2 No. 1 (2023): Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
Publisher : Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47766/pase.v2i1.1369

Abstract

Sebagian masyarakat menganggap dayah salafiyah merupakan lembaga kuno karena kurang mampu mengatur aspek manajemen. Lulusan seringkali dicap kurang berpendidikan dan hanya berkutat dengan urusan agama, serta kesulitan berkompetensi dalam dunia kerja. Namun, beberapa dayah salafiyah telah menerapkan manajemen modern, termasuk Dayah Raudhatul Ma'arif Cot Trueng. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen dayah dalam mewujudkan mutu lulusan di Dayah Raudhatul Ma'arif Cot Trueng dengan sub fokus pada proses membangun kepercayaan masyarakat dan implementasi manajemen peningkatan mutu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses membangun kepercayaan masyarakat dilakukan dengan membangun reputasi melalui penjaminan mutu, kemudian kegiatan keagamaan yang menghasilkan rekam jejak yang terlihat melalui tiga dimensi Landasan Kepercayaan Kognitif, yaitu: (a) kemampuan dan pengetahuan agama yang telah dibina sejak dini, (b) kebaikan dayah sebagai bentuk perhatian dan tanggung jawab untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi masyarakat, dan (c) integritas dalam sikap dan cara berpikir lulusan sebagai representasi dari dayah untuk mewujudkan visi dan misi dayah. (2) Pelaksanaan peningkatan kualitas Dayah Raudhatul Ma'arif Cot Trueng dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: (a) perencanaan di masing-masing bidang melalui rapat formatur pengurus dan stakeholders dayah dan pembentukan kepengurusan, (b) pelaksanaan kegiatan harian, (c) pemeriksaan dengan pengawasan langsung dan mendeteksi kekurangan, dan (d) tindak lanjut dengan mengambil tindakan terhadap hasil tahap pemeriksaan. Jika hasilnya tidak sesuai target, maka akan diperbaiki. Namun jika sudah mencapai target, maka hasil tersebut akan dikembangkan sebagai standar baru dalam operasional dayah.  
Inovasi Bahan Ajar Audio Visual berbentuk Animasi dalam Pembelajaran PAI Mikamahuly, Fonna
Pase: Journal of Contemporary Islamic Education Vol. 2 No. 1 (2023): Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
Publisher : Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47766/pase.v2i1.1672

Abstract

Fakta dunia pendidikan saat ini terlihat begitu banyak siswa yang menghadapi kesulitan dalam belajar. Ini adalah akibat dari kurangnya keinginan untuk belajar dan hasil belajar yang buruk. Siswa mengeluh tentang metode pembelajaran yang digunakan. Tentu saja dapat dilihat dari hasil evaluasi dan proses pendidikan dan pembelajaran yang belum mencapai tingkat keberhasilan yang cukup. Siswa akan menjadi kebingungan dan sulit memahami pelajaran jika kegiatan pembelajarannya monoton. Dan ini telah berlangsung lama. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan konsep dasar bahan ajar audio visual berbantuk animasi dan pengembangannya dalam pembelajaran PAI. Melalui penelitian kepustakaan (library research) diketahui bahwa ahli media dan ahli materi pembelajaransangat yakin jika..animasi..merupakan..media…yang..sangat..efektif dalam pembelajaran..Pendidikan..Agama..Islam. Dengan penggunaan Animasi dalam pembelajaran, Siswa akan tetap fokus sehingga materi yang disampaikan terserap dengan baik berdasarkan tujuan pembelajaran yang ditentukan. Melalui media animasi, akan  meningkatkan pemahaman siswa, motivasi, dan hasil belajar yang lebih optimal. Tak hanya itu, efesiensi waktu dan energi guru akan terjaga. Jika digunakan dalam pelajaran pendidikan agama Islam, pasti akan membantu siswa menyerap materi dan peningkatan pemahaman yang mendalam, sehingga pembelajaran relevan dengan tujuan yang hendak dicapai.
Strategi TASTAFI dalam Pembinaan Pendidikan Islam Masyarakat Aceh T Faizin
Pase: Journal of Contemporary Islamic Education Vol. 2 No. 1 (2023): Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
Publisher : Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47766/pase.v2i1.1775

Abstract

Penelitian ini berjudul strategi TASTAFI dalam pembinaan pendidikan Islam masyarakat Aceh. Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana strategi TASTAFI dalam pembinaan pendidikan Islam masyarakat Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive yaitu digali berdasarkan tujuan penelitian ini. Berdasarkan data yang diperoleh, maka hasil penelitian ini yaitu: Strategi TASTAFI dalam pembinaan pendidikan Islam masyarakat Aceh dalam beberapa bentuk pengimplementasian, yaitu peran dalam pembinaan ilmu melalui pengajian, diskusi baik secara langsung maupun melalui media. Peran dalam pengembangan dakwah melalui majelis taklim. Peran dalam pembinaan amal shalih masyarakat. Peran pemberdayaan Ulama dayah dalam suatu wadah organisasi dakwah. Peran dalam pemberdayaan kepemimpinan melalui kegiatannya demi tegaknya syariat Islam. Peran dalam amar ma`ruf nahi munkar dan peran pembinaan ukhwah dengan dayah-dayah untuk bekerjasama dalam pembinaan pendidikan Islam masyarakat Aceh melalui organisasi TASTAFI.
Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Santri di Lhokseumawe Safitri, Maya; Jeumpa, Nurul
Pase: Journal of Contemporary Islamic Education Vol. 2 No. 1 (2023): Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
Publisher : Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47766/pase.v2i1.1780

Abstract

Abstrak: Guru PAI sangatlah berperan aktif dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada santri,  tetapi tak jarang juga guru terkendala oleh minat belajar santri yang kurang dan  kedisiplinan santri. Sehingga guru harus memaksimalkan perannya sebagai  pemberi motivasi. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mendeskripsikan, mengetahui metode serta menemukan kendala  yang dihadapi guru mengaji dalam motivasi belajar Al-Qur’an  pada santri. Penelitian ini  menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan  menggunakan metodefield research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa,  Peran guru dalam motivasi belajar Al-Qur’an pada santri adalah  pengaktif santri dalam kegiatan belajar mengajar, pencipta suasana kelas yang  kondusif, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, peningkat antusias, pemberi reward.Metode guru dalam  meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada santri yaitu metode pemberian reward seperti pemberian hadiah berupa pulpen,  snack dan  pemberian nilai serta pemberian hukuman edukatif seperti menyetor hafalan surah pendek dan mengerjakan tugas. Adapun kendala guru dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada santri yaitu sikap yang kurang baik, minat  belajar yang kurang, daya serap santri yang kurang baik, dan kurangnya disiplin  santri.      
Pengembangan Bahan Ajar Audio Visual Berbentuk Video dengan Menggunakan Aplikasi Canva dalam Pembelajaran PAI Saizul, Alfira; Razali Abdullah, Khadijah; Wardhani, Nia
Pase: Journal of Contemporary Islamic Education Vol. 2 No. 1 (2023): Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
Publisher : Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47766/pase.v2i1.1782

Abstract

Abstract: This study aims to describe the develop of audio-visual based learning media (video) through Canva Application in PAI learning. The design of this study is library research. Based on descriptive and textual analysis refer to primary data is teaching material, secondary datais teachers and students and another data sources to support the study of the research. The result finding is the used of audio visual through Canva Application to increase students learning motivation on the material and the used of audio-visual learning media (video) is basically intended to make learning activities more effective in learning goals can be achieved well. Keyword: Teaching Materials Innovation, Audio-visual Videos, Canva Application
Strategi Guru dalam Penilaian Prestasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Aceh Jaya Nurmayuli, Nurmayuli; Oktarina, Risma
Pase: Journal of Contemporary Islamic Education Vol. 2 No. 1 (2023): Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
Publisher : Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47766/pase.v2i1.1789

Abstract

Prestasi belajar sebagai tolak ukur dalam melihat perkembangan pembelajaran. Guru yang berperan dalam penilaian prestasi peserta didik. Bayak ragam peserta didik terkhusus pada anak berkebutuhan khusus yang memiliki tingkatan kesulitan belajar yang berbeda-beda, peserta didik mengalami kekurangan baik dari segi emosi, mental, sosial, kelaian fisik lainnya, serta potensi kecerdasan dan bakat istimewanya. Sehingga tujuan penelitin ini ialah mengetahui bagaimana stategi guru dalam penilaian prestasi belajar peserta didik di SLB Negeri Aceh Jaya. Metode penelitiandigunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengambilan sampel yaitu proposif sampling yang terdiri dari kepala sekolah dan 3 orang guru. teknik pengumpulan data dengan 3 cara yaitu observasi non partisipan, wawancara semi tersturtur, dan dokumentasi. Data di analisis dengan model sirkuler nasution. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 ranah penilaian guru terhadap praestasi belajar yaitu a) penilaian pengetahuan yang dilihat berdasarkan tes tertulis dan lisan. b) penilaian keterampilan yang dilihat berdasarkan keterampilan, kemampuan dan bakat minat yang dimiliki peserta didik. c) penilaian sikap yang dilihat berdasarkan keseharian, kepercayaan diri, keberanian dan sopan satun peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 6