cover
Contact Name
Yohan Brek
Contact Email
yohanbrek74@gmail.com
Phone
+628129512366
Journal Mail Official
jurnalaisthetikos@gmail.com
Editorial Address
Kelurahan Singkil Satu Lingk III Kec Singkil
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni
ISSN : -     EISSN : 31095178     DOI : https://doi.org/10.70420/aisthetikos.v2i1
AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni merupakan Jurnal yang dipublikasikan ole PT. Giat Konseling Nusantara, Jurnal ini bekerjasama dengan Asosiasi Poimenika Indonesia (APIN). AISTHETIKOS adalah jurnal akademik yang didedikasikan bagi kajian-kajian ilmiah di bidang teologi dan seni, baik dalam aspek teori, praktik, maupun refleksi iman. Nama "AISTHETIKOS" berasal dari akar kata Yunani aisthesis yang berarti persepsi atau pengalaman estetis, yang dalam konteks jurnal ini menekankan keterkaitan erat antara Teologi, Iman, Keindahan, dan Ekspresi Artistik. Jurnal ini bertujuan sebagai forum intelektual yang mempertemukan para teolog, seniman, akademisi, dan praktisi kreatif yang tertarik mengeksplorasi titik temu antara teologi sebagai refleksi iman dan seni sebagai ekspresi pengalaman spiritual. AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni melakukan penerbitan artikel pada pada bulan APRIL dan OKTOBER setiap tahun berjalan. AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni menerima artikel orisinal, esai ilmiah, studi kasus, refleksi teologis, dan kajian kritis yang mencakup tetapi tidak terbatas pada tema-tema berikut: 1. Teologi Estetika Konsep keindahan dalam iman Kristen Teologi keindahan dan keagungan ilahi Estetika dalam pemikiran teologi klasik dan kontemporer Filsafat seni dan kontribusinya dalam pemikiran teologi 2. Seni dalam Konteks Iman Musik, seni rupa, puisi, dan teater dalam ekspresi iman Seni kontemporer sebagai bentuk pewartaan Seni sakral dan liturgi 3. Teologi Visual dan Representasi Artistik Ikonografi dan simbolisme Kristen Representasi Alkitab dalam seni visual dan media Kajian semiotika dalam ekspresi teologi Teologi dan kritik seni 4. Seni dan Spiritualitas Kontekstual Inkulturasi seni dalam liturgi lokal Ekspresi artistik gereja di masyarakat adat/konteks lokal Hubungan seni-tradisi-budaya dalam spiritualitas Kristen Seni dalam pelayanan pastoral dan konseling
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober || AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni" : 5 Documents clear
Membangun Karakter Siswa Melalui Konseling Pastoral  Sumual, Eunike; Brek, Yohan
AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober || AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni
Publisher : PT. Giat Konseling Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70420/aisthetikos.v1i2.169

Abstract

This study aims to examine how pastoral counseling can be a solution in building students' character in elementary schools. Through a literature review, this study analyzes various literatures relevant to the topic. The results of the study show that character education currently faces significant challenges, such as the decline of moral values and the negative influence of technology. Pastoral counseling, with its approach to spirituality and religious values, is considered to have great potential in building students' character. This approach can help students develop self-understanding, overcome problems, and find meaning in life. This study concludes that pastoral counseling can be one of the efforts to address the problems of character education in elementary school students
Pendidikan Agama Kristen di Era Digital: Perspektif Progresivisme Elsye Estrina Londo; Sugijanti Supit
AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober || AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni
Publisher : PT. Giat Konseling Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70420/aisthetikos.v1i2.205

Abstract

This article examines the application of progressive philosophy in Christian religious education in the digital era. By adopting a progressive approach, the methods of teaching Christian religion have undergone significant transformation from traditional methods to technology-based learning. This study identifies the challenges and opportunities arising from the digitalization of education and evaluates the effectiveness of integrating technology in enhancing student engagement and understanding. This research was conducted using the literature study method. The analysis results indicate that the progressive approach, supported by adequate technological infrastructure and professional training for educators, can improve the quality of Christian religious education, making it more adaptive to the needs of students in the digital era.
Integrasi Filsafat Eksistensialisme Soren Kierkegaard dalam PAK anak, ditinjau dari Perspektif Filosofis dan Teologis di era Digital Syanette DD Katoppo; Sugijanti Supit
AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober || AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni
Publisher : PT. Giat Konseling Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70420/aisthetikos.v1i2.206

Abstract

Bahwa penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi filsafat eksistensialisme Soren Kierkegaard ke dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) bagi anak di era digital, ditinjau dari perspektif filosofis dan teologis. Adapun Fokus utama penelitian ini nilai-nilai eksistensialisme, yakni tanggung jawab personal, kebebasan, dan hubungan otentik dengan Tuhan,bisa diterapkan dalam membentuk karakter anak agar semakin beriman menghadapi tantangan dunia era digital ini. Untuk metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yakni dengan pendekatan studi literatur dan analisis tematik. Sumber data utama meliputi karya-karya Kierkegaard, literatur teologi Kristen, serta kajian tentang pendidikan anak dan pengaruh era digital. Analisis dilakukan dengan membandingkan prinsip- prinsip eksistensialisme Kierkegaard dengan konsep PAK dan tantangan yang muncul dalam perkembangan digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi eksistensialisme Kierkegaard dalam PAK anak, mampu membantu anak memahami identitas dirinya sebagai individu yang bertanggung jawab di hadapan Tuhan. Nilai-nilai seperti kejujuran dalam relasi, keberanian mengambil keputusan, dan penghayatan iman personal menjadi fondasi penting untuk menghadapi pengaruh negatif dunia digital, seperti alienasi, bahwa konseling pastoral dapat menjadi salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar
KEARIFAN LOKAL UPACARA ADAT PANEN DAN PASTORAL KELUARGA DI KEPULAUAN SANGIHE, SULAWESI UTARA Claudia A. Tamuntuan; Gracia Gabriella Aurelia Sahabat; Silvia Shalomnita Deny
AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober || AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni
Publisher : PT. Giat Konseling Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70420/aisthetikos.v1i2.207

Abstract

Kepulauan Sangihe di Sulawesi Utara merupakan daerah yang kaya akan keanekaragaman budaya dan tradisi. Salah satu upacara adat yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Sangihe adalah upacara panen. Upacara ini melibatkan keluarga-keluarga dalam proses panen dan merupakan perayaan untuk menghormati dewa-dewa penjaga tanaman dan mengucapkan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memahami kearifan lokal dan pastoral keluarga yang terkait dengan upacara adat panen di Kepulauan Sangihe. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis konten untuk mengumpulkan data tentang praktik, keyakinan, dan nilai-nilai yang mendasari upacara panen.Selain itu, upacara panen juga memiliki dimensi pastoral yang erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari keluarga Sangihe. Proses panen dianggap sebagai momen penting untuk membangun hubungan harmonis antara manusia dan alam. Keluarga-keluarga bekerja sama, saling membantu, dan menghargai kontribusi setiap anggota keluarga dalam proses panen. Hal ini memperkuat ikatan sosial antara anggota keluarga dan meningkatkan solidaritas dalam komunitas.Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya melestarikan kearifan lokal dan pastoral keluarga dalam upacara adat panen di Kepulauan Sangihe. Upaya pelestarian dan penghargaan terhadap tradisi ini dapat menjadi sumber inspirasi dalam mengembangkan kebijakan yang berkelanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian budaya lokal. Selain itu, pemahaman yang lebih dalam tentang kearifan lokal dan pastor
MENELADANI YESUS DALAM MENDIDIK : KONSELOR YANG BERHIKMAT DI JEMAAT GMIST BAITANI BEBALI Dikson Tatipang; MilitiaChristy Karin Pay; Frisca Elisabeth Londo
AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober || AISTHETIKOS Jurnal Ilmu Teologi dan Seni
Publisher : PT. Giat Konseling Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70420/aisthetikos.v1i2.210

Abstract

In the world of education and counseling, the role of teachers and counselors is crucial in guiding individuals to reach their fullest potential. Jesus Christ, as the Great Teacher and Divine Counselor, sets an extraordinary example through His teachings and actions, which are filled with wisdom, love, and patience. This article explores the principles that can be learned from Jesus in the context of education and counseling, focusing on His profound wisdom in guiding, teaching, and providing counsel that addresses the inner needs of individuals. Through a holistic approach, Jesus not only offers practical solutions but also healing that encompasses physical, emotional, and spiritual aspects. The research method used in this article is qualitative research with a literature study. It is hoped that by emulating the wisdom of Jesus, educators and counselors can provide more effective, loving, and transformational guidance in the lives of the individuals they serve, amidst the growing complexities of modern times.

Page 1 of 1 | Total Record : 5