cover
Contact Name
NUR HUDA SARI
Contact Email
lp3mannadwahnew10@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp3mannadwahnew10@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapten Tendean, Tungkal III, Kec. Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi 36514, Indonesia
Location
Kab. tanjung jabung barat,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
ISSN : 2807128X     EISSN : 27988694     DOI : -
Core Subject : Economy,
Al Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah is a scholarly journal focusing on Islamic Business Management, published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat of the Institut Agama Islam An Nadwah Kuala Tungkal. The journal is published biannually in July and December. Al Amal welcomes and publishes research articles, theoretical studies, and best practices related to the management of businesses based on Sharia principles. Topics covered include, but are not limited to, Islamic financial management, halal marketing, leadership and governance in Sharia-based businesses, innovation and entrepreneurship within the Islamic economy, as well as strategies for Sharia-compliant business development. The journal aims to provide a platform for expanding knowledge, sharing insights, and promoting high-quality research in the field of Islamic Business Management
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah" : 5 Documents clear
ETIKA BISNIS SYARI’AH Muslimah, Muslimah
Al - A'mal Vol 1 No 1 (2021): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teori akuntansi adalah bagian dari praktik akuntansi. Pemahaman yang baik tentang teori akuntansi akan mendorong pengembangan akuntansi untuk praktik akuntansi. Secara konseptual, praktik akuntansi syariah hadir sebagai solusi untuk masalah transaksi konvensional yang tidak sesuai dengan nilai-nilai IsLam. Oleh karena itu perlu penjelasan lebih lanjut tentang berbagai asumsi yang mendasari praktik akuntansi syariah di Indonesia. Untuk memahami dan menjelaskan praktik akuntansi syariah yang diterapkan Indonesia, perlu pendekatan teori akuntansi dengan nilai-nilai IsLam. Peneliti menggunakan studi kepustakaan terhadap buku, literatur, catatan, laporan yang ada hubungannya dengan artikel ini.
TEORI DAN PRAKTEK AKUNTANSI SYARIAH Kasnelly, Sri
Al - A'mal Vol 1 No 1 (2021): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis dibutuhkan etika untuk menarikpembeli, pemasok barang dan sama-sama penjual, etika ini merupakan suatubagian yang terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis karena etikadipandang sebagai pedoman dalam membuat keputusan atau memecahkanmasalah dalam berbisnis. Pada hakekatnya bisnis tidak semata-mata bersifatmaterial yang hanya bertujuan mencari keuntungan material semata, tetapi bersifatmaterial dan sekaligus immaterial, bahkan lebih mengedepankan hal-hal yangbersifat immaterial dan kuantitas. Aktifitas bisnis tidak hanya dilakukan sesamamanusia, tetapi juga dilakukan antara manusia dan Allah SWT. Bisnis harusdilakukan dengan niat yang ikhlas, teliti dan cermat dalam proses administrasi danperjanjian-perjanjian yang dibuat serta bisnis tidak boleh dilakukan dengan caramenipu atau melakukan kebohongan, hanya karena ingin memperoleh keuntunganyang banyak.
AMIL ZAKAT DALAM KINERJANYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM Arif, M.Syaikhul
Al - A'mal Vol 1 No 1 (2021): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Zakat merupakan suatu kewajiban bagi orang Islam zakat sama halnya dengansalat karena di Alquran dikatakan bahwa Dirikanlah salat dan tunaikanlahzakat kalimat ini menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam halkewajiban, oleh karena itu ketika kita berbicara tentang zakat maka akantimbul berbagai macam di dalamnya, baik itu siapa yang wajib berzakat, siapayang yang melakukan prosesnya (Amil zakatnya) dan seterusnya. ketika kitaberbicara masalah zakat maka kita tidak akan terlepas daripada ada yangmengelola atau pengelola zakat itu sendiri dan itu disebut Amil zakat dan disini menjadi perbedaan pendapat tentang Upah atau bagian daripada amil zakatdalam mengerjakan tugasnya ada beberapa pandangan ulama mengenai hal itutidak lebih dari seperdelapan atau kurang dari seperdelapan dan seterusnyadalam pendistribusian harus dilakukan dengan tepat sasaran Siapa yang di berikreterianya dan besar takarannya berapa, dan amirul mukminin wajib syaratdan rukun untuk di jadikan sebagai amil zakat.
KONSEP MARKETING MIX DALAM EKONOMI ISLAM Heru Setiawan, Mashudi Hariyanto
Al - A'mal Vol 1 No 1 (2021): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada era perindustrian usaha saat ini menginginkan bahwa keuntungan sebesarbesarnyadengan menghalalkan segala cara tanpa mempertimbangkan nilai-nilaimoral transendental. Etika persaingan seperti ini akan mengakibatkan persainganyang tidak sehat, profesional dan sportif, merugikan pelanggan dan dampakterburuknya adalah perusahaan akan kehilangan pelanggan. Secara ironis telahterjadi pergeseran paradigma bahwa masyarakat saat ini menganggap perilakubisnis yang menggunakan etika Islam akan menghambat proses pencapaiankeuntungan yang maksimal sebagai prinsip berbisnis. Marketing mix dalamperspektif Islam meliputi produk, harga, promosi, distribusi, dan orang, sebagaikonsep alternatif strategi dalam mempertahankan persaingan. bahwa seorangmarketer syariah dalam melayani pelanggan yang mendasarkan pada prinsipprinsipbauran pemasaran dalam perspektif Islam yang bersumber dari al-Qur'andan as-Sunnah, akan mampu memberikan maṣlaḥah (kesejahteraan) kepadapelanggan, sehingga tercipta hubungan yang baik. hubungan antara pelanggan danpenjualan pekerja dan dengan perusahaan dalam jangka panjang, pada akhirnyadapat mengantarkan perusahaan lebih mapan dan berkelanjutan.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, CITRA PENGINAPAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI WISMA BALQIS KUALA TUNGKAL Fiqri, Yudhi Yanuar
Al - A'mal Vol 1 No 1 (2021): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini menjelaskan: 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadapkepuasan konsumen, 2) pengaruh citra penginapan terhadap kepuasan konsumen, 3)pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen, 4) uji kualitas pelayanan, citra penginapandan harga terhadap kepuasan konsumen di Wisma Balqis Kuala Tungkal. Sampelpenelitian adalah konsumen/pelanggan yang menginap di wisma balqis dan bersediauntuk diwawancarai atau mengisi kuesioner. Jumlah sampel yang diambil selama periodepenelitian sebanyak 22 responden. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengandeskripsi kuantitatif. Peneliti menguji hipotesis dengan menggunakan Uji Regresi LinierBerganda, Uji T satu sampel, dan uji regresi F. Hasil penelitian menunjukkan bahwapengaruh kualitas pelayanan, citra penginapan dan harga terhadap kepuasan konsumen diwisma balqis Kuala Tungkal adalah baik dan optimal, dari segi kualitas pelayanan,kualitas wisma balqis Kuala Tungkal dikategorikan cukup, citra penginapan termasukdalam kategori cukup, dan Harga dikategorikan baik untuk kepuasan pelanggan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5