Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Al Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah is a scholarly journal focusing on Islamic Business Management, published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat of the Institut Agama Islam An Nadwah Kuala Tungkal. The journal is published biannually in July and December. Al Amal welcomes and publishes research articles, theoretical studies, and best practices related to the management of businesses based on Sharia principles. Topics covered include, but are not limited to, Islamic financial management, halal marketing, leadership and governance in Sharia-based businesses, innovation and entrepreneurship within the Islamic economy, as well as strategies for Sharia-compliant business development. The journal aims to provide a platform for expanding knowledge, sharing insights, and promoting high-quality research in the field of Islamic Business Management
Articles
8 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4 No 1 (2024): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah"
:
8 Documents
clear
Pengembangan Bisnis E-Commerce Dalam Perspektif Ekonomi Syariah
Rahmawati, Azizah;
Elisa, Putri
Al - A'mal Vol 4 No 1 (2024): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI An-Nadwah Kuala Tungkal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang bisnis e-commerce dalam perspektif ekonomi syariah. Metode yang digunakan adalah library research (studi perpustakaan), hasil temuan bisnis e-commerce telah menjadi kekuatan dalam perkekonomian global dan memicu pertumbuhan yang sangat pesat serta menunjang segala kebutuhan yang diperlukan masyarakat. Maka semakin penting bagi umat Islam untuk mentelaah secara mendalam tentang bagaimana cara mengimplementasikan prinsip-prinsip ekonomi syariah dalam pengembangan bisnis e-commerce. Agar bisnis e-commerce sesuai dan dapat digunakan oleh seluruh umat Islam. E-commerce memiliki kesamaan dengan konsep akad Bai’ ass-salam dalam Islam yang ditinjau dari sifat barang yang ditangguhkan dan pembayaran disegerakan. Menganalisis kerangka kerja hukum Islam yang mengatur proses penjual serta implikasi dan praktisnya terhadap pelaku bisnis dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bisnis e-commerce harus mematuhi segala syarat dan rukun yang telah ditetapkan dalam Islam berdasarkan al-Qur’an dan hadits serta mengikuti prinsip-prinsip ekonomi syariah seperti kepatuhan terhadap hukum Islam (halal dan haram), larangan riba (bunga), ‘adl (keadilan) dalam bisnis, transparansi dan tanggung jawab sosial.
Faktor-Faktor Pendukung Keberlanjutan Usaha Toko Saqila Azahra Di Kel.Patunas
Kasnelly, Sri;
Nabila, Amelia;
Rahimah, Indah;
Samsiyah, Samsiyah
Al - A'mal Vol 4 No 1 (2024): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI An-Nadwah Kuala Tungkal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung keberlanjutan usaha Toko Saqila Azahra di Kelurahan Patunas di Jalan Sriwijaya Kuala Tungkal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengamatan dan wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung keberlanjutan usaha toko Saqila Azahra adalah kemampuan toko meningkatkan penjualan, harga yang sama dengan pesaing, melayani dengan ramah dan memberikan kesempatan utang kepada pelanggan yang telah dikenal dengan baik.
Transaksi Yang Dilarang Dalam Islam
Fiqri, Yudhi Yanuar
Al - A'mal Vol 4 No 1 (2024): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI An-Nadwah Kuala Tungkal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Islam telah memberikan panduan jelas dalam bertransaksi guna mendapatkan hasil yang halal dan tayib. Oleh karena itu, penting bagi umat Muslim untuk menjauhi transaksi yang dilarang dalam islam agar tidak merugikan diri sendiri. Transaksi yang dilarang dalam Islam adalah transaksi yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu (1) haram zatnya (objek transaksinya), (2) Haram selain zatnya (cara bertransaksinya), (3) tidak sah/lengkap akadnya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitan ini yaitu metode penelitian kulitatif dengan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian literature review di mana pengumpulan informasi dilakukan dengan cara menelaah dari beberapa sumber tertulis yaitu jurnal, buku, arttikel dan sumber-sumber lainnya sesuai dengan topik penelitian.
Edukasi Masyarakat Tentang Strategi Pengembangan Model Bisnis Syariah Dalam Meningkatkan Usaha
Rahmawati, Azizah;
Purwanti, Iis;
Baity, Laila Nur;
Oktaviani, Laila
Al - A'mal Vol 4 No 1 (2024): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI An-Nadwah Kuala Tungkal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This study aims to explore the impact of community education on business model development strategies on business success. Business education is an important component that can improve the knowledge and skills of entrepreneurs, especially in designing and implementing effective business models. The method used in this research is a qualitative method. In addition, this research also uses educational methods with the zoom platform which is implemented to deliver educational material to MSME players. The results showed that structured and sustainable community education on business model development strategies can improve business owners' understanding of markets, business success, and product innovation. In addition, this study found that business owners who actively participate in business education programs tend to have higher business success rates than those who do not. The implication of this study is that the government and related institutions need to strengthen business education programs as an effort to improve business competitiveness and sustainability among the community.
Penyegaran Kemahiran Berbahasa Indonesia Bidang Tata Kalimat Dan Paragraf Di SD Muhammadiyah
., Muhtadin
Al - A'mal Vol 4 No 1 (2024): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI An-Nadwah Kuala Tungkal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan ilmu dalam Kemahiran Berbahasa Indonesia berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan bidang Tata Kalimat dan Paragraf Bahasa Indonesia. Tempat pelaksanaan kegiatan di SD Muhammadiyah Kuala Tungkal dan waktu pelaksanaan hari Senin 23 Oktober 2023, Pukul 08.00 s.d 09.15 WIB. Sasaran kegiatan ini tercapainya perubahan sikap dan pengetahuan serta keterampilan dalam menulis kalimat dan paragraf bahasa Indonesia bagi siswa/i SD Muhammadiyah di Kuala Tungkal dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang. Metode kegiatan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi antar siswa-siswi. Target Capaian dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah tersusunnya laporan hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat dan terjadinya perubahan pola pikir (mindset) sikap dan pengetahuan serta keterampilan dalam menggunakan kalimat dan paragraf Bahasa Indonesia yang baik dalam meningkatkan kompetensi akademik siswa-siswi SD Muhammadiyah di Kuala Tungkal.
Peranan Komunikasi Organisasi Dalam Pengembangan Bisnis Syariah
Agustina, Sintha Dewi
Al - A'mal Vol 4 No 1 (2024): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI An-Nadwah Kuala Tungkal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Keterampilan komunikasi sangat penting dalam kehidupan organisasi, bahkan menjadi suatu kebutuhan. komunikasi dalam organisasi menjadi poin kunci dalam menciptakan situasi dan lingkungan yang menguntungkan, menciptakan komunikasi yang berkesinambungan, meningkatkan kepercayaan publik, meningkatkan citra baik perusahaan/organisasi bahkan membantu mempromosikan dan meningkatkan pemasaran produk/jasa. Oleh karena itu, setiap individu, bukan suatu komunitas, harus mengatur, memahami, melaksanakan dan mengembangkan komunikasi dalam organisasi dengan benar. Komunikasi pada bisnis syariah merupakan proses berbagi informasi antara orang-orang di dalam dan di luar perusahaan. Komunikasi bisnis yang efektif adalah cara karyawan dan manajemen berkomunikasi untuk mencapai tujuan bisnis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan praktik bisnis dan mengurangi kesalahan. Komunikasi organisasi adalah sebuah proses penerimaan dan penyampaian pesan dalam suatu jaringan hubungan yang saling bergantung satu sama lain. Seorang pemimpin dalam menjalankan roda kepemimpinannya harus memiliki keterampilan yang baik dalam berkomunikasi agar proses komunikasi yang terjadi didalam organisasi dapat berjalan dengan baik yang melibatkan komunikasi antara pemimpin dengan bawahannya atau sebaliknya. Dalam fungsinya seorang pemimpin harus menguasai komunikasi yang efektif dan juga harus jeli membaca situasi dan kondisi yang sedang terjadi sehingga seorang pemimpin dapat menyampaikan informasi dengan baik dan informasi tersebut dapat diterima dengan baik oleh pegawainya. Dalam proses pelaksanaannya komonikasi organisasi tergantung bagaimana individu didalam dapat berkomunikasi dengan baik dan terencana sehingga target yang telah ditetapkan oleh organisasi tersebut dapat tercapai.
Pelatihan Digital Marketing Dalam Pengembangan UMKM Di Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Kasnelly, Sri;
Elisa, Putri;
Karomah, Siti;
Raniasa, Fitra;
Rahmadani, Novi
Al - A'mal Vol 4 No 1 (2024): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI An-Nadwah Kuala Tungkal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Di era digital, digital marketing (pemasaran digital) telah menjadi sangat penting bagi pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pelatihan ini mengeksplorasi pemasaran digital yang telah dilakukan dalam mengembangkan UMKM di Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pengabdian kepada Masyarakat berbentuk pelatihan ini menggunakan metode door to door dengan mendatangi beberapa pelaku UMKM untuk diberikan pemahaman dan dilatih hingga mampu menggunakan pemasaran digital. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa belum semua pelaku UMKM menggunakan pemasaran digital. Dengan pelatihan ini, pemasaran secara digital melalui facebook dapat meningkatkan penjualan. Selain itu, pemasaran digital membantu UMKM membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan mengurangi biaya pemasaran. Namun, kendala seperti keterbatasan pengetahuan teknologi dan akses internet yang tidak merata masih menjadi tantangan, diperlukan dukungan berbagai pihak untuk memaksimalkan potensi digital marketing (pemasaran digital) bagi UMKM.
Manajemen Keuangan Pada Pelaku Usaha Kecil Menengah
Fiqri, Yudhi Yanuar
Al - A'mal Vol 4 No 1 (2024): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI An-Nadwah Kuala Tungkal
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pelaku usaha adalah setiap orang perseorangan atau badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum maupun bukan badan hukum yang didirikan dan berkedudukan atau melakukan kegiatan dalam wilayah hukum negara Republik Indonesia, baik sendiri maupun bersama-sama melalui perjanjian menyelenggarakan kegiatan usaha dalam berbagai bidang ekonomi. Dalam pengelolaan suatu usaha manajamen sangat diperlukan demi keberlangsungan suatu usaha, terlebih lagi manajemen keuangan. Manajemen keuangan merupakan aktivitas yang meliputi perencanaan usaha dengan tujuan untuk memastikan kelancaran seluruh proses yang melibatkan fungsi-fungsi seperti perencanaan keuangan, penganggaran, pengendalian keuangan, dll. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) disini lebih menitik beratkan pada bagaimana cara memanajemen suatu usaha terkhusus bagaimana sebaiknya memanajemen keuangan agar usaha tersebut dapat terus berjalan dengan sistem keuangan yang baik.