cover
Contact Name
-
Contact Email
mujahidinlppmstie@gmail.com
Phone
+6281270588262
Journal Mail Official
eirfan027@gmail.com
Editorial Address
Dr.samratulangi No.51 Kel. Tuweley Kec. baolan kab. Tolitoli
Location
Kab. toli toli,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Actual Organization Of Economic ( Jago-e)
ISSN : 27466817     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
agoe : Jurnal Actual Organization Of Economi adalah jurnal milik STIE Mujahidin Tolitoli dengan E-ISSN :- (elektronik). Terbit tiga kali setahun yaitu bulan April, Agustus dan desember. Menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan dan kajian ilmu ekonomi lainnya, baik laporan penelitian, maupun observasi buku yang belum pernah diterbitkan di media cetak ataupun elektronik. Fokus Dan Cakupan meliputi: Akuntansi Manajemen: Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional Ekonomi Pembangunan
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 02 (2025): Jurnal Actual Organization Of Economic (JAGO-E)" : 10 Documents clear
A ANALYSIS OF STUDENT INTEREST AT THE STATE ISLAMIC UNIVERSITY OF RADEN INTAN LAMPUNG IN THE DANA : ANALISIS MINAT MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG TERHADAP APLIKASI DANA nurlita, syania alifia
Jurnal Actual Organization Of Economic Vol. 6 No. 02 (2025): Jurnal Actual Organization Of Economic (JAGO-E)
Publisher : LPPM STIE Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat mahasiswa dalam menggunakan aplikasi DANA dibandingkan dengan dompet digital lainnya serta mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan aplikasi DANA sebagai alat transaksi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung yang aktif menggunakan aplikasi DANA, sedangkan data sekunder dikumpulkan dari berbagai sumber daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi DANA menjadi salah satu dompet digital yang paling diminati oleh mahasiswa karena kemudahan akses, kecepatan transaksi, keamanan data, dan beragam promo menarik. DANA dianggap lebih praktis dan fleksibel dibandingkan dompet digital lainnya. Namun demikian, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti risiko pencurian data, biaya tambahan dalam transaksi, keterbatasan mitra merchant, dan potensi meningkatkan perilaku konsumtif. Ditinjau dari perspektif hukum ekonomi syariah, transaksi pada aplikasi DANA melibatkan akad wadi’ah dalam proses pengisian saldo dan akad bai’ dalam transaksi pembelian seperti pulsa dan pembayaran melalui QRIS. Secara keseluruhan, aplikasi DANA memberikan kemudahan dalam bertransaksi digital di kalangan mahasiswa, namun penggunaannya perlu disertai kesadaran terhadap risiko agar lebih bijak dan efisien.
mekanisme tata kelola dan profitabilitas terhadap green banking disclosure tita, alma
Jurnal Actual Organization Of Economic Vol. 6 No. 02 (2025): Jurnal Actual Organization Of Economic (JAGO-E)
Publisher : LPPM STIE Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banks in Indonesia have begun to prove their seriousness in responding to environmental issues through green banking program, it is a bank's effort to prioritize sustainable aspects in financing and operational activities. The Financial Services Authority regulation requires banks to communicate the implementation of green banking to stakeholders through reports prepared by banks. Disclosure of green banking has shown an increasing trend where banks have performed well although the level of disclosure is different. This study aims to analyze the effect of corporate governance mechanisms and profitability on green banking disclosure. The research design is quantitative. Corporate governance mechanisms represented by board size of directors, independent commissioners, and institutional ownership. The data used is in the form of annual reports and sustainability reports. The data analysis technique used is multiple linear regression. The results showed that the corporate governance mechanism represented by board size of directors had a positive effect on green banking disclosure, while independent commissioners and institutional ownership had no effect on green banking disclosure. Profitability has no effect on green banking disclosure because high and low profitability does not guarantee that the company will disclose information about green banking. The implications of the research show that managers as internal parties play the most role in presenting information so that it is hoped that in the future they can present information as completely as possible so that information asymmetry does not occur.
Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating Pada CV. Anugerah Perdana Kemiri Palu Umul Aiman
Jurnal Actual Organization Of Economic Vol. 6 No. 02 (2025): Jurnal Actual Organization Of Economic (JAGO-E)
Publisher : LPPM STIE Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis secara empiris pengaruh sistem pengendalian intern terhadap kinerja karyawan pada CV. Anugerah Perdana Kemiri Palu dan pengaruh motivasi (variabel moderating) terhadap hubungan antara sistem pengendalian interndengankinerja karyawan pada CV. Anugerah Perdana Kemiri Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis residual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem pengendalian intern memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan Kinerja karyawan PadaCV. Anugerah Perdana Kemiri Palu. Motivasi kerja memperkuat hubungansistem pengendalian internterhadap Kinerja karyawan PadaCV. Anugerah Perdana Kemiri Palu
Pengaruh Pengawasan, Teamwork Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Tengah I Wayan Heri Hermawan
Jurnal Actual Organization Of Economic Vol. 6 No. 02 (2025): Jurnal Actual Organization Of Economic (JAGO-E)
Publisher : LPPM STIE Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengawasan, teamwork dan kedisiplinan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif. Populasi penelitian adalah pegawai Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Provinsi Sulawesi Tengah yang berjumlah 118, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 54 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengawasan, teamwork dan kedisiplinan sudah baik sedangkan kinerja pegawai sangat baik pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Tengah. Pengawasan, teamwork dan kedisiplinan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Tengah. Pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Tengah. Teamwork berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Tengah. Kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Tengah
Pengaruh Komitmen Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BPR Modern Express Kantor Cabang Tolitoli via olivia; morad, ayuwandira; Jabal Nur; Hi. Mallu, Angga prayudha A.
Jurnal Actual Organization Of Economic Vol. 6 No. 02 (2025): Jurnal Actual Organization Of Economic (JAGO-E)
Publisher : LPPM STIE Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komitmen kerja dan Kepuasan kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BPR Modern Express Kantor Cabang Tolitoli. Merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian di dapat disimpulkan bahwa Komitmen Kerja dan Disiplin Kerja berpengaruh signifikam terhadap Kinerja Karyawan. Variabel Komitmen Kerja memiliki t hitung 5.561 > ttabel 2.052 dan nilai sig 0.000 < 0.05 sehingga variabel Komitmen Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Sedangkan untuk variabel Kepuasan Kerja diperoleh nilai t hitung 2.410 > ttabel 2.052 dan nilai sig 0.000 < 0.05 sehingga variabel Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Adapun hasil koefisien determinasi R2 nilai R square sebesar 0.710 yang artinya kontribusi Pengaruh Komitmen Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BPR Modern Express Kantor Cabang Tolitoli adalah sebesar 71%.
Pengaruh Rekrutmen Dan Kompensasi Terhadap Turnover Intention Karyawan Pada Cv. Alam Mega Jaya Kabupaten Tolitoli Moh. Rezky Ramadhan; Ramlawati; Hilmi; Rizaldi
Jurnal Actual Organization Of Economic Vol. 6 No. 02 (2025): Jurnal Actual Organization Of Economic (JAGO-E)
Publisher : LPPM STIE Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan Menganalisis Pengaruh Rekrutmen Dan Kompensasi Terhadap Turnover Intention Karyawan Pada CV. Alam Mega Jaya Kabupaten Tolitoli, Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi serta kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan CV. Alam mega jaya kabupaten tolitoli yang berjumlah 32 orang karyawan, menggunakan sampling jenuh, berkaitan dengan penelitian ini metode analisis linear berganda. Variabel Rekrutmen (X1) memiliki nilai signifikan sebesar 0.002 kurang dari 0.5 dan nilai t hitung -3,464 lebih besar dari t tabel -1,699. Maka berkesimpulan variable Rekrutmen berpengaruh negative dan signifikan secara parsial terhadap Turnover Intention (Y). Kompensasi (X2) memiliki signifikan sebesar 0.000 kurang dari 0.05 dan nilai t hitung -4,936 lebih besar dari t tabel -1,699. Maka berkesimpulan variable Kompensasi berpengaruh negative dan signifikan secara parsial terhadap Turnover Intention (Y). Hasil uji F menunjukan nilai signifikansi F sebesar 0,000 kurang dari 0,05 dan nilai F hitung sebesar 20,112 lebih besar dari F tabel 3,33. Maka berkesimpulan bahwa variabel Rekrutmen(X1) dan Kompensasi(X2) secara simultan atau bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Turnover Intention (Y).
Optimalisasi Pelayanan Pelanggan melalui Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Tofan Tri Nugroho
Jurnal Actual Organization Of Economic Vol. 6 No. 02 (2025): Jurnal Actual Organization Of Economic (JAGO-E)
Publisher : LPPM STIE Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Optimalisasi pelayanan pelanggan pada PDAM Delta Tirta melalui pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen (SIM) menjadi fokus penelitian ini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengidentifikasi adanya gap antara harapan pelanggan dengan kualitas layanan yang diberikan, terutama dalam hal keandalan layanan, responsivitas penanganan keluhan, dan transparansi informasi. Solusi yang ditawarkan meliputi pengembangan aplikasi mobile terintegrasi, implementasi sistem ERP, dan pemanfaatan CRM untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan. Simpulan penelitian menekankan pentingnya integrasi teknologi informasi dalam menutup gap pelayanan dan mencapai layanan yang optimal dan berkelanjutan.
PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN NON-FERFORMING FINANCING (NPF) TERHADAP CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2020 – 2024 ENDE; Deshinta Maya; Didin Rasyidin Wahyu
Jurnal Actual Organization Of Economic Vol. 6 No. 02 (2025): Jurnal Actual Organization Of Economic (JAGO-E)
Publisher : LPPM STIE Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study analyzes the effect of Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), and Non-Performing Financing (NPF) on the Capital Adequacy Ratio (CAR) of seven Islamic Commercial Banks in Indonesia for the period 2020–2024 using a quantitative multiple linear regression method, which found that ROA has a significant positive effect, ROE and NPF have a negative but insignificant effect, and simultaneously, all three have a significant effect with a contribution of 32.3%, which empirically confirms the importance of asset-based profitability in strengthening capital adequacy. However, this study is limited to three variables, a period affected by the pandemic, and a limited sample size, so the results need to be interpreted with caution.
ANALISIS PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA DI PT LAMONG ENERGI INDONESIA Risha Anggun Febrianti; Silvana Lucky Yasinta; Tofan Tri Nugroho
Jurnal Actual Organization Of Economic Vol. 6 No. 02 (2025): Jurnal Actual Organization Of Economic (JAGO-E)
Publisher : LPPM STIE Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam meningkatkan produktivitas kerja di PT Lamong Energi Indonesia. Manajemen SDM yang efektif diyakini mampu memotivasi karyawan, meningkatkan kompetensi, serta menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, sehingga berdampak positif terhadap kinerja perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen SDM seperti pelatihan dan pengembangan, sistem remunerasi, serta komunikasi internal yang baik berkontribusi signifikan terhadap peningkatan produktivitas kerja karyawan di PT Lamong Energi Indonesia. Temuan ini menegaskan pentingnya peran manajemen SDM sebagai faktor kunci dalam pencapaian tujuan organisasi dan keberlanjutan bisnis. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi praktis bagi manajemen perusahaan dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan SDM demi peningkatan kinerja yang optimal.
The effect of employee performance and productivity on service quality at PT Bank Sulteng, Tolitoli Branch: Pengaruh Kinerja dan Produktivitas Karyawan terhadap Kualitas Pelayanan pada PT Bank Sulteng Cabang Tolitoli Sabran
Jurnal Actual Organization Of Economic Vol. 6 No. 02 (2025): Jurnal Actual Organization Of Economic (JAGO-E)
Publisher : LPPM STIE Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kinerja Dan Produktivitas Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Pada PT Bank Sulteng Cabang Tolitoli. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 34 orang dengan Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh (Total Sampling). Instrumen utama dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu mengunakan kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, (2) produktivitas karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, serta (3) kinerja dan produktivitas secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan kontribusi sebesar 52%. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi peningkatan kinerja dan produktivitas dalam memperkuat kualitas layanan perbankan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10