cover
Contact Name
Ilham
Contact Email
prodipgmitakengon@gmail.com
Phone
+6282169331556
Journal Mail Official
prodipgmitakengon@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Takengon Aceh Jl. Yos Sudarso No.10, Takengon Bar., Kec. Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh 24519
Location
Kab. aceh tengah,
Aceh
INDONESIA
ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar
ISSN : -     EISSN : 31094457     DOI : doi.org/10.54604/elm
Core Subject : Religion, Education,
ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar adalah jurnal terkemuka yang berstatus peer-review dan open access. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah dari peneliti dan akademisi di seluruh dunia. Fokus utama jurnal ini adalah pada isu-isu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD), dengan penekanan pada pengembangan teori ilmiah yang memiliki dampak global. ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar mengutamakan penerbitan artikel yang berkualitas tinggi dan membahas masalah pendidikan dasar kontemporer melalui pendekatan interdisipliner dan multidisipliner. ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Takengon Aceh. Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada setiap bulan November dan Juni. Fokus dan Ruang lingkup ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar meliputi mencakup topik yang relevan dalam pendidikan dasar, seperti : 1. Pendidikan Dasar 2. Strategi Pembelajaran MI/SD 3. Metode Pembelajaran MI/SD 4. Perkembangan Peserta Didik 5. Profesionalisme Guru MI/SD 6. Media Teknologi Pembelajaran MI/SD 7. Manajemen Pendidikan MI/SD 8. Desain Inovasi Pembelajaran MI/SD 9. Evaluasi Pembelajaran MI/SD.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 01 (2025): ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar" : 5 Documents clear
Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Berkearifan Lokal pada Jenjang Sekolah Dasar di Tanah Gayo Astuti, Widya
Elementica Vol 2 No 01 (2025): ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Takengon Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/elm.v2i01.487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran Bahasa Inggris untuk anak pada jendang sekolah dasar berbasiss kearifan lokal masyarakat gayo di Aceh tengah. Hal ini ini dilatarbelakangi oleh minimnya jumah bahan ajar Bahasa Inggris di jenjang sekolah dasar yang mengangkat konteks budaya lokal, khususnya budaya Gayo di Aceh Tengah. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan : Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.  Uji validitas dilakukan ahli bahan ajar dan diujikan kepada dua puluh anak pada uji coba kelompok. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara dan dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar dari bab yang terdiri dari 15 materi pokok bahasan mendapat respon yang sangat baik, valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Metode Guru dalam Mencapai Target Hafalan al-Quran Peserta Didik di Sekolah Dasar IT Cendekia Takengon Nurfitriani, Rahmah; Almunawarah; Idris, Asdiana; Musradinur
Elementica Vol 2 No 01 (2025): ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Takengon Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/elm.v2i01.489

Abstract

SD IT Cendekia adalah salah satu lembaga pendidikan dasar yang menerapkan kurikulum pendidikan tahfiz untuk siswa SD di daerah Takengon. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang metode yang diterapkan oleh guru dalam mencapai target hafalan Quran siswa dan kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran tahfiz Quran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data primer terdiri dari ibu guru tahfiz yang berinisial MH, S.Pd dan Ibu EA, S. Inf, serta Ibu WI, S.Pd selaku kordinator kesiswaan sekolah di SD IT Cendekia Takengon. Tekhnik pengumpulan data: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data: Pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru tahfiz di SD IT Cendekia adalah metode Talaqqi, kemudian metode bin-nhadar, metode bil-ghaib, saba’ dan sabqi serta tasmi’. Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran tahfiz, diantaranya alokasi waktu yang kurang, Kemampuan menghafal peserta didik yang tidak sama, Kurang bimbingan orang tua, fasilitas kurang memadai. Adapun solusinya adalah dengan menambah waktu tahfiz diluar jam pembelajaran tahfiz, Memberikan perhatian khusus, memberikan nasehat, memberikan motivasi, berkonsultasi dengan orang tua peserta didik, memberikan ruangan yang layak
Pendekatan Diferensiasi dalam Pengajaran di Madrasah Ibtidaiyah Komala Putri, Rila; Fadila, Fani; Fauziah, Rara; Febrinita, Sagina; Raihan Ghalib, M; Muhammad Alfi, Legisan; Adyna Movitaria, Mega
Elementica Vol 2 No 01 (2025): ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Takengon Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan diferensiasi dalam pengajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Pendekatan diferensiasi adalah metode pembelajaran yang berfokus pada pengakuan dan penghargaan terhadap perbedaan individu siswa yang melibatkan siswa secara aktif sesuai karakteristiknya. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber teoritis terkait pendekatan diferensiasi, kurikulum merdeka, dan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa dengan membedakan isi, proses, produk dan lingkungan belajar. Pendekatan ini memberikan fleksibilitas bagi pendidik untuk menyesuaikan kurikulum dan strategi pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Disarankan untuk melakukan asesmen diagnostik guna mengidentifikasi profil belajar siswa dan menerapkan pembelajaran sesuai karakteristik siswa dalam kerangka kurikulum merdeka.
Analisis Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPAS Badriyah, Fina; Siregar, Nasyariah
Elementica Vol 2 No 01 (2025): ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Takengon Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/elm.v2i01.498

Abstract

Pendidikan yang terus berkembang menuntut guru agar dapat menggunakan beragam model pembelajaran yang ada. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengasah dan meningkatkan kreativitas siswa ialah model Project Based Learning (PjBL). Melalui model PjBL siswa diarahkan untuk mampu memecahkan masalah dan menyelesaikan sebuah proyek. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dampak dari penerapan model PjBL di tingkat sekolah dasar dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata Pelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yakni Systematic Literature Review (SLR) dimana sumber utama dari penelitian ini diambil dari sumber sekunder atau kepustakaan yang diambil dari artikel nasional yang ada di Garuda (Garba Rujukan digital) yang dikelola oleh kemendikbudristek. Hasil dari penelitian ini ialah adanya peningkatan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran IPAS yang menggunakan model Projct Based Learning.
Pendidikan Berbasis Budaya: Integrasi Kearifan Lokal di Alam Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Kalibeber Erawati, Dhini; Nailis Saniyyah, Farah; Mutmainah, Siti; Silvana, Anita; Prasetya Adi, Nugroho
Elementica Vol 2 No 01 (2025): ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Takengon Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54604/elm.v2i01.508

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri 2 Kalibeber serta menganalisis dampaknya terhadap keterlibatan dan pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengintegrasikan unsur budaya lokal Wonosobo, seperti mie ongklok, tari lengger, bahasa ngapak, dan tempe kemul ke dalam mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, SBdP, IPS, dan PPKn. Penggunaan media visual, cerita rakyat, dan proyek kreatif meningkatkan motivasi belajar siswa serta menumbuhkan kebanggaan terhadap budaya daerah. Meskipun belum terdapat RPP formal berbasis budaya, guru secara mandiri memodifikasi pembelajaran agar relevan dengan konteks lokal. Integrasi kearifan lokal terbukti memperkuat dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa serta mendukung pembentukan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila. Model ini layak dikembangkan sebagai pendekatan pembelajaran kontekstual di sekolah dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5