cover
Contact Name
Sulistiyanto
Contact Email
sulistiyanto@polsri.ac.id
Phone
+628117888339
Journal Mail Official
jasisfo@polsri.ac.id
Editorial Address
Jl. Sungai Sahang Lorong Pakjo Palembang Sumatera Selatan
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO)
ISSN : 27211614     EISSN : 27223418     DOI : https://doi.org/10.5281/zenodo
Core Subject : Science,
JASISFO (Jurnal Sistem Informasi) merupakan Jurnal dalam bidang Sistem Informasi yang dikelola oleh Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya dengan bidang fokus pada Information System, E-Business, Data Warehouse, Data Mining, Accounting Information System, Supply Chain Management System, Industrial Information System, Business Intelligence, Smart Information System, Decision Support System, Expert System, dan keilmuan yang relevan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2023): Maret 2023" : 5 Documents clear
PERANCANGAN APLIKASI PENGADUAN PELANGGAN BERBASIS WEB PADA PT TELKOM KANCATEL PEMANGKAT astuti, widji; Muhammad Anggi Kurniawan; Renol Burjulius
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 4 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi sangat cepat seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga kebutuhan akan pelayanan informasi yang cepat dan efisien menjadi hal yang lumrah. PT. Telkom Kancatel Pemangkat adalah salah satu penyedia jasa berlangganan internet pasang baru, pemasangan box odp yang ada di Pemangkat. Peningkatan jumlah pelanggan PT. Telkom Kancatel Pemangkat diharapkan berbanding lurus dengan peningkatan pelayanan dari pihak Telkom dalam penanganan permasalahan yang ada pada pelanggan. Saat ini, untuk laporan keluhan pelanggan di Plasa PT. Telkom Kancatel Pemangkat masih mengharuskan pelanggan langsung ke kantor PT. Telkom Kancatel Pemangkat. Hal ini mendorong peneliti untuk membuat website keluhan pelanggan di Plasa PT. Telkom Kancatel Pemangkat berbasis website. Ada beberapa kemudahan yang diperoleh petugas dan pelangan dalam mengelola maupun melakukan keluhan tentang gangguan yang terjadi pada perangkat dan jaringannya dengan menggunakan website ini. Karena website ini dilengkapi dengan crawling yang mana sistem hanya dapat menerima pengaduan pelanggan yang terdaftar di area Pemangkat. Website ini sudah dapat membantu dan mempermudah bagi pelanggan PT. Telkom Kancatel Pemangkat untuk memberikan pelaporan keluhan atau komplain terhadap masalah-masalah yang terkait dengan fasilitas seperti gangguan jaringan yang terjadi secara cepat tanpa harus pergi ke kantor PT. Telkom Kancatel Pemangkat, dan memudahkan pelanggan dalam melakukan pengaduan dan pengecekan pengaduan.
Perancangan Aplikasi Survei Kualitas Pelayanan Publik pada Bagian Sistem Informasi Divisi Regional III Palembang PT. KAI (Persero) Hapsari, Yulia; Deri Darfin; Ferizka Tiara Devani
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 4 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu Perancangan Aplikasi Survei Pelayanan Publik dibagian Sistem Informasi Divre III Palembang PT Kereta Api Indonesia dengan menggunakan bahasa pemograman PHP serta database MySQL. Masalah yang dihadapi oleh bagian Sistem informasi dalam melakukan survei pelayanan publik yaitu belum terkomputernisasi, masih manual atau dengan cara bertatap langsung dengan responden sehingga memakan waktu yang sangat banyak dan dalam pembuatan laporannya tidak realtime. Perancangan Aplikasi ini terdiri dari 4 user yaitu admin, staff, manager dan responden. Perancangan Aplikasi ini memproses data akun user,data kategori survei,data quisioner,data jawaban dan menghasilkan keluaran berupa data hasil survei pelayanan publik. Perancangan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran solusi mengenai masalah survei pelayanan publik di Divre III Palembang Bagian Sistem Informasi PT Kerata Api Indonesia (PERSERO). Kata Kunci : Divre III Palembang PT Kereta Api Indonesia, Survei,PHP, MySQL
Perancangan Sistem Pengolahan Data Perusahaan Industri Kelapa Sawit Utari, Marti; Mardiana, Mardiana; Sulistiyanto, Sulistiyanto
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 4 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk merancang Sistem Pengolahan Data Perusahaan Industri Kelapa Sawit Berbasis Web yang meliputi penginputan data industri pada perusahaan dan lihat laporan industri. Proses perancangan yang digunakan untuk mendesain aplikasi ini menggunakan basis data dengan konsep data flow diagram dan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem ini terbagi menjadi 3 akses yaitu akses untuk perusahaan, admin, dan kepala dinas. Dengan dibuatnya Sistem ini diharapkan dapat mempermudah pegawai khususnya di bidang Seksi Hasil Industri Perkebunan dalam mengelola data, menyimpan data, dan melihat laporan perusahaan industri kelapa sawit
PENERAPAN METODE BACKPROPAGATION UNTUK MEMPREDIKSI PENGGUNAAN AIR PDAM DI KOTA KUPANG Taus, Hilga Gisela; Mauko, Arfan Y; Letelay, Kornelis
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 4 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan meningkatnya laju pertumbuhan penduduk, kebutuhan akan air bersih juga semakin meningkat. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan sebuah lembaga yang mengatur dan mengelola pengadaan air bersih bagi masyarakat. Jumlah air yang disalurkan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat namun timbul persoalan dimana penyediaan dan pelayanan belum optimal, ini dilihat dari penjualan air yang tidak selalu mencapai target yang telah ditetapkan oleh pihak PDAM. Penelitian ini mengimplementasikan jaringan saraf tiruan backpropagation dalam memprediksi penggunaan air perbulan di kota kupang. Data yang digunakan adalah data perbulan dari bulan Januari 2018 – Desember 2020, dengan membagi data menjadi data latih dan data uji. Pada tahap pelatihan dilakukan pengujian untuk mendapat jumlah node pada lapisan tersembunyi, jumlah epoh, minimum error, learning rate yang optimal. Dari hasil pelatihan didapatkan jumlah neuron pada hidden neuron 15, jumlah epoch sebanyak 10.000, minimum error 0,00001 dan learning rate 0,6. Dari hasil pengujian menggunakan parameter yang optimal tersebut didapat akurasi rata-rata sebesar 92,23%.
Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Lahan Padi Sawah Tadah Hujan Menggunakan Metode Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FMADM Nabuasa, Yelly Y; Rumlaklak, Nelci D; Said, Siti S
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 4 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem pemilihan lokasi lahan sawah di Kabupaten Kupang Timur. Permasalahan tujuan penelitian adalah membuat sistem seleksi lokal lahan sawah di Kabupaten Kupang Timur. Hal itu menyebabkan petani di Kupang Timur kesulitan dalam menentukan lahan yang akan digunakan untuk menanam padi jenis ini. Sedangkan di wilayah Kupang Timur, pemilihan jenis lahan tetap dilakukan tanpa mengecek kesuburan tanah atau kondisi tanah. Dengan demikian, informasi pendukung keputusan untuk mendefinisikan sawah juga tidak akurat dan membuat petani di Kupang Timur terancam gagal panen. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan sistem pengambilan keputusan fuzzy multi-attribute decision-making (FMADM), yang memiliki 13 alternatif dan 7 kriteria, dimana nilai preferensinya adalah suhu 20%, curah hujan 20%, kelembaban 20%, drainase 13%, tekstur tanah. 13%, kedalaman tanah 7% dan pH Hâ‚‚O 7%. Data lahan sebanyak 60 orang petani digunakan sebagai data uji untuk perhitungan dan diperoleh persentase tertinggi dari opsi terpilih yaitu lahan Cristovel Ullu dengan kode opsi Desa Oesao yang memiliki hasil tertinggi sebesar 0,966. Hasil pengujian UAT dilakukan terhadap 9 responden dengan total 5 pertanyaan untuk mengetahui kepuasan responden terhadap kegunaan fungsi, kesesuaian antarmuka sistem dan informasi yang disediakan oleh system dan hasilnya adalah 90,212 %.

Page 1 of 1 | Total Record : 5