cover
Contact Name
Annisa Junaid
Contact Email
annisa.junaid@gmail.com
Phone
+6282194098257
Journal Mail Official
jilmateks@umi.ac.id
Editorial Address
Panaikang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JILMATEKS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil
ISSN : 26557266     EISSN : 26557266     DOI : https://doi.org/10.33096
Core Subject : Engineering,
JILMATEKS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil merupakan media publikasi tulisan ilmiah yang dibentuk oleh tim pengelola jurnal Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia untuk mempublikasikan jurnal mahasiswa(i) teknik sipil berdasarkan hasil penelitian di bawah bimbingan dan arahan para dosen Program Studi Teknik Sipil dalam menghasilkan luaran penelitian yang inovatif dan memberikan kontribusi bagi kemajuan sains dan teknologi khususnya di bidang Teknik Sipil yang meliputi Teknik Struktur, Geoteknik, Teknik Transportasi, Teknik Keairan, dan Manajemen Konstruksi.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2024): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2024" : 8 Documents clear
Analisa Penyebab Sisa Material pada Proyek Konstruksi Mengunakan Metode Root Cause Analysis (RCA) : (Studi Kasus Proyek Rehab Rumah Jabatan Sekretaris Daerah Pangkep) Wagola, Abdullah; Budi, Agung Setia; Supardi, Sudarman; Watono; Arsal, St Fatmah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 6 No. 2 (2024): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2024
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/b6wm0f29

Abstract

Pada tahap pelaksanaan konstruksi, penggunaan material di lapangan seringkali menimbulkan sisa material yang beragam yang menjadi penyebab membengkaknya biaya proyek, sehingga meminimalkan sisa material menjadi sangat penting untuk diterapkan. Material sisa merupakan salah satu masalah penting dalam pelaksanaan konstruksi. Penelitian analisa penyebab sisa material pada proyek konstruksi menggunakan metode Root Cause Analysis (RCA). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa banyaknya sisa material pasir pasang 45,75 M3, pasir beton 7,27 M3, batu belah 3,27 M3, semen portland 16,60 Zak, batu pecah 2,82 M3, besi beton 165,43 Kg, dan bata merah 547,56 buah. Dengan kerugian sisa material Rp 6,853,533.04. Penyebab sisa material yang disebabkan, oleh variabel (X4) pelaksanaan dengan presentase tertinggi yaitu 43.17%,variabel (X1) desain bangunan presentase 23.91%,variabel (X2) pengadaan material presentase 18.45%, dan variabel (X3) penanganan material presentase terendah yaitu 14.47%.. Bedasarkan metode Root Cause Analysis (RCA) faktor-faktor dominan sisa material di pengaruhi oleh variabel (X2) pengadaan material menjadi variabel paling kritis dikarenakan terdapat dua faktor dominan yaitu faktor (X2.2) 5.09%, (X2.1) 4.99%. Variabel (X3) penanganan material, faktor (X3.3) 4.81% menjadi faktor dominan. Variabel (X4) pelaksanaan, faktor (X4.9) 4.78% menjadi faktor dominan dan pada variabel (X1) desain banguanan, faktor (X1.6) 4.68% menjadi faktor dominan.
Tinjauan Jadwal Waktu Pelaksanaan Menggunakan Aplikasi Microsoft Project 2019 pada Pembangunan Tower Explor Kaharudin; Bachmid, Sofyan; Watono
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 6 No. 2 (2024): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2024
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/rk8bje78

Abstract

Microsoft Project banyak digunakan khususnya di bidang konstruksi oleh project planner, project control, project manager, scheduler, estimator, dan lain-lain. Dalam merencanakan penjadwalan kegiatan proyek, pengunaan material, penggunaan peralatan dan pengunaan tenaga kerja. Microsoft Project juga digunakan dalam mengelola sebuah proyek konstruksi untuk membantu sekaligus memudahkan perencanaan dan juga beberapa masalah seperti tabrakan antara aktivitas proyek dan lain-lain. Tujuan dari penelitian penelitian ini untuk dapat menerapkan program Microsoft Project 2019 untuk dilakukan tinjauan jadwal waktu pelaksanaan kegiatan pekerjaan pada proyek pekerjaan Pembangunan Tower Explor, sehingga diperoleh durasi atau waktu pekerjaan proyek yang efektif dan efisien dan dilakukannya tinjauan pelaksanaan proyek dengan program Microsoft Project 2019, sehingga dapat diketahui kemajuan proyek serta melakukan langkah penyelesaian masalah jika terdapat kendala dalam pelaksanaan proyek konstruksi berupa tinjauan jadwal waktu pelaksanaan. Pegolahan dan analisa data menggunakan microsoft project serta Kesimpulan yang merupakan hasil dari analisa data yang telah dilakukan. Berdasarkan jumlah durasi seluruh kegiatan dan mengaitkan tiap kegiatan didapat total durasi normal item bangunan pengelak selama 31 hari kerja (kalender) dengan total biaya Rp.135.376.540 serta jumlah sub pekerjaan sebanyak 6 unit pekerjaan. Monitoring dan evaluasi sangat diperlukan untuk menjaga kinerja proyek agar sesuai dengan jadwal rencana dan dapat mengantisipasi keterlambatan kerja yang mungkin bisa terjadi selama pengerjaan proyek
Studi Pemanfaatan Abu Jerami Padi sebagai Bahan Subtitusi pada Aspal Beton AC-WC AR, Muh. Aditya Akbar; Basiruddin; H, St Maryam; Bulgis; Salim
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 6 No. 2 (2024): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2024
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/kt6xtk92

Abstract

Di dalam suatu struktur perkerasan jalan yaitu salah satunya perkerasan jalan lentur yang terdiri dari beberapa lapisan, di mana lapisan yang paling sering mengalami kerusakan terletak paling atas atau yang paling utama bersentuhan langsung dengan roda kendaraan yaitu lapisan Asphalt concreate wearing course (AC-WC). Pemanfaatan Limbah Abu Jerami Padi sebagai bahan subtitusi pada filler.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik campuran aspal beton (AC-WC) terhadap bahan subtitusi filler limbah jerami padi dan subtitusi persentase optimum penambahan limbah jerami padi pada aspal beton (AC-WC). Adapun metode yang digunakan ialah metode eksperimen terhadap pemanfaatan material Abu Jerami Padi. metode kuantitatif, dengan eksperimental pemanfaatan material Abu Jerami Padi. Hasil pengujian dari variasi penggunaan limbah abu Jerami padi sebagai filler terhadap campuran aspal beton AC-WC diperoleh variasi optimum dengan kadar penambahan 40% berdasarkan nilai stabilitas campuran
Analisis Mikrostruktur Beton Menggunakan Berbagai Bahan Solutan (Air Pencampur) Nur, Munandar Ibnu; Tjie, Raden Nayu Annisa R.; Ashad, Hanafi; Utina, Toni; Maruddin, Mukti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 6 No. 2 (2024): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2024
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/hq7g5972

Abstract

Perkembangan teknologi pada bidang Teknik sipil menciptakan berbagai penemuan- penemuan baru perihal struktur beton konstruksi suatu bangunan yang kuat awet serta ekonomis. Sehubungan dengan hal tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan mikrostruktur pada beton menggunakan bahan solutan terhadap sifat mekanik beton. Pada penelitian ini menggunakan benda uji berbentuk silinder dengan ukuran diameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Pengujian mikrostruktur beton menggunakan berbagai bahan solutan berupa air pencampur yang didapatkan dari PDAM, air rawa serta air sumur pada lokasi yang berbeda- beda, dengan menggunakan Scanning Dispersive Spectroscopy (EDS) dan alat Scanning Electron Microscope (SEM) untuk mengetahui bentuk dan ukuran partikel dari beton serta kandungan senyawa yang terdapat didalamnya. Hasil pada penelitian ini dapat disimpulkan pada bahan solutan (air campuran) terdapat kandungan Cl yang terkandung dimana dapat menimbulkan pori pada beton dengan ukuran sebesar 1,44 µm. SiO2 dan CaO yang mempengaruhi kuat desak pada beton serta SO4 yang mempengaruhi kekasaran dari permukaan beton dimana kandungan SO4 < mg/l memiliki bentuk permukaan halus, sedangkan beton dengan bahan uji air yang memiliki massa SO4 > 4 mg/l memiliki bentuk permukaan kasar.
Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Terhadap Perilaku Lalu Lintas Jl. Pramuka – Jl. Chairil Anwar di Kab. Kolaka Boer, Moehammad Aditya; Matsani, Muh Assabul; Maryam H, St; Syarkawi, Mukhtar Thahir; Alkam, Rani Bastari
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 6 No. 2 (2024): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2024
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/y7cw3826

Abstract

Persimpangan Jl. Khairil Anwar merupakan salah satu persimpangan yang cukup padat di Kota Kolaka, kondisi persimpangan.akibat peningkatan penggunaan kendaraan pribadi mengakibatkan permasalahan pada simpang. Permasalahan pada simpang berupa tundaan yang tinggi yang di akibatkan oleh peningkatan pengguna jalan dan seringnya terjadi kecelakaa akibat kurang tertibnya pengguna jalan dan. Pengaturan lampu lalu lintas (traffic light) yang dioperasikan saat ini belum dapat mengatasi kemacetan yang sering terjadi terutama pada jam-jam sibuk. Maksud dari penelitian yaitu untuk membandingkan pengaturan waktu sinyal hasil analisis dengan waktu sinyal eksisting yang diterapkan dan untuk menganalisis kinerja persimpangan bersinyal Jl. Chairil Anwar- Jl. Pramuka. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan Manual Kapasitas jalan Indonesia (MKJI 1997). Dari hasil penelitian yang dilakukan yaitu 1). Perbandingan antara pengaturan waktu sinyal hasil analisis dengan waktu sinyal eksisting yang diterapkan pada persimpangan Jl. Khairil Anwar – Jl. Pramuka yaitu tidak terlalu banyak selisih, dimana total waktu siklus eksisting 88 detik dan setelah penyesuaian 89,231 deti, 2). Kinerja persimpangan bersinyal Jl. Khairil Anwar – Jl. Pramuka yaitu menghasilkan nilai D (arus tidak stabil).
Evaluasi Kondisi Jalan Takalar – Jeneponto Berdasarkan Metode Surface Distress Index (SDI) dan International Roughness Index (IRI) Dalam Penentuan Jenis Penanganan Imran, Rinaldi; Ramadhan, Muhammad Adan; Badaron, St Fauziah; Maricar, Muhammad Husni; Muin, Suriati Abd
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 6 No. 2 (2024): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2024
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/t9tmnc84

Abstract

Fenomena rusaknya perkerasan jalan akibat pengaruh iklim serta karakteristik tanah dasar yang labil ataupun design perencanaan yang kurang optimal mendorong kami untuk melakukan penelitian terkait perkerasan jalan terkhusus pada ruas jalan Takalar -Jeneponto sebagai jalan lintas Kabupaten. Metode penjabaran analisis dalam menyelesaikan permasalahan yang ada digunakan Surface Distress Index (SDI) dan International Roughness Index (IRI) sebagai sumber database untuk perencanaan dan pelaksanaan rehabilitasi atau pemeliharaan jalan terkait permasalahan yang ada untuk mengetahui jenis penanganan yang akan dilakukan. Hasil penelitian yang didapatkan sifatnya deskriptif, yang terbagi kedalam tiap- tiap STA titik tinjau pada ruas jalan yang ada dengan klasifikasi penanganan berupa pemeliharaan rutin, periodic, dan rekonstruksi. Adapun hasil terkait evaluasi kondisi perkerasan lentur jalan Takalar – Jeneponto, didapatkan pada STA 0+000 – STA 11 + 300 menggunakan metode SDI memiliki hasil 62% kondisi baik, 27% kondisi sedang, 11% kondisi rusak ringan 1% kondisi rusak berat, evaluasi menggunakan metode IRI didapatkan nilai per-segmen sebesar 7.15m / km, 4.96m/km, 5.85m/km dan 7.19m/km dengan persentase 11% kondisi baik, 78% dengan kondisi sedang, 12% kondisi ringan dan 0% dengan kondisi rusak berat. Dari perhitungan koefisien korelasi (ratio) antara nilai SDI dan IRI kedua data menunjukkan korelasi yang kuat berupa korelasi linear positif.
Analisis Dampak Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Perkotaan (Studi Kasus Jalan Landak Lama Kota Makassar) Masriadi; Ramadhani. T, Desy; Said, Lambang Basri; Maryam H, St; Zaifuddin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 6 No. 2 (2024): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2024
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/r5y88193

Abstract

Hambatan samping sering kali terjadi karena adanya aktivitas sosial, ekonomi, pendidikan, adanya parkir di badan jalan yang dikarenakan banyak terdapat pertokoan namun tidak menyediakan tempat parkir, sarana angkutan umum yang menurunkan penumpang disembarang tempat, keluar masuknya kendaraan di persimpangan jalan dan pertokoan. Maksud dari penelitian ini adalah untuk Menganalisis tingkat dan dampak hambatan samping terhadap kinerja ruas Jalan Landak Lama Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas sisi jalan yang sangat tinggi, tingkat hambatan samping tertinggi berada pada hari Selasa di titik 1 pukul 15.45 – 16.45 dengan frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 560 SFC, termasuk kelas hambatan samping tinggi (H) dengan kondisi tempat yang dominan pertokoan atau pusat perbelanjaan, serta kinerja ruas jalan tertinggi berada pada hari Selasa di titik 1 dengan nilai derajat kejenuhan 0,74 dengan tingkat pelayanan E kapasitas 3065,04 smp/jam, dan kepadatan dari kecepatan 17,17 km/jam menghasilkan nilai 131,65 smp/jam. dan titik 2 dengan nilai derajat kejenuhan 0,55 dengan tingkat pelayanan E kapasitas 32788,88 smp/jam, dan kepadatan dari kecepatan 20,25 km/jam menghasilkan nilai 89,09 smp/jam. Dari tingkat pelayanan mencerminkan kondisi yang tidak stabil. Kecepatan perjalanan antara 30% dan 40% dari kecepatan arus bebas dasar, dan rasio volume terhadap kapasitas tidak lebih besar dari 1,0.
Pengaruh Penggunaan Parafin sebagai Bahan Tambah Terhadap Karakteristik Marshall Anwar, Muhammad; Gesit F., Muhammad; Massara, Asma; Bulgis; Salim
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 6 No. 2 (2024): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2024
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/w6563m78

Abstract

Sebagian besar konstruksi jalan raya di Indonesia menggunakan sistem perkerasan lentur terutama pada campuran beton aspal (Asphalt Concrate) dengan menggunakan campuran aspal dan agregat sebagai lapis permukaan. Aspal berfungsi sebagai bahan pengikat sedangkan agregat berfungsi sebagai tulangan struktur perkerasan. Banyak perkerasan jalan di Indonesia sering mengalami kerusakan sebelum mencapai umur rencana, yang mungkin saja disebabkan oleh pengaruh cuaca. Pada saat musim hujan, tidak sedikit jalan-jalan di Indonesia yang terendam air akibat banjir. Hal ini bisa saja mempengaruhi kinerja perkerasan aspal khususnya masalah ketahanan atau keawetan jalan (durability). Maksud dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan parafin sebagai bahan tambah pada campuran AC-WC terhadap karakteristik Marshall dan penambahan parafin terhadap indeks kekuatan sisa campuran AC-WC. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Metode yang di gunakan dalam mengelola data yaitu metode analisis regresi. Hasil penelitian yaitu Penambahan parafin memberikan pengaruh negative terhadap campuran. Dengan adanya parafin dalam aspal membuat campuran lebih lunak hal ini dibuktikan dengan peningkatkan nilai flow. Dan dengan adanya parafin Nilai Indeks Kekuatan Sisa semakin menurun seiring bertambahnya parafin. Hal ini disebabkan karena penambahan parafin mengurangi daya lekat aspal sehingga campuran dengan penambahan parafin yang berlebih mengurangi kekuatan campuran terhadap air.

Page 1 of 1 | Total Record : 8