cover
Contact Name
Supriadi Surbakti
Contact Email
jurnalagrismartdelisumatera@gmail.com
Phone
+6282230075394
Journal Mail Official
jurnalagrismartdelisumatera@gmail.com
Editorial Address
Jalan Jenderal Besar Abdul Haris Nasution, No. 11 CDE, Kelurahan Pangkalan Masyhur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara 20143
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Agri Smart Deli Sumatera
ISSN : 28281330     EISSN : -     DOI : -
Agri Smart Deli Sumatera: Merupakan Jurnal Ilmiah bidang pertanian. Agri Smart Deli Sumatera terbit dua kali dalam setahun (6 bulan), yaitu pada bulan maret dan September. Agri Smart Deli Sumatera bertujuan untuk mempublikasikan penelitian dibidang ilmu pertanian yang berfokus pada penerbitan karya ilmiah yang berkualitas tentang informasi terbaru tentang perkembangan ilmu pertanian. Artikel yang dikirimkan akan ditinjau oleh Tim Pengulas (Mitra Bestari). Semua Artikel yang dikirimkan harus merupakan laporan asli, hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Artikel yang dikirim ke jurnal Agri Smart Deli Sumatera tidak boleh dipublikasikan ditempat lain sebelum ada keputusan dari redaksi. Naskah harus mengikuti gaya penulisan yang disediakan dan harus melalui proses Peer-review dengan menerapkan konsep Double Blind Review. Agri Smart Deli Sumatera diterbitkan oleh LPPM Universitas Deli Sumatera, Medan, Indonesia
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Artikel Riset Maret 2023" : 5 Documents clear
ANALISIS DAMPAK PELATIHAN TERHADAP PEMBERDAYAAN DAN PENDAPATAN KELOMPOK PENANGKAR BENIH PADI BERSERTIFIKAT Septiani, Ari; Asaad, Mhd; Novita, Desi
Jurnal Agri Smart Deli Sumatera Vol. 1 No. 1 (2023): Artikel Riset Maret 2023
Publisher : Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Deli Sumatera

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) Mengetahui Program pelatihan apa saja yang di terima oleh kelompok penangkar benih padi bersertifikat, (ii) Untuk mengetahui Pengaruh pelatihan terhadap pemberdayaan anggotakelompok penangkar benih padi bersertifikat, (iii) Untuk mengetahui tingkatketerampilandan pendapatan anggota penangkar benih padi bersertifikat setelah menerima pelatihan.Sampel penelitian menggunakan tekhnik simple random sampling dengan tekhnik pengumpulan data perimer dan data skunder dengan pemecahan masalah menggunakan metode analisis data : (i) Distribusi frekuensi, (ii) Regresi linier sederhana, (iii) uji wilcoxon signed rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya tujuh program pelatihan yang di ikuti 10 anggota Kelompok Penangkar Mulya Tani Jaya yang diadakan oleh pemerintah untuk pemberdayaan Kelompok penangkar. Hasil analisis regresi linier sederhana yaitu diketahui nilai constant (a) sebesar 73,554, sedangkan nilai pemberdayaan (b / koefesien regresi) sebesar 0,196 sehingga persamaan regresinya dapat dituis :Y = a + Bx, Y = 73,554 + 0,196, Persamaan tersebut dapat diterjemahkan yaitu: (1) Konstanta sebesar 73,554 mengandung arti bahwa nilai konsisten variable pelatihan adalah sebesar 73,554, (2) Koefesien regresi X sebesar 0,196 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai pemberdayaan, maka nilai partisipasi bertambah sebesar 0,196. Koefesien regresi tersebut bernilai positif, Sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variablepenelitian terhadap variabel pemberdayaan adalah nyata dan positif.. Dan terdapat pula pengaruh yang nyata dan positif terhadap pendapatan serta keterampilan Kelompok penangkar setelah mengikuti pelatihan, dengan menggunakan uji wilcoxon signed rank maka diperoleh nilai signifikannya yaitu 0,005 > 0,05 sehingga dinyatakan terdapat pengaruh pelatihan terhadap pendapatan dan keterampilan sebelum (pre test) dan sesudah (post test) mengikuti program pelatiihan. Kata Kunci : Program Pelatihan, Pemberdayaan, Pendapatan Dan Keterampilan.
ANALISA PEMASARAN KAYU GAHARU (Aquilaria malaccensis) DI DESA DENDANG KECAMATAN STABAT (Studi Kasus CV. Cahaya Gaharu) Mahendra, Didik; Siregar, Gustina; Sinaga, Hardiansyah
Jurnal Agri Smart Deli Sumatera Vol. 1 No. 1 (2023): Artikel Riset Maret 2023
Publisher : Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Deli Sumatera

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran kayu gaharu, dan menganalisa efesiensi pemasaran kayu gaharu di CV. Cahaya Gaharu Desa Dendang Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja atau purposive dan data yang di kumpulkan terdiri dari data primer yaitu dengan wawancara langsung dengan para responden, dan data sekunder dari instansi terkait yang berhubungan dengan penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah petani yang bermitra dengan CV. Cahaya Gaharu yang ada di Desa Dendang Kecamatan Stabat. Teknik analisa yang digunakan adalah mengetahui pola saluran pemasaran dan menghitung margin pemasaran. Proses pemasaran yang dilakukan CV. Cahaya Gaharu menimbulkan saluran pemasaran yaitu CV. Cahaya Gaharu dengan datang ke tempat petani dan membelinya sesuai dengan harga yang telah ditetapkan, kemudian CV. Cahaya Gaharu menjualnya atau memasarkannya di dalam negeri atau ke luar negeri. Marjin pemasaran yang diperoleh dari satu-satunya saluran pemasaran sebesar Rp. 6.980.000 per kilogram kayu, share margin yang diterima sangat kecil yaitu 0,29%. Hal ini dikarenakan petani menjual langsung kepada pedagang pengecer yang menjual produk pertanian di daerah dalam negeri dan luar negeri. Efisiensi pada saluran pemasaran sebesar 40% ini menunjukan bahwa pada saluran pemasaran kurang efisien. Kurangnya efisiensi dari proses bisnis ini dikarenakan banyaknya tantangan yang dihadapi, seperti biaya transportasi dan pemanenan kayu gaharu memakan waktu umur yang panjang yaitu sampai 7 tahun, terdapat ketidakpastian pemanenan kayu gaharu yang dapat memperburuk pasokan. Kata kunci : Kayu gaharu, saluran pemasaran, efisiensi
STRATEGI PEMBERDAYAAN KELOMPOK PENANGKAR DALAM MENINGKATKAN KETERSEDIAAN MODAL DAN PEMASARAN BENIH PADI BERSERTIFIKAT Arizki, Vifi; Asaad, Mhd; Dharma, Surya
Jurnal Agri Smart Deli Sumatera Vol. 1 No. 1 (2023): Artikel Riset Maret 2023
Publisher : Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Deli Sumatera

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan kelompok penangkar benih padi dalam meningkatkan kersediaan modal dan pemasaran benih. Untuk mengethui faktor – faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan ketersediaan modal dan pemasaran benih padi, dan untuk menganalisis strategi pemberdayaan kelompok penangkar benih padi dalam meningkatkan ketersediaan modal dan pemasaran benih padi. Responden penelitian ini menggunakan metode Key Informan yang diambil dengan menggunakan teknik Snowball Sampling dan data yang di gunakan adalah data primer dan sekunder dengan menggunakan metode analisis deskriftif dengan pendekatan kualitatif dan analisis SWOT.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keadaan kelembagaan kelompok penangkar benih padi Sri Cintani, meliputi struktur kelompok penangkar Sri Cintani dimana terdapat pembagian tugas yang jelas dalam kepengurusan dan dilaksanakan dengan baik. Komunikasi antar pengurus kelompok penangkar benih Sri Cintani sangan baik dengan anggota begitu juga antar anggota dengan pengurus kelompok penangkar, kelompok penangkar Sri Cintani mempunyai kemudahan dalam berkomunikasi dan menyampaikan pendapat atau gagasannya. Ada beberapa faktor pendukung (Strengths and Weaknesses) dan faktor penghambat (Opportunity and Threats) yang dapat mempengaruhi pemberdayaan kelompok penangkar dalam meningkatkan ketersediaan modal dan pemasaran benih padi bersertifikat yaitu : Keterampilan dan pengalaman anggota kelompok penangkar, sarana dan prasarana yang memadai, belum adanya program penguat modal kelompok (PMUK) dalam mendukung kegiatan usaha penagkar, jaringan pemasaran yang terbatas, pemerintah tidak ikut serta dalam hal pemasaran, semangkin pesat perkembagan teknologi, jumlah penduduk yang semangkin meningkat, kebijakan pemerintah dalam menggunakan benih padi bersertifikat, kemudahan terhadap ketersediaan sarana produksi dan akses kredit, banyak pesaing yang menjual produk sejenis, adanya serangan OPT. Dari hasil analisi SWOT yaitu strategi yang cocok digunakan berdasarkan hasil Matrik posisi untuk meningkatkan modal dan pemasaran kelompok penangkar benih padi berserifikat pada Kelompok Penangkar Sri Cintani terletak pada kuadrat I yaitu strategi Agresif atau Strategi-SO (strengths and Opportunity) yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Kata Kunci : Penangkar Benih Padi, Pemberdayaan, Pemasaran
PENGARUH PENERAPAN HARGA PATOKAN PEMERINTAH GABAH KERING PANEN TERHADAP PRODUKSI PADI SAWAH DAN HARGA BERAS DI SUMATERA UTARA Yanti, Mariana Eva; Asaad, Muhammad; Sibuea, Mhd. Buhari
Jurnal Agri Smart Deli Sumatera Vol. 1 No. 1 (2023): Artikel Riset Maret 2023
Publisher : Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Deli Sumatera

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh HPP GKP terhadap produksi padi sawah dan harga beras di Sumatera Utara pada tahun 1990-2020. Data yang diperoleh dari Data sekunder dari Badan Pusat Statistik dan Instansi yang terkait. Analisis yang di gunakan oleh Vector Auto Regresion. Kata kunci: Harga Beras, HPP GKP, Luas Panen padi sawah , Produksi Beras, Harga Beras
ANALISIS EFESIENSI PEMASARAN ASPARAGUS (Asparagus Officinalis) DI DESA SUKA SIPILIHEN KECAMATAN TIGA PANAH Dewantara, Raka Pandu; Rangkuti, Khairunnisa; Apriyanti, Ira; Sinaga, Hardiansyah
Jurnal Agri Smart Deli Sumatera Vol. 1 No. 1 (2023): Artikel Riset Maret 2023
Publisher : Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Deli Sumatera

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran Asparagus, mengetahui share margin Asparagus dan menganalisis efisiensi pemasaran Asparagus. Penelitian ini berlokasi di Desa Suka Sipilihen, Kecamatan Tiga Panah. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara, memberikan daftar kusioner dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tipe saluran pemasaran terdiri dari satu saluran pemasaran yaitu saluran distribusi dua tingkat (two stage channel), dari petani kepada pedagang pengumpul lalu kemudian dari pedagang pengumpul ke pedagang pengecer dan berakhir pada pedagang pengecer ke konsumen akhir. Efisiensi pemasaran pada saluran distribusi dua tingkat sebesar 18% < 33%, menunjukan bahwa pemasaran asparagus efisien. Kata Kunci: Efisiensi, Saluran Pemasaran, Pemasaran Asparagus

Page 1 of 1 | Total Record : 5