cover
Contact Name
Andesta Granitio Irwan
Contact Email
andesta.granitio@unmuhbabel.ac.id
Phone
+6281326249020
Journal Mail Official
spal@unmuhbabel.ac.id
Editorial Address
Jl. KH A Dahlan No.KM.4, Keramat, Kec. Rangkui, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung , Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33134
Location
Kab. bangka tengah,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Aspal : Jurnal Aspirasi Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : 29883407     DOI : https://doi.org/10.35438/aspal.v2i1
Core Subject : Social, Engineering,
ASPAL: Jurnal Aspirasi Teknik Sipil merupakan wadah bagi para peneliti, dosen, praktisi, dan mahasiswa dalam publikasi hasil penelitian terkait dengan bidang Teknik Sipil. Jurnal terbit secara berkala setiap tahunnya pada bulan Juni dan Desember. Kami memberikan kesempatan kepada anda untuk mempublikasikan riset dan temuannya di Jurnal ASPAL secara gratis demi perkembangan inovasi di bidang Teknik Sipil. Silahkan mempelajari author guidelines dan Template penulisan jurnal yang sudah di
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2023): Aspal : Jurnal Aspirasi Teknik Sipil" : 5 Documents clear
Analisa Kinerja Bersinyal Pada Jalan Pasca Perubahan Arus Di Kota Medan Arismunandar, Danu; Lubis, Marwan; Batubara, Hamidun
aspal Vol 1 No 1 (2023): Aspal : Jurnal Aspirasi Teknik Sipil
Publisher : Unmuh Babel Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35438/aspal.v1i1.6

Abstract

Transportasi merupakan kegiatan yang penting bagi masyarakat. Dari banyak hal, kualitas hidup masyarakat salah satunya dipengaruhi oleh transportasi dan akses ke tempat kerja, tempat belanja, dan tempat hiburan atau pergi kuliah. Transportasi menunjang terlaksana nya berbagai kegiatan masyarakat sehingga kendaraan pribadi menjadi suatu kebutuhan, Lokasi penelitian simpang empat ini merupakan simpang empat tidak bersinyal tanpa median dengan rincian sebagai berikut: Selatan ( jalan Balai Kota ), Timur ( jalan perintis kemerdekaan), Utara (jalan Putri Hijau), Barat (jalan Guru Patimpus, Hasil analisis operasional pada simpang bersinyal pertemuan jalan balai kota dan jalan guru patimpus, jalan balai kota dan jalan putri hijau serta jalan perintis kemerdekaan dan jalan guru patimpus, jalan perintis kemerdekaan dan jalan putri hijau kondisi aktual diperoleh data bahwa arus stabil, volume sesuai jalan kota,pada simpang tersebut menunjukan (DS) sebesar 0,58. Karena adanya perubahan dari pemerintah kota medan dari simpang bersinya ke simpang tak bersinyal maka dari itu analisis operasional pada simpang tak bersinyal saat ini dari jalan balai kota – jalan guru patimpus, jalan balai kota – jalan putri hijau, jalan balai kota – jalan perintis kemerdekaan arus stabil, volume sesuai jalan kota, Hasil analisis pada simpang tak bersinyal saat ini menunjukan (DS) sebesar 0,50. Untuk operasional pada simpang tak bersinyal untuk 5 tahun ke depan di peroleh data bahwa simpang tersebut mempunyai kinerja lalu lintas mendekati arus tidak stabil,kecepatan rendah, Hasil. pada simpang tak bersinyal saat ini menunjukan (DS) sebesar 0,75.
Analisis Kelayakan Studi Pada Proyek Pembangunan Ruko Di Batam (Studi Kasus Pada Pembangunan Ruko Papa Mama Residence) Hariyanto; Astutik, Yayuk Setyaning; Saputra, Ade Jaya
aspal Vol 1 No 1 (2023): Aspal : Jurnal Aspirasi Teknik Sipil
Publisher : Unmuh Babel Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35438/aspal.v1i1.7

Abstract

The analysis of the feasibility study is the first step for investors to get an idea of the project that will be implemented. The final stage of this analysis would determine whether the project is feasible or not. The initial stage was the data collection stage that the author needed to simplify the analysis process. Additionally, the site plan, image data, and budget estimate plan were required. The researcher then analyzed using four methods, namely the Internal Rate of Return (IRR) dan Profitability Index (PI), Payback Period (PP), Net Present Value (NPV). The conclusion was drawn from the analysis result that the development project Ruko Papa Mama Residence was deemed feasible for implementation. With the estimated return for 2 years, and the results obtained from the IRR showed the number 28.2%, NPV is Positif ,as for the PI it showed the number 1.38 which is above 1. The projected net profit is Rp. 9,631,370,622. Therefore, the project is feasible to implement.
Analisis Pengaruh Batu Sedimen Sebagai Pengganti Agregat Kasar Pada Kuat Tekan Beton Normal Wardhana, Handifantra; Wibowo, Petrus Haryanto; Saputra, Ade Jaya
aspal Vol 1 No 1 (2023): Aspal : Jurnal Aspirasi Teknik Sipil
Publisher : Unmuh Babel Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35438/aspal.v1i1.8

Abstract

Beton merupakan bahan utama yang sering digunakan dikalangan konstruksi seperti pembangunan struktur maupun infastruktur. Seperti yang diketahui bahwa bahan utama yang digunakan untuk membuat beton yaitu air, semen, agregat halus, dan agregat kasar. Beton memiliki beberapa perawatan yang mudah, dan tahap yang mudah dilaksanakan. Penggunaan beton yang meningkat dapat memicu inovasi-inovasi yang baru dalam perancangan pembuatan campuran pada beton. Hasil penelitian ini beton yang tidak dicampuri dengan batu sedimen mendapatkan rata rata kuat tekan 355,25 kg/cm2. beton campuran batu sedimen 15 % mendapatkan rata-rata kuat tekan di angka 358 kg/cm2. beton campuran batu sedimen 20 % mendapatkan rata-rata kuat tekan di angka 380,75 kg/cm2. dan beton campuran batu sedimen 25 % mendapatkan rata-rata kuat tekan 344,5 kg/cm2. Jadi dapat disimpulkan dengan penambahan batu sedimen sebagai bahan subtitusi agregat kasar sebanyak 15%, 20% dapat menambahkan kuat tekan beton, sedangkan penambahan batu sedimen sebanyak 25% tidak dapat menambahkan kuat tekan beton melainkan menurunkan kuat tekan beton.
Analisis Lapisan Tanah Ruas Jalan Dengan Metode Geolistrik Studi Kasus Desa Bikang, Bangka Selatan Saputra, Dino; Putra, Tio Sekma; Irwan, Andesta Granitio
aspal Vol 1 No 1 (2023): Aspal : Jurnal Aspirasi Teknik Sipil
Publisher : Unmuh Babel Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35438/aspal.v1i1.9

Abstract

Lapisan tanah merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan infrastruktur sehingga banyak pertimbangan dan metode pendekatan dalam identifikasi lapisan tanah bawah permukaan. Salah satu metode yang paling mudah dan umum digunakan yaitu menggunakan metode geolistrik. Metode ini didasarkan pada perbedaan resistivitas material bawah permukaan termasuk tanah yang mencirikan jenis suatu lapisan. Metode konfigurasi wenner-alpha digunakan untuk identifikasi lapisan tanah untuk tiap lintasan sebanyak enam lintasan penyelidikan. Data lapangan kemudian dianalisis dengan perangkat lunak RES2DINV untuk meodelkan penampang bawah permukaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada tiga lapisan dominan penyusun lokasi penyelidikan yaitu lempung, lempung pasiran, dan pasir dengan indikasi lapisan keras pada kedalaman 15-30 m dengan rentang kesalahan interpretasi data 11,6 – 21,6%.
Evaluasi Tingkat Pelayanan Jalan Kawasan Pasar Pagi Kota Pangkalpinang Ilpandari; Firdaus, Ormuz
aspal Vol 1 No 1 (2023): Aspal : Jurnal Aspirasi Teknik Sipil
Publisher : Unmuh Babel Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35438/aspal.v1i1.12

Abstract

Jalan merupakan kunci perkembangan suatu wilayah atau kota dimana jalan berperan penting dalam menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya dan kapasitas jalan dapat meningkatkan aktivitas ekonomi sehingga perlunya kajian dalam performa suatu jalan. Pasar Pagi merupakan salah satu instrumen penting dalam perekonomian masyarakat Kota Pangkalpinang dimana arus lalu lintas pada ruas jalan seringkali padat dan salah satu area pengembangan kota sehingga perlunya analisis kapasitas ruas jalan untuk mengetahui performa jalan sekitar. Studi dilakukan dengan menghitung volume lalu lintas pada enam lokasi persimpangan secara secara langsung pada pagi, siang, dan sore baik hari kerja maupun hari libur. Data volume kendaraan tiap jam kemudian diolah untuk mencari nilai derajat kejenuhan lalu lintas dan tingkat pelayanan jalan. Hasil yang didapat yaitu volume kendaraan puncak terjadi pada sore hari baik hari kerja maupun hari libur. Nilai derajat saturasi tertinggi pada sore hari yaitu 0,52 dan terendah 0,044 untuk hari kerja dan nilai tertinggi pada hari libur yaitu 0,44 dan terendah 0,10. Tingkat pelayanan untuk hari libur dan kerja didominasi oleh karakteristik LoS lingkup B yang berarti arus lalu lintas stabil.

Page 1 of 1 | Total Record : 5