cover
Contact Name
Sitti Rahmawati Talango
Contact Email
sititalango@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6282397747768
Journal Mail Official
ecie-jurnalpiaud@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo Kampus 2, Jl. Sultan Amai, No. 1, Ds. Pone, Kec. Limboto Barat, Kab. Gorontalo, Prov. Gorontalo, Indonesia 96215.
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Early Childhood Islamic Education Journal
ISSN : -     EISSN : 27469115     DOI : https://doi.org/10.58176/eciejournal.v5i02
Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa hasil riset dan artikel yang berkonsentrasi pada bidang pendidikan anak usia dini. Semua artikel dan hasil penelitian bersifat akses terbuka, sehingga memungkinkkan untuk diakses secara online dan bebas tanpa berlangganan apapun
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 01 (2021): Early Childhood Islamic Education Journal" : 8 Documents clear
Pengaruh Media Film Animasi Nussa dan Rara terhadap Perkembangan Kecerdasan Spiritual Anak Kelas A1 PPAUD IT Lukmanul Hakim Limboto Mannassai, Annisa Fahmi; Wiwik Pratiwi
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 2 No. 01 (2021): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v2i1.221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media film animasi Nussa dan Rara terhadap perkembangan kecerdasan spiritual anak kelas A1 PPAUD IT Lukmanul Hakim Limboto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental designs (nondesigns) dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik dari kelas A1 di PPAUD IT Lukmanul Hakim Limboto sebanyak 14 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling  dengan cara teknik Sampling Jenuh. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa media film animasi Nussa dan Rara memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan kecerdsasan spiritual anak kelas A1 di PPAUD IT Lukmanul Hakim Limboto. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.001 lebih kecil dari 0.05 dimana secara statistik terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara film animasi Nusa dan Rara terhadap kecerdasan spiritual anak kelas A1 PPAUD IT Lukmanul Hakim Limboto.
Pemberian Air Susu Ibu sebagai Basis Gizi Balita pada Anak Usia Dini Munirah
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 2 No. 01 (2021): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v2i1.222

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengelaborasi dan mendeskripsikan implementasi pemberian ASI  sebagai basis gizi balita pada anak usia dini. Keverhasilan pemberian Asi eksklusif dilatarbelakangi beberapa faktor berikut; pertama , sikap atau kemauan ibu yang tinggi dan dukungan keluarga khususnya suami berperan aktif memberi dukungan secara emosional dan bantuan praktis, serta suami berperan aktif mengatasi kendala yang timbul selama proses menyusui. Kedua, adalah kegagalan pemberian ASI dapat disebabkan oleh faktor internal adalah faktor psikologis, fisik, dan pekerjaan ibu. Sedangkan faktor eksternal adalah perubahan sosial budaya, faktor tenaga kesehatan, dan dukungan suami.
Pengembangan Teori Pembelajaran Humanisme menurut Jurgen Habermas serta Relevansinya dalam Pendidikan Islam Labaso', Syahrial; Hestiana, Ratna
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 2 No. 01 (2021): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v2i1.223

Abstract

: Teori pembelajaran humanisme meyakini bahwa proses pendidikan tidak diarahkan untuk membentuk kompetensi peserta didik, tetapi sebaliknya dimaksudkan untuk mengembangkan potensi yang melekat dalam diri peserta didik itu sendiri, sebagai pribadi yang unggul dan istimewa.  Sehingga sudut pandang yang digunakan ialah sudut pandang dari peserta didik sebagai individu pembelajar, sementara peran pendidik (guru) sebatas pada upaya dan usaha untuk memfasilitasi kebutuhan perkembangan diri dari peserta didik tersebut. Dalam proses pengembangannya menurut Jurgen Habermas, teori pembelajaran humanisme dapat dilaksanakan melalui tiga tahapan belajar, yaitu: belajar teknis (technical learning), belajar praktis (practical learning), dan belajar emansipatoris (emancipator learning). Melalui tiga tahapan belajar tersebut, peserta didik diharapkan dapat mencapai kesadaran yang utuh mengenai dirinya dan lingkungan sosialnya, hal inilah yang sekaligus menjadikan teori pembelajaran humanisme yang dikembangkan oleh Jurgen Habermas selaras dengan tujuan pendidikan Islam, sebab pada akhinya output dari teori pembelajaran humanisme ialah mencapai kearifan dan bijaksanaan hidup, sehingga seorang peserta didik dapat mengenali siapa dirinya, berikut peran sosial yang harus dilakukannya ditengah-tengah lingkungannya, sehingga pada akhirnya peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya dengan semaksimal mungkin, tanpa tercerabut dari lingkungan kulturalnya.  
Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu Kelompok A1 di Pusat Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PPAUD IT) Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo Eleti, Suliati; Utina, Sitriah Salim; Sitti Rahmawati Talango
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 2 No. 01 (2021): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v2i1.224

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode gerak dan lagu terhadap konsentrasi belajar anak usia dini kelompok A1 PPAUDIT Lukmanul Hakim, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis Mc Tagart. Subjek dari penelitian ini adalah kelompok A1 berusia 4 sampai 5 tahun terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan. Peningkatan konsentrasi belajar anak usia dini melalui metode gerak dan lagu dapat dilihat dari jumlah presentase observasi awal 58%, mulai meningkat pada pelaksanaan siklus I yaitu 77%. Setelah dilakukan refleksi dilanjutkan pada siklus ke II dengan presentase kenaikan 88%. Maka dengan ini metode gerak dan lagu dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak kelompok A1 PPAUDIT Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Adapun saran dari peneliti agar metode gerak dan lagu dapat bermanfaat untuk meningkatkan konsentraasi belajar anak usia dini yaitu : (1). Untuk pendidik, agar dapat menjadi salah satu referensi pengembangan metode gerak dan lagu yang telah peneliti lakukan untuk proses pembelajaran dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini. (2). Untuk peneliti, menjadi salah satu alternatif metode yang menarik untuk dilakukan di sekolah.  
Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Permainan Engklek Kelompok B TK Berlian Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo Nurlela; Supiah
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 2 No. 01 (2021): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v2i1.225

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui permainan engklek. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart dengan subjek penelitian berjumlah 20 anak di kelompok B TK Berlian Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Penelitian dilaksanakan dari bulan Juli hingga September 2019 dengan dua siklus. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan analisis data deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti yaitu pada saat Pra Tindakan Kemampuan Kinestetik Melalui Permainan Engklek hanya sekitar 15% atau 3 anak. Pada siklus I terjadi peningkatan 45% atau 9 anak. dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu sekitar 90% atau 18 anak. Rekomendasi hasil penelitian ini adalah guru harus memiliki berbagai macam strategi dan metode pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kinestetik pada anak. Agar anak mampu memahami dan dapat melaksanakan apa yang diarahkan oleh guru. Guru juga merupakan pemeran utama dalam proses pembelajaran.  
Pembiasaan Sikap Disiplin Anak di Taman Kanak-Kanak Aster Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo Djafar, Osin; Kasidi
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 2 No. 01 (2021): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v2i1.226

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangipembiasaan sikap disiplin di TK Aster, Kec. Pulubaladimanapembiasaandilakukandenganmemberikancontohataupunmenjadi tauladan bagi peserta didik sertapada saat pembelajaran dikelas mulai berlangsungdan juga di luar kelas.Dalampengumpulandata,penelitimenggunakanmetodeobservasi,wawancaradandokumentasi, yang digunakanuntukmengumpulkandatamengenaikeadaansekolah,kondisisaranaprasarananya,sertapembiasaan sikap disiplin anakdi TK Aster. Hasil penelitian ini menunjukan bahwaanak dibiasakan untukmenunggugiliransesuai urutan dan tidak saling mendahului ketika masuk ruang belajar atau ruang bermain.Demikian pula ketika kegiatan pembelajaran usai dilaksanakan, anak dibiasakan menunggugiliran masing-masing (2) Faktor pendukung dan penghambat faktor pendukung diataranyaseperti adanya motivasi dari pendidik dan adanya antusiasa dari anak didik, namun dalampembiasaan sikap disiplin pulamemiliki hambatanyakni kurangnya kerja sama orang tuadalamembiasakan anak untuk antridilingkungan keluarga.
Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih & Sehat Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi di Kelompok A TK Beringin Jaya Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Sisrianti Imban; Indriani
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 2 No. 01 (2021): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v2i1.227

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah “Bagaimana Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi.” Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Dini dengan menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelompok A TK Beringin Jaya Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah kelompok A berusia 4-5 tahun berjumlah 20 anak yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan analisis data deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti yaitu pada saat Pra Tindakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Melalui Metode Demonstrasi hanya sekitar 20% atau 4 anak dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH). setelah dilaksanakan siklus I kemampuan dengan berkembang sangat baik terdapat 45% atau 9 anak. dan pada saat dilaksanakan siklus II terjadi peningkatan yaitu sekitar 90% atau 18 anak dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Rekomendasi hasil penelitian ini adalah guru harus memiliki berbagai macam strategi dan metode pembelajaran. Agar anak mampu memahami dan dapat melaksanakan apa yang diarahkan oleh guru. Guru juga merupakan pemeran utama dalam proses pembelajaran.
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Rancang Balok di Kelompok B TK Ki Hajar Dewantoro XIII Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo Mauda, Fatra; Lukman Arsyad
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 2 No. 01 (2021): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v2i1.228

Abstract

  Tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan menggunakan permainan rancang balok pada kelompok B Tk Kihajar Dewantoro XIII Kec. Dungingi Kota Gorontalo.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah kelompok B berusia 5-6 tahun berjumlah 23 peserta didik yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Prosedur penelitian yang di gunakan terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaa, tahap pengamatan atau observasi dan tahap refleksi, teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar kerja siswa untuk melihat keaktifan peserta didik. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti yaitu pada saat Pra Tindakan kemampuan kognitif anak melalui permainan rancang balok hanya sekitar 21.73% atau 5 anak dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH). setelah dilaksanakan siklus I kemampuan dengan berkembang sangat baik terdapat 43.47% atau 10 anak. dan pada saat dilaksanakan siklus II terjadi peningkatan yaitu sekitar 91.30% atau 21 anak dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Rekomendasi hasil penelitian ini adalah pihak Taman Kanak-Kanak, hendaknya melengkapi perlengkapan bahan dan media dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak, terutama dalam kegiatan permainan rancang balok. Diharapkan guru agar lebih kreatif mengembangkan baik bentuk maupun jenis gambar supaya media yang digunakan lebih menarik dan variatif

Page 1 of 1 | Total Record : 8