cover
Contact Name
Sitti Rahmawati Talango
Contact Email
sititalango@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6282397747768
Journal Mail Official
ecie-jurnalpiaud@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo Kampus 2, Jl. Sultan Amai, No. 1, Ds. Pone, Kec. Limboto Barat, Kab. Gorontalo, Prov. Gorontalo, Indonesia 96215.
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Early Childhood Islamic Education Journal
ISSN : -     EISSN : 27469115     DOI : https://doi.org/10.58176/eciejournal.v5i02
Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa hasil riset dan artikel yang berkonsentrasi pada bidang pendidikan anak usia dini. Semua artikel dan hasil penelitian bersifat akses terbuka, sehingga memungkinkkan untuk diakses secara online dan bebas tanpa berlangganan apapun
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 02 (2022): Early Childhood Islamic Education Journal" : 8 Documents clear
Penerapan Metode Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Utami, Tri Utami
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 3 No. 02 (2022): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v3i02.214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode proyek dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di TK ABA Al Hikmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data-data penelitian dikumpulkan melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode proyek pada pembelajaran di TK ABA Al Hikmah meliputi fase kerja metode proyek yaitu: (1) fase 1 (memulai proyek) meliputi pemilihan tema, webbing awal untuk mengetahui pengetahuan awal tentang tema; fase 2 (mengembangkan proyek) meliputi menggali informasi melalui buku, film, wawancara dengan guru tamu, dan trip serta merencanakan proyek akhir; fase 3 (menyelesaikan proyek) meliputi pembuatan proyek, pameran, webbing akhir dan exit point; (2) pembelajaran dengan metode proyek telah meningkatkan kreativitas anak usia dini antara lain mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, memiliki daya imajinasi tinggi, menghasilkan suatu bentuk, menjawab pertanyaan sederhana, dan memiliki tanggungjawab.
Mengenalkan Makanan Bergizi pada Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Audio Visual Lasulika, Anita; Munirah; Indriani
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 3 No. 02 (2022): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v3i02.829

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman tentang makanan bergizi pada anak usia dini di TK Dahlia Desa Pinogu Kecamatan Pinogu Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo,. Jumlah subjek penelitian ialah 25 orang anak yang terdiri dari 11 orang anak laki-laki dan 14 orang anak perempuan. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengenal jenis-jenis makanan bergizi, mengelompokkan jenis-jenis makanan bergizi, serta mengetahui manfaat dari makanan bergizi. Prosedur penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan analisis dan refleksi. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali tindakan. Hasil observasi pra siklus mencapai ketuntasan 30%, siklus I tingkat ketuntasan belajar sebesar 44%, dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni sebesar 82%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual dapat meningkatakan pemahaman anak tentang makanan bergizi, serta dapat meningkatkan semangat anak dalam proses pembelajaran di kelompok B di Taman Kanak-Kanak Dahlia
Penerapan Permainan Maze dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet pada Anak Kelompok B di TK Siap Maju Desa Tulabolo Kecamatan Suwawa Timur Lamala, Lepiana
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 3 No. 02 (2022): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v3i02.830

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan permainan Maze dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf alphabet pada anak kelompok B di TK Siap Maju Desa Tulabolo Kecamatan Suwawa Timur. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang sering disebut dengan calssroom action research. Dengan prosedur 1) Refleksi awal, 2) Perencanaan tindakan, 3) Pelaksanaan tindakan PTK dengan menggunakan siklus I dan siklus II, 4) Pengamatan hasil tindakan serta 5) Refleksi. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui: observasi; wawancara dan hasil evaluasi pembelajaran. Adapun informan adalah guru dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B di TK Siap Maju Desa Tulabolo Kecamatan Suwawa Timur yang berusia rata-rata 5-6 tahun terdiri dari 10 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui tindakan pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan permainan Maze di TK Siap Maju dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf alphabet pada anak kelompok B. Peningkatan tersebut terjadi setelah dilakukan tindakan sejak siklus I sampai siklus ke II, diperoleh hasil kemampuan mengenal huruf anak yang cukup signifikan berdasarkan sebagai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yakni 80%. Keberhasilan ini didasari dari indakator mengenal huruf anak pertama pengenalan bunyi bahasa (symbol huruf alphabet), kedua pemahaman huruf vokal dan konsonan serta yang ketiga tahap penggabungan huruf vokal dan konsonan. Dari hasil penelitian tindakan kelas di TK siap Maju maka diperoleh data pada prasiklus sebesar 39 % atau 7 orang anak yang memiliki kemampuan mengenal huruf. Setelah di beri tindakan pada siklus I melalui penerapan permainan Maze mengalami kenaikan sebesar 44 % atau naik menjadi 8 orang anak yang memiliki kemampuan mengenal huruf alphabet serta tumbuhnya gairah belajar pada anak yang mulai berkembang dalam mengenal huruf sehingga terus di berikan bimbingan dan motivasi saat mengikuti kegiatan permainan Maze karena hasil ini masih perlu perbaikan. Dan setelah diberikan perbaikan atas evaluasi dari siklus sebelumnya maka diperoleh kemampun mengenal huruf pada siklus II sebesar 83% atau 15 orang anak dengan kategori telah berkembang sesuai harapan dalam mengenal huruf alphabet pada anak kelompok B melalui penerapan permainan Maze di TK Siap Maju Desa Tulabolo Kecamatan Suwawa Timur.
Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di TK Negeri Pembina Kabupaten Gorontalo Arsyad, Lukman; Nur Hasan, Sintya
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 3 No. 02 (2022): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v3i02.887

Abstract

Lembaga pendidikan atau sekolah merupakan tempat yang memiliki kuasa dalam penelenggaraan proses belajar mengajar secara sistematis dan berkesinambungan. Para pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah diharapkan menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didik berperilaku terpelajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diantara pelaksanaan kebijakan kepala sekolah dalam mewujudkan Sekolah Ramah anak yaitu, sudah adanya Standar Pelayanan Minimal, adanya tindakan pencegahan tindak kekerasan, adanya penegakan disiplin non diskriminatif, adanya komitmen kawasan bebas rokok, Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Mengadakan pelatihan guru Pelatihan-pelatihan yang dilakukan memang tidak secara spesifik membahas tentang ramah anak, akan tetapi muatannya mengarah pada bagaimana menjadi guru yang mampu menciptakan suasana ramah anak. Pemenuhan sarana- prasarana yang ramah anak Melibatkan Orang tua dan masyarakat. Dengan keenam upaya yang dilakukan oleh sekolah ini dapat mewujudkan sekolah ramah anak di TK Negeri Pembina  Tetapi memang masih ada beberapa hal yang harus dimaksimalkan.
Penerapan Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini di PPIT Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto: Huntingi, Karsum Jailani
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 3 No. 02 (2022): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v3i02.888

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan  metode wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Kelompok A pada Anak Usia Dini Islam Terpadu Lukmanul Hakim. Adapun jenis penelitian yang digunakan  ialah penelitian tindakan kelas (PTK), dimana penelitian ini merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) yang bertujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki mutu proses pembelajaran didalam kelas. Sumber data primer yang diperoleh oleh peneliti yakni dari guru kelas dan guru qur’an, sedangkan data sekunder yang diperoleh peneliti berupa absen kelas dan RPPH. Berdasarkan analisis data observasi awal siklus I dan siklus II dalam kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan Metode Wafa pada Anak Kelompok A di Pusat Paud Anak Usia Dini Islam Terpadu Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto menunjukkan 84 % kemampuan anak membaca Al-Quran menggunakan metode wafa.
Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini untuk Mengenal Huruf Hijaiyah di RAT Al-Ishlah Kota Gorontalo Lamalani, Jaria
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 3 No. 02 (2022): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v3i02.890

Abstract

Fokus penelitian ini membahas  strategi pembelajaran guru di RAT Al-Ishlah Kota Gorontalo  dalam meningkatkan kemampuan anak usia dini mengenal huruf hijaiyah di RAT Al-Islah Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan ialah  penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistic. Pengumpulan data dilakukan melalui metode  observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan ialah  strategi wafa yang memiliki keterkaitan dengan berbagai strategi pembelajaran dalam mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak usia dini. Adapun beberapa faktor penghambat yang ditemukan dalam penerapan strtegi ini ialah kurangnya pengulangan materi di rumah, ketidak hadiran anak, keterlambatan anak menghadiri akttivitas di kelas, kurangnya volume suara yang bisa terjangkau oleh anak dan keaktifan siswa. Sementara solusi yang ditawarkan ialah kerjasama guru dan  orang tua, kunugan rumah, bimbingan pribadi, volume suara, dan sindiran.
Mengembangkan Mootorik Halus melalui Kegiatan Mencetak dengan Pelepah Pisang pada Anak Kelompok A1 di RA Islam Terpadu Al-Ishlah Gorontalo Laima, Asrianti
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 3 No. 02 (2022): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v3i02.891

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah tentang bagaimana mengembangkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mencetak dengan pelepah pisang pada anak kelompok A1 di RA Islam Terpadu Al Ishlah Gorontalo. Tujuan Penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah kegiatan pembelajaran mencetak dengan menggunakan pelepah pisang dapat mengembangkan motorik halus pada anak.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan-tahapan kegiatannya berupa perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data diperoleh melalui observasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pelepah pisang melalui kegiatan mencetak dapat mengembangkan keterampilan motorik halus pada anak di kelompok A1 RA Islam Terpadu Al Ishlah Gorontalo, tahun ajaran 2017-2018. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus ini, diketahui bahwa ketuntasan keterampilan motorik halus anak pada siklus I mencapai 41,6%, dan pada siklus II prosentasenya meningkat hingga mencapai 83,3% atau melebihi target indikator yang diharapkan yaitu minimal 76%. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima.Implikasi dari penelitian ini adalah : (1) Dengan kegiatan mencetak dapat mengembangkan motorik halus pada anak, (2) Dengan menggunakan pelepah pisang, anak lebih senang dan lebih aktif dalam melakukan kegiatan mencetak. Untuk itu direkomendasikan : (1) Guru dapat menggunakan kegiatan mencetak untuk mengembangkan motorik halus pada anak karena kegiatan tersebut terbukti efektif untuk mengembangkan hasil belajar anak, (2) Kepala Sekolah hendaknya senantiasa mengupayakan ketersediaan media untuk mencetak dengan kualitas yang lebih baik dan jumlah yang memadai agar dapat menunjang kegiatan mencetak.
Pengembangan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab di Kelompok B1 PPAUD IT Lukmanul Hakim Angio, Nurlaila; Pratiwi, Wiwik; Talango, Sitti Rahmawati
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 3 No. 02 (2022): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v3i02.1528

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan keaksaraan bahasa arab melalui media audiovisual di kelompok B1 PPAUD IT Lukmanul Hakim. Penggunaan media audiovisual dibantu dengan penggunaan media video sebagai alat yang mendukung media audiovisual. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas oleh Kemmis Mc Tagart. Subjek penelitian yakni anak usia 5-6 tahun kelompok B1 di PPAUD IT Lukmanul Hakim yang berjumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitian Pengenalan keaksaraan bahasa arab dengan menggunakan media audiovisual didapatkan hasil penelitian presentase dari praobservasi yaitu 46.79%, kemudian peningkatan pada siklus I dengan presentase 85.62% dan sangat meningkat pada siklus II dengan presnetase 94.07% dan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keaksaraan bahasa arab dengan menggunakan media audiovisual.

Page 1 of 1 | Total Record : 8