cover
Contact Name
Sitti Rahmawati Talango
Contact Email
sititalango@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6282397747768
Journal Mail Official
ecie-jurnalpiaud@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo Kampus 2, Jl. Sultan Amai, No. 1, Ds. Pone, Kec. Limboto Barat, Kab. Gorontalo, Prov. Gorontalo, Indonesia 96215.
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Early Childhood Islamic Education Journal
ISSN : -     EISSN : 27469115     DOI : https://doi.org/10.58176/eciejournal.v5i02
Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa hasil riset dan artikel yang berkonsentrasi pada bidang pendidikan anak usia dini. Semua artikel dan hasil penelitian bersifat akses terbuka, sehingga memungkinkkan untuk diakses secara online dan bebas tanpa berlangganan apapun
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 01 (2023): Early Childhood Islamic Education Journal" : 7 Documents clear
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Penggunaan APE dalam di Kelompok B TK Asri Al-Maghfirah Leingo, Laranti
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 4 No. 01 (2023): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v4i01.841

Abstract

Data kemampuan motorik halus yang ditemukan pada anak didik kelompok B TK Asri Al-Maghfirah yaitu berkisar 56,88% saja. Angka ini menunjukkan kemampuan rata-rata motorik halus di bawah rata-rata, dengan mengidentifikasi masalah kemampuan motorik halus anak khususnya pada koordinasi jari lengan dan mata, diantaranya: 1) kurangnya alat permainan APE dalam yang dapat membantu kemampuan motorik halus anak. 2) kurang optimalnya kegiatan yang dapat meningkatkan  kemampuan motorik halus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan model penelitian tindakan kelas Kemmis Mc Tagart. Subjek dari penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Asri Al-Maghfirah yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Alat  permainan edukatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu set main memasak, set main menjahit, dan alat main meronce. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motorik halus dari jumlah presentase observasi awal 56,88%, meningkat menjadi 74,17% pada pelaksanaan siklus 1, namun setelah dilakukan refleksi dan dilanjutkan pada siklus ke II kemampuan motoric halus anak meningkat dengan presentase 91,67%. Set main memasak, meronce dan menjahit merupakan alat permainan edukatif yang disediakan dengan memperhatikan indikator kemampuan motorik halus.
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosa Kata Bahasa Arab Anggota Tubuh melalui Metode Bernyanyi Lagu Gubahan di Kelompok A1 di PPIT Lukmanul Hakim Gorontalo Pakaya, Widya wati
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 4 No. 01 (2023): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v3i01.842

Abstract

PPIT Lukmanul Hakim merupakan salah satu PAUD berbasis ke Islaman. Aktivitas pembelajarannya mencakup hafalan Al-Quran, dengan demikian peserta didik perlu memahami kajian dalam surat-surat Al-Quran yang dihafal. Namun  observasi awal menunjukkan rendahnya pengenalan kosa kata arab yaitu 52,17% terutama pada pengenalan kosa kata anggota tubuh. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata bahasa Arab anggota tubuh, dengan menggunakan metode bernyanyi lagu gubahan pada anak usia dini kelompok A1 di sekolah PPAUD IT Lukmanul Hakim Gorontalo. Metode  penelitian yang digunakan adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A1 berusia 4 sampai 5 tahun di sekolah PPAUD IT Lukmanul Hakim Gorontalo yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 13 perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mix method yaitu dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terjadi peningkatan kemampuan mengenal kosa kata bahasa Arab anggota tubuh yaitu dari jumlah presentase obsevasi awal 52,17%, meningkat pada pelaksanaan siklus I menjadi 65%. Setelah dilakukan refleksi, dilanjutkan pada siklus II dengan presentase 90,86%. Maka dengan ini kemampuan mengenal kosa kata bahasa Arab anggota tubuh dapat meningkat dan dikatakan mampu melalui metode bernyanyi lagu gubahan di kelompok A1 PPAUD IT Lukmanul Hakim Gorontalo.
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus menggunakan Playdough melalui Teknik Latihan pada Anak di Kelompok A TK Dotinggulo Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Taiya, Asri
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 4 No. 01 (2023): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v4i01.843

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang berkaitan dengan motorik halus, di kelompok A TK Dotinggulo Sonuo, yaitu; 1) kurangnya media dan alat permainan  yang dapat membantu kemampuan motorik halus anak. 2) kurang optimalnya kegiatan yang menunjang kemampuan motorik halus. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan membentuk binatang menggunakan playdough dengan teknik latihan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model tindakan kelas Kemmis Mc Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok A berusia 5-6 tahun yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Peningkatan  kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Dotinggulo Sonuo melalui media playdough dengan teknik latihan  dapat dilihat dari jumlah presentase observasi awal 59,38%, mengalami peningkatan  pada siklus 1 yaitu 77,81%, dan setelah dilakukan refleksi pada siklus 2, meningkat menjadi 91,77% . Penggunaan media playdough dapat bermanfaat untuk meningkatkan motorik halus anak dengan menggunakan teknik latihan dan kegiatan membentuk yang variatif.
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Penerapan Media Salt Painting pada Anak Kelompok B di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo Sahu, Rati Julianti; Indriani
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 4 No. 01 (2023): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v4i01.844

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf melalui penerapan media salt painting di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo dan untuk mengetahui bagaimana tahapan media salt painting di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada anak kelompok B di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah anak kelompok A dengan jumlah 24 siswa hasil penelitian ini menjelaskan pada Pra Siklus, memperoleh jumlah presentase 58,33%, mulai meningkat pada siklus I yaitu 69,71%, setelah dilakukan refleksi dilanjutkan pada siklus II dengan presentase 85,98%, maka dengan ini kemampuan mengenal huruf dapat meningkat melalui penerapan media salt painting pada anak kelompok B di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak dapat ditingkatkan menggunakan media salt painting dalam proses pembelajaran.
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Langsung dengan Media Gambar Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Esti Safitri Tabo; Anwar, Herson; Kalaka, Febry Rizki Susanti
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 4 No. 01 (2023): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v4i01.1074

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung dengan media gambar konkret terhadap hasil belajarmatematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas III SDN 9 Limboto. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental semu, yaitu penelitian eksperimen yang hanya dilaksanakan pada satu kelompok saja yang dinamakan kelompokeksperimen tanpa adanya kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Penetapan populasi dan sampel diambil dari kelas III berjumlah 16 orang siswa dimana semua populasi dijadikan sampel (sampling jenuh). Dalam mengumpulkandata, penulis menggunakan tes soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal. Dari hasil analisis uji hipotesis diperoleh hasil uji paired sample t-test dengan data akhiryang diperoleh pada hasil Pretest dan Posttest nilai thitung sebesar -5,836 | 5,836 | dengan df = 15 dan ttabel dengan taraf a = 0,05 sebesar 2,131. Dengan demikian, thitung -5,836 | 5,836 > ttabel 2,131 yang berarti bahwa H1 diterima dan H0 ditolak dengan hasil terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung dengan media gambar konkret terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas III SDN 9 Limboto.
Variasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Rusuli, Izzatur; Rezeki, Rita; Rambe, Syarifah Aini
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 4 No. 01 (2023): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v4i01.1392

Abstract

Pandemi covid-19 telah memberikan dampak terhadap seluruh aspek kehidupan termasuk pendidikan pada anak usia dini. Anak usia dini memerlukan bimbingan secara langsung untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya agar siap melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru TK IT Cendekia Takengon di masa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kurikulum dan guru TK IT Cendekia Takengon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah menerapkan pembelajaran daring dengan cara mengirimkan materi pelajaran melalui grup whatsapp. Variasi yang kedua adalah menerapkan pembelajaran luring dengan tiga cara, yaitu home visit (kunjungan ke rumah), tatap muka secara shift (bergantian) dan les di salah satu rumah peserta didik. Kendala yang dihadapi pada pembelajaran tersebut adalah adalah kurangnya kerjasama dengan orang tua, sulitnya menentukan media pembelajaran yang tepat, kendala teknis, memakan banyak waktu, adanya pengurangan waktu belajar, pengulangan materi pembelajaran dan keterbatasan fasilitas pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan manfaat bagi guru di Taman Kanak-Kanak agar dapat melakukan pembelajaran yang dapat menstimulasi perkembangan anak secara langsung dengan tetap mempertimbangkan kondisi pandemi seperti ini.         
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Akidah Akhlak melalui Strategi Index Card Match Siswa Fase B Madrasah Ibtidaiyah Al-Miftah Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Zaitun Nisa
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 4 No. 01 (2023): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v4i01.1745

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi iman kepada kitab-kitab Allah mata pelajaran akidah akhlak melalui strategi Index Card Match. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B2 MI Al Miftah Barabai Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh strategi Index Card Match berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi iman kepada kitab-kitab Allah. Sebelum diterapkannya strategi Index Card Match hasil belajar siswa secara klasikal hanya 4 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 siswa (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.0 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.0. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 7