cover
Contact Name
Sitti Rahmawati Talango
Contact Email
sititalango@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6282397747768
Journal Mail Official
ecie-jurnalpiaud@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo Kampus 2, Jl. Sultan Amai, No. 1, Ds. Pone, Kec. Limboto Barat, Kab. Gorontalo, Prov. Gorontalo, Indonesia 96215.
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Early Childhood Islamic Education Journal
ISSN : -     EISSN : 27469115     DOI : https://doi.org/10.58176/eciejournal.v5i02
Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa hasil riset dan artikel yang berkonsentrasi pada bidang pendidikan anak usia dini. Semua artikel dan hasil penelitian bersifat akses terbuka, sehingga memungkinkkan untuk diakses secara online dan bebas tanpa berlangganan apapun
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 02 (2024): Early Childhood Islamic Education Journal" : 3 Documents clear
Penerapan Metode Bermain Peran Makro untuk Menigkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo Sri Amalia, Delima; Arsyad, Lukman
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 5 No. 02 (2024): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v5i02.1419

Abstract

Kegiatan bermain peran makro dapat menjadi salah satu cara dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis Mc Tagart. Subjek penelitian yakni anak usia 4-5 tahun di kelompok A TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo yang bejumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Desain penelitian memilki empat  model yaitu: pengamatan, perencanaan, tindakan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode bermain peran makro untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di kelompok A TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo dapat dilihat dari jumlah-jumlah presentase yang didapatkan. Pada saat prasiklus prsentase rata-rata yakni 38.16% sebelum dilakukan tindakan, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai presentase rata-rata meningkat yakni 62.56%, dan meningkat lagi pada siklus II dengan nilai presentase rata-rata yakni 90.31% dan sudah mencapai tingkat keberhasilan yakni 71%. Maka dengan itu penggunaan metode bermain peran makro dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di kelompok A TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo.
Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Suku Kata Melalui Permaianan Kartu pada Kelompok B Lulus Nursukmaning Ayu; Akhmad Jazuli Afandi; suharni, suharni
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 5 No. 02 (2024): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v5i02.2201

Abstract

Pengembangan kemampuan berbahasa bagi anak usia dini sangat penting. Hal ini akan berpengaruh pada tahap kemampuan anak yang lainnya. Kemampuan anak dalam mengenal suku kata pada TK Pertiwi Tanggungan sangatlah kurang. Kegiatan mengenal suku kata meliputi kemampuan pada aspek bahasa yaitu membaca dan menulis. Kurangnya kemampuan anak dalam mengenal suku kata dikarenakan dikarenakan selama ini metode yang kurang tepat dalam pembelajaran dan media yang digunakan kurang menarik. Hal ini disebabkan siswa jenuh, bosan, acuh tak acuh dan pasif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelompok B TK pertiwi Tanggungan.  Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas dengan dua siiklus dengan tiap siklus menggunakan tahap : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3 Observasi/pengamatan dan 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas belajar siswa meningkat dari 55,6% pada siklus I menjadi 83,88% pada siklus II. Permainan kartu dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal suku kata di kelompok B TK Pertiwi Tanggungan. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai rujukan bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak.
Menggali Makna di Balik Filosofi Hidup Pisang: Pembelajaran soft skill Bagi Mahasiswa PAUD Mestari, Sri Agriyanti; Kalaka, Febry Rizki Susanti; Masaong, Abd Kadim; Isnanto
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 5 No. 02 (2024): Early Childhood Islamic Education Journal
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58176/eciejournal.v5i02.2212

Abstract

Filosofi hidup pohon pisang mengandung berbagai nilai yang relevan untuk pengembangan soft skills bagi mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana simbolisme pohon pisang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran guna mengembangkan keterampilan seperti ketahanan, adaptasi, empati, kesederhanaan, serta penghargaan terhadap proses belajar. Dengan menggunakan pendekatan kajian literatur, penelitian ini mengidentifikasi nilai-nilai esensial dari filosofi hidup pohon pisang yang dapat diterapkan dalam pembelajaran mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filosofi ini dapat membantu mahasiswa PAUD dalam mengembangkan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan, meningkatkan empati dalam berinteraksi dengan anak-anak dan lingkungan sekitar, serta memperkuat keterampilan kerja sama dalam tim. Integrasi nilai-nilai ini diharapkan dapat memperkuat karakter mahasiswa sebagai calon pendidik yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya pengembangan soft skills dalam menciptakan generasi pendidik yang tidak hanya profesional secara akademis tetapi juga memiliki karakter yang tangguh dan mampu memberikan kontribusi positif dalam masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 3