cover
Contact Name
Mita Yuniati
Contact Email
mitayuniati@unesa.ac.id
Phone
+6285736219539
Journal Mail Official
mitayuniati@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Gedung A3 Lt. 2, Fakultas Teknik - Universitas Negeri Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Online Tata Busana
Jurnal Online Tata Busana berisi hasil penelitian bidang Fesyen baik di kependidikan maupun non kependidikan. Focus and Scope: - Pendidikan Tata Busana - Fesyen - Tekstil - Kriya tekstil - Teknologi menjahit - Pola Busana - Manajemen dan Kewirusahaan Fesyen
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021" : 22 Documents clear
PENERAPAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DENGAN APLIKASI MEDIBANG PAINT Pratiwi, Aisyah Sakawuning Dyah; Suhartiningsih, Suhartiningsih
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i02.39312

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini: 1) mendeskripsikan proses pembuatan media pembelajaran video tutorial desain rok A-Line menggunakan aplikasi MediBang Paint 2) mendeskripsikan hasil penerapan media pembelajaran video tutorial desain rok A-Line menggunakan aplikasi MediBang Paint. Artikel ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall melalui tahap studi pendahuluan, pengumpulan materi, pembuatan produk awal, desain, penggabungan dalam produksi media, dan penggunaan media. Hasil penilaian dari para validator menyatakan bahwa aspek media pembelajaran berbasis media video tutorial meliputi 7 butir item indikator memenuhi kriteria sangat layak dengan 60% dipilih oleh 3 validator dan layak dengan hasil penilaian 40% oleh 2 validator. Aspek media pembelajaran meliputi 7 item indikator, diantaranya: Relevansi tujuan pembelajaran dengan KI/KD/Kurikulum memperoleh skor 20, Mengandung pesan yang disampaikan memperoleh skor 20, Sistematis, alur logika jelas memperoleh skor 19, dan Kejelasan pembahasan memperoleh skor 21. Aspek komunikasi audio visual meliputi 7 butir item indikator memperoleh 80% dalam kategori sangat layak oleh 4 validator dan kategori layak 20% oleh 1 validator. 7 item indikator yang dinilai pada aspek komunikasi audio visual, diantaranya: Video diperjelas oleh audio memperoleh skor 22, Layout, design, typhography, music memperoleh skor 20, Dubbing terdengar jelas memperoleh skor 20, dan Unsur inovasi animasi memperoleh skor 21. Disimpulkan bahwa hasil penerapan media pembelajaran video tutorial desain rok A-Line dinyatakan sangat layak pada kedua aspek penilaian yaitu pada aspek media pembelajaran mendapatkan persentase 60% dipilih oleh 3 responden validator dan pada aspek komunikasi audio visual dari 4 responden validator menyatakan kategori sangat layak dengan persentase 80%. Kata Kunci: Media, video-tutorial, rok, desain-busana.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP SISWA SMK Damayanti, Fitria; M.PSDM, Dra.Yulistiana,
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i02.40420

Abstract

STUDI LITERATUR ZERO WASTE FASHION DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN DI SMK TATA BUSANA Rusydiana, Nailil; M.PSDM, Dra. Yulistiana,
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i02.40422

Abstract

EKSPLORASI PERINTANG WARNA ALAMI PADA KUALITAS MOTIF BATIK Sulistyorini, Rani; Wahyuningsih, Urip
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i02.40424

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi literatur dengan mengkaji beberapa jurnal terkait dengan eksplorasi perintang warna alami pada kualitas motif batik. Ekplorasi ini merupakan hal yang penting dalam rangka mengkaji beberapa teknik dalam menghasilkan sebuah karya dan berpotensi untuk meningkatkan kreativitas pemanfaatan bahan alam yang mampu menjaga eksistensi batik tulis tanpa mengurangi esensi dari batik tulis itu sendiri. Tujuan studi literatur pada penulisan artikel ini yaitu untuk mendeskripsikan bahan alami yang dapat digunakan sebagai perintang warna, mengetahui hasil motif batik dari bahan perintang warna alami, mengetahui kualitas motif batik yang dihasilkan dari perintang warna alami, dan mengetahui proses dan hasil pewarnaan batik pada perintang warna alami. Hasil studi literatur pada artikel ini menghasilkan, pertama, bahan alam yang dieksplorasi sebagai perintang warna alami pada artikel ini yaitu kulit singkong dan pati ganyong. Kedua, motif batik yang dihasilkan oleh kedua perintang tersebut berbeda-beda bergantung pada lamanya pengeringan, ketebalan pada pengaplikasian pasta dan aplikator yang digunakan. Ketiga, pada penggunaan bahan alam kulit singkong, perintang warna dapat merintang warna dengan baik ketika menggunakan aplikator plastik segitiga karena kualitas yang didapatkan baik yaitu garis tegas dan jelas sehingga dapat merintang warna dengan baik. Sementara pada saat menggunakan bahan alam pati ganyong, perintang warna dapat merintang warna dengan baik ketika menggunakan aplikator botol cuka karena hasil motif batik tiruan yang dihasilkan yaitu rapi, rata, dan tegas. Keempat, pada bahan alam kulit singkong digunakan pewarna dylon dan wantex sementara pada bahan alam pati ganyong digunakan pewarna napthol.
PENGEMBANGAN HANDOUT DIGITAL ANYFLIP PADA MATERI MENGANALISIS LIMBAH BUSANA SUB TEMA OUTER ORIGAMI RABBIT ZERO WASTE Nabilah, Nevi; Wahyuningsih, Urip
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i02.40427

Abstract

In the era of globalization and the industrial revolution 4.0, it demands innovation and optimal use of technology in learning. This research is motivated by the results of the development of handout digital on the material of analyzing clothing waste in the sub-theme of the outer origami rabbit zero waste. The stages of assessment and development of this handout digital refer to the ADDIE development model which analysis, design, development, implementation, and evaluation. The purpose of writing this article are: 1) Developing handout digital using Anyflip on the subject matter of analyzing clothing waste with the sub-theme of outer origami rabbit zero waste, 2) Knowing the feasibility of the validator for handout digital using Anyflip on the subject matter of analyzing clothing waste with the sub-theme of outer origami rabbit zero waste. The research instrument used in the form of a validation sheet and for data analysis using descriptive analysis with a percentage. The conclusions of the results of this study are 1) The development of handout digital using Anyflip on the subject matter of analyzing clothing waste with the sub-theme of the outer origami rabbit zero waste can be used as a learning medium at SMK Tata Busana, 2) The results of the feasibility validation assessment of handout digital using Anyflip on the subject matter of analyzing clothing waste with the sub-theme of outer origami rabbit zero waste of language experts 81,8%, media experts 81,6%, and theory experts 94.5%. With the results of this study, handout digital are stated to be very good to used as an efficient and easy to use learning medium. Pada era globalisasi serta revolusi industri 4.0 menuntut inovasi dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran secara optimal. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengembangan handout digital pada materi menganalisis limbah busana sub tema outer origami rabbit zero waste. Tahapan penilaian dan pengembangan handout digital menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tujuan penulisan artikel ini adalah: 1) Melakukan pengembangan handout digital menggunakan Anyflip pada materi pokok mengalisis limbah busana dengan sub tema outer origami rabbit zero waste, 2) Mengetahui kelayakan dari validator terhadap handout digital menggunakan Anyflip pada materi pokok mengalisis limbah busana dengan sub tema outer origami rabbit zero waste. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi dan untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) Pengembangan Handout digital menggunakan Anyflip pada materi pokok mengalisis limbah busana dengan sub tema outer origami rabbit zero waste dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada SMK Tata Busana, 2) Hasil penilaian validasi kelayakan handout digital menggunakan Anyflip pada materi pokok mengalisis limbah busana dengan sub tema outer origami rabbit zero waste yaitu ahli bahasa 81,8 %, ahli media 81,6%, dan ahli materi 94,5%. Dengan hasil penelitian tersebut handout digital dinyatakan sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran yang efisien dan mudah digunakan.
PERAN E-COMMERCE SEBAGAI DIGITAL FASHION BRANDING Evyta, Fitrotul Diah; Kharnolis, Mein
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i02.40429

Abstract

MEDIA REALIA BAGI SISWA SMK HERYNA, VIO RAMADHANTY; Yulistiana, Yulistiana
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i02.40431

Abstract

Realia media is an object that can be heard, seen or experienced that causes students to have hands-on experience among them for vocational school students in all skill programs. The purpose of this literature study is to find out: 1) characteristics of realia media, 2) the response of learners to realia media, 3) the results of learning learners using realia media. This literature study examines the results of research on the application of realia media in vocational schools. The data search in this article uses Google Scholar and Scient Direct obtained as many as 10 articles in 2012-2018. The results of the analysis of this literature study are: 1) The characteristics of real media are real objects, objects that are still in intact condition, can be used, alive, at real size, and can be recognized as their original form, can be living objects and inanimate objects. 2) The response of students is very good to learning using realia media that is proven by the understanding and ability of learners when doing tasks. 3) The results of learning students using realia media, it is obtained an increase in student learning outcomes by 25%-100% whose maximum value is 9 and an average of 7.5. Keywords: Learning outcomes, realia media, student response, vocational students.
PEMBELAJARAN ECOPRINT DALAM MATA PELAJARAN PRODUK KRATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMKN 1 SINGGAHAN TUBAN Husna, Alvin Ainul; S.Pd.,M.Ds., Inty Nahari,
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i02.40433

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan tentang pembelajaran ecoprint khususnya mata pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Singgahan Tuban. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu pada bagaimana pembelajaran ecoprint di SMKN 1 Singgahan. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa kata-kata deskriptif dan tindakan yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran ecoprint pada siswa siswi di SMKN 1 Singgahan menggunakan metode pembelajaran ceramah, demonstrasi dan eksperimen, dan pemberian tugas dengan menggunakan media realita dan telah di sesuaikan oleh KI dan KD mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan yang telah ditetapkan. Proses pembelajaran ini dilakukan dengan cara teori dan praktek secara langsung di sekolah, peralatan yang dibutuhkan untuk membuat ecoprint juga terbilang sangat sederhana dan cara pembuatan yang relatif mudah menjadikan siswa semangat untuk mewujudkan ide ide desain motif mereka pada lembaran kain tersebut. Pengetahuan tentang ecoprint menambah wawasan dan kreatifitas siswa siswi SMKN 1 Singgahan tentang ilmu tata busana. Semenjak adanya pembelajaran tentang ecoprint dan siswa siswi dapat mewujudkannya pada suatu kain yang indah, SMKN 1 Singgahan Tuban berhasil mendapatkan image yang bagus dari masyarakat sekitar.
Efektivitas Handout Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Teknik Menjahit Di SMKN 2 Ponorogo Timur, Nealin Thalia; MPSDM., Dra. Yulistiana,
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i02.40436

Abstract

ANALISIS PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN BIDANG KETERAMPILAN TATA BUSANA Alannawa, Rosta; Hidayati, Lutfiyah
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i02.40441

Abstract

ABSTRAK - Guru atau lembaga sekolah memiliki tanggung jawab terhadap keberhasilan proses pembelajaran, masih banyak media pembelajaran yang kurang memadai. Siswa ataupun mahasiswa kesulitan memahami materi saat proses pembelajaran dan sangat bergantung pada guru sehingga membuat siswa kurang aktif dan mandiri saat belajar. Guru memerlukan pengembangan e-modul sebagai media untuk mempermudah siswa agar pelajaran mudah di pahami dan menjadi lebih efektif karena dibantu oleh pengembangan e-modul. E-modul merupakan media pembelajaran yang praktis, menarik, dan interaktif, serta mampu menampilkan materi, gambar, video, dan audio secara bersamaan. Tujuanpenulisan artikel ini yaitu: (1) mengetahui model-modelpengembangane-modul pada pembelajaran bidang keterampilan tata busana, dan (2) mengetahui hasil tingkat validitas dan efektivitas pengembangan e-modul pada pembelajaran bidang keterampilan tata busana. Artikel ini dibuat dengan metode Sistematic literature review (SLR) dengan mengumpulkan data dari 10 jurnal atau skripsi dalam lingkup e-modul sebagai media pembelajaran di bidang keterampilan tata busana. Selama kurun waktu 2010 sampai tahun 2020, yang dilakukan oleh mahasiswa baik dari Universitas yang ada di dalam maupun di luar Indonesia. Hasil analisis artikel ini yaitu: (1)model-model pengembangan e-modul pada pembelajaran bidang keterampilan tata busanayang digunakan antara lainmodel 4-D, model Dick & Carrey, model ADDIE, model Sugiyono, model Borg & Gall disederhanakan dan modifikasi; (2) hasil tingkat validitas dan efektivitas pengembangan e-modul pada pembelajaran bidang keterampilan tata busanayaitu nilai validitas dari ahli materi dan ahli media memperoleh nilai 97,14% (rata-rata tertinggi), 85% (rata-rata tenga) dan 72% (rata-rata terendah). Uji efektivitas hanya dilakukan pada 2 dari 10 jurnal, dari uji efektivitas Dermawan memperoleh peningkatan 48% dan uji efektivitas Fisnani memperoleh peningkatan 31,6%. Bedasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan:(1) model pengembangan yang sering digunakan adalah model 4D; (2) hasil uji validitas dikategorikan sangat praktis dan hasil uji efektivitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa atau mahasiswa secara signifikan terutama pada kognitif dan psychomotor. Kata Kunci: Analisis, E-modul, Tata-Busana ABSTRAK - Teachers or school institutions have responsibility for learning programs, there are still many inadequate learning media. Students and students understand the material during the learning process and it is very valuable to the teacher so that students are less active and independent when learning. Teachers need e-module development as a medium to make it easier for students to be easily understood and to be more effective because it is assisted by e-module development. E-module is a practical, interesting, interactive learning media, and is able to display material, images, video and audio simultaneously. The objectives of this article are: (1) indicators of e-module development in the field of fashion skills learning, and (2) see the results of the level of validity and enhancement of e-module development in learning in the field of fashion skills. This article was created using the literature study method by collecting data from 10 journals or theses within the scope of e-modules as a learning medium in the field of fashion skills. During the period 2010 to 2020, it was carried out by students from both universities inside and outside Indonesia. The results of the analysis of this article are: (1) e-module development models in the field of fashion skills learning which are used among other 4-D models, the Dick & Carrey model, the ADDIE model, the Sugiyono model, the simplified and modified Borg & Gall model; (2) the results of the validity level and e-module improvement in learning in the field of fashion skills, namely the validity value of material experts and media experts, obtained a value of 97.14% (highest average), 85% (middle average) and 72%. (lowest average). The highest test was only conducted on 2 out of 10 journals, from the test that had Generous effectiveness increasing by 48% and the test which had a Fisnani increase of 31.6%. Based on the research results: (1) the development model that is often used is the 4D model; (2) the results of the validity test are categorized as very practical and the effective results can significantly improve student learning outcomes, especially cognitive and psychomotor. Keywords: Analysis,E-module,Fashion

Page 1 of 3 | Total Record : 22


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): Jurnal Online Tata Busana Juli 2025 Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Online Tata Busana Maret 2025 Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Online Tata Busana November 2024 Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Online Tata Busana Juli 2024 Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Online Tata Busana Maret 2024 Vol. 12 No. 3 (2023): Jurnal Online Tata Busana November 2023 Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Online Tata Busana Juli 2023 Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Online Tata Busana Maret 2023 Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Online Tata Busana November 2022 Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Online Tata Busana Juli 2022 Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022 Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021 Vol. 10 No. 01 (2021): Jurnal Online Tata Busana Maret 2021 Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021 Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Online Tata Busana Desember 2020 Vol. 9 No. 2 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol. 7 No. 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Edisi Yudisium Februari 2018 Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal Online Tata Busana Maret 2018 Vol. 7 No. 3 (2018) Vol. 6 No. 3 (2017): Volume 6, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2017 Vol. 6 No. 2 (2017): Volume 6, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2017 Vol. 6 No. 1 (2017): Volume 6, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2017 Vol. 5 No. 3 (2016): Volume 5, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2016 Vol. 5 No. 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2016 Vol. 5 No. 1 (2016): Volume 5, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2016 Vol. 4 No. 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2015 Vol. 4 No. 2 (2015): Volume 4, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2015 Vol. 4 No. 1 (2015): Volume 4, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2015 Vol. 3 No. 3 (2014): Volume 3, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2014 Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Online Tata Busana Mei 2014 Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Online Tata Busana Pebruari 2014 Vol. 2 No. 3 (2013): Jurnal Online Tata Busana Agustus 2013 Vol. 2 No. 2 (2013): Jurnal Online Tata Busana Mei 2013 Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Online Tata Busana Pebruari 2013 More Issue