cover
Contact Name
Mita Yuniati
Contact Email
mitayuniati@unesa.ac.id
Phone
+6285736219539
Journal Mail Official
mitayuniati@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Gedung A3 Lt. 2, Fakultas Teknik - Universitas Negeri Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Online Tata Busana
Jurnal Online Tata Busana berisi hasil penelitian bidang Fesyen baik di kependidikan maupun non kependidikan. Focus and Scope: - Pendidikan Tata Busana - Fesyen - Tekstil - Kriya tekstil - Teknologi menjahit - Pola Busana - Manajemen dan Kewirusahaan Fesyen
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Online Tata Busana Maret 2024" : 5 Documents clear
PENCIPTAAN BUSANA CHEONGSAM MENGGUNAKAN TULLE DENGAN SUMBER IDE KEMBANG API Putri, Rizky Aulia Difi; Mayasari, Peppy
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Online Tata Busana Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i1.67295

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian penciptaan busana yang terfokus pada penggunaan bahan yang diterapkan pada pembuatan busana suatu busana. Adapun busana yang akan dibuat adalah busana cheongsam ready to wear dengan sumber ide atau sumber inspirasi kembang api. Penelitian ini termasuk penelitian penciptaan yang menggunakan metode Pratice-led Research yang terdiri dari 4 tahap, antara lain: (1) Pra-perancangan; (2) Perancangan; (3) Perwujudan; (4) Penyajian. Tujuan dari penelitian ini adalah antara lain (1)Mendeskripsikan proses pembuatan busana cheongsam menggunakan tulle dengan sumber ide kembang api pada busana ready to wear. (2)Mendeskripsikan hasil jadi busana cheongsam menggunakan tulle dengan sumber ide kembang api pada busana ready to wear. Hasil dari penelitian ini mewujudkan busana ready to wear cheongsam yang menggunakan kombinasi tiga kain tulle sebagai bahan utamanya, kain tulle yang digunakan antara lain terdiri dari kain tulle kaku, kain tulle motif, kain tulle pleats. Busana merupakan hal pokok penting dalam kehidupan manusia yang mana selalu mengikuti perkembangan dari waktu ke waktu. Semakin berkembangnya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan maka semakin beragam pula bentuk, bahan yang digunakan dan trend pada busana, selain itu banyaknya keberagaman suku, ras, budaya, dan agama juga membuat semakin beragam pula bentuk dan jenis pada busana. Busana daerah yang terkenal dari etnis Tionghoa adalah Cheongsam.
PENCIPTAAN TEKNIK ANYAMAN PADA BUSANA DAY WEAR DENGAN SUMBER IDE SPARKLING TUNJUNGAN Solikhah, Mia Mar'atus; Mayasari, Peppy
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Online Tata Busana Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i1.67302

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian penciptaan seni yang berfokus pada teknik anyaman yang diterapkan pada busana day wear dengan sumber inspirasi sparkling di Jalan Tunjungan Surabaya. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses dalam penyusunan ide dan konsep dari penciptaan teknik anyaman dan penerapannya pada busana day wear. (2) Mendeskripsikan dan mewujudkan hasil dari proses pembuatan teknik anyaman pada busana day wear dengan sumber ide sparkling di Jalan Tunjungan Surabaya. Dari tujuan penciptaan tersebut diciptakanlah teknik anyaman yang diterapkan pada busana day wear. Teknik anyaman dibuat dengan memadukan dua warna kain yaitu, merah maroon dan broken white. Teknik anyaman yang bersumber sparkling tunjungan ini di desain menjadi bentuk anyaman polos seperti bangunan gedung siola yang berada di Jalan Tunjungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penciptaan karya dari teori Hendriyana dengan empat tahapan yaitu pra-perancangan karya, perancangan karya, perwujudan karya dan penyajian karya. Pada proses pra-perancangan karya berfokus pada pendalaman terkait sumber ide, meriset produk dengan melakukan perbandingan dengan karya orisinil yang telah ada di lapangan. Dilanjutkan dengan tahap perancangan, yaitu pendeskripsian moodboard, survey bahan, merancang desain dan membuat prototype atau sampel sesuai desain yang ditentukan. Selanjutnya tahapan perwujudan, dimana dalam tahapan ini dilakukan perwujudan berupa pembuatan produk teknik anyaman yang diterapkan pada busana day wear, evaluasi dan revisi produk. Pada tahapan penyajian, publikasi karya dilakukan melalui event grandjury, annual fashion show, serta dipublikasikan dalam bentuk pengunggahan jurnal.Kata Kunci : Anyaman, Day Wear, Penciptaan.
PENGEMBANGAN E-MODUL SULAMAN INGGRIS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 JABON Yulinda, Dara Irwa; Rahayu, Imami Arum Tri
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Online Tata Busana Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i1.67602

Abstract

Penelitian ini artinya penelitian pengembangan yg dikembangkan menggunakan 4P (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, serta Penyebaran).Penelitian ini bertujuan buat mengetahui taraf kelayakan para ahli yaitu pakar materi, ahli media dan pengajar mata pelajaran serta buat mengetahui yang akan terjadi belajar siswa terhadap media Pembelajaran E-modul Sulaman Inggris pada Mata Pelajaran Hiasan kostum Kelas XI SMKN 1 Jabon.Metode pengumpulan data memakai angket penilaian dan uji kelayakan media sang ahli Materi, pakar Media dan pengajar Mata Pelajaran serta tembar tes kognitif serta psikomotor buat siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis naratif buat memasak data akibat validasi kelayakan media dan data akibat belajar peserta didik. akibat penelitian memberikan hasil menjadi berikut, (1) taraf kelayakan media oleh ahli bahasa menggunakan skor rata-homogen 3,59 yang dinyatakan Sangat Baik buat diuji cobakan. taraf kelayakan media oleh pakar Materi menggunakan skor homogen-homogen 3,66 yg dinyatakan Sangat Baik untuk diuji cobakan. taraf kelayakan media sang pakar Media menggunakan skor homogen-homogen 3,41 yang dinyatakan Sangat Baik untuk diuji cobakan. tingkat kelayakan media oleh guru Mata Pelajara menggunakan skor rata-rata. (dua) hasil belajar peserta didik sinkron menggunakan keriteria ketuntasan hasil belajar yakni 80≤. dapat dipandang sebelum diberikan media pembelajaran E-Modul dari 36 siswa yang dinyatakan tuntas hanya 7 anak menggunakan nilai homogen-homogen 70. serta selesainya diberikan media pembelajaran E-Modul akibat belajar peserta didik meningkat hingga 14% menggunakan homogen-homogen nilai 84 serta jumlah siswa yg tuntas 32 dari 36 peserta didik. Menggunakan demikian media pembelajaran E-Modul pembuatan hiasan pakaian menggunakan sulaman inggris dinyatakan mampu menaikkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : E-Modul, Media Pembelajaran, Pengembangan Pembuatan hiasan busana, Sulaman inggris.
PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PADA ELEMEN DASAR POLA MATERI PEMINDAHAN LIPIT PANTAS FASE E DI SMK NEGERI 8 SURABAYA Banamah, Sukainah Yahya; Hidayati, Lutfiyah
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Online Tata Busana Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i1.67970

Abstract

Pendidikan yang bermutu sangat bergantung pada efektivitas media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini mengembangkan video tutorial sebagai sarana pembelajaran untuk elemen dasar pola pemindahan lipit pantas fase E di SMK Negeri 8 Surabaya. Sebelumnya, metode pengajaran yang diterapkan berupa direct instruction dan penggunaan handout, namun tingkat ketuntasan belajar hanya mencapai 68,75%, sehingga diperlukan media pembelajaran yang lebih optimal. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Surabaya pada kelas X Busana 3 tahun ajaran 2024/2025 semester gasal dengan jumlah 31 peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) tingkat kelayakan pengembangan video tutorial, (2) capaian hasil belajar setelah penggunaan video, dan (3) tanggapan peserta didik terhadap media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi video tutorial yang dinilai oleh dua ahli media dan ahli materi, serta melalui tes kinerja dan angket. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, mencakup perhitungan rata-rata skor validasi, persentase ketuntasan hasil belajar, serta respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat validitas video sangat layak dengan persentase 93,75%, (2) ketuntasan hasil belajar meningkat hingga 87%, dan (3) respon peserta didik mencapai 94% dengan kategori baik. Dengan demikian, video tutorial ini memiliki potensi besar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMK Negeri 8 Surabaya. Kata Kunci: pengembangan, video tutorial, pemindahan lipit pantas.
PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM KONTEKS PELAKSANAAN PKL Larasati, Elmi Masita; Hidayati, Lutfiyah
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Online Tata Busana Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i1.69302

Abstract

ABSTRAK— Penelitian ini akan menganalisis tentang pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa berupa kemampuan membuat gaun hasil tugas akhir pelaksanaan PKL. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan siswa dalam membuat gaun yang melaksanakan PKL di dalam SMK Negeri 1 Sooko; 2) Mendeskripsikan kemampuan siswa dalam membuat gaun yang melaksanakan PKL di luar SMK Negeri 1 Sooko; dan 3) Menganalisis ada atau tidaknya perbedaan kemampuan siswa dalam membuat gaun yang melaksanakan PKL di dalam dan luar SMK Negeri 1 Sooko. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel jenuh sebanyak 64 siswa Tata Busana Kelas XII Tahun Pelajaran 2024/2025 yang telah melaksanakan PKL. Teknik analisis statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata dan teknik analisis uji beda komparatif menggunakan uji Mann-Whitney U dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan siswa dalam membuat gaun yang melaksanakan PKL di dalam SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata sebesar 80,6; 2) Kemampuan siswa dalam membuat gaun yang melaksanakan PKL di luar SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata sebesar 85,09; 3) Terdapat perbedaan kemampuan membuat gaun antara siswa yang melaksanakan PKL di dalam dan di luar SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto, ditunjukkan dari hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 kurang dari (<) 0,05. Kata Kunci: Hasil Belajar, Lingkungan Belajar, Praktik Kerja Lapangan

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): Jurnal Online Tata Busana Juli 2025 Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Online Tata Busana Maret 2025 Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Online Tata Busana November 2024 Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Online Tata Busana Juli 2024 Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Online Tata Busana Maret 2024 Vol. 12 No. 3 (2023): Jurnal Online Tata Busana November 2023 Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Online Tata Busana Juli 2023 Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Online Tata Busana Maret 2023 Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Online Tata Busana November 2022 Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Online Tata Busana Juli 2022 Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022 Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021 Vol. 10 No. 01 (2021): Jurnal Online Tata Busana Maret 2021 Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021 Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Online Tata Busana Desember 2020 Vol. 9 No. 2 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol. 7 No. 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Edisi Yudisium Februari 2018 Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal Online Tata Busana Maret 2018 Vol. 7 No. 3 (2018) Vol. 6 No. 3 (2017): Volume 6, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2017 Vol. 6 No. 2 (2017): Volume 6, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2017 Vol. 6 No. 1 (2017): Volume 6, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2017 Vol. 5 No. 3 (2016): Volume 5, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2016 Vol. 5 No. 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2016 Vol. 5 No. 1 (2016): Volume 5, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2016 Vol. 4 No. 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2015 Vol. 4 No. 2 (2015): Volume 4, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2015 Vol. 4 No. 1 (2015): Volume 4, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2015 Vol. 3 No. 3 (2014): Volume 3, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2014 Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Online Tata Busana Mei 2014 Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Online Tata Busana Pebruari 2014 Vol. 2 No. 3 (2013): Jurnal Online Tata Busana Agustus 2013 Vol. 2 No. 2 (2013): Jurnal Online Tata Busana Mei 2013 Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Online Tata Busana Pebruari 2013 More Issue