cover
Contact Name
Mita Yuniati
Contact Email
mitayuniati@unesa.ac.id
Phone
+6285736219539
Journal Mail Official
mitayuniati@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Gedung A3 Lt. 2, Fakultas Teknik - Universitas Negeri Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Online Tata Busana
Jurnal Online Tata Busana berisi hasil penelitian bidang Fesyen baik di kependidikan maupun non kependidikan. Focus and Scope: - Pendidikan Tata Busana - Fesyen - Tekstil - Kriya tekstil - Teknologi menjahit - Pola Busana - Manajemen dan Kewirusahaan Fesyen
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Online Tata Busana Juli 2024" : 5 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBUATAN PECAH POLA BLUS PADA SISWA TATA BUSANA FASE E DI SMK NEGERI 1 JABON Ardianti, Nikita Putri; Hidayati, Lutfiyah
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Online Tata Busana Juli 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i2.69870

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan guna mengeksplorasi dampak penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Menyangkut dua aspek inti yang diteliti: (1) implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah, dan (2) hasil belajar dalam pemecahan pola. Riset ini dilakukan di SMK Negeri 1 Jabon dengan menggunakan metodologi deskriptif melalui kerangka kerja pra-eksperimental dan desain studi kasus tunggal. Sampel penelitian meliputi Kelas X DPB 1, yang terdiri dari 32 siswa. Prosedur pengumpulan data melalui observasi serta evaluasi kinerja siswa, menggunakan lembar observasi dan rubrik penilaian hasil belajar sebagai alat. Analisis data menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan menghitung rata-rata hasil observasi dan mengklasifikasikan skor hasil belajar menjadi kategori lengkap atau tidak lengkap. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa implementasi model PBL tersebut mencapai skor observasi rata-rata 87%, dikategorikan sebagai sangat efektif. Sebanyak 94% siswa mencapai (KKTP).
PENERAPAN ECOPRINT DAUN JARANAN (LANNEA COROMANDELICA) TEKNIK STEAM BLANKET PADA PRODUK ROK Lazuardy, Virda Istna; Nashikhah, Ma'rifatun
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Online Tata Busana Juli 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i2.69958

Abstract

Ecoprint merupakan teknik yang memanfaatkan zat warna alami untuk mencetak kain, teknik ecoprint steam blanket menjadi solusi dalam mengganti zat warna berbahaya untuk membentuk suatu produk. Penggunaan teknik blanket dengan zat warna jelawe, secang, dan merr sebagai pewarna alami digunakan untuk menabah nilai lebih pada produk ecoprint. Potensi daun jaranan yang tumbuh liar di area UNESA dapat menjadi peluang untuk menciptakan motif baru pada produk ecoprint. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui hasil ecoprint daun jaranan blanket jelawe pada produk rok. (2) Untuk mengetahui hasil ecoprint daun jaranan blanket secang pada produk rok. (3) Untuk mengetahui hasil ecoprint daun jaranan blanket merr pada produk rok. (4) Untuk mengetahui pengaruh jenis blanket terhadap hasil jadi ecoprint. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dengan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan pengujian hipotesis dengan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hasil ecoprint daun jaranan blanket jelawe pada produk rok dikategorikan baik. (2) Hasil ecoprint daun jaranan blanket Secang pada produk rok dikategorikan baik. (3) Hasil ecoprint daun jaranan blanket merr pada produk rok dikategorikan sangat baik. (4) Jenis blanket tidak mempengaruhi hasil jadi ecoprint berdasarkan aspek ketajaman warna, estetika motif, dan ketahanan warna. Kata kunci: Ecoprint, Daun Jaranan, Zat Warna Alam, Rok
PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP TINGKAT KETERAMPILAN MENJAHIT BUSANA PESTA SISWA KELAS XII TATA BUSANA SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO Nepikasari, Euis; Hidayati, Lutfiyah
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Online Tata Busana Juli 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i2.70078

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan tingkat keterampilan menjahit busana pesta siswa dengan gaya belajar visual; 2)  mendeskripsikan tingkat keterampilan menjahit siswa dengan gaya belajar auditori; 3) mendeksripsikan tingkat keterampilan menjahit siswa dengan gaya belajar kinestetik; 4) Menganalisis ada atau tidaknya pengaruh gaya belajar siswa terhadap tingkat keterampilan menjahit busana pesta siswa kelas XII-Jurusan Tata Busana SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Metode kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini. Menerapkan metode pengumpulan data dokumentasi serta purposive sampling, sampel terdiri dari 64 siswa Tata Busana kelas XII tahun pelajaran 2024/2025 yang telah menyelesaikan tugas akhir pembuatan busana pesta. Teknik analisis statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata serta menggunakan teknik analisis uji beda Kruskal-Wallis dengan taraf signifikansinya 5%. Temuan Penelitian menunjukkan bahwasanya: 1) Tingkat keterampilan menjahit busana pesta siswa dengan gaya belajar visual termasuk dalam kategori baik, dengan rata-rata nilai sebesar 83,09; 2) Tingkat keterampilan menjahit busana pesta siswa dengan gaya belajar auditori dalam kategori baik dengan rata-rata nilai sebesar 85; 3) Tingkat keterampilan menjahit busana pesta siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam kategori baik dengan rata-rata nilai sebesar 87,68; 4) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap tingkat keterampilan menjahit busana pesta siswa kelas XII Tata Busana SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto, yang ditunjukkan dari hasil uji beda dengan hasil Asymp. Sig. sebesar 0,001 kurang daripada > 0,05.  Kata Kunci: Gaya Belajar (visual, auditori, kinestetik), Keterampilan menjahit.
PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN DASAR TEKNIK MENJAHIT SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN Purba, Rere Dwi Putri Meranti; Hidayati, Lutfiyah
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Online Tata Busana Juli 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i2.70134

Abstract

Penelitian ini berupaya 1) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik melalui penerapan program remedial tutor sebaya pada pembelajaran dasar teknik menjahit di kelas X Tata Busana di SMK Negeri 2 Lamongan; dan 2) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapan program remedial tutor sebaya dalam pembelajaran dasar teknik menjahit di kelas X Tata Busana di SMK Negeri 2 Lamongan. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain one shot-case study, yang dilakukan di SMKN 2 Lamongan pada tahun ajaran 2024/2025. Jumlah subjek terdiri dari 36 dan yang mengikuti remedial sebanyak 9. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian tes kinerja dan angket. Teknik pengumpulan data mempergunakan tes serta angket. Teknik analisis data mempergunakan analisis deskriptif mencakup ketuntasan hasil belajar dan menghitung rerata respon peserta didik. Temuan penelitian memperlihatkan bahwasanya : (1) Hasil belajar siswa melalui penerapan program remedial tutor sebaya mengalami kenaikan 10-50 poin dengan terendah 80 dan tertinggi 100; (2) Respon siswa terhadap penerapan program remedial tutor sebaya dikategorikan baik. Kata Kunci : dasar teknik menjahit , program remedial, tutor sebaya.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN MENJAHIT PRODUK BUSANA DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN Hasfiah, Nanda Rifdah; Mayasari, Peppy
Jurnal Online Tata Busana Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Online Tata Busana Juli 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v13i2.70606

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu stimulus yang berasal dari dalam diri maupun dari faktor eksternal yang mampu menumbuhkan semangat, arah, dan ketekunan dalam aktivitas belajar. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat motivasi belajar serta hasil belajar siswa terhadap elemen menjahit produk busana, serta untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI pada program keahlian Desain Produksi Busana sebanyak 31 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penyebaran angket motivasi belajar serta data sekunder berupa dokumentasi nilai hasil belajar siswa pada elemen menjahit produk busana, khususnya pada pembuatan blus wanita. Temuan penelitian mengindikasikan bahwasannya mayoritas siswa menunjukkan adanya motivasi dalam belajar dalam kategori sedang, dengan rata-rata nilai 59.10. Dengan skor rata-rata 80,16, hasil belajar siswa berada di antara 68 dan 92. Nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05 dicapai berdasarkan temuan uji regresi linier sederhana, yang menunjukkan hubungan yang signifikan antara hasil belajar siswa dan keinginan belajar. Adapun motivasi belajar berkontribusi 55% terhadap hasil belajar berdasarkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,550. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwasannya pencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi secara signifikan oleh motivasi belajar. Tingginya tingkat motivasi belajar yang dimiliki siswa, tinggi pula potensi mereka dalam mencapai hasil belajar yang maksimal pada mata pelajaran menjahit produk busana.   Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Menjahit Produk Busana.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): Jurnal Online Tata Busana Juli 2025 Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Online Tata Busana Maret 2025 Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Online Tata Busana November 2024 Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Online Tata Busana Juli 2024 Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Online Tata Busana Maret 2024 Vol. 12 No. 3 (2023): Jurnal Online Tata Busana November 2023 Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Online Tata Busana Juli 2023 Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Online Tata Busana Maret 2023 Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Online Tata Busana November 2022 Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Online Tata Busana Juli 2022 Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022 Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021 Vol. 10 No. 01 (2021): Jurnal Online Tata Busana Maret 2021 Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021 Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Online Tata Busana Desember 2020 Vol. 9 No. 2 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol. 7 No. 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Edisi Yudisium Februari 2018 Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal Online Tata Busana Maret 2018 Vol. 7 No. 3 (2018) Vol. 6 No. 3 (2017): Volume 6, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2017 Vol. 6 No. 2 (2017): Volume 6, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2017 Vol. 6 No. 1 (2017): Volume 6, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2017 Vol. 5 No. 3 (2016): Volume 5, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2016 Vol. 5 No. 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2016 Vol. 5 No. 1 (2016): Volume 5, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2016 Vol. 4 No. 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2015 Vol. 4 No. 2 (2015): Volume 4, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2015 Vol. 4 No. 1 (2015): Volume 4, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2015 Vol. 3 No. 3 (2014): Volume 3, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2014 Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Online Tata Busana Mei 2014 Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Online Tata Busana Pebruari 2014 Vol. 2 No. 3 (2013): Jurnal Online Tata Busana Agustus 2013 Vol. 2 No. 2 (2013): Jurnal Online Tata Busana Mei 2013 Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Online Tata Busana Pebruari 2013 More Issue