cover
Contact Name
Andi Muthia Sari Handayani
Contact Email
nosipakabelo@uindatokarama.ac.id
Phone
+6281225729079
Journal Mail Official
nosipakabelo@uindatokarama.ac.id
Editorial Address
Jurusan Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN Datokarama Palu Jl. Diponegoro No.23, Lere, Kec. Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah 94221 Email: nosipakabelo@uindatokarama.ac.id
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan dan Konseling Keislaman
ISSN : -     EISSN : 27983250     DOI : https://doi.org/10.24239/nosipakabelo
Nosipakabelo Journal: Islamic Guidance and Counseling is a scientific publication that disseminates research findings, theoretical studies, and field studies in the fields of counseling, guidance, and educational psychology, from both Islamic and general perspectives. This journal serves as an academic platform for researchers, practitioners, educators, and students to share ideas and scientific findings that contribute to the development of knowledge and counseling practices. The scope of the journal includes: Guidance and Counseling Religious Counseling Educational Psychology Psychology Guidance and Counseling Media Multicultural Guidance and Counseling Information Technology in Guidance and Counseling Guidance and Counseling for Individuals with Disabilities General Education Family Guidance and Counseling Mental Health Nosipakabelo Journal is published twice a year, in June–July and October–November periods. Articles may be written in either Indonesian or English.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 01 (2024): NOSIPAKABELO: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING KEISLAMAN" : 5 Documents clear
Psikoedukasi Untuk Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Pada Siswa SMK Badjarad, Rizqa Sabrina
Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 5 No. 01 (2024): NOSIPAKABELO: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING KEISLAMAN
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/nosipakabelo.v5i01.3025

Abstract

Dalam proses mengenyam pendidikan, siswa SMK tak jarang memiliki banyak problematika yang cukup berat sehingga dapat mengganggu proses pembelajaran bahkan masa depannya. Beberapa problematika yang sering dialami oleh siswa SMK adalah penurunan motivasi belajar, tawuran, seks bebas dan narkoba. Setelah dilakukan asesmen awal melalui wawancara dan observasi, banyak siswa SMK memiliki beberapa masalah secara psikologis. Salah satu masalah yang sangat penting untuk diselesaikan adalah penyalahgunaan narkoba yang diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan siswa mengenai narkoba dan cara menghindarinya. Berdasarkan hasil asesmen, intervensi yang diberikan adalah upaya preventif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba bagi siswa-siswi yang belum menyalahgunakan narkoba. Upaya preventif yang diberikan adalah psikoedukasi dan pelatihan self management. Hasil menunjukkan bahwa intervensi yang diberikan secara komunitas ini mampu meningkatkan pengetahuan siswa-siswi mengenai narkoba dan cara menghindarinya. Kata Kunci: Penyalahgunaan Narkoba, Upaya Preventif, Psikoedukasi.
Analisis Penyebab Speech Delay Pada Anak Studi di Klinik Kesehatan Jiwa Anak & Remaja RSUD Madani Kota Palu Radjaitu, Ria Reski Ananda; Handayani, Andi Muthia Sari; Lestari, Yulian Sri
Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 5 No. 01 (2024): NOSIPAKABELO: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING KEISLAMAN
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/nosipakabelo.v5i01.3136

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis penyebab speech delay pada anak studi di klinik kesehatan jiwa anak & remaja RSUD Madani kota Palu dengan rumusan masalah apa saja yang menjadi penyebab anak mengalami speech delay ? dan apa uapya orang tua dalam menangani anak dengan speech delay ? Jenis penelitian ini adalah kuantitatif survey. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang anaknya mengalami speech delay dan sedang melakukan pengobatan atau terapi di klinik kesehatan jiwa anak & remaja RSUD Madani kota palu dengan jumlah sampel 25 orang tua. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan instrumen kuesioner. Teknik pengumpulan data dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket yang berisi pertanyaan yang terbuka (open-ended questionnaire) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari anak yang mengalami speech delay di klinik kesehatan jiea anak & remaja RSUD Madani kota palu banyak anak yang mengalami speech delay di sebabkan terlalu banyak bermain gadget dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa agar orang tua harus berusaha membatasi akses anak untuk menggunakan gadget.
Penerimaan Diri Orang Tua pada Anak Autis di Klinik Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja RSUD Madani Kota Palu Isnan, Indah Sukma Dewi; Lestari, Yulian Sri; Handayani, Andi Muthia Sari
Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 5 No. 01 (2024): NOSIPAKABELO: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING KEISLAMAN
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/nosipakabelo.v5i01.3150

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan bentuk penerimaan diri orang tua dari anak autis di klinik kesehatan jiwa anak dan remaja RSUD Madani Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, lima orang tua dari anak autis sebagai subjek pada penelitian ini. Hasil dari penelitian, ditinjau dari proses penerimaan diri orang tua anak autis di klinik kesehatan jiwa anak dan remaja RSUD Madani Kota Palu yang telah dilalui subjek dimulai dari tahap penolakan, tahap amarah, tahap penawaran, tahap depresi dan tahap penerimaan. Beraneka ragam bentuk penerimaan diri subjek, bentuk pertama adalah memahami keadaan anak apa adanya, bentuk kedua, menyadari apa yang bisa dan belum bisa dilakukan anak, bentuk ketiga yaitu membentuk ikatan batin yang dilakukan bersama anak dan bentuk keempat adalah mengupayakan alternatif penanganan sesuai kebutuhan anak. Tahap dan bentuk penerimaan orang tua saling terhubung, sebelum adanya bentuk, orang tua akan melewati beberapa tahap penerimaan, sama halnya yang dilalui lima orang subjek pada penelitian ini.
Dinamika Pola Asuh Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Pada Perspektif Kognitif Jean piaget Di Kel Lere Kota Palu Djafar, Rosni; Alimuddin, Nurwahida; Lestari, Yulian Sri
Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 5 No. 01 (2024): NOSIPAKABELO: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING KEISLAMAN
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/nosipakabelo.v5i01.3159

Abstract

Abstrak Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini mencakup orang tua dan anak di lingkungan kelurahan lere kecamatan palu barat. Pertanyaan penelitian adalah, Bagaimana dinamika pola asuh orang tua dalam proses belajar anak pada perspektif kognitif jean peaget di kelurahan LERE kota palu ? 2). Apa faktor pendukung dan penghambat pola asuh orang tua dalam proses belajar anak pada perspektif kognitif jean peaget dikelurahan LERE kota palu Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Dinamika Pola asuh orang tua dalam proses belajar anak usia 5-6 tahun di kelurahan Lere, beberapa pola asuh orang tua berbeda dengan apa yang teori piaget kemukakan, Kesimpulannya Bahwa yang dikatakan oleh teori Jean Piaget yaitu anak harus bisa mengenal dan memahami hal-hal disekitarnya dengan angka usia yang memang sudah bisa mengenal bahasa.
Konflik Komunikasi Interpersonal Dalam Longdistance Relathionsip (LDR) Studi Kasus Pada Mahasiswa Afrilya, Adhwaa; Azzahra, Kayla; Nasichah; Thagrina Syarifah
Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 5 No. 01 (2024): NOSIPAKABELO: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING KEISLAMAN
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/nosipakabelo.v5i01.3182

Abstract

Long-Distance Relationship (LDR) menjadi fenomena umum di era globalisasi saat ini, terutama di kalangan mahasiswa yang sering terpisah jarak geografis akibat kegiatan belajar atau karier. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konflik yang muncul dalam komunikasi interpersonal dalam konteks LDR, dengan fokus pada pengalaman mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan lima pasangan mahasiswa yang sedang menjalani LDR. Studi ini juga menyoroti strategi yang digunakan oleh pasangan dalam mengatasi konflik, seperti komunikasi terbuka, kesadaran akan perbedaan individual, dan penggunaan teknologi yang tepat sebagai sarana untuk menjaga keintiman dan meminimalkan kesalahpahaman. Interpersonal Communication Conflict in Long Distance Relationships (LDR) Case Study of College Students Long-distance relationships (LDR) have become a common phenomenon in the current era of globalization, especially among students who are often separated by geographical distances due to study or career activities. This research aims to explore the conflicts that arise in interpersonal communication in the context of LDR, focusing on students' experiences. The research method used is qualitative with a case study approach. Data was collected through in-depth interviews with five student couples undergoing LDR. This study also highlights strategies couples use to resolve conflict, such as open communication, awareness of individual differences, and appropriate use of technology to maintain intimacy and minimize misunderstandings.

Page 1 of 1 | Total Record : 5